Manfaat Unsur Hara Bagi Tanaman

Diposting pada

Fungsi Unsur Hara

Unsur hara merupakan elemen kimia yang penting untuk memelihara kesehatan tanaman. Tumbuhan memenuhi kebutuhan unsur hara mereka untuk pertumbuhan dengan menyerap unsur hara dari tanah dan air melalui akarnya, serta karbon dioksida dari atmosfer, selain sinar matahari yang dibutuhkan. Kualitas tanah dan iklim adalah penentu utama distribusi dan pertumbuhan tanaman.

Kombinasi nutrisi tanah, air, dan karbon dioksida, bersama dengan sinar matahari, memungkinkan tanaman untuk tumbuh. Contoh unsur hara atau nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan misalnya nitrogen yang bermanfaat dalam pembentukan klorofil, fosfor yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan akar. Oleh sebab itu, agar tanaman tetap tercukupi kebutuhan unsur haranya, bisa dilakukan misalnya melalui pemupukan, tumpang sari dan rotasi tanaman.

Unsur Hara

Definisi unsur hara atau dalam Bahasa Inggris nutrient,  bisa diartikan sebagai zat yang digunakan oleh organisme untuk bertahan hidup, tumbuh, dan bereproduksi. Persyaratan untuk asupan unsur hara makanan berlaku untuk hewan, tumbuhan, jamur, dan protista.

Unsur hara dapat dimasukkan ke dalam sel untuk keperluan metabolisme atau diekskresikan oleh sel untuk membuat struktur non-seluler, seperti rambut, sisik, bulu, atau eksoskeleton.

Beberapa bentuk unsur hara mikro atau makro dapat diubah secara metabolik menjadi molekul yang lebih kecil dalam proses melepaskan energi, seperti karbohidrat, lipid, protein, dan produk fermentasi (etanol atau cuka), yang mengarah ke produk akhir air dan karbon dioksida.

Manfaat Unsur Hara

Berikut ini bermacam-macam manfaat yang terdapat dalam unsur hara bagi tanaman, antara lain:

  1. Membentuk klorofil dan protein

Klorofil adalah zat hijau yang terdapat pada daun dan memiliki untuk membantu dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan makanan bagi tumbuhan. Selain membentuk klorofil unsur hara juga membantu tanaman dalam membentuk protein bagi tumbuhan.

  1. Mempercepat pertumbuhan

Tumbuhan juga mengalami masa pertumbuhan seperti halnya hewan dan manusia. Untuk menunjang bahkan mempercepat pertumbuhan tersebut diperlukan asupan nutrisi atau unsur hara agar bisa tumbuh dengan baik.

  1. Bunga yang dihasilkan lebih baik

Salah satu ciri dari tumbuhan yang terpenuhi unsur haranya yaitu bunga yang dihasilkan lebih baik. Apabila tumbuhan mempunyai bentuk bunga yang indah, baik dari bentuk dan warnanya, maka bisa dipastikan bahwa unsur hara yang dibutuhkannya juga tercukupi dengan baik.

  1. Menguatkan dinding sel

Unsur hara juga berperan penting dalam menguatkan dinding sel bagi tumbuhan. Dinding sel tumbuhan yaitu sebuah struktur yang terdapat di luar membran plasma yang berperan sebagai pembatas ruang untuk pembesaran sel-sel pada tumbuhan tersebut.

Dinding sel yang kuat sangat membantu dalam proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik, karena dinding sel berfungsi antara lain untuk mennetukan bentuk, kekuatan, serta dukungan pada tumbuhan; sebagai lalu lintas zat-zat yang penting bagi tumbuhan; sebagai tempat menyimpan karbohidrat, dan lain-lain. 

  1. Membantu fotosintesis

Fotosintesis artinya proses memasak makanan bagi tumbuhan dengan menggunakan bantuan sinar matahari. Tumbuhan melakukan fotosintesis untuk memasak makanan yang diperoleh dari sumber unsur hara. Makanan yang di hasilkan dari proses fotosintesis tersebut selanjutnya akan disalurkan  ke seluruh tubuh tumbuhan.

  1. Mempercepat pematangan buah

Unsur hara juga memiliki peran penting dalam mempercepat pematanagn buah. Pematangan tersebut dipengaruhi oleh hormon etilen, yang merupakan hormon yang terbentuk dari proses metabolisme tumbuhan itu sendiri.

  1. Meransang pertumbuhan akar

Unsur hara sangat dibutuhkan oleh tumbuhan dalam merangsang pertumbuhan akar, terutama pada tumbuhan yang masih berupa benih maupun tumbuhan muda. Bagi tumbuhan, akar mempunyai banyak fungsi,  diantaranya yaitu sebagai penopang tumbu tegaknya tumbuhan; sebagai penyerap air dan unsur hara; menyimpan cadangan makanan, misalnya pada wortel, umbi-umbian, dan bengkuang.

  1. Membentuk hormon pada tumbuhan

Hormon pada tumbuhan bisa dibentuk dari unsur hara yang diperoleh atau diserap oleh akar. Hormon tersebut pada tumbuhan berfungsi untuk mempercepat proses pnyerbukan bungan yang ada pada tumbuhan untuk menghasilkan buah yang segar dan sehat.

  1. Membentuk proses fisiologis tanaman

Proses fisiologis bagi tanaman bisa berupa proses pernafasan atau respirasi pada tumbuhan yang terdapat di balik daun melalui stomata dan pada batang melalui lentisel.

Stomata adalah lubang atau sebuah celah yang berada pada epidermis di organ tumbuhan yang berwarna hijau yang dibatasi oleh sel khusus yang disebut dengan sel penutup. Sedangkan lentisel adalah lubang-lubang kecil pada batang tumbuhan sebagai tempat keluar masuknya karbondioksida dan oksigen.

  1. Meningkatkan kualitas tanaman

Unsur hara dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas tumbuhan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh sebab itu, unsur hara sangat dibutuhkan oleh tanaman agar kualitas pertumbuhannnya optimal.

Tumbuhan yang kekurangan unsur hara akan terganggu pertumbuhannya, baik pertumbuhan pada organ akar, batang, daun, bunga, buah, dan lain-lain, sehingga kualitas tumbuhan akan buruk.

  1. Tahan terhadap hama

Hama adalah sejenis hewan yang dapat menganggu pertumbuhan tanaman. Apabila kebutuhan unsur hara pada tanaman tercukupi, maka menjadikan tumbuhan tahan terhadap serangan hama yang menganggu.

  1. Menetralkan senyawa atau keadaan yang tidak menguntungkan

Unsur hara juga dibutuhkan tumbuhan dalam menetralkan senyawa-senyawa berbahaya atau keadaan yang tidak menguntungkan dalam tanah. Tanah sebagai media tanam yang berperan penting dalam menyediakan unsur hara itu sendiri. Oleh sebab itu, adanya senyawa berbahaya dapat berdampak buruk bagi tumbuhan.

Nah, itulah tadu serangkain artikel yang sudah kami selesaikan secara tuntas kepada segenap pembaca terkait dengan manfaat unsur hara bagi tanaman/tumbuhan. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *