Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Negatif Beserta Contohnya

Diposting pada

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif

Bakteri gram negatif dan positif pada hakekatnya menjadi salah satu jenis bakteri yang keduanya saling terkait satu sama lain, meskipun terdapat sejumlah perbedaan dalam memahaminya. Dimana untuk gram negatif memiliki dinding sel dengan menyerap warna merah serta mempunyai lapisan peptidoglikan yang tipis, sehingga lapisan peptidoglikan yang terdapat di jenis bakteri gram ini senantisa terdapat di ruang periplasmik di antara membran luar dengan membran plasma.

Sedangkan, untuk gram positif lapisan peptidoglikan akan tebal sedangkan di gram negatf akan terlihat tipis. Ketika proses identifikasi pewarnaan gram positif akan berubah warna (berwarna), untuk gram negatif akan memudar ketika disiram dengan cairan etanol.

Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif

Di tahun 1884 terdapat dokter yang bernama Hans Christian Gram yang berasal dari negara Jerman yang telah mengembangkan suatu metode yang bisa menggolongkan jenis bakteri berdasarkan ketebalan lapisan peptidoglikan yang terdapat di dinding sel dengan sistem pewarnaan. Bakteri tersebut diwarna menggunakan zat warna violet dan yodium lalu dicuci atau dibilas dengan cairan alkohol dan diwarna lagi menggunakan zat warna merah.

Jika arti bakteri ini menampakkan warna ungu maka akan digolongkan ke dalam jenis bakteri gram positif dan jika bakteri menampakkan warna merah akan digolongkan ke dalam jenis bakteri gram negatif. Tetapi disisi lain, terdapat juga bakteri yang pada usia tertent akan bisa merubah dari awalnya gram positif menjadi gram negatif yang biasa dikenal dengan Gram Variabel. Untuk contoh dari jenis bakteri variabel ini adalah bakteri yang termasuk family Bacillaceae.

Untuk karakterisik bakteri gram negatif antara lain;

  1. Memiliki membran sitoplasmik dan tidak rentan terhadap adanya senyawa penisilin
  2. Struktur gram negatif berdinding sel tipis yakni berkisar 10 sampai dengan 15 mm yang berlapis tiga
  3. Gram negatif tak resisten terhadap adanya gangguan fisik
  4. Gram negatif terdapat kandungan lemak di dinding sel banyak yang berkisar 11 hingga 12

Perbedaan Bakteri Gram Positif dan Bakteri Gram Negatif

Adapun untuk sejumlah perbedaan yang mencolok antara bakteri gram negatif dan bakteri gram positif, antara lain sebagai berikut;

No Perbedaan Bakteri Gram Positif Bakteri Gram Negatif
1 Berdasarkan karakterisitk kimia dan fisik dinding selnya Bakteri gram positif hanya memiliki membran plasma tunggal terdapat sekelilingi dinding sel tebal berwujud peptidoglikan Bakteri gram negatif mempunyai sistem membran ganda yang membran plasmanya dikelilingi oleh membran luar permeabel
2 Warna Biru Keungguan Merah
3 Dinding Sel Berdinding sel homogen dan tebal yang sebagian besar terdiri dari peptidoglikan sebagian lagi terdiri dari poliakarida lain dan asam teikoat Berdinding sel yang tersusun atas lapisan membran luar dan membran dalam
4  Bentuk Sel Berupa bulat dan batang Berbentuk bulat, batang lurus, oval, dan batang melingkar.
5 Sistem Reproduksi Bakteri gram positif bereproduksi dengan pembelahan biner sedangkan gram negatif dengan pembelahan biner atau pertunasan Metabolisme di gram positif yaitu kemoorganoheterotrof sementara gram negatif yaitu fototrof, kemoorganohetrotrof dan kemolitoautotrof
6 Alat Gerak Alat gerak pada gram positif yaitu dengan nonmitil jika mempunyai motil akan berjenis flagelanya dengan petritrikus Gram negatif motil dan nonmotil berbentuk flagela beragam.
7 Kandungan Lipid
dan Lipoprotein
Rendah Tinggi
8 Membran Luar Tidak Ada Ada
9 Racun yang dihasilkan Eksotoksin Endotoksin dan Eksotoksin

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa bakteri gram negatif dan gram positif yaitu pengelompokkan bakteri yang digolongkan berdasarkan dari ciri fisik bakteri. Adapun untuk perbedaan mendasar dari bakteri gram adalah lapisan peptidoglikan yang terdapat di dinding sel kedua bakteri tersebut

Contoh Bakteri Gram Positif dan Contoh Bakteri Gram Negatif

Contoh dari bakteri gram positif yaitu;

  1. Clotridium
  2. Bifidobacterium
  3. Actinomyces
  4. Peptostreptococcus
  5. Propioibacterium
  6. Lactobacillus
  7. Arachnia

Seperti bakteri Staphilococcus aureus memiliki membram plasma tunggal yang dikelilingi oleh dinding sel yang tebal seperti lapisan peptidoglikan.

Berikut contoh gram negatif, antara lain;

  1. Bakteri Pseudomonas yang menyebabkan infeksi luka bakar
  2. Bakteri Hellicobacter yang menyebabkan penyakit tukak lambung.
  3. Bakteri Bordetella yang menyebabkan penyakit batuk rejan atau Bordetella pertusis.
  4. Bakteri Chlamydia yang menyebabkan penykit pneumonia, trakoma dan uretritis.
  5. Bakteri Salmonella yang menimbulkan penyakit thypus atau Salmonella thyposa dan salmonelosis.
  6. Bakteri Escherichia yang menyebabkan gastroenteritis atau radang pada saluran pencernaan atau Escherichia coli.
  7. Bakteri Shigella yang menyebabkan penyakit disentri.
  8. Bakteri gram negatif juga lebih berbahaya ketika menyebabkan penyakit jika dibandingkan dengan bakteri gram positif sebab bakteri jenis ini memproduksi endotoksin dan berenzim di kapsula yang bisa menimbulkan resistensi terhadap antibiotik.
  9. Tetapi bakteri gram negatif juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia misalnya Eschericia coli yang banyak dijumpai di usus besar yang berguna dalam proses pembusukan makanan dan produsen vitamin K serta bakteri Rhizobium yang bisa menyuburkan tanah.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa bakteri gram negatif adalah arti bakteri yang tak dapat menjaga zat warna kristal viotal saat proses pewarnaan gram sehingga akan kemudian untuk kenampaknya warna merah saat diamati dengan bantuan alat laboratorium mikroskop.

Adapun untuk jenis dari gram negatif ini misalnya saja seperti acetobackter, pseudomonas aeruginosa, helicobacter pylori, influenza, salmonella typhi, aeruginosa, dan rhizobium leguminosarum. Atas dasar itulah bakteri negatif daerahnya berada antara peptidoglycan dan lapisan LPS yang kemudian disebut periplasmic space.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan perbedaan yang ada dalam bakteri gram positif dan bakteri gram negatif beserta dengan contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *