Pengertian Perkebunan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Perkebunan Menurut Para Ahli

Perkebunan adalah segala kegiatan yang mengusahakan tumbuhan tertentu pada tanah atau media lain dalam ekosistem yang sesuai seperti cara mengolah, dan memasarkan barang jasa hasil panen. Dengan bantuan ilmu pengetahuan serta teknologi permodalan manajemen untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan manusia secara luas. Oleh sebab itulah sebagai penjelasan lebih lanjut tulisan ini akan memaparkan definisi perkebunan menurut para ahli.

Pengertian Tanaman Perkebunan

Kebun adalah tanaman semusim/tumbuhan tahunan yang dimana jenis serta tujuan pengelolaannya ditetapkan sebagai penghasil kebutuhan sekunder bukan primer.  Dengan demikianlah tanaman perkebunan di masyarakat petani dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni; tanaman semusim dan tahunan.

Tanaman semusim merupakan jenis tumbuhan yang dipanen hanya satu kali dengan siklus hidup satu tahun sekali, contoh kebun ini seperti tebu, kapas serta tembakau.

Sementara untuk tanaman tahunan membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk berproduksi dan dapat menghasilkan sampai puluhan tahun bahkan bisa dipanen lebih dari satu kali seperti karet, tanaman kakao, cengkeh, kelapa sawit, kopi dan lada.

Pengertian Perkebunan Menurut Para Ahli

Adapun definisi kebun menurut pendapat para ahli, antara lain adalah sebagai berikut;

UU RI No 18 Tahun 2004

Kebun adalah serangkaian kegiatan pertanian yang dilakukan untuk mengelola tanah dengan tanaman tertentu yang di sesuaikan dengan ekosistem sesuai. Sehingga sistem pengelolaan dilandasarkan pada menejeman, pengetahuan, teknolohi dan permodalan yang baik agar mampu mengeluarkan hasil yang maksimal.

Diktorat Jendar Bina Produksi Perkebunan (2004)

Definisi perkebunan adalah pengelolaanm tanah yang dilakukan dengan kurun waktu sesmusim/tahunan sehingga diharapkan dapat memberikan hasil yang maksimal dalam bidang pertanian.

Wayang (2004)

Arti kebun adalah sumber daya tanaman yang mampu menghasilkan ketahan bagi alam dalam mencegah adanya isu pemansan global, sehingga diaharpkan dapat menjadi dorongan bagi semua pihak untuk dapat memanajemankan dengan baik.

Jenis Tumbuhan Perkebunan

Adapun dari penjelasan ahli diatas, setidaknya dalam usaha pertanian kebun dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Antara lain adalah sebagai berikut;

Perkebunan Tropika dan Subtropika

Di daerah tropika dan subtropika, tanaman perkebunan mencakup komoditas tumbuhan semusim dan juga tanaman tahunan.

Tanaman Industri Semusim

Tanaman semusim merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh selama satu musim pada tahun tersebut atau bisa dikatakan tumbuhan tahunan yang dapat dipanen cepat sebelum musim berakhir. Untuk jenis tanaman perkebunan semusim tidaklah sebanyak tumbuhan perkebunan tahunan.

Tanaman Industri Tahunan

Tanaman tahunan adalahsuatu tumbuhan yang dapat tumbuh lebih dari dua tahun bahkan lebih dari puluhan tahun. Tanaman industri tahunan biasanya merujuk pada tumbuhan berkayu keras,  hal ini dapat ditujukan agar dapat membedakan antara tanaman semak dan rerumputan yang dapat dikatakan sebagai tanaman tahunan juga.

Tumbuhan industri tahunan dapat dipanen beberapa kali sebelum pada akhirnya mengalami devisist hasil dan tidak mampu berproduktif lagi secara maksimal dan pada akhirnya terpaksa harus dipangkas kemudian diganti dengan tumbuhan baru.

Perkebunan Subtropika dan Iklim Sedang

Perkebunan pada wilayah ini lebih banyak tergolong sebagai orchard dan bukan plantation. Selain itu, tidak ada yang termasuk tumbuhan semusim, karena tanaman yang semusim biasa digolongkan sebagai tanaman ladang atau field crop seperti tanaman tembakau dan juga kapas.

Bahkan juga walaupun bisa menghasilkan produk yang hampir sama dengan perkebunan di kawasan tropika, seperti halnya dengan gula yang dihasilkan dari bibit gula untuk daerah yang beriklim sedang, sementara untuk daerah tropika dihasilkan dari bibit tanaman tebu.

Contoh yang lain yakni minyak masak yang dihasilkan dari ladang kanola atau tanaman bunga matahari di daerah yang beriklim sedang, sementara pada kawasan tropika umumnya dihasilkan dari tanaman kelapa sawit dan juga tanaman kelapa.

Komoditas perkebunan yang dihasilkan dari kawasan ini kebanyakan yaitu jenis buah-buahan, yang sebagian diantaranya seperti buah apel dalam bahasa latin malus domestica dan buah merica (lada) dalam bahasa latin dikenal dengan prunus mericana. Baca jugaManfaat Perkebunan Bagi Manusia Secara Umum

Demikianlah serangkaian artikel yang membahas secara lengkap terkait dengan pengertian kebun menurut para ahli dan macam-macamnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *