Macam Sistem Budidaya Monokultur dan Contohnya

Diposting pada

Sistem Budidaya Monokultur

Era modern saat ini banyak sekali metode-metode dan sistem budidaya dalam arti pertanian yang digunakan unutk menunjang optimalisasi lahan pertanian baik dalam pertanian modern maupun pertanian tradisional. Adapun salah satu penunjang sistem budidaya pertanian dalam skala industri dapat berupa mekanisasi maupun penggunan metode secara intensif. Metode metode ini dapat dibagi menjadi dua yaitu budidaya varietas tunggal atau sistem monokultur atau dengan cara budidaya varietas secara majemuk atau polikultur.

Monokultur

Monokultur adalah pertanaman tunggal merupakan metode budidaya tanaman yang menggunakan sistem pertanaman dengan hanya menggunakan satu varietas tanaman pada suatu area pertanian.

Syarat tumbuh pada sistem pertanian monokultur sendiri adalah kondisi lahan, varietas, dan juga perlakan yang homogen. Tujuan dari kondisi yang homogen adalah utnuk memudahkan perawatan dan juga hasil porduksi pertanian ketika dipanen dapat serempak.

Dalam pertanian monokultur bertujuan sebagai intensifikasi lahan sekaligus tujuan skala industri. Persaingan antar tanaman merupakan hal yang paling dihindari pada metode monokultur. Pengelolaan tanaman pada metode monokultur dinilai lebih cepat, lebih efisien dan lebih tinggi hasil produksinya.

Jenis Sistem Pertanian Monokultur dan Contohnya

Adapun untuk memberikan penjelasan lebih dalam. Berikut ini contoh sistem budidaya monokultur pada tanaman. Antara lain;

  1. Sawah Padi

Monokultur Budidaya Padi
Padi

Sawah dalam berbagai jenis tanaman padi merupakan contoh dari budidaya tanaman secara monokultur hal ini dapat dilihat dari tidak adanya varietas lain melainkan hanya terdapat hamparan tanaman padi itu sendiri. Dengan monokultur tanaman padi lebih mudah dalam perawatan dan intensifikasi pertanian.

Sawah adalah lahan pertanian dengan kondisi tanah basah, metode irigasi lahan tergenang karena penggenangan  bertujuan untuk mengurangi tingkat stres pada padi. Kondisi ini tidak memungkinkan apabila dipolikulturkan dengan tanaman jenis lain karena beberapa tanaman akan busuk apabila akar tergenang oleh air.

  1. Hutan Homogen

Budidaya Hutan Homogen
Hutan Homogen

Hutan homogen merupakan metode pertanaman kehutanan dengan sistem monokultur. Varietas pada hutan homogen biasanya berupa satu jenis tanaman dengan tujuan untuk kebutuhan intensifikasi maupun kebutuhan industri.

Salah satu bentuk tanaman dengan metode hutan homogen seperti hutan jati. Hutan jati dibuat homogen untuk menghasilkan kayu dengan kualitas terbaik. Metode pertanman, perawatan, serta jarak antar tanaman dibuat dan dikelola sedemikian rupa demi pemenuhan pasar.

Selain untuk kebuthan industri, beberapa hutan homogen memang digunakan sebagai saran rekreasi seperti hutan bambu di Jepang yang keseluruhan area beruma jenis pohon bambu kuning yang indah dan seragam.

  1. Ladang Gandum

Tanaman Gandum
Tanaman Gandum

Tanaman gandum merupakan salah satu jenis tanaman serealia yang dibudidayakan pada lahan pertanian yang cukup kering. Tanaman ini termasuk tanaman yang memiliki kemampuan tahan akan kondisi cekaman kekeringan. Kondisi ini menyebabkan tanaman gandum dibudidayakan secara monokultur.

Kepentingan industri juga termasuk alasan penggunaan sistem monokultur pada budidaya tanaman gandum. Dengan kebutuhan gandum yang cukup tinggi sekaligus pemanenan yang serempak, hal ini menjadikan metode budidaya tanaman tunggal atau monokultur merupakan upaya terbaik dalam pembudidayaan gandum.

  1. Perkebunan Tebu

Monokultur Tanaman Tebu
Tebu

Tebu merupakan tanaman berjenis poaceae atau rumput-rumputan yang dibudidayakan di lahan perkebunan. Pada umumnya lahan perkebunan biasanya digunakan pada varietas monokultur atau budidaya pada tanaman varietas tunggal.

Monokultur tanaman tebu memang banyak dilakukan karena pemenuhan skala industri pertanian cukup tinggi. Selain itu, aspek kondisi lahan bagi tanaman tebu tidak cukup baik apabila dilakukan tumpang sari atau polilkutrur.

  1. Perkebunan Kelapa Sawit

Monokultur Kelapa Sawit
Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakah salah satu tanaman industri yang di taman pada lahan gambut. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman famili palmae yaitu tanaman berbatang tunggal dan daun tersusun majemuk menyirip tunggal sebagai tanda khas yang mudah dikenali pada famili tumbuhan  ini.

Tanaman  kelapa sawit dilakukan budidaya secara monokultur karena keperluan pertanian secara potensial untuk memenuhi kebuhtuhan minyak baik berupa minyak untuk kebutuhan rumah tangga seperti minyak goreng atau juga digunakan sebagai biofeul.

Demikianlah, uraian lengkap yang bisa kami sebutkan pada segenap pembaca. Berkaitan dengan macam sistem budidaya monokultur dan contohnya tanaman yang melakukan teknik pertanian ini. Semoga bisa memberikan edukasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *