Syarat Germinasi Biji dan Manfaatnya

Diposting pada

Syarat dan Manfaat Germinasi Biji

Germinasi atau biasa dikenal dengan perkecambahan adalah proses pertumbuhan embrio (bakal) biji yang akan membentuk sebagai tanaman baru. Germinasi dimulai dengan biji menyerap air dari lingkungan sekitar kemudian air tersebut akan mempengaruhi enzim dan hormon untuk bekerja. Hormon dan enzim tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan embrio di dalam biji.

Biji adalah bagian tanaman yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan yang diperoleh saat tanaman telah dewasa. Struktur biji biasanya ada yang diselimuti oleh daging (mangga) tetapi juga ada yang dilapisi oleh lapisan kaku (gandum). Biji pada tanaman umumnya mulai berkecambah saat terlepas dari tanaman induknya. Biji adalah bagian yang memiliki struktur yang kering sehingga memerlukan penyerapan air dari tanah maupun tanah.

Germinasi      

Germinasi biji atau perkecambahan biji adalah tanda munculnya radikula melalui seed coat dan perkembangan embrio biji sebagai indikasi potensi dalam menghasilkan tumbuhan baru dalam keadaan yang sesuai.

Biasanya ada beberapa biji yang mampu berkecambah setelah pembuahan dan sebelum panen namun ada juga yang membutuhkan waku untuk istirahat ataupun perkembangan lebih lanjut sebelum dimulainya proses perkecambahan.

Syarat Germinasi Biji        

Dalam germinasi biji terdapat syarat-syarat yang dibutuhkan oleh tanaman, antara lain:

  1. Air

Air berfungsi untuk melarutkan, mengiat enzim, melunakkan kulit biji dan ikut serta dalam reaksi yang terjadi di dalam biji. Awalnya air masuk ke dalam biji melalui penyerapan oleh kulit biji secara osmosis dan imbibisi.

Penyerapan air akan membuat sel-sel di dalam biji mengembang (membesar) sehingga volume akan membesar (mengembang). Air yang diserap dan masuk ke dalam biji akan memicu aktifnya enzim dan membantu proses respirasi (pernafasan) sehingga akan menghasilkan energi.

Energi yang dihasilkan akan digunakan dalam pembelahan sel embrio. Banyaknya air yang diserap oleh biji tergantung dari permeabilitas kulit biji, susunan kimia dalam biji, suhu (temperatur) dan jenis biji.

  1. Oksigen

Oksigen sangat dibutuhkan oleh biji dalam proses respirasi (pernafasan) sehingga dapat memproduksi energi (tenaga). Kebutuhan oksigen yang diperlukan biji berbeda-beda. Terdapat beberapa biji yang membutuhkan oksigen cukup namun ada juga yang mampu berkecambah bijinya tanpa bantuan oksigen.

  1. Suhu

Setiap biji yang berkecambah membutuhkan suhu (temperatur) tertentu/ berbeda- beda. Setiap tanamn membutuhkan temperatur tertentu untuk pertumbuhan dan perkembangan khususnya perkecambahan (germinasi).

Contohnya pertumbuhan yang baik pada biji seledri membutuhkan suhu 1 derajat celcius. Biji bayam membutuhkan suhu 20-30 derajat celcius untuk berkecambah. Suhu (temperatur) optimu adalah suhu terbaik untuk perkecambahan, apabila suhu berada diatas suhu maksimum atau minimum maka tanaman tidak dapat berkecambah atau mati.

  1. Cahaya

Cahaya mengakibatkan terjadinya zat tertentu yang berpengaruh dalam proses perkecambahan biji. Namun, tidak semua jenis tanaman bijinya memerlukan cahaya untuk berkecambah.  Tanaman dapat dibedaakan berdasarkan peka atau tidak peka terhadap cahaya matahari yaitu peka cahaya (lightkhiemer), tidak peka cahaya (donkerkhiemer), dan tidak berpengaruh pada cahaya (indifferent).

Vigor tinggi dan bibit yang baik berasa dari biji atau bahan tanam yang berkualitas baik. Dalam pengujian kualitas suatu biji dapat dilakukan dengan uji daya kecambah dan kecepatan kecambah.

Daya kecambah (DK) biji merupakan banyaknya biji yang berkecambahan dari jumlah biji yang dikecambahkan dan biasanya dinyatakan dalam bentuk persen (%) dalam waktu tertentu biasanya kurun waktu 7 hari. Biji dapat dikatakan murn

Manfaat Germinasi Biji

Biji yang berkecambah mempunyai kandungan vitamin C dan E dan kandungn zat lainnya seperti protein, maltosa, lemak, folat, kanavavin, dan fitoestrogen. Kecambah selain digunakan dapat pertumbuhan tanaman baru juga dapat dikonsumsi untuk kesehatan antara lain:

  1. Mampu meningkatkan/mempertahankan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit
  2. Untuk kecantikan kulit
  3. Mampu mencegah terjadiny kardiovaskular dan osteosporosis dini
  4. Kaya akan antioksidan
  5. Mengurangi adanya keluhan waktu menopause
  6. Dapat mengatasi masalah menstruasi
  7. Mencegah dan mengobat penyakit kanker
  8. Mengurangi risiko radang sendi

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami berikan pada semua pembaca yang membutuhkan materi syarat perkecambahan (germinasi biji) dan beragam manfaatnya bagi tanaman. Semoga memberikan referensi bagi semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *