Syarat Tumbuh Tanaman Kakao dan Jenis Tanahnya

Diposting pada

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Tanaman kakao kemungkinan di domestikasi di wilayah lahan pertanian Amazon bagian atas dan kemudian menyebar ke utara. Itu secara luas dibudidayakan lebih dari 3.000 tahun yang lalu oleh orang Maya, Toltec, dan Aztec, yang menyiapkan minuman dari biji-bijian (kadang-kadang menggunakannya sebagai minuman seremonial) dan juga menggunakan biji sebagai mata uang.

Sehingga dapat dikatakan bahwa syarat tumbuh kakao dan jenis tanahnya yang hampir sama dengan lembah Amazon dan daerah tropis lainnya di Amerika Selatan dan Tengah, di mana varietas liar masih tumbuh di hutan, tetapi area penanaman kakao telah meluas hingga ke Karibia dan seterusnya.

Tanaman Kakao

Kakao  atau  yang  disebut  “makanan  para  dewa”  (the  food  of  the  gods),dikenal  sebagai  bahan  pembuat  makanan  coklat  baik  berupa  bubuk  coklat  yang digunakan  dalam  pembuatan  kue,  permen  coklat,  maupun  keperluan  lainnya.

Ciri morfologi kakao dibudidayakan  secara  luas  di Indonesia  sekitar  tahun  1970.  Kakao  kini  menjadi salah  satu  andalan  ekspor  non  migas,  terutama  dalam  krisis  ekonomi (Wardani, 1988)

Syarat Tumbuh Tanaman Kakao

Adapun untuk syarat tumbuhnya tanaman berdasarkan pada klasfikasi kakao, antara lain adalah sebagai berikut;

Ketinggian Tempat

Berdasarkan daerah penanamannya, tanaman kakao bisa ditanam pada wilayah denagn koordinat astronomis  10° LU-10° LS. Akan tetapi pada umumnya, persebaran penanaman kakao terletak pada wilayah  7° LU-18° LS, dan memiliki toleransi yang cukup baik pada daerah 20° LU-20° LS.

Di Indonesia sendiri, daerah penanaman kakao berada pada 5° LU-° LS. Daerah ini bisa dikatakan ideal apabila disertai dengan ketinggian tempat yang tidak lebih dari 800 m dpl (Siregar dan Syarif, 1989).

Curah Hujan

Wilayah yang ideal untuk penanaman kakao adalah wilayah dengan curah hujan 1.100-3.000 mm per tahun. Curah hujan yang lebih dari 4.500 mm per tahun akan berkaitan erat dengan adanya serangan penyakit busuk buah (blask pods).

Sedangkan daerah yang curah hujannya kurang dari 1.200 mm per tahun masih bisa ditanami kakao, tetapi dibutuhkan air irigasi.

Suhu atau Temperatur

Suhu atau temperatur mempengaruhi pertumbuhan tanaman kakao yaitu terhadap pembentukan flush, pembungaan, serta kerusakan daun. Berdasarkan hasil penelitian, suhu ideal bagi tanaman kakao yaitu 30°C – 32°C (maksimum) dan 18°C-21°C (minimum).

Kakao juga bisa tumbuh dengan baik pada temperatur minimum 15°C perbulan. Temperatur ideal lainnya yaitu dengan distribusi tahunan 16,6°C masih baik untuk pertumbuhan kakao, asalkan tidak terjadi musim hujan yang panjang.

Suhu yang kurang dari 10°C akan mengakibatkan gugur daun dan mengeringnya bunga, sehingga laju pertumbuhannya berkurang, sedangkan suhu yang tinggi akan memacu pembungaan, tapi kemudian akan gugur. Pembungaan tanaman kakao akan lebih baik apabila berlangsung pada suhu 23°C.

Intensitas Sinar Matahari

Tanaman kakao dapat tumbuh di wilayah hutan hujan tropis yang dalam pertumbuhannya membutuhkan naungan untuk mengurangi pencahayaan penuh. Intensitas pencahayaan yang terlalu banyak akan mengakibatkan lilit batang kecil, daun sempit, dan batang relatif pendek.

Jenis Tanah Kakao

Untuk tekstur dalam jenis tanaman yang cocok dalam tumbuhan Kakao, antara lain sebagai berikut;

Kedalaman

Tanaman kakao membutuhkan tanah yang subur dengan kedalaman minimal 150 cm. Hal ini penting sebab akar tunggang tanaman membutuhkan ruangan yang leluasan untuk tumbuh agar tidak kerdil atau bengkok.

Tekstur Tanah

Tanah yang cocok untuk tanaman kakao yaitu yang memiliki tekstrur geluh lempungan (clay loam). Ini merupakan perpaudan antara pasir, debu, dan lempung, dengan persentase 50%, 10-20%, dan 30-40%.

Kaya Organik

Selain itu, tanaman kakao membutuhkan tanah yang kaya bahan organik dan tumbuh optimal pada tanah dengan pH sekitar 6,0-7,0.

Nah, demikianlah serangkaian artikel yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan syarat tumbuh tanaman kakao dan jenis tekstur tanahnya yang cocok. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *