Struktur Biji dan Fungsinya

Diposting pada

Struktur Biji dan Fungsinya

Biji biasanya terlindung dengan organ lain seperti hanya dengan buah yang kemudian dikenal dengan angiospermae atau tidak terlindungi oleh buah (gymnospermae). Biji ini menampilkan diri sebagai perkembangan penting dalam proses reproduksi (perbiakan) pada beragam jenis tanaman, baik itu tanaman hias, tanaman obat, tanaman serealia, ataupun yang lainnya. Akan tetepi yang pasti dari adanya biji pada tanaman tersebut memiliki struktur dan fungsinya masing-masing.

Biji

Biji adalah alat perkembangbiakan yang berasal dari bakal biji yang telah dibuahi. Biji biasanya dapat digunakan sebagai konsumsi baik manusia maupun hewan ternak. Biji pada saat pengisian bahan kering ke dalam biji berhenti akan mencapai masak fisiologis, sebab itu biji akan mendapatkan kualitas fisiologi tertinggi. Dalam kasus tanaman kedelai, bunga dalam satu tanaman tidak mekar serentak.

Biji Menurut Para Ahli

Adapun menurut para ahli, arti biji adalah sebagai berikut;

  1. Yuniarsih (1996), Biji adalah bagian yang tersusun oleh struktur kompleks terdiri dari embrio, kulit biji dan persediaan cadangan makanan. Cadangan makanan biasanya disimpan di bagian biji yaitu lembaga biji atau dalam jaringan di sekelilingnya.
  2. Kamil (1982), Biji terbentuk karena adanya perkembangan bakal biji. Saat proses pembuahan, tabung sari memasuki kantung embrio melalui mikropil. Kemudian dua buah inti gamet jantan berada di dalam embrio. Dalam embrio terdapat satu inti sel telur dan dua inti polar atau hasil penyatuan (inti sekunder).

Struktur Biji

Biji memiliki struktur yang ada di dalamnya. Antara lain sebagai berikut;

  1. Kulit Biji

Kulit biji adalah lapisan biji terluar yang berguna untuk melindungi seluruh bagian biji. Bagian biji pertama adalah kulit biji (testa).  Kulit biji umumnya dari selaput bakal biji (embrio) yang biasa dikenal testa (lapisang kulit terluar). Testa (lapisan kulit terluar) memiliki fungsi yaitu melindung bagian dalam biji.

Kulit biji memiliki lapisan yang bentuknya beragam mulai dari tipis, kaku semacam kulit dan keras semacam kayu atau batu dan lapisan kulit dalam. Lapisan tersebut biasa dikenal sebagai kulit ari.

  1. Batang Lembaga (Cauliculus)

Arti batang lembaga dibedakan menjadi dua yaitu internodium epicotylum dan internodium hypocotylum. Internodium epicotylum adalah ruas batang lembaga yang berada di atas daun lembaga (kotiledon) sedangkan internodium hypocotylu adalah ruas batang lembaga yang berada di bawah daun lembaga (kotiledon).

  1. Radikula (Akar lembaga)

Radikula atau akar lembaga yaitu calon (cikal bakal) akar yang berasal dari biji. Tumbuhan dikotil memiliki akar yang terus tumbuh dan menjadi akar tunggang.

  1. Kotiledon (daun lembaga)

Saat keluarnya akar lembaga akan tumbuh daun pertama saat perkecambahan disebut daun lembaga (kotiledon). Fungsi dari kotiledon (daun lembaga) adalah menimbun makanan dan untuk melakukan fotosintesis. Selain itu, berguna untuk menghisap makanan dari putik lembaga bagi lembaga.

Struktur Biji dan Fungsinya
Struktur Biji

Fungsi Biji

Biji mempunyai banyak manfaat, antara lain

  1. Berfungsi sebagai informasi genetik

Biji memiliki ribuan informasi terkait sifat pada jenis tanaman tertentu. Oleh karena itu, banyak pemulia tanaman mengoleksi biji tanaman sebagai aset informasi genetik yang berharga.

  1. Sebagai bahan makanan

Beberapa jenis biji berguna sebagai sumber makanan untuk manusia dan hewan. Misalnya tanaman serealia seperti gandum, jagung, mete dapat menggantikan nasi atau cemilan. Untuk hewan dapat menggunakan biji-bijian seperti kacang, jagung, dan sorgum. Oleh karena itu, biji sering untuk dikonsumsi dan ditanam kembali.

  1. Bahan Pembentuk tanaman baru

Tanaman baru dapat dihasilkan dengan menanam biji sebagai alat perkembangbiakan. Biji yang ditanam di dalam tumbuh akan berkembang menjadi individu baru yang terdapat sifat sama dengan tetuanya. Namun, terdapat beberapa tanaman yang berkembang biak secara generatif (melalui biji).

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami sajikan pada segenap pembaca berkaitan dengan bahasan dalam struktur biji pada tanaman dan fungsi-fungsinya secara umum. Semoga memberikan wawasan dan menambah serangkaian bahan bacaa. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *