Pengertian Makanan, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Makanan Adalah

Makanan yaitu bahan yang biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan tenaga dan nutrisi. Cairan yang dipakai untuk maksud ini sering disebut dengan minuman, tetapi kata ‘makanan’ juga dapat dipakai. Istilah seperti ini dipakai dengan kiasan, seperti “makanan untuk pemikiran”. Kecukupan makanan bisa dinilai dengan status gizi secara antropometri. Sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan membahasa tentang pengertian makanan, jenis, fungsi, dan contohnya.

Makanan

Makanan yang dibutuhkan manusia biasanya dapat diperoleh dari hasil bertani atau berkebun yang meliputi yaitu sumber hewan, dan tumbuhan. Beberapa orang menolak untuk dapat memakan makanan dari hewan seperti, daging, telur, dan lain-lain.

Mereka yang tidak suka memakan daging, serta sejenisnya disebut vegetarian ialah orang yang hanya memakan sayuran sebagai makanan pokok mereka. Bagi kita yang ingin selalu mengetahui penjelasannya secara lengkap, maka penjelasannya bisa dilihat seperti dibawah ini.

Pengertian Makanan

Pengertian makanan adalah segala sesuatu yang memiliki mengandung gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kaya akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, serta sedikit lemak tak jenuh, dan lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.

Pengertian Makanan Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah pengertian serta definisi makanan menurut beberapa ahli;

Prasetyono

Makanan sehat ialah dengan meramu berbagai jenis makanan yang seimbang, sehingga terpenuhi seluruh kebutuhan gizi bagi tubuh serta mampu dirasakan secara fisik dan mental.

Hulme

Makanan sehat ialah makanan dalam arti yang sesungguhnya dan mampu menikmati makanan tersebut. Makanan yang sehat harus dapat terdiri dari makanan utama dan makanan penunjang. Makanan sehat tersebut juga dikenal dengan istilahy aitu  4 dan 5 sempurna.

Akan tetapi kepopulerannya sudah mulai memudar karena berbagai alasan. Makan dengan lauk pauk tahu, tempe, sepotong daging, serta mangkuk sayur masih belum cukup dapat memenuhi kebutuhan gizi. Bila dilihat, menu makan tersebut sudah dianggap memenuhi kebutuhan kalori serta protein, tetapi apakah di dalamnya sudah tercakup nutrisi lain yang diperluhkan tubuh.

Banyaknya zat-zat kimia serta hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih saja kekurangan akan beberapa zat yang sangat penting, berikut label beberapa bahan makanan yang telah mengandung 4 sehat 5 sempurna:

  • Karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum, singkong, serta lain-lain.
  • Protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, dan telur daging
  • Mineral : banyak terdapat pada jenis sayur-sayuran
  • Vitamin : banyak terdapat pada jenis buah-buahan

Jenis Makanan

Jenis-jenis makanan secara umum, dibagi berdasarkan dua hal, ialah berdasarkan sumber makanan dan cara pengolahan;

Berdasarkan Sumber Makanan

Berdasarkan sumbernya, makanan fungsional dapat digolongkan menjadi dua, yaitu makanan fungsional nabati serta makanan fungsional hewani.

  1. Makanan fungsional nabati adalah makanan fungsional yang bersumber dari bahan tumbuhan. Contohnya kedelai, beras merah, tomat, bawang putih, brokoli, jeruk, anggur, serta teh.
  2. Makanan fungsional hewani adalah makanan fungsional yang bersumber dari bahan hewan. Contohnya ikan, daging sapi, serta susu serta produk-produk olahannya.

Berdasarkan Cara Pengolahannya

Berdasarkan cara pengolahannya, makanan fungsional dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, ialah alami, tradisional, dan modern.

  1. Makanan fungsional alami adalah makanan fungsional yang sudah tersedia di alam tanpa perlu pengolahan sama sekali. Contohnya buah-buahan dan sayuran segar yang dapat langsung dimakan.
  2. Makanan fungsional tradisional adalah makanan fungsional yang diolah secara tradisional mengikuti cara pengolahan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Contohnya tempe, dadih, yoghurt, beras merah, susu, serta teh.
  3. Makanan fungsional modern, adalah makanan fungsional yang dibuat khusus menggunakan resep-resep baru. Contohnya produk-produk makanan yang dapat ditujukan khusus untuk diabetesi seperti Diabetasol dan Diabetamil. Makanan fungsional modern yang dapat sengaja dibuat untuk tujuan khusus umumnya diproduksi melalui salah satu pendekatan berikut;
  • Menghilangkan komponen yang dapat diketahui dapat menyebabkan efek buruk jika dikonsumsi, misalnya yaitu protein alergan (protein penyebab alergi).
  • Meningkatkan konsentrasi komponen yang mempunyai efek baik terhadap kesehatan, baik berupa komponen nutrisi ataupun komponen non-nutrisi (phytochemicals) yang secara alami sudah terdapat dalam makanan tersebut.
  • Menambahkan suatu komponen yang mempunyai efek baik terhadap kesehatan yang sebelumnya tidak terdapat dalam makanan tersebut.
  • Mengganti suatu komponen dalam makanan yang diketahui mempunyai efek burukterhadap kesehatan dengan komponen lain yang memiliki efek menguntungkan.
  • Meningkatkan ketersediaan atau stabilitas dari komponen suatu makanan yang diketahui mempunyai efek balk terhadap kesehatan.

Fungsi Makanan

Semua bentuk kehidupan, baik tanaman, binatang, ataupun manusia memerlukan unsur makanan tertentu untuk dapat bertahan hidup dan berkembang biak. Unsur-unsur yang diperlukan untuk tumbuh harus terdapat di dalam suatu makanan dengan perbandingan yang tepat.

Tubuh manusia terdiri dari berjuta-juta sel yang hidup serta kesemuanya mempunyai fungsi masing-masing. Setiap sel ini harus dapat senantiasa terpelihara supaya dapat melakukan fungsinya dengan baik. Untuk memastikan hal ini, kita juga harus memilih makanan dengan bijaksana, sehingga kesehatan kita senantiasa terjaga.

Ini ialah keputusan terpenting dalam kehidupan kita, ialah suatu keputusan yang akan mengakibatkan kerugian pada diri kita sendiri ataukah keputusan yang akan memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Untuk itu kita sendirilah yang harus dapat menentukan keputusan ini, dan tahukah kita apabila kita hidup hingga usia 70 tahun, makanan yang kita konsumsi akan mencapai 1400 kali lebih berat daripada berat tubuh kita sendiri.

Ini suatu angka yang cukup besar sekali, karena tubuh kita memerlukan makanan untuk dapat memenuhi semua kebutuhan dan fungsi tubuh. Adapun fungsi utama makanan bagi tubuh ialah sebagai berikut:

Penyedia energi atau bahan bakar.

Zat-zat makanan yang sudah melalui serangkaian proses pencernaan dalam tubuh akan menghasilkan energi atau bahan bakar yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Tanpa adanya energi kita tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari sperti bekerja, belajar, berolahraga, serta aktivitas-aktivitas lainnya.

Pertumbuhan serta Pembangunan Tubuh.

Pertumbuhan dan pembangunan tubuh dimulai sejak kita lahir serta berlangsung selama kita hidup.  Bahan-bahan untuk pertumbuhan bisa pembangunan tubuh ini bersumber dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Pemeliharaan Jaringan serta Perbaikan Jaringan Tubuh (regenerasi).

Untuk dapat melakukan fungsi tubuh secara normal sangat juga tergantung pada kesehatan jaringan-jaringan yang ada. Apabila terdapat kerusakan pada jaringan atau jaringan tersebut sudah tua, maka diperlukan makanan untuk dapat membangun kembali jaringan yang telah rusak sehingga jaringan tersebut bisa berfungsi kembali secara optimal.

Pengaturan Proses-Proses Tubuh

Didalam tubuh manusia banyak sekali proses yang dapat terjadi. Disini makanan memiliki peranan untuk mengatur metabolisme serta mengatur berbagai keseimbangan cairan tubuh melalui unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.

Pertahanan Tubuh Terhadap Penyakit (antibodi)

Vitamin yaitu sebagai salah satu unsur yang terkandung dalam makanan memberikan fungsi dalam mempertahankan kekebalan tubuh, karena kekurangan terhadap salah satu vitamin yang terkandung dalam suatu makanan dapat menimbulkan penyakit.

Contoh Makanan

Tujuan memakan makanan sehat bagi tubuh kita ialah untuk menjaga agar badan kita tetap sehat, tumbuh, serta berkembang secara baik. Makanan sehat serta bergizi seimbang bukan berarti makanan yang mahal dan enak. Makanan sehat menurut ahli gizi mengandung empat macam makanan, ialah makanan pokok, lauk pauk, sayur serta buah.

Makanan Pokok

Makanan pokok juga banyak mengandung karbohidrat (zat tepung). Misalnyal nasi, jagung, roti, singkong, serta sagu. Karbohidrat sangat dapat diperlukan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Dari sumber tenaga ini, kita dapat melakukan segala aktivitas atau kegiatan. Jadi, agar tubuh bertenaga maka setiap hari kita harus dapat makan karbohidrat yang cukup yang dapat diambil dari nasi, roti, jagung, singkong, maupun sagu.

Lauk Pauk

Lauk pauk banyak mengandung protein serta lemak yang digunakan untuk membangun tubuh serta mengganti sel-sel yang rusak. Contoh yang termasuk dalam lauk pauk ialah daging, ikan, ayam, telur, tempe, tahu, serta lain-lain.

Sayur dan Buah

Sayur serta buah banyak mengandung vitamin dan mineral. Vitamin serta mineral ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh serta tidak mudah terserang penyakit. Contoh sayur ialah bayam, kangkung, wortel, dan lain-lain. Buah buahan misalnya mangga, heruk, pepaya, serta pisang. Untuk itu, setiap hari kita juga perlu makan sayur dan buah yang cukup.

Nah, demikinalah serangkaian penjelasan serta pengulasan tentang pengertian makanan menurut para ahli, jenis, fungsi, dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah referensi bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Berikan Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *