Manfaat Umbi Lapis untuk Bawang Merah dan Putih

Diposting pada

Umbi Lapis Bawang Merah dan Bawang Putih

Tumbuhan berupa umbi lapis ini biasanya dihasilkan oleh beberapa suku monokotil seperti Amaryllidaceae (bawang-bawangan) dan Liliaceae. Khusus untuk tumbuhan bawang-bawangan ini di Indonesia terkenal dengan bawang merah dan putih yang kesemua tanaman memiliki khasiatnya dan kegunaannya masing-masing.

Umbi Lapis

Umbi lapis (bulbus) adalah jenis umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun rapi dan rapat dalam format roset. Umbi lapis memiliki perbedaan dengan umbi dalam hal penyimpanan, yaitu umbi lapis tidak mengakumulasi karbohidrat dalam bentuk polisakarida. Pembesaran umbi-umbian terjadi karena berkumpulnya cairan di sel-selnya.

Secara garis besar untuk jenis tanaman umbi lapis selain bawang putih dan merah, ada kentang. Tapi untuk kesempatan kali ini kami akan menjelaskan kegunaan yang dimiliki dari 2 saja. Yakni tumbuhan bawang merah dan bawang putih.

Bawang Merah

Manfaat Umbi Lapis Bawang MerahBawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) merupakan salah satu umbi lapis yang banyak digunakan untuk bumbu masakan di berbagai negara di dunia.

Bawang merah memiliki kulit berwarna merah keunguan dan daging putih kemerah-merahan. Tanaman yang satu ini berasal dari iran dan pakistan serta pegunungan di bagian utaranya, kemudian dibudidayakan di daerah dingin, tropis dan sub-tropis.

Bawang merah bukan hanya digunakan untuk bumbu masakan, tapi  juga bisa dimakan mentah, di buat acar serta dapat digunakan pula untuk beragam jenis tanaman obat tradisional karena banyak mengandung Vitamin C, Serat, Kalium, Asam folat, Zat besi bahkan Kalsium.

Selain itu, bawang merah juga mengandung efek antiseptik dan senyawa alliiin. Bahkan kulit bawang merah juga bisa dimanfaatkan yaitu untuk untuk pewarna dan daunnya dapat dijadikan sayuran.

Bawang Putih

Manfaat Umbi Lapis Bawang PutihBawang Putih (Allium sativum) adalah spesies dalam genus bawang, Allium. Tanaman yang satu ini berasal dari Asia Tengah dan Iran timur laut. Seperti halnya bawang merah, bawang putih juga digunakan baik sebagai penyedap makanan maupun sebagai obat tradisional, misalnya untuk penyakit kutil.

Bawang putih mentah memiliki banyak kandungan senyawa-senyawa sulfur termasuk alliin, sehingga rasanya getir. Bawang putih juga bisa dijadikan antibiotik alami didalam tubuh. Negara penghasil bawang putih terbesar yaitu Cina, yang menghasilkan sekitar 80% dari pasokan bawang putih dunia.

Manfaat Umbi Lapis

Tanaman-tanaman yang tergolong dalam contoh umbi lapis, memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, antara lain:

Menghangatkan Badan

Bawang bombay atau bawang merah merupakan jenis umbi lapis yang bisa memberikan efek menghangatkan badan. Saat anda memasak dengan menambahkan umbi lapis ini, tubuh Anda tentu akan meresponnya dengan merasa hangat. Ini adalah efek dari proses metabolisme tubuh yang berjalan lancar.

Sumber Energi

Bukan hanya karbohidrat saja yang bisa menjadi sumber energy, melainkan umbi lapis juga kaya dengan energi kalori yang cukup sebagai sumber energi. Saat Anda merasa lesu atau meriang, maka cobalah banyak menambahkan umbi lapis ke dalam masakan Anda.

Meningkatkan Jumlah Sel Darah Merah

Kombinasi antara telur, bawang merah, dan tomat diyakini sebagai tanaman obat yang ampuh untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Jika Anda menderita penyakit anemia, Anda bisa mencoba resep masakan sayuran umbi lapis ini. Telur dadar bawang merah dan tomat, cukup ampuh mengobati pusing anda.

Melancarkan Peredaran Darah

Sayuran umbi lapis bisa membantu dalam melancarkan peredaran darah. Bagi yang menderita penyakit pengentalan darah, maka dianjurkan untuk memasukkan jenis sayuran ini ke dalam masakan dalam jumlah yang lebih banyak.

Memperbaiki Sistem Imun yang Terganggu

Sistem imun atau pertahanan tubuh manusia seringkali terganggu oleh serangan bakteri atau virus. Bisa juga disebabkan oleh kerusakan sel di dalam tubuh yang memaksa imun bekerja dengan sangat keras hingga akhirnya malah terganggu. Hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan sayran umbi lapis untuk mengembalikan kekebalan sistem imun Anda.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Bawang bombay diyakini dapat melancarkan pencernaan. Jenis sayuran umbi lapis ini baik untuk kesehatan usus Anda, jadi tidak mudah tersumbat dan mengalami susah buang besar. Ketika sistem pencernaan baik, maka bagian tubuh secara keseluruhan juga akan baik-baik saja, sebab organ pencernaan seperti usus memang perperan penting dalam penyerapan gizi makanan.

Sumber Protein

Beberapa orang meyakini bahwa protein nabati yang berasal dari sayuran umbi lapis lebih aman jika dibandingkan dengan protein hewani karena tidak banyak mengandung lemak jenuh, sehingga tidak menimbulkan efek samping penyakit degeratif.

Mencegah Penyakit Degeneratif

Penyakit degeneratif merupakan suatu gangguan peredaran darah akibat kerusakan pembuluh darah. Pembuluh darah bisa karena adanya timbunan lemak. Umbi lapis, seperti yang dikatakan di atas tidak mengandung lemak jenuh yang bisa menyebabkan penyakit degeneratif.

Mengatasi Mual-mual

Mual-mual biasanya disebabkan karena asam lambung yang memenuhi rongga pencernaan sehingga rasanya ingin selalu sendawa dan muntah. Anda dapat menekan produksi asam lambung dengan memakan sayuran umbi lapis. Akan tetapi sayur ini harus dimasak dengan tingkat kematangan yang cukup (harus benar-benar matang).

Mengobat Pusing

Umbi lapis ternyata juga bisa mengobati pusing. Apabila Anda sedang merasa pusing, ditambah sakit kepala yang susah disembuhkan. Sayuran umbi lapis bisa membantu Anda untuk mengobati rasa sakit tersebut.

Itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan serta jabarkan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat tanaman umbi lapis untuk bawang merah dan bawang putih. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan sejumlah pengetahuan. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *