Pengertian Home Industri, Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Home Industri Adalah

Home berarti rumah, tempat tinggal, ataupun suatu kampung halaman. Sedankan Industri, dapat diartikan sebagai kerajinan, usaha produk barang ataupun perusahaan. Singkatnya, Home Industry (atau biasanya ditulis atau dieja dengan “Home Industri”) ialah rumah usaha produk barang atau juga perusahaan kecil. Dikatakan sebagai perusahaan kecil karena jenis kegiatan ekonomi ini dapat dipusatkan di rumah. Bagi kita yang ingin selalu mengetahui penjelasannya secara lengkap, maka penjelasan pengertian home industri, ciri, dan contohnya.

Home Industri

Pada umumnya, istilah home industri adalah pelaku kegiatan ekonomi yang dapat berbasis di rumah ini adalah keluarga itu sendiri ataupun salah satu dari anggota keluarga yang berdomisili di tempat tinggalnya itu dengan mengajak beberapa orang di sekitarnya sebagai karyawannya.

Meskipun dalam skala yang tidak terlalu besar, namun dalam kegiatan ekonomi ini secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan untuk sanak saudara ataupun tetangga di kampung halamannya. Dengan begitu, usaha perusahaan kecil ini otomatis bisa membantu program pemerintah dalam upaya mengurangi angka pengangguran. Lagi, jumlah penduduk miskinpun akan dapat berangsur menurun.

Pengertian Home Industri

Pengertian home industri adalah usaha di rumah adalah tempat tinggal yang merangkap tempat usaha, baik itu berupa usaha jasa, kantor hingga perdagangan. Semula pelaku home industry yang mempunyai desain ini adalah kalangan enterpreneur dan profesional, yang sekarang mulai meluas pada kalangan umum.

Untuk mempunyai lokasi yang strategis untuk tempat berkembangnya usaha jenis rumahan ini tidak terlepas dari berkembangnya virus enterpreneur/kewirausahaan yang dapat berperan membuka pola pikir ke depan masyarakat bahwa rumah bukan hanya sebagai tempat tinggal namun dapat digunakan juga sebagai tempat mencari penghasilan.

Pengertian Home Industri Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah pengertian serta definisi Home Industry menurut beberapa ahli;

Tohar

Pengertian yang pertama yang telah dikemukakan. Beliau mengatakan bahwa Home Industry yaitu kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam suatu undang-undang.

Ina Primiana

Pengertian yang kedua mengatakan bahwa home industri adalah;

  • Usaha kecil ialah pengembangan empat kegiatan ekonomi utama yang menjadi motor penggerak pembangunan, ialah agribisnis, industri manufaktur, sumber daya manusia, serta bisnis kelautan.
  • Usaha kecil ialah pengembanagn kawasan andalan untuk dapat mempercepat pemulihan perekonomian melalui pendekatan wilayah atau daerah, ialah dengan pemulihan wilayah atau daerah untuk mewadahi program prioritas dan pengembangan sektor-sektor dan potensi.
  • Usaha kecil ialah peningkatan upaya-upayapemberdayaan masyarakat.

Kwartono

Pengertian home industri menurut para ahli yang selanjutnya. Beliau mengatakan bahwa Home Industry ialah kegiatan ekonomi rakyat yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha. Atau yang mempunyai hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000 dan milik warga negara Indonesia.

Zulkarnain

Beliau mengatakan bahwa ialah kegiatan ekonomi rakyat yang memenuhi beberapa kriteria. Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan yaitu bahwa Home Industry dilakukan oleh masyarakat kecil yaitu sebagai pemilik modal atau pelaku utamanya.

Ciri Home Industry

Adapun karakteristik dari home idustri yang ada dalam kehidupan masyarakat, antara lain;

  1. Jenis barang/komoditi yang diusahakan umumnya telah tetap tidak gampang berubah.
  2. Lokasi/tempat usaha umumnya telah menetap tidak berpindah-pindah.
  3. Pada umumnya telah melakukan administrasi keuangan walau masih sederhana, keuangan perusahaan sudah mulai dipisahkan dengan keuangan keluarga, sudah membuat neraca usaha.
  4. Sudah mempunyai izin usaha dan persyaratan legalitas lainnya termasuk NPWP.
  5. Sumberdaya manusia (pengusaha) mempunyai pengalaman dalam berwira usaha.
  6. Sebagian telah akses ke perbankan dalam hal keperluan modal
  7. Sebagian besar belum bisa membuat manajemen usaha dengan baik seperti business planning.

Contoh Home Industri

Beragam contoh yang biasanya ditemukan dalam home industri masyarakat, antara lain;

Home Industri Daur Ulang Sampah

Sampah masih bisa diolah menjadi barang-barang yang mampu dipergunakan lagi. Diawali dengan memilih sampah, hal ini perlu dilakukan agar lebih mempermudah pengolahan atau daur ulangnya. Modal utamanya pastinya tentu saja kreatifitas serta daya imajinasi.

Dengan berbagai macam sampah, maka kita akan semakin banyak melihat peluang. Vas bunga dari botol bekas ataupun bunga plastic dari daur ulang kiranya mampu menarik minat para konsumen. Karena bagaimanapun, olahan kerajinan tangan akan bisa memberikan daya tarik tersendiri masyarakat dibandingkan dengan produk pabrik yang sudah sering mereka ketahui.

Bohlam lampu bekas bisa berubah menjadi pot bunga atau dikenal dengan pengertian tabulapot yang akan mewarnai rumah para calon-calon konsumen anda. Bukanlah hal yang mudah memang, namun kreatifitas akan sangat dapat membantu peluang usaha anda.

Mengolah Kain Perca

Memulai usaha Home Industri dengan cara mengolah kain perca menjadi kreatifitas yang dapat dimanfaatkan lagi sepertinya dapat menjadi pertimbangan anda. Sedangkan macam kreatifitas yang bisa dilakukan dengan kain perca sungguh sangat beragam.

Contohnya saja dengan mengubah kain perca menjadi tas anak, sarung bantal, celemek memasak, sprei, serta masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Hal ini juga akan sangat dipengaruhi oleh daya imajinasi kita dalam mengolah kain perca menjadi produk yang memiliki nilai jual.

Kita juga mampu mengolah kain perca dengan harga yang dapat bersaing. Dengan demikian, kita pun juga mampu semakin mengembangkan kualitas produk dari usaha Home Industri kita dengan olahan berbagai jenis serta motif, maka jangan takut untuk dapat mulai mengembangkan usaha anda.

Pudding Art Home Industri

Sepertinya, kemampuan kreatifitas juga bisa dicoba dengan manisnya pudding yang sangat disukai oleh berbagai kalangan masyarakat. Selain menjadi makanan yang lembut serta berserat, pasalnya Pudding juga dapat menjadi hidangan pencuci mulut. Kini, dengan berkembangnya waktu, manfaat Pudding di mata masyarakat pun juga sangat beragam, tak jarang ada Pudding yang digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun.

Sebutan manisnya ialah Pudding Art, ialah Pudding yang dalam prosesnya pembuatannya menggunakan spuit dalam melukis bagian dalam Pudding agar dapat terbentuk lukisan yang apik di dalam Pudding. Ini bisa menjadi referensi anda untuk memulai usaha yaitu Home Industri.

Selain itu, dengan memanfaatkan kecanggihan tekhnologi serta maraknya sosial media bisa menjadi alasan untuk anda semakin sigap menghadapi pangsa pasar yang kini cukup canggih. Ada lagi cara untuk dapat semakin memeberikan minat untuk dapat menarik pelanggan, yaitu dengan memanfaatkan jasa pesan-antar. Hal ini mungkin bisa menjadi referensi memulai usaha kita.

Home Industri Abon Lele

Abon ialah salah satu makanan yang masih menjadi primadona di hati masyarakat. Makanan yang ringan untuk dapat dijadikan lauk ini sangat mampu menarik lidah masyarakat Indonesia. Abon sapi serta abon ayam sudah biasa dikonsumsi, namun untuk penjelajah lidah masyarakat, maka tidak ada salahnya jika kita memulai untuk memulai usaha Home Industri dapat membuat abon lele.

Selain lebih terjangkau dari segi ekonomis, dan ada pula keunggulan dari segi produktifitas. Kita dapat mengelola sendiri budidaya lele yang memang dapat hidup serta berkembang di air tawar. Jadi, bukan hanya memudahkan kita dalam memulai Home Industri, kita juga mampu mengembangkannya dengan produk menggunakan lebel milik kita sendiri.

Home Industri Makanan Khas

Makanan khas nampaknya masih bisa memikat peluang anda dalam memulai usaha. Dengan tempat tinggal kita yang kiranya dapat diolah melalui daya tarik khas sekitar, maka makanan ialah hal termudah yang pasti dicari oleh pengunjung sebuah kota tertentu.

Contohnya saja ‘Brem’ khas kota Madiun, ‘Pecel’ khas kota Kediri, atau yaitu olahan apel khas kota Malang. Namun, anda tetap bisa mencari ide lain untuk mengolah usaha makanan khas Home Industri agar dapat semakin menarik minat masyarakat luas.

Furniture

Bisnis furnitur tidak selalu identik dengan perusahaan yaitu mebel besar. Pada Jepara untuk melihat bisnis ini, banyak sekali masyarakat wilayah jepara yang dapat membuat usaha kecil kecilan di bidang ini. Halaman rumahnya dapat dijadikan lokasi usaha. Jumlah karyawannya 3 hingga 5 orang.

  1. Industri dalam pengertian makanan serta minuman olahan yang melalukan pengawetan dengan peroses penggaraman, pemanisan, pengasapan, pengeringan, perebusan, penggorengan dan fermentasi dengan cara-cara tradisional.
  2. Industri penyempurnaan barang dari serat alam ataupun serat buatan menjadi benang bermotif/celup dan di ikat dengan menggunakan alat yang digunakan oleh tangan.
  3. Industri tekstil yaitu meliputi pertenunan, perajutan, pembatikan, dan pembordiran, atau alat yang digerakkan tangan termasuk batik, peci, kopiah.
  4. Industri jasa pemeliharaan serta perbaikan yang meliputi otomotif, elektronik dan peralatan rumah tangga yang dikerjakan secara manual atau semi otomatis.
  5. Industri kerajinan yang mempunyai kekayaaan khasanah budaya daerah, nilai seni yang menggunakan bahan baku alamiah maupun imitasi.

Demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan tentang pengertian home industri menurut para ahli, ciri, dan contohnya yang ada dalam kehidupan masyarakat. Semoga melalui tulisan inilah bisa memberikan referensi kepada segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *