Pengertian Kelapa dan Syarat Tumbuhnya

Diposting pada

Pengertian Kelapa Menurut Para Ahli

Tumbuhan kelapa menjadi salah satu komoditas terbanyak di miliki Indonesia. Hal ini bisa disebabkan lantaran Indonesia memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Bahkan, wilayah-wilayah tertentu sudahpula di proyeksikan menjadi bagian dari daerah penghasil kelapa dengan olahan makanan, gula, dan lain sebagianya. Oleh sebab itulah artikel ini akan membagikan apa itu tanaman kelapa?.

Pengertian Kelapa

Kelapa ialah buah bulat dan memanjang dari daging putih, berserat dan berminyak yang ditutupi oleh cangkang tebal, coklat dan berbulu. Kelapa dikelilingi oleh kernel berserat, yang di dalamnya terdapat daging putih yang disebut kopra.

Ketika buah masih lunak menghasilkan cairan seperti susu yang biasa digunakan sebagai makanan pokok di beberapa zona.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Kelapa

Berikut ini klasifikasi ilmiah dari ciri-ciri tanaman kelapa, yaitu:

  • Kingdom      : Plantae
  • Divisio          : Spermatophyta
  • Sub-divisio   : Angiospermae
  • Kelas            : Monocotyledonae
  • Ordo             : Palmales
  • Famili           : Palmae
  • Genus           : Cocos
  • Spesies          : Cocos nucifera L (Nurul, 2007)

Pengertian Kelapa Menurut Para Ahli

Adapun definisi kelapa menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

Sutardi,  Santoso , dan  Anggia  (2008:  3)

Tanaman  kelapa (Cocos  nucifera L.)adalah tanaman  serbaguna  yang  mempunyai  nilai ekonomi  tinggi.  Seluruh  bagian  tanaman kelapa  mulai  dari  akar,  batang,  daun  dan buah  dapat  dimanfaatkan  untuk  pemenuhan  kebutuhan  manusia,  sehingga dikatakan sebagai pohon kehidupan (tree for life).

Soekardi  (2012:  2)

“Kelapa  (nyiur)  atau Cocos  nucifera ialah  tumbuhan  palma  pantai  yang  pohonnya  tinggi, tanaman  yang  berusia cukup   tua,   yang   banyak   tersebar   di   seluruh   daerah   tropika,   dan   pada permulaan  tarikh  Masehi  sudah  dikenal  dan  dimanfaatkan  orang  dalam kehidupan sehari-hari…”

Persyaratan Iklim dan Lokasi Tanaman Kelapa

Tanaman kelapa membutuhkan lokasi dengan sinar matahari penuh dan mentolerir berbagai jenis tanah, mulai dari tanah liat hingga berpasir dan dari asam hingga basa. Namun, pertumbuhan terbaik di tanah yang berdrainase baik.

Pohon kelapa juga tidak toleran terhadap cuaca dingin. Beberapa variasi musiman dapat ditoleransi, dengan pertumbuhan yang baik di mana suhu musim panas rata-rata antara 28 dan 37 ° C (82 dan 99 ° F), dan bertahan hidup selama suhu musim dingin di atas 4–12 ° C (39-54 ° F).

Karena tinggi dan penyebarannya, Anda harus menghindari menanamnya di bawah kabel listrik atau di lokasi yang ramai. Anda juga harus menghindari menanam kelapa sehingga mereka tumbuh langsung di atas area untuk duduk-duduk, karena berbahaya jika buahnya tiba-tiba jatuh.

Pohon kelapa di daerah lalu lintas tinggi akan membutuhkan pemangkasan untuk membuang buah dan bunganya sebelum jatuh dan melukai seseorang. Pohon-pohon ini memiliki toleransi kekeringan dan semprotan garam yang tinggi.

Persyaratan Pertumbuhan Kelapa

Benih kelapa ini memiliki adaptasi anatomis yang memungkinkannya untuk bertahan dalam perjalanan laut yang panjang ke atol dan pulau-pulau tropis yang terisolasi. Benih membawa persediaan makanan dan air sendiri.

Embrio kelapa dipelihara oleh daging kelapa putih yang disebut endosperma. Air dan daging terkandung dalam lapisan tulang keras yang disebut endocarp. Embrio kecil tertanam dalam jaringan makanan di dekat pori perkecambahan.

Perawatan dan Pemupukan

Anda dapat menanam pohon kelapa dari wadah atau transplantasi pohon kelapa di luar ruangan selama musim semi atau musim panas yang hangat. Untuk tahun pertama setelah ditransplantasikan, pohon kelapa membutuhkan sekitar satu inci air per minggu selama cuaca kering.

Pohon yang lebih tua dapat mentolerir kekeringan dengan baik tetapi hasil terlibat terlihat ketika diberi pengairan atau irigasi selama cuaca kering. Palm membutuhkan pupuk nitrogen tinggi, seperti rasio 2-1-1.

Anda dapat membeli pupuk khusus kelapa atau menggunakan pupuk jenis lain yang kaya nitrogen. Palm muda akan baik-baik saja dengan 1 hingga 3 pon pupuk granular 2-1-1 setiap tiga hingga empat bulan, dan palm besar akan baik-baik saja dengan 5 hingga 10 pound pupuk tersebut.

Dispersal atau Penyebaran Tanaman Kelapa (Dispersal Lautan)

Benih kelapa terutama beradaptasi dengan baik untuk meningkatkan jangkauannya melalui metode penyebaran laut. Benih mengapung ketika lapisan luarnya mengering. Kelapa yang apung melayang di arus laut dan berakhir di pantai tropis tempat mereka berkecambah dan berakar.

Beberapa lapisan perlindungan pada embrio tanaman kelapa memungkinkan buah melayang beberapa mil di atas lautan terbuka dan kemudian mendaratan untuk berkecambah di tanah yang jauh. Seperti yang dikatakan di atas bahwa embrio tertanam dalam daging kelapa, atau endosperma. Ketika siap untuk berkecambah, tanaman baru tumbuh melalui pori perkecambahan, lubang kecil di salah satu ujung kelapa.

Kelapa telah melakukan perjalanan laut untuk meningkatkan habitat mereka dari semenanjung Melayu ke daerah dataran rendah di dekat laut di Karibia, Australia, pulau-pulau Laut Selatan, dan di mana pun suhu dan curah hujan berada dalam parameter pertumbuhan kelapa.

Penyakit Pada Tanaman Kelapa

Kelapa rentan terhadap penyakit fitoplasma, penyakit menguning. Satu kultivar yang baru-baru ini diseleksi, ‘Maypan‘, telah dibiakkan untuk tahan terhadap penyakit ini. Penyakit menguning memengaruhi perkebunan di Afrika, India, Meksiko, Karibia, dan Wilayah Pasifik.

Kandungan Gizi Buah Kelapa

Daging buah kelapa yang muda mengandung hampir 90% adalah asam lemak jenuh. Air kelapa muda mengandung kalium tinggi loh daripada minuman kaleng yang biasa dijual dipasaran. Kandungan gizi antara daging kelapa yang muda dan tua bervariasi. Semakin tua buah kelapa semakin sedikit kandungan airnya kandungan lemak,kalium,fosfor dan zat besinya semakin tinggi.

Secara kuantitas diperkirakan sebagai berikut:

  • Per 100 gram yang disajikan dengan 354 kalori
  • daging kelapa mentah memasok jumlah total lemak yang tinggi (33 gram), terutama lemak jenuh (89% dari total lemak)
  • kandungan karbohidrat (15 gram)
  • protein (3 gram).

Adapun untuk bahan gizi mikro dalam konten yang signifikan (lebih dari 10% dari Nilai Harian) termasuk mineral makanan, mangan, tembaga, besi, fosfor, selenium, dan seng.

Demikianlah tadi artikel yang memberikan penjelasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian kelapa menurut para ahli, syarat tumbuh, dan kanduangannya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan, ya. Trimakaish,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *