Pengertian Padi, Klasifikasi, Ciri, dan Manfaatnya

Diposting pada

Padi Adalah

Tumbuhan yang bisa menghasilkan beras, termasuk jenis Oryza (Oryza sativa L.) ialah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban manusia. Meskipun terutama bisa mengacu pada jenis tanaman pada pengertian budidaya, padi juga bisa digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genus) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, maka pada pembahasan kali akan memberikan materi tentang pengertian padi, klasifikasi, ciri, dan manfaatnya.

Padi

Padi dalam sejarahnya berasal dari India atau Indocina serta masuk ke Indonesia dibawa oleh nenek moyang yang migrasi dari daratan Asia sekitar 1500 SM. Padi ialah salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Meskipun terutama mengacu pada jenis tanaman budidaya, padi juga bisa digunakan untuk mengacu pada beberapa jenis dari marga (genu ) yang sama, yang biasa disebut sebagai padi liar.

Produksi padi dunia telah menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum. Namun demikian, padi ialah sumber karbohidrat utama bagi mayoritas penduduk dunia.

Pengertian Padi

Padi ialah adalah tanaman budidaya terpenting dalam peradaban manusia untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, dengan alasan demikian maka pada realitanya padi menempati urutan ketiga dari semua serealia, setelah jagung dan gandum.

Pengertian Padi Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah definisi padi menurut beberapa ahli, antara lain;

Purnamawati dan  Purwono, 2002

Menurutnya sejarah padi tergolong tanaman pertanian kuno yang berasal yaitu dari dua benua, ialah Asia dan Afrika Barat. Bukti sejarah bisa menunjukkan bahwa penanaman padi di Zheziang (China) telah dimulai pada 3000 tahun SM. Fosil butir padi serta gabahditemukan di Hastinapur Uttar Pradesa (India) sekitar 100 hingga dengan 800 SM.

AKK (1980)

Menurutnya, padi ialah salah satu jenis bahan makanan yang mana makanan tersebut mengandung gizi serta juga mampu menjadi penguat yang cukup bagi tubuh manusia, sebab di dalam padi sendiri yang terkandung bahan-bahan yang mudah diubah menjadi energi.

Oleh karena itu padi biasa disebut juga makanan energi. Nilai gizi yang diperlukan oleh setiap orang dewasa ialah 1.821 kalori. Apabila kebutuhan tersebut bisa disetarakan dengan dengan beras, maka setiap hari diperlukan beras sebanyak yaitu 0,88 kg.

Dari penjelasan diatas, data dikatakan bahwa tanaman padi mempunyai ciri khusus pada bagian tubuhnya. Batang padi berbuku serta berongga, dari buku batang ini bisa tumbuh anakan dan daun, bunga atau malai muncul dari buku terakhir yaitu pada tiap anakan.

Klasifikasi Padi

Klasifikasi padi secara umum adalah sebagai berikut;

  • Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom   : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi                : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas                 : Liliopsida ( Tumbuhan yang berkeping satu atau monokotil)
  • Sub Kelas         : Commelinidae
  • Ordo                  : Poales
  • Famili                : Poaceae (rumputan)
  • Genus                : Oryza
  • Spesies              : Oryza sativa L

Ciri Padi

Karakteristik pada tanaman padi, antara lain adalah sebagai berikut;

  • Berakar serabut
  • Batang sangat pendek
  • Struktur menyerupai batang terbentuk dari rangkaian pelepah daun yang saling menopang
  • Daun sempurna dengan pelepah regak
  • Daun berbentuk lanset
  • Warna hijau muda hingga hijau tua
  • Berurat daun sejajar
  • Tertutupi oleh rambut yang pendek dan jarang
  • Bunga tersusun majemuk

Penyebaran dan Adaptasi

Asal-usul padi budidaya bisa diperkirakan berasal dari daerah lembah Sungai Gangga dan Sungai Brahmaputra serta dari lembah Sungai Yangtse. Di Afrika, yaitu padi Oryza glaberrima ditanam di daerah Afrika barat tropika. Padi pada saat ini tersebar luas di seluruh dunia serta tumbuh di hampir semua bagian dunia yang mempunyai cukup air dan suhu udara cukup hangat.

Padi menyukai tanah yang lembab serta becek. Sejumlah ahli menduga, padi adalah hasil evolusi dari tanaman moyang yang hidup di rawa. Pendapat ini berdasar pada adanya tipe padi yang bisa hidup di rawa-rawa (dapat ditemukan di sejumlah tempat di Pulau Kalimantan), kebutuhan padi yang tinggi akan air pada sebagian tahap kehidupannya, serta adanya pembuluh khusus di bagian akar padi yang bisa berfungsi mengalirkan udara (oksigen) ke bagian akar.

Reproduksi

Setiap bunga padi mempunyai enam kepala sari (anther) dan kepala putik (stigma) bercabang dua berbentuk sikat botol. Kedua organ seksual ini umumnya siap reproduksi pada waktu yang bersamaan. Kepala sari kadang-kadang keluar dari palea serta lemma jika telah masak.

Dari segi reproduksi padi adalah tanaman berpenyerbukan sendiri, karena 95% atau lebih serbuk sari membuahi sel telur tanaman yang sama. Setelah pembuahan terjadi, zigot serta inti polar yang telah dibuahi segera membelah diri. Zigot telah berkembang membentuk embrio dan inti polar menjadi endospermia. Pada akhir perkembangan, sebagian besar bulir padi mengadung pati di bagian endospermia. Bagi tanaman muda, pati bisa berfungsi sebagai cadangan makanan. Bagi manusia, pati dapat dimanfaatkan sebagai sumber gizi.

Jenis Budidaya Padi

Adapaun dalam macam-macam kasus pembudidayaan pada tanaman padi, antara lain adalah sebagai berikut;

Padi gogo

Di beberapa daerah tadah hujan seorang bisa mengembangkan padi gogo, suatu tipe padi lahan kering yang relatif toleran tanpa penggenangan yaitu seperti di sawah. Di Lombok dapat dikembangkan sistem padi gogo rancah, yang memberikan penggenangan dalam selang waktu tertentu sehingga hasil padi meningkat.

Padi rawa

Padi rawa atau padi pasang surut tumbuh liar atau bisa dibudidayakan di daerah rawa-rawa. Selain di Kalimantan, padi tipe ini dapat ditemukan di lembah Sungai Gangga. Padi rawa mampu membentuk batang yang panjang sehingga bisa mengikuti perubahan kedalaman air yang ekstrem musiman.

Manfaat Padi

Kegunaan tanaman padi secara umum, antara lain adalah sebagai berikut;

Mengandung energi yang tinggi

Padi bisa menjadi salah satu sumber karbohidrat setelah dirubah menjadi nasi putih. Karbohidrat ialah sumber energi yang tercepat, karena semua kegiatan membutuhkan energi, maka hal ini akan bisa mempengaruhi otot yang bekerja.

Asupan ini bisa mengandung asam amino yang penting serta saat nasi disajikan dengan hidangan daging, diet ini dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Nasi putih ialah pilihan yang baik untuk vegetarian yang ingin tetap mengembangkan tubuh mereka.

Mengobati dan mencegah gangguan pencernaan.

Padi dapat mengobati dan mencegah gangguan pencernaan, hal ini karena kandungan serat yang rendah, jika dimasak menjadi nasi putih maka  akan bisa bermanfaat bagi mereka yang menderita diare, radang usus serta morning sickness.

Manfaat lainnya mempunyai sifat diuretik ringan serta berfungsi membantu pencernaan dan antiinflamasi yang alami. Cara nya ialah dengan membuat agar-agar beras.

Mengobati bisul, bengkak dan jerawat

Padi dapat diambil berasnya lalu dapat direbus, dikeringkan, dibiarkan dingin kemudian ditumbuk untuk dapat membentuk pasta untuk dioleskan  pada bisul, luka, bengkak serta jerawat. Hal ini banyak digunakan oleh masyarakat India. yang bisa digunakan  untuk sakit perut, jantung bakar serta gangguan pencernaan.

Ekstrak padi untuk obat serta kosmetik

Ekstrak padi yang dioleh menjadi beras dapat menjadi bahan dalam obat-obatan dan kosmetik. Salah satunya ialah karena diyakini dapat menambah volume serta ketebalan rambut, sehingga mereka digunakan dalam shampoo serta produk perawatan rambut lainnya, serta menjadi krim untuk pelembab karena fungsinya ialah memiliki sifat antipenuaan atau anti aging.

Campuran tepung beras serta madu sendiri digunakan oleh beberapa wanita untuk bisa menambah kecerahan kulit di wajah mereka.

Kegunaan Padi pada Kulit

Adapun kegunaan tanaman padi selain sebagai salah satu pengertian makanan dalam kulit berfungsi untuk;

  1. Kaya antioksidan bisa membantu untuk melindungi kulit. Kaya akan asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan karena tubuh kita dengan membutuhkan mereka tapi tidak bisa secara alami menghasilkan mereka. Asam lemak esensial sudah dikaitkan dengan penurunan tingkat depresi.
  2. Efektif untuk kulit yang terkena iritasi, bisa digunakan sebagai salep kulit, dan bisa membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal.
  3. Sumber yang sangat baik bisa mengandung vitamin E, yang bisa membantu melindungi kering.
  4. Melindungi diri dari banyak karsinogen beracun yang bisa menembus produk perawatan kulit.

Negara Kanada telah menyepakati oryza sativa sebagai bahan yang aman untuk bisa produk perawatan kulit. Selain itu, di Jepang, di mana produk tersebut bisa digunakan selama berabad-abad, sudah disetujui untuk pengobatan berbagai masalah, serta umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Nah, demikianlah serangkaian tulisan serta penjelasan tentang materi pertanian, khususnya paparan pengertian padi menurut para ahli, klasifikasi, ciri, dan manfaatnya. Semoga saja melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta pengetahuan mendalam bagi pembaca. Trimakasih,

4.6 (92.86%) 14 vote[s]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *