Pengertian Lidah Buaya dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Lidah Buaya dan Manfaatnya

Lidah buaya dalam catatan sejarah pertama kali masuk pertama ke Indonesia sekitar abad ke-17. Tanaman ini dibawa oleh petani keturunan Cina yang pada awalnya, lidah buaya hanya digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam sembarangan di pekarangan rumah dan sebagai kosmetika untuk penyubur rambut. Barulah sekitar tahun 1990, tanaman ini baru digunakan untuk industri makanan dan minuman (Furnawanthi, 2002). Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang pengertian dan manfaat lidah budaya.

Pengertian Lidah Buaya

Lidah buaya atau Aloe Vera  adalah tanaman sukulen yang digunakan dalam pengobatan alternatif.  Nama lidah buaya berasal dari kata Arab “Alloeh”, yang berarti “zat pahit yang berkilau” dan “Vera” berasal dari kata Latin “Vera”, yang memiliki makna kebenaran.

Secara sistematis, klasifikasi lidah buaya yaitu sebagai berikut :

  • Divisi              : Magnoliophyta
  • Kelas               : Liliopsida
  • Ordo                : Asparagales
  • Famili             : Asphodelaceae
  • Genus             : Aloe L.
  • Spesies           : Aloe vera L.

Karena distribusinya yang cukup luas, lidah buaya memiliki beragam nama lokal yang jumlahanya mencapai sekitar 75 nama, di antaranya yaitu ghai kunwar, gwar-patha, yaa dam, lou-houey, zambila, dan lain-lain.

Pengertian Lidah Buaya Menurut Para Ahli

Adapun definisi lidah buaya menurut para ahli, antara lain:

Furnawanthi (2002)

Lidah buaya (Aloe vera L) adalah tanaman yang banyak tumbuh pada iklim tropis ataupun subtropis dan sudah digunakan sejak lama karena fungsi pengobatannya. Lidah buaya bisa tumbuh di daerah beriklim dingin dan juga di daerah kering, seperti Afrika, Asia dan Amerika.

Hal tersebut disebabkan karena pada bagian stomata daun lidah buaya dapat tertutup rapat pada musim kemarau untuk menghindari hilangnya air daun.

Lidah buaya bisa tumbuh pada suhu optimum untuk pertumbuhan berkisar antara 16-33oC dengan curah hujan 1000-3000 mm dengan musim kering agak panjang, sehingga lidah buaya termasuk tanaman yang efisien dalam penggunaan air.

Manfaat Lidah Buaya Secara Umum

Produk yang dibuat dari daun Aloe Vera memiliki beberapa sifat seperti emolien, pencahar, antibakteri, anti inflamasi, anti oksidan, anestesi, afrodisiak, anti cacing, anti jamur, antiseptik dan kosmetik. Sebagian besar (96%) dari tanaman adalah air dan sisanya adalah bahan aktif seperti minyak esensial, asam amino, mineral, vitamin, enzim dan glikoprotein.

Ketika parenkim (bahan mucilaginous di daun) dari daun dihilangkan, ini disebut “Gel filet” diproses dan distabilkan serta seratnya dihilangkan. Sisa cairan opalescent yang biasa disebut “Aloe Vera gel”. Ini adalah cairan yang digunakan untuk kulit dan minuman kesehatan.

Bersama dengan enzim, asam amino dalam gel memberikan sifat khusus sebagai produk perawatan kulit dan sebagai bahan baku untuk pembuatan produk nutrisi, obat-obatan dan kosmetik kelas tinggi.

Aloe memiliki dua jenis aplikasi:

Aplikasi Eksternal

Penggunaan eksternal produk lidah buaya terutama sebagai penyembuh kulit dan penggunaan kosmetik. Efek penyembuhan dari produk lidah buaya adalah karena kemampuannya untuk mencegah cedera pada jaringan epitel (lapisan kulit) dan penyembuhan pada jaringan yang terluka.

Ini bisa mengatasi berbagai penyakit kulit seperti luka ringan, sengatan serangga, memar, poison ivy dan eksim. Ahli kosmetologi menyebutnya sebagai “air awet muda atau water of youth” karena sifat anti kerutnya. Laju penyerapannya di kulit empat kali lebih tinggi dari air, menjadikannya pelembab yang baik.

Aplikasi Internal

Produk-produk Lidah buaya dapat dikonsumsi secara internal dalam bentuk bubuk, tablet dan jus. Suplemen jus dan makanan lidah buaya sangat berguna untuk iritasi saluran pencernaan seperti kolitis dan tukak lambung. Ini juga berguna untuk pencernaan, sirkulasi darah dan limfatik dan fungsi ginjal, hati dan kantong empedu.

Aplikasi internal lidah buaya, antara lain:

Pengawet makanan

Gel yang terbuat dari lidah buaya digunakan memperpanjang konservasi produk-produk segar, seperti buah segar dan kacang-kacangan. Gel ini tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau. Produk alami ini adalah alternatif yang aman dan ramah lingkungan untuk bahan pengawet sintetis seperti sulfur dioksida.

Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa anggur pada 1° C dilapisi dengan gel ini dapat dipertahankan selama 35 hari terhadap 7 hari untuk anggur yang tidak diberi perlakuan.

Gel kosmetik

Lidah buaya adalah bahan baku untuk pembuatan berbagai produk kosmetik kelas tinggi. Perusahaan kosmetik menambahkan getah atau turunan lainnya dari lidah buaya ke produk-produk seperti makeup, tisu, pelembab, sabun, tabir surya, sampo, dan lotion. Kosmetik yang dihasilkan dari lidah buaya dapat digunakan untuk kulit sebagai krim kulit.

Tujuan medis

Bersama-sama dengan enzim dan asam amino dalam gel, lidah buaya memiliki sifat khusus sebagai produk perawatan kulit, menyediakan zat antijamur, antibakteri dan antivirus. Lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyediakan nutrisi penting, membunuh bakteri, virus, jamur, ragi dan mengurangi peradangan.

Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan pada jaringan yang terluka. Peradangan terjadi ketika jaringan sehat terluka dan darah mulai menggumpal di sekitar jaringan untuk memperbaiki jaringan yang terluka. Lidah buaya adalah anti-inflamasi alami yang jauh lebih lembut pada tubuh manusia.

Tekstil

Di bidang tekstil, gel lidah buaya digunakan sebagai pengental dalam pigmen dan pencetakan reaktif, untuk desizing kain abu-abu, untuk finishing antimikroba, mewakili natrium klorida dan karbonat dalam pewarnaan reaktif kain katun, untuk memasukkan gugus amina ke kain katun dengan perlakuan demikian bahwa serat kapas memiliki afinitas terhadap pewarna asam.

Baca juga;

  1. Jenis Tanaman Lidah Buaya dan Kandungannya
  2. Ciri Tanaman Lidah Buaya dan Syarat Tumbuhnya

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian lidah budaya menurut para ahli dan khasiatnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah edukasi mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *