Pengertian Tabulampot, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Tabulampot Adalah

Kekurangan lahan sekarang sudah tidak begitu menjadi permasalahan dalam menyalurkan hobi tanam menanam, khususnya bagi mereka yang begitu kreatif, telaten, serta inovatif dalam memaksimalkan yang ada untuk menjadi kegiatan yang bermanfaat, terlebih kegiatan ini dapat menjadikan pemasukan tambahan biarpun tidak cukup banyak. Kegiatan ini biasa juga kita dengar yaitu dengan menanam tabulampot. Pengertian tabulampot, jenis, tujuan, manfaat, kelebihan, kekurangan, dan contohnya.

Tabulampot

Tabulampot adalah kepanjangan dari tanaman tumbuh dalam pot yang memiliki arti yaitu tumbuhan yang dibudidayakan didalam pot yang tujuannya yaitu untuk hiasan ataupun untuk di produksi buahnya. Dalam dunia akademisi tabulampot ialah teknologi budidaya tanaman dengan memanfaatkan ruangan yang terbatas untuk dapat menumbuhkan tanaman yang produktif didalam pot.

Sebenarnya tabulampot ini sudah lama dikembangkan dan sudah dimanfaatkan oleh banyak orang terutama diperkotaan untuk sebagai taman pekarangan yang menyejukkan bahkan tidak jarang juga dapat dimanfaatkan untuk memproduksi bauh dalam sekala rumah tangga. Sedangkan pengertian tabulampot lengkap bisa kita pahami sebagai berikut.

Pengertian Tabulampot

Pengertian tabulampot adalah pembudidayaan yang menggambarkan suatu aktifitas tanam menanam buah yang dapat dilakukan pada media pot, sebenarnya tidak harus dengan media pot saja kita juga dapat menanam tabulampot, apabila dengan menggunakan pot identik kita harus dapat mengeluarkan biaya untuk membelinya, tetapi seperti yang telah dijelaskan pada paragraf di atas, bagi mereka yang lebih kreatif, inovatif, serta telaten maka mereka akan memaksimalkan limbah yang bisa dimanfaatkan sebagi media menanam di tabulampot dan tentunya akan sangat mengurangi biaya yang kita keluarkan dan menanam atau budidaya tabulampot.

Pengertian Tabulampot Menurut Para Ahli

Berikut ini ialah pengertian serta definisi tabulampot menurut beberapa ahli :

Dahlia (2001)

Pengertian budidaya tanaman buah dalam pot (tabulampot) adalah salah satu solusi bagi para pecinta tanaman di perkotaan yang notabene mempunyai lahan yang sempit untuk dapat digunakan sebagai lahan pertanaman. Dari segi perawatan, tabulampot tidak dapat tergolong sulit. Sama halnya dengan tanaman tanpa media pot, harus bisa dipupuk serta diberi air.

Redaksi Trubus (2003)

Menumbuhkan tanaman buah dalam pot yang bisa tumbuh secara baik batang dan daun sangat mudah serta hampir semua orang bisa melakukannya. Tetapi, permasalahan yang timbul ialah bila tabulampot harus tumbuh batang, daun, dan keluar bunga serta buah maka tidak semua orang bisa.

Hanya dengan pemeliharaan tanaman serta perawatan tanaman yang tekun yang dapat membuat tanaman berbunga dan berbuah. Perawatan dan pemeliharaan tabulampot tidak bisa dilakukan sembarangan, ada trik-trik khusus yang dapat dilakukan agar tabulampot bisa berbunga dan banyak berbuah.

Marsono, 2004

Ada beberapa latar belakang yang mendasari mengapa tanaman harus selau dipangkas, pertama tanaman cenderung akan tumbuh terus, baik tumbuh ke atas ataupun tumbuh ke samping. Pertumbuhan yang tidak diarahkan pada berbagai jenis tanaman buah, akan menghasilkan tajuk tanaman yang umumnya dapat tumbuh memanjang ke arah atas (Jawa : nglancir), dengan batang ataupun cabang tunggal.

Kuatnya dominasi apikal (tunas ujung) di bagian ujung tanaman, memacu tanaman untuk dapat terus tumbuh meninggi ke arah atas, serta salah satu cara untuk dapat mematahkan dominasi apikal tersebut ialah dengan cara pemangkasan, yang akan merangsang keluarnya pertumbuhan tunas-tunas samping ataupun tunas lateral.

Bentuk tanaman sebagai manifestasi pertumbuhan tanaman dapat menjadi lebih ideal serta seimbang, baik pertumbuhan ke arah atas ataupun ke arah samping. Kesehatan tanaman secara keseluruhan juga sangat dipengaruhi yaitu oleh bentuk tanamannya.

Banyak dahan serta ranting yang tumbuh tidak teratur dan bersilangan di bagian tengah tanaman dengan daun-daun yang umumnya tidak dapat terkena sinar matahari secara langsung. Daun-daun yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, lebih bersifat parasit bagi tanaman secara keseluruhan karena tidak dapat melakukan proses fotosintesis namun tetap mendapatkan fotosintat (hasil fotosintesis) dari daun-daun pada bagian terluar yang terkena sinar matahari langsung atau matahari.

Bunga serta buah yang muncul jumlahnya terbatas atau sedikit sekali. Fotosintat yang terbentuk hanya dapat dialokasikan untuk pertumbuhan tanaman, khususnya ke bagian tanaman yang bersifat parasit tersebut, serta pada akhirnya hanya sangat sedikit jumlah fotosintat yang akhirnya dialokasikan yaitu oleh tanaman untuk memunculkan bunga dan buah.

Tanaman yang dipangkas teratur akan dapat memberikan lingkungan mikro yang baik bagi pertumbuhan tanaman itu sendiri, di mana sinar matahari yaitu sebagai sumber energi utama bisa menembus semua bagian tanaman, memberikan iklim mikro yang baik, mengurangi kelembaban yang berlebihan, juga bisa meminimalkan perkembangan jamur dan organism pengganggu tanaman (OPT) lainnya. Dengan demikian pertumbuhan tanaman dapat menjadi lebih optimal untuk memberikan hasil.

Eddy

Tanaman buah di dalam pot yang bisa berbuah. “Apabila misalnya tanaman durian di dalam pot tidak dapat berbuah maka tidak bisa dikatakan tabulampot. Tanaman itu hanya dapat berfungsi sebagai tanaman pelindung atau penghijauan.

Jenis Tanaman Tabulampot

Garis besarnya jika kita sudah dapat mengenal berbagai macam karakteristik tanaman buah, maka kita bisa mencoba menanam dengan teknik tabulampot, akan tetapi jika kita belum bisa mengenal banyak maka kita bisa mencoba dengan jenis tanaman tabulampot sebagai berikut;

  1. Tanaman buah tin.
  2. Tanaman buah jambu (baik biji ataupun jambu air).
  3. Tanaman buah mangga.
  4. Tanaman buah belimbing.
  5. Tanaman buah jeruk.
  6. Tanaman buah naga.
  7. Tanaman buah sawo.
  8. Tanaman buah kelengkeng.

Jenis tanaman di atas dapat dijadikan sebagai contoh, ketika kita sudah dapat menguasai ilmu tentang pertanian, masih banyak tanaman buah yang dapat kita jadi tanaman tabulampot. Jika kita dapat membuat bibit tabulampot sendiri maka kita hanya perlu membeli atau membuat benih tanaman yang ingin kita tanam, akan tetapi jika kita mempunyai keterbatasan maka kita dapat membeli bibit tanaman tabulampot di toko – toko bibit tanaman di tempat kita.

Setelah kita menentukan jenis tanaman tabulampot maka hal lain yang perlu kita siapkan ialah alat dan bahan tabulampot, berikut ini berbagai alat dan bahan yang perlu kita siapkan dalam budidaya tabulampot. Sayuran dan panganpun bisa dibudidaya dalam pot hingga dapat di produksi, jadi tidak ada batasan bahwa tabulampot hanya dapat sebagai tanaman buah.

Umumnya tanaman yang dibudidaya dalam pot ialah tanaman buah dan sayuran seperti buah jeruk, sawo, jambu air serta lain-lain. Sedangkan pada sayuran biasanya cabe rawit, terong, seledri serta lainnya.

Tujuan Tabulampot

Tujuan dari tabulampot ialah mengenal dan mempelajari cara–cara memelihara tanaman buah dalam pot serta sebagai berikut:

  1. Akan lebih mudah dalam merawat tanaman buah, sehingga tanaman buah kita bisa lebih produktif dengan intensitas perawatan tanaman buah dalam pot yang dapat lebih maksimal.
  2. Mempercantik halaman kita dengan tanaman buah dalam pot, hal ini tentu saja akan membuat siapa saja yang bermain ke tempat kita akan tertarik bahkan menginginkan sesudah melihat tanaman buah dalam pot yang kita miliki berbuah banyak serta tanaman terlihat cantik saat dipandang.
  3. Membuat tantangan baru, tanaman buah sangat identik dengan tanaman yang dapat membutuhkan lahan yang luas, akan tetapi kita mencoba dengan seluruh pengetahuan kita yang dimiliki mengenai tanam menanam buah untuk diterapkan pada media yang lebih sempit.
  4. Memanfaatkan lahan sempit agar dapat lebih produktif.

Kelebihan Tabulampot

  1. Kita dapat memaksimalkan lahan yang sempit untuk dapat menyalurkan hobi dalam budidaya tanaman buah.
  2. Perawatan lebih terjamin, perawatan pada tabulampot diantaranya kita bisa lebih maksimal dalam pemenuhan nutrisi atau pemupukan tanaman, serangan hama serta penyakit lebih mudah kita kontrol, kebutuhan air tanaman bisa tercukupi karena tanaman mudah kita pantau perkembangan tanamannya, pemangkasan cabang tanaman untuk bisa mendapatkan vigor tanaman yang baik menjadi lebih mudah.
  3. Dapat dinikmati dari hasil panennya baik untuk buah yang dikonsumsi sendiri atau menjadi pendapatan tambahan dari hasil buah yang dapat dijual.

Kekurangan Tabulampot

  1. Tidak semua tanaman buah dapat kita jadikan tabulampot, karena kita tahu bahwa setiap tanaman buah mempunyai karakteristik masing – masing.
  2. Produksinya tidak dapat setinggi tanaman buah yang kita tanam di lahan.
  3. Memiliki keterbatasan pada pertumbuhan perakaran tanaman.

Contoh Tabulampot

Adapun contoh tanaman tubulampot yang mudah kita temukan dalam kehidupan masyarakat, antara lain sebagai berikut;

Buah Jambu

Menanam buah jambu biji dalam pot cukup dapat mudah.tanaman jenis ini juga tidak memerlukan perawatan kusus, yang paling penting dapat di jaga kesehatan, pupuk serta penyiraman saja.buah yang di hasilkan dalam pot juga dapat tergolong lebih banyak jika di badingkan dengan tanaman buah jenis lain.

Buah Jeruk

Buah jeruk juga sangat baik jika di tanaman dalam pot, selain rasa yang di hasilkan cukup manis, umumnya buah jeruk akan rajin berbuah jika tidak kenal musim yang terpenting adalah benar dalam perawatan dan pemupukanya. Seluruh buah jeruk dapat di tanam dalam pot.

Selain untuk dapat mempercantik ruangan, jeruk juga banyak mempunyai kasiat dan manfaat, antara lain untuk dapat mengobati sariawan dengan kandungan vitamin C yang ada pada jeruk ini.

Buah Sawo

Selain cocok sebagai bagian daripada pengertian tanaman hias ruangan, buah sawo juga cocok jika di tanaman dalam pot. Buah yang di hasilkan cukup banyak serta juga tak kenal musim seperti jeruk. Cara perawatan cukup mudah, serta cukup kita siram dan diberi pupuk

Buah Strowberry.

Selain tanaman di atas, buah stroberry juga dapat sangat mudah untuk kita budidayakan dalam pot. Selain menggunakan pot,buah jenis ini juga dapat kita tanam dengan menggunakan polibag. Agar buah stroberry ini mempunyai buah yang lebih produktif, penyiraman serta pemupukan harus di lakukan secara teratur dan terjadwal.

Demikinalah serangkaian penjelasan mengenai pengertian tabulampot menurut para ahli, jenis, tujuan, manfaat, kelebihan, kekurangan, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *