Manfaat Tanaman Hias dalam Berbagai Bidang

Diposting pada

Kegunaan Tanaman Hias

Tumbuhan baik yang hanya digunakan sebagai hiasan maupun yang dapat dimakan – membantu menopang kehidupan di Bumi. Tanaman indoor dan tanaman outdoor dalam hias yang mampu meningkatkan estetika rumah dan lingkungan sekitar kita, dan juga berkontribusi membuat Bumi kita lebih hijau. Sementara tanaman yang dapat dimakan bisa menambah manfaat gizi bagi kita. Tanaman hias ditanam untuk dekorasi, bukan makanan atau produk sampingan lainnya.

Tanaman hias dapat tumbuh di taman bunga, bahkan dibentuk menjadi beragam jenis tanaman pagar. Penggunaan tanaman hias yang paling jelas adalah untuk efek visual, atau dengan kata lain memanjakan mata Anda ketika memandangnya. Akan tetapi sebenarnya manfaat yang bisa diperoleh dengan memelihara tanaman hias bukan hanya dari segi estetika saja, melainkan juga sangat bermanfaat untuk lingkungan, misalnya bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.

Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tumbuhan yang ditanam atau ditempatkan didalam rungan maupun di luar ruangan yang mampu menciptakan kesan keindahan serta menciptakan daya tarik.

Dalam konteks umum, tanaman hias merupakan salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura.

Bagian yang dimanfaatkan bukan semata bunganya saja, tapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan juga bisa menjadi komponen yang dimanfaatkan.

Pengertian Tanaman Hias

Tanaman Hias (ornamental plant) ialah satu jenis tanaman hias yang memiliki bunga, tangkai, cabang, daun, akar dan aroma yang sangat menarik dan indah serta mempunyai kesan seni berkualitas.

Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli

Adapun pengertian tanaman hias menurut para ahli, diantaranya yaitu:

North Dakota State University (NDSU)

Tanaman hias juga disebut tanaman taman (garden plants) yaitu tanaman yang memiliki keindahan sebagai ciri utamanya. Ini merupakan tanaman yang terutama tumbuh karena keindahannya baik untuk penyaringan, aksen, spesimen, warna atau alasan estetika. Fitur hias umum termasuk daun, aroma, buah, batang dan kulit kayu.

Garden Guides

Tanaman hias bisa didefinisikan sebagai tanaman yang mempunyai setidaknya satu fitur yang menarik secara visual. Keindahan merupakan hal yang subjektif. Pohon buah-buahan, kayu dan tanaman pangan dapat secara visual menakjubkan dan dijadikan hiasan, tapi biasanya diberi label untuk tujuan spesifik mereka.

Manfaat Tanaman Hias

Berikut ini manfaat tanaman hias dalam berbagai bidang, antara lain adalah sebagai berikut;

Kesehatan

Manfaat tanaman hias untuk kesehatan, diantaranya yaitu:

  1. Mengurangi Debu Dalam Ruangan

Tanaman hias yang kita letakkan di dalam ruangan dapat berfungsi untuk mengurangi debu di dalam ruangan, karena tanaman hias bisa menciptakan kelembaban. Kelembaban itulah yang nantinya akan mengurangi jumlah debu yang ada di dalam ruangan dan juga menyerap debu yang ada di dalam ruangan.

  1. Mengurangi Polusi Udara

Pohon dan tanaman telah diberi label sebagai “paru-paru kota” (McPherson, 2005) karena mereka memiliki kemampuan untuk menghilangkan kontaminan dari udara yang dihembuskan. Bertindak sebagai filter alami dan mengurangi polusi udara.

Tanaman, termasuk tanaman hias bisa  mengurangi polusi udara karena menyerap polutan gas melalui daunnya, misalnya, ozon, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida. Lebih jauh mengurangi konsentrasi ozon di permukaan tanah dengan mengurangi suhu melalui evapotranspirasi.

  1. Tidak Membuat Mengantuk

Apabila Anda tidak ingin cepat mengantuk, maka duduklah di dekat tanaman hias. Itu akan membuat Anda tidak mudah mengantuk karena adanya tanaman hias di dalam ruangan dapat menyerap karbondioksida di dalam ruangan melalui proses fotosintesis.

Melalui fotosintesis karbondioksida akan berkurang, sehingga mengurangi penyebab kantuk, sebab tingginya kadar karbondioksida di dalam ruangan bisa membuat kantuk, lelah dan lesu.

  1. Menyegarkan Ruangan

Tanaman hias bisa menimbulkan kesegaran dalam ruangan. Hal tersebut dikarenakan ketika tanaman hias melakukan proses fotosintesis, maka akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Ruangan yang mempunyai banyak oksigen akan terasa lebih menyegarkan jika dibandingkan dengan ruangan yang dipenuh dengan karbondioksida. Ini membuat ruangan terasa lebih sehat untuk pernafasan.

  1. Mengatasi Stres

Tanaman hias juga dapat menjadi salah satu objek penghilang stress melalui beragam corak, bentuk dan warna yang indah akan menyegarkan mata kita. Bukan hanya itu, produksi oksigen yang banyak dari tanaman hias juga dapat menyegarkan badan dan pikiran. Ketika mata, badan dan pikiran segar kembali, maka stress pun pergi.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Alam dengan flora dan fauna yang melimpah selalu diyakini dapat meningkatkan konsentrasi. Flora yang dimaksud disini termasuk tanaman hias. Studi menunjukkan bahwa memiliki tanaman hias dalam ruangan di rumah, kantor, dan sekolah dapat membantu meningkatkan memori dan konsentrasi, sehingga dapat menghasilkan produktivitas yang lebih baik.

  1. Mengatasi Migrain

Salah satu faktor yang menyebabkan rentannya seseorang terkena migraine atau sakit kepala sebelah adalah tingginya kadar karbondioksida. Dengan keberadaan tanaman hias, karbondioksida dapat dinetralisir. Berkurangnya jumlah karbondioksida dalam ruangan akan membuat migrain yang diderita pun akan membaik.

  1. Menyehatkan Mata

Tanaman hias, misalnya mawar merah bermanfaat dalam menyehatkan mata. Mata panda yang disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur dapat berkurang dengan air rendaman bunga mawar. Radang mata juga dap at diatasi menggunakan air mawar. Caranya yaitu dengan meneteskan air rendaman bunga mawar sebanyak 2-3 tetes, lalu tutup mata selama dua menit.

  1. Membunuh Bakteri

Tanaman hias, misalnya jenis eucalyptus bermanfaat dalam membunuh bakteri karena memiliki sifat antiseptik alami. Ketika Anda merasa pusing karena flu dan batuk, hiruplah aroma dari bunga ini. Maka sakit kepala yang diakibatkan oleh flu akan mereda perlahan.

Lingkungan

Manfaat tanaman hias untuk lingkungan, diantaranya yaitu:

  1. Mengurangi Kebisingan

Bagi Anda yang mempunyai rumah tepat di pinggir jalan, tentunya suara bising akan sangat menganggu telinga Anda. Baik suara bising yang dihasilkan dari suara kendaraan bermotor maupun aktivitas orang-orang yang lewat di jalan tersebut.

Sehingga sebaiknya Anda menanam tanaman hias untuk meredam dan mengurangi kebisingan tersebut. Misalnya Anda bisa menanam tanaman semak dan rumput yang dapat meredam kebisingan karena bersifat kedap suara seperti karpet.

  1. Penyejuk Ruangan Alami

Tanaman hias yang merambat dapat mendinginkan dan menyejukkan ruangan secara alami. Hal itu disebabkan karena apabila tanaman tersebut merambat ke tembok, maka bisa mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam rumah secara langsung, sehingga suasana rumah menjadi dingin dan sejuk.

  1. Menyimpan Cadangan Air

Seperti tanaman yang lainnya, tanaman hias bermanfaat untuk menyimpan cadangan air hujan yang turun di atas permukaan bumi. Lahan yang tidak ditumbuhi tanaman akan nampak kering dan gersang. Selain itu, jumlah air tanahnya pun lebih sedikit jika dibandingkan lahan yang tertutup oleh tanaman, termasuk tanaman hias.

  1. Mencegah Erosi Tanah

Banyak rumput hias bertekstur indah yang digunakan untuk lansekap dapat membantu mencegah erosi tanah. Pohon seperti pinus, cemara, willow dan lain-lain baik untuk kebun di lereng bukit untuk mengurangi laju erosi tanah.

  1. Memberikan Keharuman

Banyak tanaman hias dipilih karena mereka menarik indera penciuman, selain daya tarik visualnya. Lavender dikenal luas karena aromanya yang menyenangkan; Meskipun dipanen secara luas untuk minyak lavender, minyak ini biasanya ditanam di lanskap rumah karena aromanya saat mekar. Mawar adalah jenis bunga lain yang terkenal karena aroma yang menyenangkan.

Beberapa tanaman wangi terbukti bermanfaat dalam mengusir hama, seperti semut, nyamuk, dan lalat. Mungkin yang paling terkenal adalah tanaman serai, sejenis geranium dengan aroma lemon. Bunga ageratum (di Indonesia dikenal dengan nama Bandotan) juga bisa menghasilkan kumarin, sebagai obat nyamuk alami.

  1. Menjadi Daya Tarik Margasatwa, Pelestarian, dan Keanekaragaman Hayati

Tanaman hias juga dapat menyediakan lingkungan yang mendorong keberadaan satwa liar, yang pada akhirnya digunakan di kebun atau taman. Penelitian di Carolina Selatan menunjukkan bahwa membangun koridor bentang alam mendorong keanekaragaman hayati tanaman (Damschen et al., 2006).

Bidang Ekonomi

Manfaat tanaman hias untuk perekonomian, diantaranya yaitu:

  1. Membuka Peluang Usaha

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengungkapkan bahwa ada peluang bisnis yang dapat digarap oleh pelaku usaha kelautan dan perikanan nasional terkait dengan tanaman hias air yang bernilai ekonomi tinggi.

Kepala Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) KKP, Sjarief Widjaja dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (10/11/18) mengungkapkan bahwa itu merupakan bisnis  baru, komoditas baru yang harus disampaikan ke publik sebagai peluang bisnis.

  1. Menjadi Komoditas Yang Bernilai Ekonomi Tinggi

Tanaman hias bisa menjadi salah satu komoditas ekonomi yang bernilai tinggi. Misalnya bunga Oriental Lily atau Lily Stargazer. Bunga ini terkenal karena tampilannya yang indah dan aromanya yang harum. Satu tangkai bunga Oriental Lily harganya bisa mencapai 500 ribu rupiah.

Selain itu, ada pula bunga kamboja atau Adenium. Semakin besar dan unik bonggol tanaman yang satu ini, harga jualnya pun akan semakin tinggi. Hingga kini masih ada Adenium unik yang dijual dengan harga mencapai 50 juta rupiah.

  1. Meningkatkan Nilai Properti

Desain lansekap yang efektif yang disertai dengan keindahan tanaman hias juga dapat menambah nilai bagi kota. Kehadiran lansekap telah terbukti meningkatkan nilai properti, tetapi juga merupakan investasi kota yang bijak karena berbagai alasan, seperti  tumbuhan menstabilkan tanah dan mengurangi limpasan di ruang terbuka, habitat alami melindungi keanekaragaman hayati.

Bidang Seni

Manfaat tanaman hias untuk seni, diantaranya yaitu:

  1. Menambah Nilai Estetika Pada Ruangan

Tanaman hias akan menambah nilai estetika atau keindahan dari suatu ruangan khususnya ruang tamu. Untuk tujuan ini, alangkah lebih baiknya gunakanlah tanaman yang masih berakar, jangan menggunakan tanaman yang sudah dipotong. Selain membunuh tanaman, bunga itu akan mudah layu.

  1. Memperindah Lahan yang Kosong

Memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami tanaman hias akan membuatnya terlihat lebih indah dan tidak gersang.

Kecantikan

Manfaat tanaman hias untuk kecantikan, diantaranya yaitu:

  1. Penghilang Jerawat

Tanaman hias, misalnya bunga mawar bermanfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah. Banyak produk pembersih dan susu pembersih yang menggunakan air mawar sebagai bahan dasarnya. Air mawar yang tinggi antioksidan dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

  1. Melembabkan Kulit

Tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan akan berdampak yaitu suhu ruangan menjadi lembab, sehingga kulit tidak terasa kering. Salah satu contoh tanaman hias yang bermanfaat untuk melembabkan tersebut adalah bunga mawar, karena selain tinggi antioksidan, mawar juga bisa menjaga kadar keasaman kulit sehingga pH kulit menjadi seimbang.

  1. Menyehatkan Rambut

Bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat, air mawar yang diperoleh dari tanaman hias bunga mawar juga bermanfaat untuk kesehatan rambut karena mengandung penyejuk alami. Apabila itu digunakan untuk membilas atau mencuci rambut, maka dapat melembabkan rambut, sehingga rambut akan terhindar dari kerusakan berupa rambut kering, rontok, mudah patah dan pecah-pecah.

  1. Menghilangkan Flek Hitam Pada Kulit

Tanaman hias, misalnya lidah buaya, bukan hanya berfungsi untuk menambah keindahan tapi juga bisa memberikan manfaat padaantikan, misalnya untuk  menghilangkan flek hitam. Lendir lidah buaya yang dioleskan pada wajah yang ber-flek hitam, lama-kelamaan flek tersebut akan memudar.

  1. Menyuburkan Rambut Dan Menyehatkan Bulu Mata

Selain bermanfaat untuk memudarkan flek hitam, lidah buaya juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan juga menyehatkan bulu mata. Caranya yaitu ambil lendirnya, kemudian oleskan pada rambut dan bulu mata.

  1. Menyembukan Jerawat

Pada pola pemanfaatan tanaman hias yang ada dalam bidang kecantikan salah satunya ialah mampu menyebuhkan jerawat, tentusaja tanaman dipertuukan dalam berbagai jenis lidah buaya yang memang secara konsisten jika ledir yang ada di dalamnya dibuat masker bisa menghilangkan flek-flek hitam di wajah.

Itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam manfaat tanaman hias dalam kesehatan, lingkungan, kecantikan, bidang seni, dan ekonomi. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *