Manfaat Tanaman Gantung Yang Harus Diketahui

Diposting pada

Kegunaan Tanaman Hias Gantung

Tanaman gantung bisa dikatakan sebagai salah satu jenis tanaman hias yang paling dinikmati oleh masyarakat umum bahkan orang tua sekalipun. Salah satu arti tumbuhan hias gantung yang populer di manfaatkan masyarakat bisanya berupa bunga.

Alasanya karena pemanfaatan macam-macam tanaman satu ini biasanya menjadi solusi yang sangat tepat dalam bercocok tanam karena ruang lingkup dan gerak tumbuh yang terbatas.

Tanaman Gantung

Tanaman hias gantung biasanya dibudidayakan dengan menggunakan media pot yang terdapat pengait untuk dapat digantungkan. Arti tanaman hias gantung ini berguna untuk berkebun atau bercocok tanam, pemanfaatan tanaman hias yang digantung juga bisa menambah nilai estetika di segala sisi rumah baik sebagai tanaman indoor ataupun tanaman outdoor.

Adanya tanaman hias gantung ini dapat menyebabkan suasana yang positif untuk para penghuni rumah. Apabila kta termasuk individu yang peduli terhadap lingkungan dan tanaman, dengan menjadikan tanaman hias sebagai pilihan pasti menjadikan salah satu hal yang terpenting.

Manfaat Tanaman Gantung

Berikut manfaat tanaman gantung yang berguna di rumah, sekolah, atau ruang publik. Antara lain;

  1. Dapat membuat ruangan segar

Tanaman gantung akan bermanfaat menyebabkan polusi udara tidak akan hadir di dalam rumah yang bisa berasal dari luar rumah. Udara yang kita hirup biasanya di dalam rumah bisa jadi tidak mempunyai kualitas yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tanaman hias gantung dapat dijadikan sebagai media yang bagus dalam membuat suasana dan udara yang asri, segar, dan alami di dalam rumah.

Oleh karena itu, proses fotosintesis yang berlangsung dari tanaman akan dapat mengubah dari karbondioksida menjadi kandungan oksigen yang banyak dan penting bagi kesehatan para penghuni di dalam rumah. Udara di dalam ruangan pun akan lebih asri, segar, dan nyaman. Bukan hanya membuat ruangan segar dengan udara yang alami, namun pemanfaatan tanaman hias gantung juga dapat menambahkan kelembaban udara secara alami.

  1. Dapat membuat sirkulasi udara di ruangan menjadi lancar

Ventilasi yang terdapat di dalam rumah berperan penting dalam menciptakan sirkualasi udara. Tetapi, ventilator buatan tidak seluruhnya dapat memproduksi udara yang bersih dan baik bagi para penghuni rumah. Oleh karena itu, manfaat tanaman hias gantung di rumah dapat menjadi solusi alternatif apabila menginginkan sirkulasi udara yang bagus bagi kesehatan para penghuni tubuh.

Tentu udara yang masuk juga alami dan dapat dirasakan oleh para penghuni di dalam rumah secara langsung. Hal ini disebabkan tanaman hias bersifat kaya kandungan oksigen sehingga tanaman dapat mengatur ruangan pengatur sirkulasi udara alami. Tanaman hias gantung yang digunakan dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh para penghuni rumah.

  1. Membantu dalam menghindari berbagai jenis penyakit

Tanaman hias gantung sangat kaya dengan kandungan oksigen yang bukan hanya dapat memperbaiki kondisi kualitas udara di dalam rumah, meskipun dapat menghindari berbagai jenis penyakit. Mulai dari kondisi sakit kepala, alergi bahkan masalah penyakit yang terjadi saluran pernapasan umum.

Bukan hanya sekedar menghindar berbagai jenis penyakit, kehadiran tanaman hias di dalam rumah bisa menstabilkan kondisi denyut jantung sehingga akan membuat produktivitas di dalam rumah juga akan turut lebih bagus sebab kondisi udara yang alami, segar, dan nyaman sehingga berhubungan baik dengan kondisi jantung yang sehat.

  1. Mengatasi dampak stress

Selain dapat memperbaiki kualitas udara dan membantu kesehatan tubuh secara langsung, penggunaan tanaman hias gantung secara langsung dapat dirasakan oleh tubuh para penghuni rumah. Tanaman hias gantung ini dapat mengatasi dampak stress yang disebabkan banyak pikiran yang membuat penat.

Tanaman hias gantung mempunyai ragam motif dan warna yang bervariasi dan indah untuk dilihat sehingga menjadi media relaksasi dalam mengatasi efek stress. Tak hanya sekedar sebagai media relaksasi, proses menghasilkan kandungan oksigen dari tanaman hias gantung dapat menjadikan badan, fisik, dan pikiran dapat pulih kembali secara positif.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Kualitas tidur ataupun waktu istirahat sangat menjadi faktor penting yang perlu dijaga oleh kesehatan tubuh para penghuni rumah sebab akan mempengaruhi rutinitas dan produktivitas ketika sedang bekerja. Oleh karena itu, terdapat berbagai jenis tanaman hias gantung yang dapat dijadikan sebagai piliha alternatif dalam meningkatkan ataupun memperbaiki kualitas tidur.

Tanaman itu, misalnya tanaman melati, gardenia, lavender yang bisa menjadikan kualitas tidur dan waktu tidur lebih baik lagi dan pikiran juga merasa lebih rileks. Dengan menggunakan tanaman hias gantung di beberapa tempat, ketika bangun tidur keadaan tubuh akan lebih bugar dan fresh.

  1. Berperan sebagai aroma terapi herbal

Terdapat berbagai jenis tanaman hias gantung tertentu yang berperan sebagai aroma terapi herbal disebabkan aroma yang diproduksi tanaman hias sangat harum dan baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai aroma terapi yaitu tanaman lavender yang dibudidayakan secara langsung.

Memilih jenis tanaman hias gantung di dalam rumah bukan hanya sekedar menambah estetika di rumah namun juga meningkatkan atau memperbaik kesehatan bagi para penghuni rumah.

  1. Mengobati Migrain

Banyak orang yang sudah pernah mengalami migrain atau biasa dikenal dengan sakit kepala sebelah. Beberapa faktor yang menimbulkan rasa migrain karena salah satunya adanya kadar karbondioksida yang tinggi di dalam lingkungan rumah. Kandungan karbondioksida bisa dinetralisir dengan menggunakan tanaman hias yang berada di dalam ruangan atau lingkungan rumah.

Apabila kandungan karbondioksida volumenya bisa berkurang atau bahkan bisa hilang, sehingga penyakit migrain yang sedang alami akan berangsur lebih membaik dan akan tidak mengalami migrain lagi.

  1. Mengatasi batuk

Penyakit batuk bisa diatasi dan disembuhkan dengan memanfaatkan jenis tanaman hias tertentu. Jenis tanaman hias yang dapat berperan dalam mengatasi atau meredakan penyakit batuk yakni jenis tanaman eucalyptus. Definisi tanaman hias tersebut bisa digunakan dalam meredakan sistem saluran pernafasan dengan cara membuang dahak yang terdapat di dalam tenggorokan.

  1. Mengatasi atau melegakan hidung yang mampet

Hidung yang mampet merupakan suatu tanda yang biasanya dialami bagi para yang sedang mengalami penyakit influensa atau biasa dikenal dengan flu atau demam. Hal ini bisa diatasi atau disembuhkan dengan memanfaatkan jenis tanaman eucalyptus, sesudah menghirup aroma khas dari jenis tanaman eucalyptus tersebut maka hidup yang mempet akan terasa lebih reda dan berangsur sembuh.

  1. Membasmi bakteri

Tanaman yang berjenis eucalypus juga berperan penting dalam membasmi bakteri sebab bersifat sebagai antiseptik alami.

Ketika seseorang merasakan pusing sebab flu dan batuk maka yang perlu lakukan dengan menghirup aroma yang berasal dari jenis bunga eucalyptus ini, sehingga apabila sedang merasakan sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit flu akan merasa lebih lega sedikit demi sedikit.

  1. Menambah nafsu makan

Tanaman hias bermanfaat lain yaitu menambah nasfu makan. Tanaman kunyit diyakini dapat dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan bagi sebagian anak-anak. Tanaman hias lainya juga berguna sebaga bahan penyedap masakan yaitu tanaman daun pandan.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Tanaman hias lainnya juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata salah satunya mawar merah. Mata panda yang biasanya dikarenakan oleh kelelahan atau kualitas tidur yang buruk dapat diatasi dengan air rendaman dari bunga mawar tersebut. Radang mata juga dapat diobati dengan memanfaatkan air rendaman bunga mawar.

  1. Menghilangkan racun

Banyak manfaat dari tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah ataupun luar rumah salah satunya yaitu menghilangkan racun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim NASA membuktikan bahwa meletakkan tanaman hias di dalam rumah bisa mengurangi atau menghilangkan sekitar 87 persen racun udara selama 24 jam.

Tetapi juga perlu diingat bahwa tanaman juga banyak memproduksi karbondioksida ketika malam hari, sehingga harus memperhatikan jumlah tanaman hias berserta jenis tanaman hias yang diletakkan di dalam rumah agar banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Dekorasi ruangan

Tanaman hias berperan untuk mempercantik ruangan yang semula terlihat polos dan tidak suasana yang menyegarkan. Tanaman hias akan membuat ruangan rumah akan terlihat lebih segar, asri, dan nyaman untuk dinikmati. Banyak jenis tanaman yang digunakan sebagai dekorasi ruangan salah satunya Monstera, dan Philodendron.

  1. Merevitalisasi dan Menetralisir Udara

Walaupun berada di dalam ruangan, polusi udara bisa saja hadir begitu saja. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan tanaman hias maka bisa menyerap gas yang berbahaya di udara berada di dalam rumah terkhusus saat siang hari sehingga ketika menghirup udara akan lebih alami dan bagus untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, tanaman hias juga dapat meningkatkan kelembaban yang berguna bagi pencegahan masalah pernafasan.

  1. Menghindari berbagai jenis penyakit

Apabila kita pribadi yang sering terserang oleh penyakit atau tidak kurang enak badan di dalam kantor, kita bisa jadi sedang terkena sick building syndrome yang termasuk gejala penyakit misalnya sakit kepala atau masalah pernafasan yang sering menyerang pekerja di kantor.

Faktor penyebabnya bisa jadi ventilasi yang burukdan karbondioksida di ruangan yang tinggi sehingga perlu adanya tanaman hias yang berguna dapat membantu masalah pernafasan dan mengurang stress serta meningkatkan semangat produktivitas.

  1. Menjadikan tidur jadi lebih nyaman dan nyenyak

Tanaman hias seperti contohnya lidah merdua, lidah buaya, ataupun sukulen berfungsi mengubah kandungan karbondioksida menjadi kandungan oksigen saat malam hari sehingga akan menjadikan tidur kita lebih nyenyak dan nyaman.

  1. Mengatasi depresi

Tanaman hias dipercaya dapat mengatasi depresi setelah berkegiatan seharian. Dengan kita menyentuk daun tumbuhan sekitar 2 menit dapat mengurangi tingkat stess. Sementara itu, dengan memelihara tanaman juga bisa menjadi salah satu media dalam melawan rasa depresi sebab akan menumbuhkan rasa motivasi dan membuat puas ketika melihat tanaman yang dipelihara mulai tumbuh.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapat dikatakan bahwa tanaman gantung adalah salah satu jenis tanaman hias yang perawatannya diletakkan dengan cara digantung. Tanaman hias ini diletakkan pada media pot kecil yang selanjutnya diletakkan dengan cara menggantung dengan tali atau kawat. Sebagian orang yang memiliki rumah tidak terlalu luas namun ingin mempunyai suasana rumah yang segar, nyaman dan asri kita dapat menggunakan tanaman hias gantung ini sebagai alternatifnya.

Selan itu, tanaman gantung tidak membutuhkan tempat yang luas dan perawatan tanaman gantung ini juga tergolong mudah. Terdapat banyak jenis tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai tanaman gantung yang berupa daun hias ataupun tanaman gantung. Kita juga dapat memilih jenis tanaman hias berdasarkan selera dan keperluaa.

Meskipun begitu kita juga dapat memanjakan dekorasi visual supaya dapat menyegarkan mata dan tanaman gantung bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Harga tanaman gantung sekarang mulai banyak variasinya dari yang harga puluhan ribu hingga berharga jutaan rupiah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *