Pengertian Pertanian Modern, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pertanian Modern Adalah

Banyak metode yang telah dilakukan oleh petani dalam meningkatkan hasil pertanian di Indonesia. Indonesia telah mengalami penurunan hasil panen di beberapa tahun terakhir yang diakibatkan karena kondisi cuaca ekstrim. Belajar dari pengalaman tersebut maka petani di Indonesia mulai menerapkan sistem pertanian modern sebagai suatu terobosan baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin tinggi.

Dalam sistem pertanian modern banyak ditekankan penggunaan peralatan dan teknologi pertanian terbaru untuk mengoptimlakan produksi sehingga tenaga manusia tidak banyak dibutuhkan. Sistem pertanian modern kebanyakan dilakukan untuk skala yang luas mengingat semakin banyaknya penduduk sehingga meningkatkan permintaan produk pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Pertanian Modern

Pertanian modern merupakan proses dalam arti budidaya pertanian yang menggunakan peralatan canggih untuk memudahkan proses produksi dan meningkatkan hasil pertanian dalam kurun waktu yang efektif dan efisien. Dunia pertanian modern merupakan dunia mitos keberhasilan modernitas dimana keberhasilan diukur dari besaran hasil panen yang diproduksi sehingga semakin banyak hasil yang diperoleh maka sistem tersebut semakin dianggap maju.

Sistem pertanian modern banyak menimbulkan pro dan kontra yang cukup dilematis di Indonesia. Disamping mengasilkan produksi yang meningkat sehingga kebutuhan tercukupi namun terkadang cara atau metode dalam sistem tersebut kurang menguntungkan terutama bagi lingkungan. Hal tersebut yang menyebabkan sistem ini mengalami krisis dan banyak menjadi perdebatan.

Tujuan Pertanian Modern

Maksud diadakannya dalam sitem pertanian modern ini, antara lain;

Jalan Menuju Keberhasilan Modernitas di Indonesia

Hal tersebut tercermin dari pemikiran jika hasil panen semakin banyak maka dianggap maju. Di Indonesia, penggunaan pupuk dan pestisida kimia merupakan bagian dari Revolusi Hijau yang menjadi sebuah proyek penuh kontroversi pada zaman Orde Baru yang bertujuan untuk memacu hasil produksi pertanian dengan menggunakan teknologi modern.

Hasil nyata yang diperoleh lantas menimbulkan dampak yang hingga kini masih perlu dilakukan pemulihan untuk mendapatkan lingkungan yang lebih baik.

Hal ini membuat pertanian modern mencapai modernitasnya dengan caranya sendiri dan kerap menimbulkan krisis dalam dunia pertanian. Tujuan pertanian modern yang satu ini banyak menuai perdebatan dan kontroversi akibat peristiwa masa lalu yang masih meninggalkan trauma dan terus dalam perbaikan.

Optimalisasi Hasil Pertanian

Dalam konsep pertanian modern tidak hanya membahas mengenai usaha untuk memebuhi kebutuhan pangan manusia dan pemuliaan spesies pertanian, tetapi sudah lebih mengarah bagaimana cara mengoptimalisasikan usaha tani untuk menghasilkan bahan pangan yang bermutu.

Salah satu tujuan dari pertanian modern adalah mengoptimalkan hasil panen yang baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Menggabungkan Konsep yang Sudah Ada

Saat ini perkembangan konsep pertanian modern yang digunakan adalah menggabungkan dua konsep awal yaitu pengoptimalan produksi pertanian melalui peningkatan teknologi dan peningkatan mutu hasil panen menggunakan teknologi terbaru yang mencerminkan sisi modernitas di dunia pertanian.

Tujuan ini dapat membawa sistem pertanian modern ke arah yang lebih baik dari sebelumnya meskipun pro dan kontra belum dapat dihapuskan sepenuhnya. Hal tersebut diperkuat dengan mulai berkembangnya sistem terpadu sebagai salah satu bentuk pertanian modern di Indonesia.

Manfaat Pertanian Modern

Adapun untuk manfaat dalam sistem pertanian modern, antara lain;

Meningkatnya Nilai Ekspor

Tingginya nilai ekspor hasil pertanian di Indonesia menjadi pertanda bahwa saat ini kualitas produk pertanian Indonesia telha sesuai dengan standar Internasional. Hal tersebut dikarenakan sudah diterapkannya konsep pertanian modern untuk mendapatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian yang baik.

Dengan meningkatnya nilai ekspor maka devisa negara semakin meningkat yang akan menguntungkan sektor pertanian. Konsep pertanian modern ini membawa pada pengoptimalan hasil dengan tetap memperhatikan mutu hasil yang tinggi sehingga komoditas pertanian Indonesia dapat tetap bersaing dalam pasar dunia.

Berkembangnya Sistem Agribisnis yang Menguntungkan

Sistem pertanian modern selain mengusung peningkatan hasil dan mutu juga memperhatikan sisi usaha pertaniannya sehingga menyebabkan dampak positif dari segi ekonomi pertanian dengan digunakannya sistem agribisnis yang baik.

Konsep bisnis pertanian ini lebih konkit dan komprehensif atau menyeluruh untuk mengembangkan sektor pertanian ke arah yang lebih baik. Adanya sistem agribisnis dapat mengembangkan komoditas pertanian menjadi lebih fokus dengan subsitem agribisnis yang berbeda-beda.

Selain itu konsep seperti ini dapat mengarahkan pemerintah untuk menjadi lebih giat mengeluarkan kebijakan pro terhadap pertanian rakyat sehingga dapat lebih mensejahterakan pelaku pertanian dan meningkatakan perekonomian masyarakat.

Konsep agribisnis yang semakin berkembang dan masuk kedalam salah satu studi ilmu yang dikaji dalam bidang pertanian juga telah membuktikan eksistensi dari konsep pertanian modern yang telah lama diusung. Sistem agribisnis yang menerapkan konsep pertanian modern merupakan sistem yang didalamnya terdapat keterkaitan erat antar subsistem mulai dari hulu hingga jasa penunjang.

Terbentuknya Sistem Terpadu

Manfaat lainnya dari sistem pertanian modern adalah digagasnya pembuatan sistem terpadu dimana optimalisasai konsep usaha tani dijabarkan dalam sebuah sistem terpadu yang mampu melingkupi semua sektor termasuk sektor industri. Sistem ini juga dapat dikaitkan menjadi sebuah rantai perekonomian di Indonesia.

Dalam sistem terpadu terjadi penggabungan dari beberapa konsep atau jenis pertanian sehingga dapat terjalin sebuah sismbiosis yang saling menguntungkan serta dapat mengoptimalkan hasil dari masing-masing konsep awal yang dibawa.

Selain itu konsep ini juga efektif meningkatakna pendapatan petani dan memanfaatkan lahan secara maksimal dengan tetap memperhatikan resiko kerugian lingkungan yang dapat ditimbulkan. Melalui sistem ini, pertanian modern menjadi lebih dikenal luas dimasyarakat dan mulai banyak dikembangkan prinsip penerapannya.

Contoh Pertanian Modern

Untuk contoh-contoh dalam pertanian modern ini, antara lain;

Hidroponik

Pertanian dengan cara hidroponik merupakan salah satu contoh dari pertanian modern hasil dari inovasi akibat adanya keterbatasan lahan pertanian. Pada konsep pertanian ini bertujuan memanfaatkan lahan yang sedikit tetapi dapat menghasilkan panen yang optimal menggunakan metode dan formulasi khusus.

Penyempitan lahan pertanian kerap terjadi dimasyarakat dikarenakan lahan yang seharusnya ditanami berbaga macam tanaman digunakan untuk membuat rumah ataupun bangunan lainnya sehingga produktivitas lahan tersebut menurun. Dari masalah tersebut lahirlah inovasi bertanam dengan memanfaatkan sisa lahan yang ada, salah satunya ddalam arti hidroponik.

Dalam bertanam hidroponik yang menggunakan media tanam berupa air dapat dilakukan inovasi tanam secara vertical pada lahan sempit sehingga dapat menanam lebih banyak tanaman dan meningkatkan hasil panen yang diperoleh.

Selain itu seiring berkembangnya teknologi dan inovasi, kegiatan bercocok tanam menggunakan hidroponik dapat dilakukan dimana saja dan bahkan dapat dimodifikasi kedalam interior outdoor rumah karena tampilan hidroponik yang lebih segar dan bersih.

Beranam hidroponik  banyak digandrungi masyarakat karena dinilai lebih menguntungkan dan menghasilkan produk dengan mutu yang baik. Selain itu konsep baru ini juga dapat menarik minat untuk bercocok tanam sehingga menciptakan kebiasaan baru yang baik di masyarakat.

Terdapat beberapa kelebihan dari bertanam secara hidroponik selain dapat dilakukan dalam kapasitas lahan yang sempit diantaranya yaitu tanaman dapat tumbuh lebih cepat dari waktu normal dengan bantuan nutrisi tanaman yang biasa digunakan dalam konsep hidroponik, efisien dalam penggunaan tenaga, tidak memerlukan media tanam yang banyak seperti tanah dan tidak mudah terserang hama dan penyakit karena pemeliharaannya lebih dikontrol.

Pertanian Organik

Gagasan mengenai pertanian organik muncul selepas terjadinya krisis pertanian modern yang mnegusung konsep seprti orde lama yaitu mengutamakan optimalisasi hasil yang menjadi tolak ukur maju tidaknya sektor pertanian.

Belajar dari sejarah yang mana hal tersebut nyatanya membawa dampak buruk bagi lingkungan akibat penggunaan bahan kimia dari pestisida dan pupuk secara besar-besaran guna mendongkrak hasil pertanian sehingga banyak menimbulkan pro kontra kini sistem pertanian modern mulai beralih pada konsep pertanian organik yang lebih mneguntungkan bagi lingkungan.

Hal ini menjadi perhatian khusus karena pertanian organik ternyata lebih ramah lingkungan dengan tetap menghasilkan produksi yang maksimal.

Bioteknologi

Mulai berkembangnya bioteknologi pertanian merupakan salah satu kemodernitasan yang semakin berkembang dengan baik. Pengembangan bioteknologi melalui rekayasa genetika yang berlandaskan pada keanekaragaman hayati menjadi perhatian yang menarik dari dunia teknologi dan ilmu pengetahuan dimana bidang pertanian dapat lebih maju dengan menggunakan konsep terbaru ini.

Melalui bioteknologi banyak dikembangan inovasi baru terutama pada bagian genetik yang dapat menciptakan individu tanaman dengan sifat unggul dan menguntungkan. Selain itu mutu dari produk bioteknologi yang baik juga menjadikan inovasi ini sebagai trendseter dalam bidang pertanian.

Teknologi ini telah berkembang bukan hanya di Indonesia melainkan cakupan dunia dan menghasilkan banyak produk yang memiliki hasil dan kualitas yang baik. Melalui kehadiran bioteknologi maka pertanian modern dapat lebih mengembangkan sayapnya untuk terus memajukan bidang pertanian demi kebrlangsungan hidup bersama.

Demikianlah artikel yang memberikan penjelasan terkait dengan pengertian pertanian modern, jenis, tujuan, manfaat, dan contohnya di dalam kehidupan. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi pembaca. Trimakasih,

Berikan Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *