Pengertian Morfologi Tumbuhan, Bagian, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Morfologi

Morfologi merupakan ilmu dalam arti pertanian yang mengkaji tentang tumbuh-tumbuhan atau botani. Dasar- dasar pada ilmu botani modern terletak pada abad ke XVII hingga abad XVIII adalah dengan menjelaskan sesuatu hal yang belum jelas pada percobaan dan penelitian sebelumnya maka akan terjelaskan hukum dasar terkait dunia tumbuh- tumbuhan.

Beberapa cabang ilmu botani biasanya meliputi morfologi. Morfologi merupakan suatu cabang ilmu botani yang mengkaji struktur luar tubuh tumbuhan yang dapat dilihat dengan mata telanjang atau secara langsung. Hal tersebut yang menyebabkan kegiatan identifikasi tumbuhan dilakukan, dapat diketaui mana yang tergolong pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil yaitu tumbuhan biji yang terbelah.

Morfologi Tumbuhan

Morfologi tumbuhan merupakan cabang ilmu yang mempelajari mengenai berbagai bagian luar tumbuhan baik pada bagiannya ataupun fungsinya. Secara umum, terdapat tiga pembahasan morfologi pada tumbuhan antara lain daun, jenis batang, dan akar. Morfolofi termasuk pula salah satu cabang ilmu dalam mempelajari biologi tumbuhan.

Morfologi tumbuhan mempunyai manfaat dalam menggambarkan kenampakan wujud atau bentuk tumbuhan dengan adanya deskripsi. Penggambaran mengenai wujud ataupun bentuk tubuh tumbuhan melalui istilah atau terminologi berupa kata-kata tertentu untuk menjelaskan makna yang tertentu juga.

Pengertian Morfologi Tumbuhan

Morfologi tumbuhan adalah ilmu yang mempelajari tentang perkembangan bentuk dan struktur tumbuhan yang berdampak pada usaha untuk mendeskripsikan ciri berdasarkan kesamaan asal dan tujuan.

Dalam hal ini terdapat dua kelompok tumbuhan yang menjadi pokok bahasan morfologi tumbuhan yakni pteridopyhta atau tumbuhan paku dan spermatophyta atau tumbuhan biji.

Kajian mengenai morfologi tumbuhan harus melihat dari tiga komponen utama yang menjelaskan arti dan fakta dari kajian morfologi yaitu deskripsi secara lisan dari adanya bentuk, klasifikasi bentuk, genesis bentuk ataupun morfogenesis.

Bagian Morfologi Tumbuhan

Pada tumbuhan Angiospermae terdapat organ tumbuhan yang menyusunnya antara lain akar,  batang, daun dan bunga. Tiap bagian tumbuhan terdapat struktur dan fungsi yang berbeda.

  1. Akar

Fungsi akar antara lain;

  1. Menyerap dan menyalurkan air dan mineral ataupun unsur hara
  2. Menambatkan tumbuhan ke dalam tanah
  3. Menyimpan cadangan makanan

Di dalam bagian akar tumbuhan terdapat struktur antara lain tudung akar, meristem akar, epidermis akar, jaringan penyokong maupun pengakut seperti xylem dan floem. Pada tanaman tertentu terdapat bintil akar yang berguna untuk menyerap nitrogen pada atmosfer.

  1. Batang

Fungsi batang antara lain;

  1. Memperkuat dan menopang tubuh tumbuhan.
  2. Menyalurkan air dan mineral dari akar ke seluruh tubuh terkhusus daun
  3. Menyalurkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh hingga ke bagian cadangan makanan.

Batang mempunyai struktur antara lain buku, ruas, tunas lateral atau aksiler, dan tunas apikal atau yang dikenal dengan tunas terminal.

  1. Daun

Fungsi utama daun adalah untuk respirasi, fotosintesis, dan cadangan nutrisi makanan. Struktur daun antara lain epidermis, stomata, parenkim palisade, kloroplas, parenkim spons, dan jaringan pembuluh angkut seperti floem dan xylem.

  1. Bunga

Fungsi utama bunga yaitu alat reproduksi seksual atau generatif. Struktur dari bunga antara lain benang sari dan putik

Fungsi Morfologi Tumbuhan

Fungsi dari morfologi tumbuhan yaitu;

  1. Untuk mendeksripskan keadaan wujud atau bentuk tumbuh- tumbuhan. Kegiatan dekskripsi tentang wujud dan bentuk tubuh memanfaatkan istilah atau terminologi berupa kata tertentu untuk menjelaskan arti atau makna tertentu.
  2. Menjelaskan bentuk dan susunan tubuh tumbuhan
  3. Menentukan manfaat dari tiap bagian tubuh tumbuhan yang kemudian dapat mendeteksi keberadaan asal dan susunan tubuh yang tersusun.
  4. Diperlukan dalam memahami siklus hidup, ekologi, penyebaran geografis, konservasi, dan evolusi.

Contohnya Morfologi Tumbuhan

Adapun untuk contoh dalam morfologi pada tumbuhan antara lain sebagai berikut;

  1. Tumbuhan yang hidup pada daerah kering atau xerofit

Morfologi:

  1. Berdaun tebal dan terkadang dapat berubah bentuk bisa bentuk duri sisi ataupun tidak memiliki daun sama sekali. Sehingga proses penguapan melalui daun dapat terbatas atau sedikit.
  2. Berbatang tebal dengan adanya jaringan spons untuk menyimpan air.
  3. Berakar panjang maka memiliki jangkauan luas
Sebagai contoh tumbuhan kaktus
  1. Tumbuhan yang hidup pada daerah lembab atau Higrofit

Morfologi:

  1. Berdaun tipis dan lebar
  2. Permukaan daun memiliki banyak mulut daun ataupun stomata mengakibatkan dapat mempercepat proses evaporasi atau penguapan
Sebagai contoh tumbuhan higrofit yaitu tanaman keladi

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa morfologi pada sistem tanaman tidak hanya mempelajari mengenai bentuk dan susunan tumbuhan saja. Tetapi juga menentukan manfaat dari masing-masing bagian pada kehidupan tumbuhan dan mengetahui asal mula dan susunan tubuh yang terbentuk.

Sehingga dalam hal ini morfologi tumbuhan adalah cabang ilmu yang mengkaji bentuk fisik dan struktur tubuh pada tumbuhan. Penggunaan nama morfolofi berasal dari bahasan latin yaitu morphus artinya wujud atau bentuk dan logos artinya ilmu atau pengetahuan.

Demikinalah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian morfologi tumbuhan, bagian, fungsi, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga memberi edukasi dan referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *