Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Hias Adalah

Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, maupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan atau busana, dan sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun bisa dimasukkan sebagai tanaman hias. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan menuliskan tentang pengertian tanaman hias, jenis, manfaat, dan contohnya

Tanaman Hias

Tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura pada bidang pertanian. Bagian yang dapat dimanfaatkan orang tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan yaitu oleh tanaman ini.

Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan bisa menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar bisa diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dalam arsitektur lanskap, bentuk serta penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalam tanaman hias ialah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut serta bentuk tajuk yang dimilikinya. Dalam pengertian ini, tanaman hias bisa mencakup pula tanaman tepi jalan serta tanaman penaung (di ruang terbuka). Bagi kita yang ingin selalu mengetahui penjelasannya secara lengkap, maka penjelasannya dapat dilihat seperti dibawah ini.

Pengertian Tanaman Hias

Pengertian tanaman hias ialah semua jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah keindahan dan kecantikan baik itu tanaman hias bunga, daun, batang ataupun akar. Dari penjelasan ini jelas tanaman hias ialah segala tanaman yang di tanam untuk estetika keindahan sehingga jenis jenisnya pun ada beraneka ragam.

Dapat berupa tanaman bunga, pohon bahkan buah buahan serta sayuran pun bisa digolongkan sebagai tanaman hias selama mereka memberikan unsur keindahan. Tanaman hias umumnya sengaja ditanam dengan tujuan untuk dapat memberikan kesan indah baik untuk dalam ruangan ataupun untuk dluar ruangan. Tanaman hias tidak hanya memberikan unsur keindahan saja namun juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita. Manfaat yang kita dapatkan ini akan tergantung dari jenis tanaman yang kita pilih.

Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman hias menurut para ahli, antara lain;

Wikipedia

Ahli tanaman hias, atau yang lebih pantas disebut ahli pada segala ilmu, Menurutnya, tanaman hias ialah tanaman segala jenis baik itu tanaman semak, tanaman merambat, tanaman perdu, tanaman terna, ataupun pohon besar. Dengan catatan, tanaman tersebut sengaja dapat ditanaman manusia untuk kebutuhan tertentu.

Contohnya, sebagai komponen penghias taman, mengisi kebun rumah, hiasan upacaara, karangan bunga, serta bahkan penghias atribut upacara adat.

Jenis Tanaman Hias

Beberapa jenis tanaman hias, dapat diklasifikasian sebagai berikut;

Berdasarkan Jenis Tanamannya

Berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias yang sering ditanam di lingkungan sekitar kita ialah:

Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga adalah yang paling populer dikalangan masyarakat, karena yang namanya bunga pada tanaman sangat identik sekali untuk dapat dijadikan hiasan, bunga tanaman tentunya mempunyai berbagai macam bentuk dan warna tergantung jenis tanamannya.

Tanaman jenis ini biasanya ditanam diluar ruangan pada tanah secara langsung ataupun menggunakan pot sebagai tempatnya, berbagai contohnya seperti bunga mawar, bunga melati, bunga matahari, bunga aster, bunga anggrek, bunga sepatu, bunga kamboja serta sebagainya.

Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah tanaman yang mempunyai keindahan dari segi daunnya, biasanya pada tanaman hias daun tidak berbunga, tanaman hias jenis ini tentunya awet serta tidak mudah layu atau gugur seperti tanaman hias bunga. Tanaman jenis ini cocok sekali ditempatkan diluar ataupun didalam ruangan, berbagai contohnya seperti Anthurium, kuping gajah, aglaonema, palem kuning serta sebagainya.

Tanaman Hias Pohon

Yaitu pohon yang menarik untuk dapat dijadikan sebagai tanaman hias, biasanya pohon yang ukurannya tidak terlalu besar serta memiliki keindahan dari segi batang/tangkainya. Tanaman hias pohon ini umumnya ditempatkan diluar ruangan seperti halaman rumah ataupun taman, pohon yang sering dijadikan hiasan misalnya, beringin, bambu jepang, bambu kuning serta sebagainya.

Tanaman Hias Buah

Sebagian orang sering sekali menjadikan tanaman yang menghasilkan buah sebagai hiasan juga, karena perpaduan antara tangkai, daun serta buahnya yang indah maka cocok dijadikan sebagai tanaman hias, berbagai contohnya seperti, cabe pelangi, lemon, jeruk nagami serta sebagainya.

Tanaman Hias Akar

Merupakan tanaman yang mempunyai keindahan dari segi akarnya, biasanya supaya akar tanaman tersebut terlihat lebih indah maka harus ditata, tentunya dengan keterampilan khusus, contohnya yaitu seperti adenium dan beringin.

Berdasarkan Jenis Tempat Ditanamnya/Tumbuhnya

Adapun jenis tempat ditanamnya tanaman hias diantaranya ialah:

Tempat Biasa

Maksudnya tanaman hias yang ditanam pada tanah atau pot serta ditempatkan didalam atau diluar ruangan, sehingga tanaman hias ini tidak digantung serta tidak hidup di air. Beberapa contoh tanaman yang sering ditanam ditanah atau pot seperti, bunga melati, bunga mawar, bunga sepatu, bunga aster serta sebagainya.

Tempat Digantung

Merupakan tanaman hias yang dapat ditanam dengan cara digantung, seperti tanaman hias yang ditanam pada pot atau dengan media lainnya, lalu digantung, tanaman hias yang sering digantung seperti misalnya seperti bunga anggrek dan begonia.

Tempat Di Air

Merupakan tanaman hias yang tempat  hidupnya di air, tanaman yang hidup di air sering disebut yaitu sebagai tanaman hidroft, dengan ciri batangnya berongga serta berdaun lebar. Biasanya tanaman hias ini dapat digunakan untuk memperindah kolam, beberapa contohnya seperti bunga teratai, kali lili, kapu-kapu serta sebagainya.

Manfaat Tanaman Hias

Beberapa manfaat yang dihasilkan dari tanaman hias, antara lain;

Bidang Ekonomi

Dari segi ekonomi, tanaman hias sudah tidak perlu diragukan lagi. Tanaman hias dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang membuka bisnis budidaya tanaman hias. Teruntuk tanaman langka, yang dapat menyumbang nilai ekonomi yang sangat besar.

Bidang Pendidikan

Karena tanaman hias juga masuk ke dalam lingkup Biologi, maka peserta didik dapat memanfaatkannya sebagai bahan eksplorasi. Mampu meningkatkan kecintaan peserta didik pada pelajaran Sains. Dan juga, tanaman hias bisa mengembangkan kreativitas.

Bidang Kesehatan & Lingkungan

Salah satu dampak besar yang bisa kita rasakan saat kita merawat tanaman hias, adalah pikiran jadi lebih rileks dan santai. Kemudian, udara sekitar juga dapat menjadi lebih bersih dan baik untuk pernapasan. Untuk jenis tertentu, dapat digunakan sebagai obat herbal.

Bidang Seni & Sosial-Budaya

Dengan merawat tanaman hias, yaitu tampilan teras rumah kita akan berubah jadi lebih asri. Kamu juga dapat memanfaatkan untuk parsel atau hadiah ulang tahun kerabat. Di upacara adat pun, tanaman hias juga dapat kerap kali dimanfaatkan.

Selain keindahan, tanaman hias sayuran akan dapat memberikan manfaat bagi anda karena anda tidak perlu berbelanja di pasar karena telah mempunyai sayuran dirumah anda. Beberapa buah juga sering dijadikan pilihan sebagai tanaman hias, beberapa buah yang sering di jadikan sebagai tanaman hias yaitu diantaranya ialah Jambu air, Sawo, kedondong, jambu biji, mangga serta masih banyak lagi jenis tanaman buah lainnya yang sering dijadikan sebagai tanaman hias untuk dapat menghias taman rumah.

Beberapa jenis tanaman hias lainnya bermanfaat untuk dapat filter dan penyejuk udara. Terdapat berbagai jenis tanaman hias yang dapat kita pilih tergantung dari keinginan kita namun yang jelas untuk dapat pertama yang biasanya dapat dijadikan patokan tanaman hias ialah keindahan.

Contoh Tanaman Hias

Contoh-contoh bentuk Tanaman Hias yang mudah ditemukan, antara lain;

  1. Lavender, Bunga lavender memiliki kandungan linalool serta lynalyl acetat.
  2. Zodia, Tanaman Zodia mengandung zat evodiamine serta rutaecarpine
  3. Tapak dara, Tanaman tapak dara, tanaman ini mengandung zat yang biasa disebut geraniol dan sitroneol.
  4. Rosemary, Tanaman ini baunya sangat mirip dengan minyak telon yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman ini juga dapat anda tanam diluar rumah karena mampu tumbuh subur dibawah sinar matahari.
  5. Serai, Serai memiliki kandungan zat geraniol serta sitroneal. Saat ini tanaman ini juga dapat banyak digunakan sebagai lotion pengusir nyamuk.
  6. Citrosa Mosquito, Citrosa Mosquito berasal dari Belanda, dengan aroma lemon yang sangat kuat.
  7. Marigold flower, Bunga dari tanaman ini juga sangat tidak sedap.
  8. Akar Wangi, Tanaman akar wangi memiliki bau yang sangat kuat.

Demikianlah serangkaian penjelasan atas materi pengertian tanaman hias menurut para ahli, jenis, manfaat, dan contohnya. Semoga melalui artikel ini bisa menjadikan salah satu referensi yang bermanfaat bagi segenap pembaca yang mencarinya. Trimakasih,

5 (100%) 1 vote[s]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *