Pengertian Budidaya, Macam, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Budidaya Adalah

Pengertian budidaya secara umum, disertai macam, manfaatnya serta contohnya begitu penting untuk diketahui. Apalagi, istilah ini biasanya selalu berkaitan pada proses yaitu memperbanyak sumber daya hayati, yang umumnya dalam bidang pertanian, perkebunan, serta peternakan hewan. Saat ini banyak masyarakat yang dapat menjadikan budidaya tanaman atau hewan sebagai sumber penghasilannya.

Budidaya

Budidaya sangat lekat dengan tanaman atau pengembangbikan hewan yang dilakukan oleh petani. Petani bahkan dapat menanam tanaman baik itu tanaman pangan, sayur-sayuranan, buah-buahan, sampai dengan tanaman hias. Dari membudidayakan tanaman maka petani bisa menjual hasil dari proses produksi pertaniannya serta mendapatkan penghasilan. Selain tanaman, yang bisa di budidayakan yaitu hewan, misalnya seperti yaitu pada peternakan ayam serta sapi, atau perikanan ikan air tawar.

Pengertian Budidaya

Budidaya adalah upaya yang tersusun secara terencana untuk dapat memelihara dan mengembangbiakan tanaman atau hewan agar tetap lestari sehingga dapat memperoleh hasil yang bermanfaat dan berguna dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Misalnya yang sering sekali dibudidayakan ialah tanaman, banyak sekali jenis tanaman yang bisa dibudidayakan mulai dari tanaman pangan, sayuran, serta tanaman hias sehingga dengan membudidayakannya bisa mendapatkan suatu keuntungan.

Pengertian Budidaya Menurut Para Ahli

Adapun dalam definisi para ahli, pengertian budidaya antara lain sebagai berikut;

Sunjian (2012)

Pengertian budidaya adalah hasil pertanian yang dilakukan masyarakat untuk mendapatkan hasil sebagai keputusan secara kolektif atau individu untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia.

Chairun Hanum

Budidaya ialah suatu proses yang menghasilkan bahan pangan serta berbagai produk agroindustri lainnya dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan. Yang menjadi objek budidaya tanaman ini antara lain tanaman hortikultura, tanaman pangan dan tanaman perkebunan.

PP RI No 18 Tahun 2010 tentang Usaha Budidaya Tanaman

Budidaya ialah berbagai macam kegiatan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam nabati yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan modal, teknologi ataupun dengan sumber daya lainnya untuk menghasilkan suatu produk berupa barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Budidaya Tanaman Hias ialah suatu proses budidaya berbagai tanaman yang banyak digunakan yaitu sebagai dekorasi baik untuk indoor ataupun outdoor. Contoh tanaman hias yaitu seperti pakis haji, mawar, palem kipas, cemara, serta melati.

Budidaya Tanaman Sayuran ialah serangkaian kegiatan budidaya tanaman yang digunakan untuk sayur dan lalapan. Tanaman sayuran juga dapat dikelompokan menjadi sayuran daun (contoh tanaman budidaya sawi, kangkung, sayuran ialah serangkaian kegiatan budidaya tanaman yang dapat digunakan untuk sayur serta lalapan. Tanaman sayuran dapat dikelompokan menjadi yaitu sayuran daun (contoh tanaman budidaya sawi, kangkung, bayam, dan kubis), sayuran batang (contoh rebung, asparagus, serta kalian), sayuran akar (contoh wortel dan lobak), sayuran umbi (contoh kentang, dan bawang merah), sayuran bunga (contoh bunga kol dan brokoli), sayuran buah (contoh tomat, labu dan cabe) serta sayuran biji (contoh ercis dan kacang merah).

Macam-Macam Buddidaya

Berikut beberapa macam budidaya yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk bisa mendapatkan penghasilan, misalnya:

Budidaya Tanaman Pangan

Yaitu budidaya yang kegiatannya yaitu menanam tanaman yang dapat menghasilkan karbohodrat serta protein serta dapat di konsumsi. Banyak sekali orang yang dapat menanam tanaman jenis pangan karena hasilnya untuk menguntungkan dari segi ekonomi dan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Beberapa contoh tanaman pangan misalnya seperti yaitu: padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung, serta lain-lain.

Budidaya Tanaman Sayur

Yaitu kegiatan menanam tanaman yang dapat menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya dari tumbuhan yang di tanam. Dari hasil proses produksi tanam menanam ini bisa menghasilkan tanaman yang dapat di konusmsi. Contoh sayuran yang dapat sering di budidayakan kangkung, bayam, kol, seledri, selada, serta lain-lain.

Budidaya Tanaman Buah

Yaitu kegiatan tanam menanam yang dapat menghasilkan buah-buahan, sehingga dari hasilnya bisa mendapatkan keuntungan. Banyak sekali jenis tanman buah-buahan yang dapat sering di budidayakan misalnya yaitu buah naga, anggur, jambu, apel, jeruk, mangga, cabe, semangka, melon, serta lain-lain.

Dalam membudidayakan tanaman seringnya masyarakat dapat menanamnya secara langsung pada tanah lahan pertanian atau dengan cara hidroponik tanpa menggunakan tanah.

Budidaya Perikanan

Yaitu kegiatan memelihara serta mengembangbiakan ikan sehingga mendapatkan hasil yang bermanfaat. Umumnya terdapat dua jenis ikan yang paling sering di budidayakan yaitu ikan untuk dapat di konsumsi dan ikan hias. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang bisa di budidayakan tapi juga organisme air lainnya yaitu misal sepeti kerang, udang, atau tumbuhan air lainnya.

Budidaya Hewan Ternak

Yaitu kegiatan memelihara, serta mengembang biakan hewan-hewan ternak supaya dapat mendapatkan hasil yang menguntungkan. Saat ini budidaya hewan ternak sedang berkembang pada kalangan masyarakat, beberapa contohnya yaitu seperti budidaya hewan ternak sapi, ayam, domba, kambing, serta lain-lain.

Manfaat Budidaya

Adapun berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya, misalnya:

  • Dapat memperoleh suatu keuntungan baik dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.
  • Dapat memperoleh suatu hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi.
  • Dapat meningkatkan suatu kesejahteraan masyarakat, karena terbukanya lapangan pekerjaan.
  • Budidaya dapat di jadikan sebagai suatu sarana untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam.
  • Dengan membudidayakan tanaman maka dapat membuat suatu udara semakin bersih, dan lingkungan semakin sejuk.

Contoh-Contoh Budidaya

Beragam kegiatan bagian daripada contoh budidaya, antara lain;

Budidaya Puyuh

Puyuh adalah jenis burung yang tidak dapat terbang, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek serta dapat diadu. Burung puyuh biasa disebut juga Gemak (dalam Bhs. Jawa-Indonesia). Bahasa asingnya biasa disebut “Quail”, adalah bangsa burung (liar) yang pertama kali dapat diternakan di Amerika Serikat, pada tahun 1870.

Dan terus dapat dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dapat dikenal, dan diternak semenjak akhir pada tahun 1979. Kini mulai bermunculan di kandang kandang ternak yang ada di seluruh Indonesia. 

Budidaya Lele

Lele adalah jenis ikan yang digemari masyarakat, dengan rasa yang lezat, daging empuk, duri teratur serta dapat disajikan dalam berbagai macam menu masakan. Dengan prinsip K-3 (Kuantitas, Kualitas serta Kesehatan) apat membantu petani lele dengan paket produk serta teknologi.

Budidaya Ayam Ras

Ayam Pedaging (Broiler) ialah ayam ras yang mampu tumbuh dengan cepat sehingga bisa menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5 hingga 7 minggu). Broiler juga memiliki peranan yang penting sebagai sumber protein yaitu hewani asal ternak.

Budidaya Padi

Ini dia tanaman pangan yang utama di dunia serta di Indonesia.  Sebagian besar masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi nasi sebagai hasil dari olahan padi. Karena pentingnya padi untuk ketahanan pangan, maka suatu program-program pengembangan padi akan selalu menjadi prioritas oleh pemerintah.

Budidaya Tebu

Tebu hingga saat ini masih dapat menjadi sumber pemanis yang utama.  Produk olahannya ialah gula pasir.  Kebutuhan gula pasir yaitu sebagai sumber pemanis masih sangat tinggi bahkan setiap tahun untuk mengalami kenaikan.

Akan tetapi produksi gula tebu justru dapat mengalami penurunan hingga saat ini posisi Indonesia ialah importir gula tebu. Kondisi ini juga sebenarnya bertolak belakang dengan kondisi pada tahun 1927 dimana ketika itu Indonesia dapat menjadi pengekspor gula tebu keberbagai negara. Diantaranya Cina, Hongkong, Jepang, Taiwan, Singapura, serta Eropa.

Budidaya Kentang

Kentang ialah komoditas pertanian yang sangat penting dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.  Hal ini disebabkan karena harganya yang sangat tinggi dan stabil, permintaannya juga banyak.  Sehingga dapat dilihat dari aspek agribisnis, menanam kentang mempunyai potensi keuntungan yang menarik.

Demikinalah penjelasan secara lengkap mengenai pengertian budidaya menurut para ahli, macam, manfaat, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan pencerahan dan refrensi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

5 (100%) 1 vote[s]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *