Pengertian Ordo, Macam, dan Contohnya

Diposting pada

Ordo Adalah

Taksonomi tumbuhan dan hewan adalah praktik mengidentifikasi organisme yang berbeda, mengklasifikasikannya ke dalam kategori, dan menamainya. Semua organisme, baik yang hidup maupun yang punah akan senantiasa diklasifikasikan ke dalam kelompok berbeda dengan organisme serupa lainnya dan diberi nama ilmiah. Klasifikasi organisme memiliki berbagai kategori hierarki.

Ada delapan kategori taksonomi yang berbeda. Misalnya saja seperti Domain, Kerajaan, Filum, Kelas, Ordo, Keluarga, Genus, dan Spesies. Secara spesifik, ordo bisa diartikan sebagai tingkatan taksonomi yang menghimpun beberapa famili dalam tingkatan klasifikasi makhluk hidup. Terdapat bermacam-macam ordo, misalnya Kelas Mammalia termasuk Ordo Chiroptera (kelelawar), Ordo Primata (primata), Ordo Carnivora (mamalia pemakan daging), Ordo Cetacea (paus dan purpoise), Ordo Insectivora (pemakan serangga), dan lain-lain.

Ordo

Dalam klasifikasi biologis, ordo adalah peringkat taksonomi yang digunakan dalam klasifikasi organisme dan diakui oleh kode nomenklatur. Pangkat terkenal lainnya adalah kehidupan, domain, kerajaan, filum, kelas, famili, marga, dan spesies, dengan keteraturan yang sesuai antara kelas dan famili.

Pangkat yang lebih tinggi, superordo, dapat ditambahkan langsung di atas urutan, sementara subordo akan menjadi peringkat yang lebih rendah. Apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam setiap ordo ditentukan oleh ahli taksonomi, seperti apakah urutan tertentu harus dikenali atau tidak.

Seringkali tidak ada kesepakatan yang pasti, dengan ahli taksonomi yang berbeda masing-masing mengambil posisi yang berbeda. Tidak ada aturan tegas yang perlu diikuti oleh ahli taksonomi dalam mendeskripsikan atau mengenali pesanan. Beberapa taksa diterima hampir secara universal, sementara yang lain jarang dikenali.

Pengertian Ordo

Ordo adalah tingkatan taksonomi di bawah kelas yang terdiri atas beberapa famili hewan maupun tumbuhan. Dalam Bahasa Indonesia, istilah ordo juga diartikan sebagai bangsa. Setiap ordo/bangsa dipecah menjadi beberapa famili/keluarga. Ada banyak ordo di setiap kelas.

Pengertian Ordo Menurut Para Ahli

Adapun definisi ordo menurut para ahli, antara lain:

  1. Biology Dictionary, Pengertian ordo adalah urutan yang lebih spesifik daripada kelas. Beberapa ordo Linnaeus masih digunakan sampai sekarang, seperti Lepidoptera (ordo kupu-kupu dan ngengat). Ada antara 19-26 ordo Mammalia, bergantung pada bagaimana organisme diklasifikasikan, berdasarkan sumber yang berbeda. Beberapa ordo Mamalia adalah Primata, Cetacea (paus, lumba-lumba, dan porpoise), Karnivora (karnivora besar / omnivora), dan Chiroptera (kelelawar).
  2. Biology Online, Ordo adalah peringkat taksonomi yang digunakan dalam mengklasifikasikan organisme, umumnya di bawah kelas, dan terdiri dari famili yang berbagi sifat atau karakter serupa.

Macam Ordo dan Contohnya

Terdapat beragam ordo pada hewan. Salah satunya pada Mamalia. Ada sekitar 5.000 spesies mamalia. Mereka dibagi menjadi tiga subkelas dan sekitar 26 ordo (tidak ada konsensus di antara ahli biologi).

Tidak seperti hewan lain, mamalia memiliki bulu tubuh, memiliki 3 tulang telinga tengah (malleus, incus, dan stapes), dan memberi makan anaknya dengan susu yang diproduksi oleh betina dalam kelenjar keringat yang dimodifikasi yang disebut kelenjar susu.

Ordo Hewan Mamalia

Beberapa ordo dalam mamalia,beserta masing-masing contohnya, antara lain:

  1. Ordo Artiodactyla (hewan berkuku genap)

Hewan berkuku dengan jumlah jari kaki genap termasuk hewan memamah biak, atau mencerna makanannya dalam perut empat bilik dan mengunyah makanan, dan hewan yang tidak memamah biak.

Mereka yang memamah biak adalah keluarga Girrafidae (jerapah), Cervidae (rusa), Antilocapridae (antelop pronghorn), dan Bovidae (sapi, bison, yak, bebek air, rusa kutub, rusa, springboks, domba, musk ox, kambing). Sedangkan, yang bukan hewan memamah biak termasuk keluarga Suidae (babi), Tayassuidae (peccaries), Hippopotamidae (kuda nil), dan Camelidae (unta, llama).

  1. Ordo Carnivora (pemakan daging)

Ada dua subordo dari hewan ini. Mereka termasuk Canidae (serigala, anjing, rubah), Ursidae (beruang, panda raksasa), Procyonidae (rakun, panda kecil), dan Mustelidae (musang, sigung, berang-berang), semua bagian dari satu superfamili yang ditandai dengan moncong panjang dan cakar yang tidak bisa ditarik.

Subordo kedua terdiri atas Felidae (kucing, singa, cheetah, macan tutul),  Hyaenidae (hyena), dan Viverridae (musang), yang semuanya memiliki cakar yang bisa ditarik. Karnivora terdiri dari antara 7-12 famili yang (berdasarkan sumber) terbagi ke dalam dua superfamili, Canoidea (atau Arctoidea), karnivora mirip anjing, dan Feloidea (atau Aeluroidea), karnivora mirip kucing.

  1. Ordo Cetacea (paus dan purpoise)

Dua subordo Ordo Cetacea adalah paus bergigi, yang memiliki gigi kerucut yang teratur, dan paus balin, yang memiliki permukaan tulang tidak beraturan. Paus bergigi termasuk keluarga Physeteridae (paus sperma), Monodontidae (narwhals, belugas), Phocoenidae (porpoises), dan Delphinidae (lumba-lumba).

Baleens termasuk dalam keluarga Eschrichtiidae (paus abu-abu), Balaenidae (paus kanan/right whales), atau Balaenoptridae (paus punggung sirip, paus punggung punuk).

  1. Ordo Chiroptera (kelelawar)

Ada dua subordo kelelawar, satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Subordo Megachiroptera berisi satu famili, yaitu Pteropodidae (rubah terbang, kelelawar buah). Subordo Microchiroptera terdiri dari 17 famili, antara lain:

Rhinopomatidae (kelelawar ekor tikus), Emballonuridae (kelelawar ekor selubung), Craseonycteridae (kelelawar berhidung babi atau kupu-kupu), Noctilionidae (kelelawar bulldog atau nelayan), Nycteridae (kelelawar bermuka celah), Megadermatidae (kelelawar vampir palsu), dan Rhinolophidae (kelelawar tapal kuda). 

  1. Orde Edentata (mamalia ompong)

Tiga keluarga mamalia tanpa gigi: Dasypodidae (armadillos), Bradypodidae (sloth), dan Myrmecophagidae (pemakan semut berbulu).

  1. Ordo Hyracoidae (hyraxes, dassies)

Ordo Hyracoidae adalah satu dari tiga ordo yang hanya memiliki satu famili modern yang tersisa. Procavia capensis (hyrax batu Afrika) adalah salah satu dari sembilan spesies yang hidup di Keluarga Procaviidae.

  1. Ordo Insectivora (pemakan serangga)

Bentuk ordo ini memiliki tiga jenis famili, yaitu famili Talpidae (tikus tanah), Soricidae (tikus), dan Erinaceidae (landak).

  1. Ordo Marsupialia (hewan berkantung)

Termasuk di antaranya adalah famili Caenolestidae (tikus oposum), Diddeelphidae (oposum sejati), Dasyuridae (kucing asli, mencit asli), Notoryctidae (marsupial moles), Myrmecobiidae (numbat), Peramelidae (bandicoots), Phalangeridae (koala), Vombatidae ( wombat), dan Macropodidae (kanguru dan walabi).

  1. Ordo Monotremata (mamalia bertelur)

Mamalia yang lebih primitif ini membentuk keluarga Tachyglossidae (echidnas, juga disebut anteater berduri) dan Ornithorhynchidae (platypus).

  1. Ordo Pinnipedia (anjing laut dan walrus)

Dalam ordo berkaki sirip terdapat Otariidae (anjing laut bertelinga, singa laut), Odobenidae (walrus), dan Phocidae (anjing laut tanpa telinga).

  1. Ordo Primata (primata)

Ordo ini dibagi menjadi dua subordo: Prosimii, yang memiliki moncong lebih panjang dari kerabatnya, dan Anthropoidae. Kelompok pertama meliputi famili Tupalidae (tikus pohon), Lemuridae (lemur), Daubentonlidae (aye-ayes), Lorisidae (lorises, pottos), dan Tarsiidae (tarsius).

Antropoid termasuk keluarga Callitrichidae (marmoset), Cebidae (monyet Dunia Baru), Cercopithecidae (babun, monyet Dunia Lama), Hylobatidae (owa), Pongidae (gorila, simpanse, orangutan), dan Hominidae (manusia).

  1. Ordo Rodentia (mamalia yang menggerogoti)

Mamalia paling produktif, Ordo Rodentia mencakup tiga subordo. Famili yang termasuk dalam ordo ini meliputi Aplodontidae (berang-berang gunung), Sciuridae (tupai, tupai, marmut), Cricetidae (tikus lapangan, lemming, muskrat, hamster, gerbil), Muridae (tikus Dunia Lama, tikus), Heteromyidae (tikus Dunia Baru), Geomyidae (gophers), dan Dipodidae (jerboas).

  1. Ordo sirenia (duyung dan manatee)

Famili Trichechidae (manatees) dan dugongidae ini bisa dicontohnya. Misalnya saja duyung dan sapi laut lainnya yang senantiasa membentuk Ordo Sirenia.

Ordo Tumbuhan Berbunga

Berikut ini beberapa orde pada tumbuhan berbunga (Angiospermae). Tumbuhan berbunga adalah tumbuhan vaskuler yang paling dominan yang ditemukan pada fauna di seluruh dunia. Warna bunganya yang menyenangkan dan menarik tentu saja menambah lebih banyak warna dan mencerahkan pemandangan di mana saja. Karena adanya bunga dan biji yang tertutup, mereka disebut phanerogams.

Orde yang termasuk Angiospermae, antara lain:

  1. Amborellales 

Amborellales adalah tumbuhan ordo yang mengandung satu anggota, Amborella trichopoda, dalam famili Amborellaceae. Urutan ini dianggap mewakili cabang divergen paling awal di antara anggota hidup pohon angiospermae (tumbuhan berbunga).

Amborella trichopoda berasal dari Kaledonia Baru, di barat daya Samudra Pasifik, dan memiliki penyebaran yang tersebar di sebagian besar bagian tengah pulau yang ditinggikan. Ini adalah semak cemara yang kayunya dianggap dari jenis primitif karena kurangnya pembuluh (sejenis sel untuk konduksi air).

  1. Nymphaeales

Nymphaeales adalah ordo tumbuhan berbunga, terdiri dari tiga famili tumbuhan air, Hydatellaceae, Cabombaceae, dan Nymphaeaceae (bunga lili air). Ini adalah salah satu dari tiga ordo angiospermae basal, kelas tanaman berbunga yang berbeda awal. Setidaknya 10 karakter morfologi menyatukan Nymphaeales.

Daftar Tumbuhan, yang dibuat oleh Royal Botanic Gardens, Kew dan Missouri Botanical Garden mengenali sekitar 70 spesies dalam 11 genera dalam ordo tersebut, tetapi studi filogenetik dari genus Nymphaea menyiratkan bahwa jumlah spesies bisa lebih dari 90. Perbedaan jumlah spesies hampir seluruhnya disebabkan oleh sulitnya penentuan spesies dalam genus Nymphaea.

  1. Liliales

Liliales adalah ordo tumbuhan berbunga tanaman monokotil dalam kelompok Filogeni Angiosperm dan sistem Jaringan Filogeni Angiosperm, dalam monokotil lilioid. Urutan kebutuhan ini termasuk keluarga Liliaceae.

Sistem APG III (2009) menempatkan ordo ini pada klade monokotil. Dalam APG III, famili Luzuriagaceae digabungkan dengan famili Alstroemeriaceae dan famili Petermanniaceae diakui. Baik ordo Lililiales dan famili Liliaceae memiliki sejarah yang diperdebatkan secara luas, dengan batasan yang sangat bervariasi dari satu ahli taksonomi ke yang lain.

Anggota sebelumnya dari ordo ini, yang pada satu tahap termasuk sebagian besar monokotil dengan tepal yang mencolok dan kekurangan pati di endosperm, sekarang didistribusikan ke tiga ordo, Liliales, Dioscoreales dan Asparagales, menggunakan sebagian besar filogenetik molekuler.

Liliales yang baru dibatasi adalah monofiletik, dengan sepuluh famili. Tanaman terkenal dari ordo tersebut termasuk Lilium (lily), tulip, Trillium bunga liar Amerika Utara, dan greenbrier.

  1. Zingiberales

Zingiberales adalah ordo jahe dan pisang yang terdiri dari 8 famili, 92 marga, dan lebih dari 2.100 spesies. Anggota Zingiberales tersebar luas di daerah tropis, terutama sebagai tanaman peneduh di daerah tropis yang selalu hijau, dengan beberapa marga yang memiliki nilai ekonomi utama.

Yang paling utama adalah pisang hibrida (Musa paradisiaca), yang menghasilkan pisang dan pisang raja yang bisa dimakan. Sebagian besar tumbuhan di Zingiberaceae, atau keluarga jahe, memiliki daun dan bunga aromatik.

Zingiber officinale menghasilkan jahe sejati; genera lainnya adalah sumber bumbu tambahan, produk obat, pewarna, dan bumbu. Sebagian besar anggota Zingiber berasal dari Asia tropis, meskipun beberapa spesies ditanam sebagai tanaman hias di rumah kaca dan dapat bertahan hidup di musim dingin di daerah beriklim sedang.

  1. Rosales

Rosales adalah ordo tumbuhan berbunga. Ini adalah saudara dari clade yang terdiri dari Fagales dan Cucurbitales. Ini berisi sekitar 7.700 spesies, didistribusikan ke sekitar 260 genera. Rosales terdiri dari sembilan famili, dengan tipe famili mawar, Rosaceae.

Keluarga terbesar dari keluarga ini adalah Rosaceae dan Urticaceae. Ordo Rosales dibagi menjadi tiga klade yang tidak pernah diberi peringkat taksonomi. Clade basal terdiri dari famili Rosaceae; clade lain terdiri dari empat famili, termasuk Rhamnaceae; dan klade ketiga terdiri dari empat keluarga urticalean.

Ordo Rosales sangat didukung sebagai monofiletik dalam analisis filogenetik sekuens DNA, seperti yang dilakukan oleh anggota Angiosperm Phylogeny Group. Dalam sistem klasifikasi tumbuhan APG III mereka, mereka mendefinisikan Rosales sebagai terdiri dari sembilan famili.

Hubungan famili-famili ini tidak pasti hingga tahun 2011, ketika mereka diselesaikan dalam studi filogenetik molekuler berdasarkan dua gen inti dan sepuluh gen kloroplas.

Nah, demikinalah artikel lengkap yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian ordo menurut para ahli, macam, dan contoh pada hewan dan tumbuhan. Semoga memberikan edukasi serta referensi bagi semua kalangan yang memerlukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *