Pengertian Pertanian Berkelanjutan, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pertanian Berkelanjutan Adalah

Indonesia merupakan negara agraria yang kaya akan sektor pertaniannya. Segala sektor pertanian di Indonesia pada dasarnya mampu dikembangan dengan baik pada management pengelolaan yang baik juga. Dewasa ini banyaknya isu yang dihadapi oleh negara Indonesia khususnya di sektor pertanian menjadi bahasan penting dan mengharapkan penyelesaian yang tepat. Isu yang banyak menjadi sorotan di bidang pertanian seperti kemandirian dan kedaulatan pangan yang belum terwujud di negara ini.

Sektor petanian tidak dapat maju dengan sendirinya, dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki pemikiran maju mengenai masalah yang dihadapi bidang ini dan menyelesaikannya dengan pengelolaan yang baik. Kesadaran masyarakat sebagai makhluk sosial yang mestinya terlibat langsung juga sangat dibutuhkan agar bersama mewujudkan masa depan pertanian yang lebih baik.

Kekayaan Indonesia yang berlimpah dan bahkan diakui oleh dunia membutuhkan tangan dingin dari stakeholder yang mumpuni agar dapat mengembangkan sayapnya sehingga kemakmuran masyarakat dapatt tercipta dan dibarengi dengan kelestarian lingkungan yang tidak terabaikan.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi isu popular seperti kemandirian dan kedaulatan pangan yang sedang dilanda negeri ini adalah menerapkan sistem pertanian berkelanjutan sebagai wajah baru dalam bidang pertanian di Indonesia. Pertanian berkelanjutan yang mempertimbangkan beragam aspek didalamnya dapat menjadi salah satu solusi ampuh jika dapat dijalankan dengan baik.

Pertanian Berkelanjutan

Pertanian berkelanjutan atau sering disebut sustainable agriclture merupakan pemanfaatan sumber daya yang dapat dierbaharui atau renewable resources dan sumberdaya tidak dapat diperbaharui atau unrenewable resources dalam proses produksi pertanian dengan menkan dampak negatif terhadap lingkungan seminimal mungkin.

Isu pertanian yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan memang menjadi titik focus utama dalam sistem ini sehingga diharapkan dalam menjalankan pengembangan bidang pertanian dapat memperhatikan juga besaran resiko yang akan ditanggung lingkungan.

Pengertian Pertanian Berkelanjutan

Pertanian berkelanjutan adalah gerakan sistemasisasi pertanian dengan menggunakan prinsip ekologi dan dalam hal studi hubungan antara organisme dan lingkungan. Pengelolaan sumber daya yang berhasil pada pertanian berkelanjutan dapat digunakan untuk membantu kebutuhan manusia serta mempertahankan kualitas lingkungan dan melestarikan sumber daya alam.

Pertanian berkelanjutan juga memiliki tujuan dapat menciptakan kelanjutan secara ekonomi yang dicapai dengan penggunaan energi lebih sedikit, meminimalkan jejak ekologi, lebih sedikit penggunaan kemasan, memperluas pembelian lokal serta pengembangan kebun komunitas lebih banyak.

Selain itu hubungan pertanian berkelanjutan dengan ekologi adalah terjadi proses pengembalian nutrisi kedalam tanah dengan meminimalisir penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui seperti gas alam yang digunakan sebagai bahan baku pupuk dan penggunaan mineral seperti fosfat. Faktor penting dalam mendayagunaan sumber daya alam dalam suatu lahan adalah tanah, sinar matahari, air dan udara.

Prinsip Pertanian Berkelanjutan

Terdapat beberapa prinsip yang wajib menjadi dasar dalam menjalankan pertanian berkelanjutan guna menunjang hasil yang optimal. Berikut beberapa prinsip dalam pertanina berkelanjutan;

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Dampak dari kebijakan revolusi hijau yang dicanangkan beberapa tahun yang lalu dengan sistem intensifikasi pertanian menjadi penyumbang kerusakan lingkungan cukup parah akibat penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berdampak buruk pada rusaknya struktur tanah dan musnahnya perdator alami sehingga ekosistem lingkungan terganggu.

Perhatian akan dimensi lingkungan sangat diperlukan dalam menjalankan sistem pertanian sehingga kelestarian lingkungan sebagai tempat bertani dapat tetap terjaga.

Dalam mejalankan prinsip ini dapat dikembangkan pertanian organik untuk menjaga kelestarian lingkungan karena didalamnya menerapkan prinsip ekologi dan mempertahankan keseimbangan ekosistem. Prinsip lingkungan yang dimaksud adalah menekankan kebutuhan akan stabilitas ekosistem alam melalui terpeliharanya keragaman hayati, sumberdaya air, agroklimat, tanah dan kesehatan lingkungan.

Prinsip ekologi yang dapat diterapkan dalam praktek pertanian berkelanjutan antara lain memperbaiki konidisi tanah sehingga menguntungan bagi pertumbuhan tanaman khususnya pengelolaan bahan organik dan meningkatkan kehidupan biologi tanah, Mengoptimalisasi ketersediaan dan keseimbanagn daur hara melalui penyerapan hara, fiksasi nitrogen da daur pupuk, Membatasi kehilangan hasil akibat gangguan orgenisme pengganggu tanaman dan membatasi kehilangan akibat aliran panas, air dan udara dengan mengelola iklim mikro dan tindakan pencegahan erosi.

Pertanian sebagai Budaya

Pertanian adalah kebudayaan dan kehidupan. Dalam mejalankan sistem pertanian bukan hanya berorientasi pada masalah ekonomi saja melainkan didasarkan pada budaya kehidupan. Pada zaman dahulu bertani dilakukan untuk sebagai budaya untuk memenuhi maslaah kehidupan bukan dilakukan untuk mendapatkan keutungan materi.

Pada prinsip ini dapat dipelajari bahwa hasil yang tinggi bukan menjadi orientasi utama karena hal itu pada kenyataannya dapat menimbulkan pengaruh buruk bagi lingkungan sehingga pertanian sebaiknya dijadikan sebagai budaya untuk menunjang kehidupan secara berkelanjutan.

Membangun Kemandirian dan Pemenuhan Lokal

Pertanian berkelanjutan dijalankan untuk mengusir isu kemandirin dan kedaulatan pangan yang belum tercapai. Dengan adanya prinsip membangun kemandirian dan memenuhi kebutuhan lokal pada sistem pertanian berkelanjutan diharapkan dapat tercapai sehingga negera tidak bergantung pada asing serta dapat mencapai kemakmuran masyarakat melalui hasil dari petani lokal dengan kualitas hasil yang lebih baik.

Perlunya membangun kemandirian dan terpenuhinya kebutuhan lokal menuntut sistem pertanian yang lebih baik dan berkelanjutan sehingga penerapan prinsip ini akan sangat berguna.

Memadukan Ilmu Pengetahuan

Pertanian organik sebagai bentuk dari sistem pertanian berkelanjutan harus dikombinasikan dengan kearifan lokal petani dalam ilmu pengetahuan pertanain yang terus berkembang. Sebenarnya sistem oragnik telah lama digunakan oleh petani melalui penggunaan bahan pertanain yang ramah lingkungan dan dewasa ini dapat lebih lengkap jika ditambah dengan ilmu pertanian yang mendukung dalam pengetahuan yang terus berkembang.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang pertanian telah didapatkan hasil penelitian yang berguna seperti penemuan agensia hayati yang dapat membantu menyelesaikan masalah hama penyakit tanaman, teknik budidaya yang semakin berkembang dengan kebutuhan bahan tanam yang minim dapat menghasilkan produk yang berlimpah dan sebagainya. Hal tersebut sebagai implikasi dari ilmu pertanian yang terus berkembang.

Sebagai Gerakan Sosial

Pelaku dari gerakan sosial ini adalah petani yang melakukan pengorganisasian terhadap konsumen, buruh, nelayan bahkan pemuda. Hal ini penting dilakukan agar gerakan pertanian organik menjadi gerakan yang besar.Sebagai suatu gerakan sosial, petani harus terus menerus menempatkan pertaniak organik sebagai gagasan dan identitas bukan semata untuk kepentingan pasar melainkan menjadi konsep pengganti dari pertanian konvensional (Revolusi hijau).

Manfaat Pertanian Berkelanjutan

Adapun untuk manfaat yang diperoleh dalam sistem pertanian berkelanjutan ini, antara lain;

Terjaganya Kelestarian Ekologi

Pertanian berkelanjutan yang mengandung prinsip ekologi kuat dapat mendatangkan manfaat yang positif bagi lingkungan. Kelestarian lingkungan yang menjadi titik utama dalam menjalankan sistem pertanian ini menimbulkan dampak positif bagi ekosistem alam. Terjaganya kelestarian lingkungan dapat menjadi poin plus yang mana akan menciptakan kebelanjutan yang baik.

Hasil Produk Pertanian Lebih Sehat

Konsep pertanian organik yang dianut dalam sistem pertanian berkelanjutan menimbulkan dampak baik bagi terciptanya hasil pertanian yang lebih menyehatkan. Dalam pertanian organik yang ramah lingkungan serta menggunakan bahan dari alam akan sedikit meninggalkan residu merugikan pada hasil pertanian.

Hal tersebut membuat hasil yang diperoleh lebih sehat dan bebas dari bahan yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Selain itu produk pertanian organik memiliki kualitas yang lebih baik sehingga selain menyehatkan dapat juga digunakan untuk meningkatkan nilai tambah dan nilai jual produk.

Keuntungan Ekonomi

Keuntungan ekonomi yang diperoleh dari penerapan pertanian berkelanjutan adalah penggunaan bahan dalam proses produksi dapat ditekan sehingga biaya yang keluar lebih sedikit namun tetap mengahasilkan produk yang berlimpah dan berkualitas dikarenakan penerapan sistem organik yang menggunakan bahan alam dengan biaya yang lebih minim tetapi tetap menghasilkan kualitas produk yang baik.

Selain itu keuntungan ekonomi yang diperoleh juga dapat meningkat kesejahteraan petani dan membuat pertanian menjadi lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

Contoh Pertanian Berkelanjutan

Beberapa contoh pertanian berkelanjutan antara lain;

Pengendalian Hama

Pengendalian hama terpadu yang mana menggunakan musuh alami dalam mengendalikan populasi dari hama tersebut sehingga tingkta kerusakan pada tanaman dapat dikurangi dan meminimalisir penggunaan pestisida yang memiliki dampak buruk bagi lingkungan.

Teknik Budidaya

Contoh lainnya yaitu teknik budidaya tanaman yang tepat seperti dilakukannya rotasi tanaman serta penanaman tanaman pelindung untuk mencegah erosi. Budidaya rumput dengan cara menanam rumput sebagai sumber pakan ternak di lahan pertanian juga menjadi salah satu contoh pertanian berkelanjutan.

Hal ini dapat memberikan keuntungan kepada ternak karena mendapatkan makanan dan kesuburan lahan karena adanya pupuk alami dari kotoran ternak pada lahan.

Itulah tadi artikel yang memberikan penjelasan secara detail terkait dengan pengertian pertanian berkelanjutan, prinsip, ciri, manfaat, dan contohnya. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan referensi kepada segenap pembaca yang mencari materinya. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *