Pengertian Rumput, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Rumput Adalah

Taman yang indah menjadi dambaan bagi tiap rumah. Taman berfungsi sebagai dekorasi, perbaikan sirkulasi udara, penetralisir kondisi iklim sehingga suasana rumah lebih teduh dan sejuk. Jika di rumah masih terdapat sisa lahan pertanian bisa dimanfaatkan untuk membentuk sebuah taman.

Tetapi, terdapat satu hal yang penting dalam membangun taman yakni rumput. Rumput berfungsi dalam menutup atau mengisi area kosong pada taman.

Rumput

Rumput sering kali dianggap dengan salah satu contoh gulma atau tanaman yang menganggu tanaman budidaya. Sebab tanaman rumput  tumbuh dengan menjalar dan berkelakar ke sekitar. Tanaman rumput tidak perlu ditanam sebab dapat dengan mudah tumbuh sendiri.

Bahkan biasanya rumput dimanfaatkan oleh para peternak di Indonesia sebagai salah satu pemenuhan arti makanan untuk jenis hewan ternak, seperti sapi, kerbau, kambing, dan lainnya.

Pengertian Rumput

Rumput adalah tumbuhan monokotil dengan bentuk daun sempit menerucut dari dasar batang hingga ujung. Di Indonesia tanaman rumput sangat beragam jenisnya.

Tetapi, secara umum jenis rumput dibedakan sesuai kegunannya. Jenis tanaman rumput tersebut adalah rumput yang dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan hiasan. Rumput untuk jenis tanaman hias biasanya digunakan hiasan taman, lapangan, dan tempat umum.

Pengertian Tanaman Rumput Menurut Ahli

Adapun definisi rumput menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

Christians (2001)

Rumput adalah tanaman yang tergolong ke dalam kelompok tanaman monokotil. Sebab rumput hanya mempunyai satu buah kotiledon pada bagian biji. Daun rumput terbagi menjadi dua yaitu bagian atas dikenal sebagai blade dan bagian bawah dikenal sebagai sheath. Bagian-bagian tersebut terhubung melalui meristem. Melalui jaringan meristem ini yang akan awal mula pertumbuhan dari sehelai rumput.

Jaringan meristem pada tanaman terdapat pada pucuk namun jaringan meristem pada rumput terdapat di bawah pucuk.

Hal ini dikarenakan tanaman rumput dapat toleransi terhadap tekanan ataupun pemangkasan. Ditambah lagi rumput mempunyai bagian dengan istilah crown yang menjadi pusat aktivitas tanaman rumput jika bagian ini mati maka tanaman rumput akan mati pula.

Turgeon (2002)

Tanaman rumput merupakan jenis tanaman yang tergolong ke dalam famili poaceae dan biasanya disebut Graminae.

Hardjosuwignyo (1990)

Tanaman rumput memiliki bagian atas terbagi atas daun, batang, dan organ reproduktif dan bagian bawah yakni akar.

Sulistyantara (1992)

Tanaman rumput dapat berkembang biak secara generatif melalui benih dan secara vegetatif melalui stolon, rhizome, dan lempengan.

Jenis Tanaman Rumput

Banyak jenis rumput dan contohnya, antara lain

  1. Rumput Teki

Rumput teki sering kali dianggap sebagai tumbuhan liar atau rumput liar. Padahal rumput teki dapat dijadikan sebagai penghias taman rumah atau pekarangan. Rumput teki tumbuh di daerah kering namun juga dapat di daerah basah seperti pinggiran sungai/ kanal/persawahan. Rumput teki umumnya dapat tumbuh dengan tinggi yang ketinggiannya mencapai 140 cm.

Rumput teki mempunyai daun dan batang yang menjadi pusat atau sentuhan menarik apabila dikombinasikan dengan rumput kecil di sekelilingnya.

Apabila menanam rumput teki di taman rumah atau pekarangan dapat mengusahakan rapi secara berkala supaya tidak menganggu tanaman lain. Karena rumput ini berkembang dengan cepat dengan akar yang menjalar kemana-mana.

  1. Rumput Jepang

Rumput jepang berbentuk runcing, kurus, dan tipis sehingga akan merasa tertusuk apabila diduduki. Rumput jepang tumbuh dengan rapat dan rapi. Penampilan rumput Jepang menjadikan rumput ini primadona sebagai rumput hias. Rumput Jepang tidak perlu perawatan seperti pemangkasan sebab pertumbuhan rumput Jepang agak lambat.

Meskipun tidak perlu pemangkasan tetap diperlukan penyiraman dan pemupukan supaya rumput Jepang tidak menguning.

Rumput Jepang menjadi salah satu rumput hias favorit dalam membangun taman rumah. Harga rumput Jepang tidak terlalu murah dengan perawatan yang sangat mudah. Rumput ini bentuknya kurus dan pertumbuhannya rapat dan agak lambat sehingga akan terkesan rapi dan indah.

  1. Rumput Manila

Rumput Manila adalah salah satu spesies rumput dengan kualitas tinggi. Rumput Manila berwarna hijau pekat dengan kekuatan dan elastisitas baik dan tahan terhadap pinjakan kaki. Hal ini menjadikan rumput Manila dapat menjadi pilihan yang ccok apabila ingin menutupi atau melapisi lapangan sepakbola.

Tetapi, rumput Manila memerlukan perawatan yang rutin dengan ekstra. Rumput Manila perlu pemangkasa, pemupukan, dan penyiraman secara teratur.

  1. Rumput Swiss

Rumput Swiss bertekstur paling halus di antara spesies rumput lainnya dengan pertumbuhan yang rapi di taman. Jenis rumput ini dengan kenampakan yang rapi sehingga tepat untuk menghias taman idaman. Walaupun, taman hanya ditanami dengan rumput Swiss dapat memberikan manfaat. Harga rumput Swis tergolong mahal dan apabila kamu berniat menghias taman dengan rumput Swiss maka siapkan waktu lebih untuk perawatannya.

Rumput Swiss ini tumbuh maksimal dengan kebutuhan cahaya berkisar 80%. Oleh karena itu, jenis rumput ini tidak cocok dengan iklim yang lembab sebab jenis rumput akan cepat membusuk. Supaya dapat mempertahankan kualitas rumput Swiss maka perlu dilakukan pemangkasan minimal satu kali dalam sebulan dan pemupukan dilakukan secara teratur.

Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk urea, karena pupuk kandang dapat mempengaruhi rumput liar untuk tumbuh dan mengakibatkan rumput Swiss mati. Apabila rumput ini dirawat dengan baik maka dapat mempercantik taman indah kamu.

  1. Rumput Peking

Rumput peking memiliki karakter mirip dengan rumput Jepang yaitu helaian daunnya runcing, rapi, dan kurus. Apabila dibandingkan dengan rumput Jepang maka rumput peking ini tumbuh secara jarang-jarang. Rumput peking membutuhkan perawatan relatif mudah yaitu cukup dipangkas secara rutin dalam sebulan dua kali dan pemupukan supaya rumput ini tidak cepat kering.

Rumput peking menjadi salah satu primadona sebelum tahun 2000 karena penampilannya mirip dengan rumput Jepang namun sebenarnya sangat berbeda. Permukaan helaian daun lebih halus daripada rumput Jepang dan berdaya tahan kuat.

Daya tahap terhadap cuaca bahkan dalam cuaca dingin sekalipun. Harga rumput ini relatif lebih mahal dari jenis rumput lainnya.

  1. Rumput Babat

Rumput babat sering kali digunakan sebagai pelapisan lapangan golf. Oleh karena itu, rumput ini biasa dikenal dengan rumput golf.

Jenis rumput ini berhelaian kecil dan pendek dengan pertumbuhan yang cepat. Oleh karena itu perlu pemangkasan sebanyak dua minggu sekali. Jenis rumput ini memerlukan cahaya matahari berkisar 100% supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

  1. Rumput Gajah Besar

Rumput Gajah besar bertekstur kasar dengan helaian daun berukuran paling besar di antara jenis rumput gajah lainnya. Jenis rumput ini berukuran besar dan bertekstur kasar sehingga menjadikan rumput ini kuat dan berdaya tahan lama. Perawatan jenis rumput ini tergolong cukup udah hanya dengan penyiraman sesekali.

Rumput gajah besar dengan tekstur yang kasar menjadikan kuat terhadap pijakan kaki manusia. Rumput gajah besar biasanya digunakan sebagai pakan ternak.

Namun, tetap cocok dijadikan sebagai penghias taman rumah. Harga rumput gajah murah tergolong murah sehingga tidak perlu budget yang begitu besar. Dan yang terpenting apabila ingin menanam rumput gajah besar perlu perawatan yang rutin.

  1. Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini berukuran lebih kecil dibandingkan dengan rumput gajah besar. Rumput gajah mini dengan pertumbuhan tidak terlalu cepat dan merayap ke samping.

Rumput gajah mini bertekstur lebih halus. Kelebihan rumput gajah mini yaitu dapat tumbuh dengan kebutuhan cahaya matahari berkisar 50% sehingga cocok untuk taman rumah karena tidak membutuhkan akses terhadap pencahayaan matahari yang terlalu tinggi.

Untuk perawatan hanya memerlukan kebutuhan pupuk sedikit dan pemangkasan cukup satu kali dalam sebulan. Rumput gajah mini berdaya tahan terhadap pinjakan kaki manusia sehingga cocok untuk hiasan taman dan tempat bermain anak-anak. Harga jenis rumput ini murah dengan perawatan yang mudah sehingga menjadi rumput yang difavoritkan.

  1. Rumput Gajah Mini Varigata

Rumput gajah mini varigata adalah jenis rumput gajah yang paling unik dan cantik. Rumput gajah mini varigata bertekstur mirip rumput gajah mini namun terdapat garis putih pada helaian daun. Garis putih tersebut menjadikan penampilan rumput gajah ini menarik dan unik. Apabila dibandingkan dengan rumput gajah lainnya, rumput gajah mini varigata bernampilan sedikit beda.

Rumput gajah mini varigata mudah dirawat seperti rumput gajah mini. Tetapi diantara jenis rumput gajah lainnya, harga jenis rumput gajah ini termasuk paling mahal. Rumput gajah mini varigata dengan harga tinggi disebabkan oleh coraknya cukup beragam.

Manfaat Rumput

Tanaman rumput mempunyai banyak manfaat untuk menghias taman dan beragam penyakit diantaranya sebagai berikut:

  1. Kanker karena kandungan antioksidan pada tanaman rumput
  2. Kista ovarium dan mioma dengan teh rumput
  3. Masalah ginjal karena teh rumput dapat mengeluarkan garam sebagai urin karena sifat dieutiknya.
  4. Penyakit diabetes karena tanaman rumput mempunyai sifat antidiabetes dengan meminum teh secara teratur.
  5. Penyakit Disentri dengan meminum akar tanaman rumput karena membantu penyembuhan gastroenteritis (diare dengan darah).
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapat dikatakan bahwa tanaman rumput bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Tanaman rumput diyakini dapat mengobati berbagai penyakit dan pengusir serangga. Banyak penelitian yang telah membuktikan kandungan pada tanaman rumput seperti protein, senyawa silikon monoksida pada daun, kalsium oksida, dan klorin. Tanaman rumput mempunyai karakter anti-inflamasi, antioksidan, diauretik alami, antidiabetik, antihistain dan sitotoksik.

Oleh karena itulah rumput sering dipilih sebab memberikan kesan indah dan cantik dibanding ditutup dengan semen atau paving block. Terdapat jenis tanaman rumput yang telah banyak dijual di pasaran. Tetapi dalam memilih tanaman rumput untuk membangun taman tidak boleh sembarang harus sesuai dengan desain taman rumah.

Itulah tadi artikel yang bisa kami jelaskan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian rumput menurut para ahli, jenis, contoh, dan manfaatnya. Semoga bisa memberikan edukasi, referensi, serta literasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *