Manfaat Umbi Batang Berdasarkan Kandungannya

Diposting pada

Manfaat Umbi Batang Berdasarkan Kandungannya

Umbi batang atau dalam bahasa latin dikenal dengan tuber cauligenum yaitu umbi-umbian yang terbentuk dari modifikasi batang, seperti geragih (stolo) atau rimpang (rhizoma). Umbi batang bisa memunculkan tunas maupun akar, sehingga kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan perbanyakan vegetatif.

Umbi Batang

Umbi batang bisa tumbuh di atas atau di bawah permukaan tanah pada lahan pertanian. Umbi batang yang tumbuh di bawah permukaan tanah membesar dan mengandung banyak pati disebut tuber. Ini biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae (misalnya tanaman kentang) dan Asteraceae (misalnya tanaman dahlia dan topinambur).

Pengertian Umbi Batang Menurut Para Ahli

Adapun definisi dalam contoh umbi batang menurut para ahli, antara lain:

  1. Wikipedia, Umbi batang adalah umbi yang terbentuk dari rimpang kental atau stolon. Sisi atas umbi menghasilkan pucuk yang tumbuh menjadi batang dan daun, sedangkan sisi bawahnya menghasilkan akar. Umbi tersebut tumbuh di dekat permukaan tanah.
  2. Life Easy Biology, Umbi batang adalah umbi yang terbentuk dari pembengkakan ujung batang yang ada di bawah tanah. Ini timbul dari axil daun bagian bawah. Akar adventif tidak ada dan memiliki ruas yang ramping. Tunas tumbuh dari umbi-umbian ketika ditanam di tanah sehingga menimbulkan cabang.

Manfaat Umbi Batang

Secara umum, yang ada di dalam umbi batang memiliki beberapa kegunaan bagi kesehatan manusia, diantaranya yaitu:

Pencegah stress

Magnesium yang terkandung dalam umbi bisa menjadikan tubuh seseorang lebih rileks, karena zat yang masuk kedalam tubuh termasuk kategori mineral pencegah stres. Selain itu, kandungan magnesium juga penting untuk otot, tulang, serta jantung manusia itu sendiri.

Kaya akan vitamin D

Vitamin D yang terdapat pada umbi batang sangat penting untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Vitamin D juga berperan penting dalam meningkatkan energi serta mood seseorang, serta bisa membantu proses pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan gigi.

Mengandung zat besi

Zat besi yang terkandung dalam umbi dalam arti batang sangat bagus dalam proses produksi sel darah merah serta sel darah putih. Zat besi juga bisa membantu proses metabolisme protein yang ada di dalam seluruh tubuh manusia itu sendiri.

Sumber vitamin C

Sebagai salah satu jenis tamana obat, umbi batang juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menangkal virus dan radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga berperan penting dalam penyembuhan luka serta sumber zat kolagen yang memiliki fungsi anti aging sehingga dapat menjaga kulit tetap awet muda.

Mengandung karoten

Warna dari umbi bisa menunjukkan bahwa sumber pangan ini mempunyai kandungan karoten. Berdasarkan riset dari Universitas Harvard, karoten berfungsi untuk mencegah kanker paru-paru dan juga bisa untuk mencegah wanita terkena serangan kanker payudara.

Kaya akan serat

Tingginya serat yang terkadung pada umbi sangat bagus untuk saluran pencernaan. Serat yang terkandung dalam umbi juga bisa untuk mencegah peradangan usus, serta menjauhkan risiko terkena batu ginjal, batu empedu, dan iritasi pada usus.

Vitamin B6

Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu sistem metabolisme dalam tubuh berjalan dengan lancar. Zat ini juga bisa membantu untuk meningkatkan sistim kekebalan tubuh, otot, serta fungsi saraf. Kandungan vitamin B6 juga dibutuhkan untuk perkembangan otak yang akan mendorong hormon serotonin dan nerpinefrin, kedua hormon tersebut sangat berkaitan dengan suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

Itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam manfaat umbi batang yang didasarkan pada kanduangan-kanduangan di dalamnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *