Pengertian Struktur Tumbuhan dan Fungsinya

Diposting pada

Struktur tumbuhan dan fungsinya

Tubuh kita mencakup sistem organ, seperti sistem pencernaan, yang terbuat dari organ-organ individu, seperti perut, hati, dan pankreas, yang bekerja bersama untuk menjalankan fungsi tertentu (dalam hal ini, memecah dan menyerap makanan).

Tanaman juga terbuat dari organ, yang pada gilirannya terbuat dari jaringan. Jaringan tanaman, seperti jaringan kita, dibangun oleh sel-sel khusus, yang pada gilirannya mengandung organel spesifik. Sel, jaringan, dan organ inilah yang menjalankan kehidupan dramatis tanaman dengan masing-masing fungsinya.

Struktur Tumbuhan

Tumbuhan adalah hal yang sering kita temui dalam kehidupan seharii-hari. Struktur tumbuhan pada umumnya memiliki susunan yang ada pada tumbuhan itu sendiri. Sementara spesies tanaman unik, semuanya memiliki struktur yang sama: tubuh tanaman yang terdiri dari batang, akar, dan daun. Mereka semua mengangkut air, mineral, dan gula yang dihasilkan melalui fotosintesis melalui tubuh tumbuhan dengan cara yang sama. Semua spesies tanaman juga merespons faktor lingkungan, seperti cahaya, gravitasi, kompetisi, suhu, dan pemangsaan.

Pengertian Struktur Tumbuhan

Struktur tumbuhan adalah tampilan fisik tubuh tumbuhan, yang bisa berupa bentuk luar (morfologis) dan bentuk dalam (anatomis). Tampilan morfologis mudah dikenali melalui penampakan bagian tubuh (organ) tumbuhan, sedangkan tampilan anatomis hanya akan tampak apabila dilakukan pembedahan atau pembuatan sayatan tipis yang diamati di bawah mikroskop. Dalam struktur tumbuhan memiliki beberapa bagian, yang mana tiap-tiap bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing. Tiga bagian utama tumbuhan meliputi dakar, daun, dan batang. Di mana setiap bagian memiliki serangkaian tugas dan fungsinya untuk menjaga kesehatan tanaman.

Struktur tumbuhan

  1. Akar

Akar merupakan salah hal pokok yang menjadi bagian tumbuhan. Akar dalam sebuah tumbuhan biasnya beraa di dalam tanah. Namun, tidak semua tumbuh ke dalam, ada beberapa tumbuhan yang memiliki akar di luar tanah. Akar adalah struktur tumbuhan yang memiliki bentuk tidak berbuku-buku., tetapi akar juga tidak beruas-ruas. Pada umumnya, akar memiliki warna keputih-putihan, kekuning-kuningan, dan kecokelatan. Akar tentunya akan terus mengalami pemanjangan pada ujung akar yang memungkinkan akar bisa menjangkau ke daerah-daerah yang mengandung resapan air.

  1. Batang

Batang adalah salah satu struktur yang dimiliki oleh tumbuhan. Batang merupakan salah satu struktur yang mendukung bagian-bagian lain dari tumbuhan seperti daun, buah, dan bunga. Dibandingkan dengan akar, batang memiliki struktur yang lebih kompleks.

  1. Daun

Daun adalah salah satu dari struktur yang dimiliki oleh tumbuhan. Daun tentunya memiliki bermacam-macam bentuk berdasarkan dari tulang daunnya seperti menyirip, menjari, melengkung ataupun yang lainnya. Daun yang sempurnya memiliki sususan mulai dari tangkai, pelepah, higga helai daun.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh kalangan mengenai pengertian struktur tumbuhan dan fungsinya. Semoga saja dapat menambah wawasan bagi segenap pembaca dan menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.