Pengertian Tanaman Obat, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Tanaman Obat Adalah

Semua makhluk hidup secara alamiah bisa merasakan sakit. Sakit pada bagian tubuh maupun dikarenakan adanya suatu penyakit wajar terjadi kepada makhluk akibat adanya gangguan dari sesuatu sehingga sistem didalam tubuhnya terganggu. Sakit dapat ditangani menggunakan obat sebagai upaya pencegahan, penyembuhan maupun untuk menghilangkan penyebab penyakit tersebut.

Obat merupakan benda atau zat yang dapat digunakan untuk meredakan suatu penyakit, membebaskan gejala atau merubah proses kimia dalam tubuh. Obat juga dapat berupa semua bahan tunggal maupun campuran yang dapat digunakan semua makhluk untuk bagian dalam atau luar tubuh guna mencegah, meringankan dan menyembuhkan penyakit.

Berdasarkan undang-undang, obat merupakan suatu bahan atau campuran yang dapat digunakan untuk menentukan diagnosis, mencegah, mengurangi, menyembuhkan dan menghilangkan gejala penyakit, luka atau kelainan pada bagian badan.

Pada proses pembuatannya, tanaman obat dapat berasal dari zat atau bagian dari makhluk lain yang tersedia di alam dan memiliki efek mampu menyembuhkan atau meredakan suatu penyakit. Salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat adalah tanaman

Tanaman Obat

Tanaman sejatinya, merupakan salah satu makhluk hidup di alam semesta yang mempunyai segudang manfaat. Ada beberapa jenis tanaman tertentu yang dapat digunakan dalam penyembuhan suatu penyakit. Tanaman golongan ini disebut juga sebagai tanaman obat.

Semua tanaman menghasilkan senyawa kimia sebagai bagian dari aktivitas metabolisme. Senyawa fitokimia ini dapat dibagi menjadi dua yaitu metabolit primer dan sekunder. Metabolit primer berupa gula dan lemak dapat ditemukan pada seluruh tumbuhan sedangkan metabolit sekunder tidak ditemukan di semua tumbuhan.

Metabolit sekunder dapat berupa toksin yang dapat digunakan untuk melawan predator dan feronom sebagai media penyerbukan pada serangga. Selain itu metabolit sekunder pada tanaman dapat digunakan sebagai obat pada manusia seperti inulian dari akar dahlia sebagai pengobatan penyakit ginjal. 

Pengertian Tanaman Obat

Tanaman obat adalah tumbuhan yang mempunyai fungsi dan berkhasiat sebagai obat dan dapat digunakan untuk menyembuhkan maupun mencegah berbagai penyakit. Tanaman obat memiliki kandungan zat aktif tertentu yang mempunyai efek mengobati.

Penggunaan tanaman obat dapat dilakukan dengan cara ditempel, diminum maupun dihirup sehingga akan terjadi kontak langsung dengan reseptor sel dalam menerima senyawa kimia sebagai rangsangan.

Jenis Tanaman Obat

Beragam jenis tanaman obat banyak dijumpai di alam dan memiliki segudang khasiat yang mampu menyembuhkan dan mencegah kemunculan penyakit. Kebanyakan dari jenis tanaman obat juga tergolong mudah untuk dibudidayakan dan dapat menjadi obat keluarga yang sangat berguna. Berikut beberapa jenis tanaman obat yang memiliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit;

Temu Lawak

Tanaman temu lawak yang banyak tumbuh dipekarangan rumah ternyata menyimpan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun temulawak yang sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu sehingga dibabat habis ternyata memiliki kegunaan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Daun Seledri

Seledri pada umumnya dikenal karena penggunannya sebagai sayuran. Seledri yang digunakan sebagai penambah aroma masakan ternyata memiliki khasiat yang tinggi dalam mencegah pembentukan batu di kantung empedu, mengobati darah tinggi, menenangkan sistem saraf dan mengembalikan nafsu makan. Seledri mengandung vitamin A, C dan B1 serta zat besi yang sangat berguna bagi tubuh.

Daun Saga

Tanaman saga yang banyak tumbuh dipekarangan rumah ternyata menyimpan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun saga yang sering dianggap sebagai tumbuhan pengganggu sehingga dibabat habis ternyata memiliki beberapa kandungan bahan aktif seperti glycyrrhizin,asam abrusgenat dan abrus lactone yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Ginseng

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Bagian akar dari tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Tanaman ginseng pada umumnya dikonsumsi dengan cara dicampur dengan minuman. Minuman dengan campuran ginseng dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi kelelahan.

Bunga Rosela

Bunga rosela pada tanaman rosela telah terbukti khasiatnya dalam menetralkan racun, menurunkan kolesterol serta mengurangi panas dalam.

Bunga warna merah yang cantik ini ternyata mempunyai kandungan kalsium, magnesium, kalium, omega 3, protein dan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Bunga rosela telah banyak digunakan dan dapat dinikmati dalam bentuk minuman menyehatkan dan dalam bentuk olahan lainnya.

Sambiloto

Sambiloto adalah jenis tanaman dari genus acanthaceae yang memiliki manfaat bagi kesehatan terutama untuk organ hati. Selain itu tanaman dengan bentuk daun lonjong ini juga berguna dalam menekan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh karena kandungan andrographolide yang dimilikinya.

Tanaman Buah Srikaya

Buah srikaya dengan daging buah berwarna putih dan memiliki biji didalamnya ternyata memiliki khasiat lain selain sebagai tanaman buah. Srikaya pada umumnya mengandung anonaindan retikulin. Bagian akar, daun dan kulit pada tanaman srikaya ternyata mengandung WN yang berguna sebagai antidepresi dan antiradang.

Manfaat Tanaman Obat

Pemanfaatan tanaman sebagai obat sudah ada sejak zaman prasejarah manusia. Ilmuwan telah mengidentifikasi sebanyak 122 senyawa pada tumbuhan yang dapat digunakan dalam dunia kedokteran sebagai media penyembuhan dari suatu penyakit.

Banyak obat yang tersedia saat ini merupakan turunan dari pengobatan herbal seperti aspirin yang berasal dari kayu pohon dedalu, digitalis,opium dan quinine. Berikut ini ada juga beberapa manfaat tanaman obat yang wajib diketahui sebagai tambahan wawasan akan tanaman obat:

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangat penting untuk dijaga agar tetap fit untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Tanaman obat mampu digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi tanaman obat dapat digolongkan sebagai tindakan pencegahan agar terhindar dari penyakit serta perawatan tubuh agar tetap sehat dengan sistem metabolism yang kuat.

Memperlancar Peredaran Darah

Sistem peredaran darah merupakan hal yang vital pada manusia dikarenakan darah memiliki fungsi penting sebagai sel pengangkut oksigen, nutrisi dan zat lain pada tubuh.

Rusaknya sistem peredaran darah dapat mengakibatkan maslaah kesehatan yang besar pada tubuh. Peredaran darah yang rusak dakan menyebabkan rasa sakit yang berat pada sendi, varises, kerusakan kuku dan rambut bahkan luka yang sukar disembuhkan dapat terjadi.

Tanaman obat dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut. Terdapat beberapa tanaman obat yang memiliki senyawa seperti salicylin yang dapat berfungsi sebagai antikoagulan dan antiinflamasi sehingga aliran darah pada tubuh menjadi lancar.

Meningkatkan Stamia dan Menyegarkan Tubuh

Kelelahan yang sering melanda akibat aktivitas keseharian yang padat dapat diatasi dengan tanaman herbal.

Tanaman herbal memiliki zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti beragam vitamin, protein, glikosida, minyak atsiri, fitosterol dan beberapa mineral yang berguna untuk menormalkan tekanan darah, mengurangi stres dan kelelahan sehingga stamina tubuh akan kembali dan meningkat. Selain itu ada beberapa zat lainnya yang dapat membantu menjaga kesegaran tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.

Menyembuhkan Luka

Tanaman obat selain dapat dikonsumsi juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Beberapa tanaman obat memiliki sifat disinfetan, anti bakteri dan mampu mempercepat proses pembekuan darah sehingga akan berdampak pada penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis

Ada berbagai macam penyakit kronis yang dapat menyerang tubuh dan sangat berbahaya seperti kanker, stroke, jantung coroner, diabetes dan sebagainya. Tanaman obat telah diteliti mampu untuk mencegah dan mengendalikan penyebab penyakit kronis tersebut.

Meskipun penyembuhannya belum sampai pada tahap menyembuhkan secara total, namun tetap dapat digunakan unutuk meringankan dan pencegahan penyakit kronis.

Mencegah Penuaan Dini

Beberapa tanaman obat dengan kandungan antioksidan yang tinggi dapat digunakan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat masuk kedalam tubuh.

Tanaman obat dapat dipercaya dalam tindakan pencegahan terhadap proses penuaan dini yang sering terjadi. Pencegahan menggunakan tanaman obat dinilai lebih aman dan ekonomis serta sedikit menimbulkan dampak yang buruk sehigga dapat efektif ketika digunakan dalam pencegahan penuaan dini.

Mengobati Peradangan dan Infeksi

Peradangan dan infeksi yang sering menerpa tubuh dapat diatasi menggunakan tanaman obat. Tanaman obat yang mengandung zat antiinflamasi dapat digunakan untuk meredakan radang dan infeksi yang terjadi. Kandungan antioksidan tinggi juga akan membantu mencegah terjadinya infeksi sehingga tubuh lebih tahan.

Nah, itulah tadi penjelasan serta pengulasan secara lengkapnya mengenai pengertian tanaman obat, jenis, dan manfaatnya bagi kehidupan. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *