4 Syarat Tumbuh Tanaman Teh

Diposting pada

Syarat tumbuh tanaman teh

Tanaman teh mempunyai macam varietas namun varietas yang banyak dikenal oleh masyarakat yakni varietas Assamica yang berasal dari Negara Assam dan varietas Sinensis yang berasal dari China. Kedua varietas tersebut mempunyai perbedaan yaitu varietas assamica dengan daun yang agak besar dengan ujung yang runcing. Sementara varietas sinensis dengan daun yang lebih kecil dan ujung yang tumpul.

Tanaman Teh

Tanaman teh biasanya memiliki sistem perakaran yang dangkal, sangat peka terhadap kondisi fisik tanah sehingga cukup sulit untuk dapat menembus lapisan tanah. Pertumbuhan akar yang ke arah lateral dan penyebarannya dibatasi oleh perdu yang terdapat di sekitar lingkungan tempat tumbuh.

Ciri teh dalam sistem perakaran utama berkembang pada lapisan tanah atas dengan kedalaman 0 hingga 25 cm, tempat ini sebagai tempat utama kandungan hara berakumulasi. Batang tanaman teh berkayu, berdiri tegak, bercabang-cabang, dan pada ujung rantingnya terdapat daun muda yang berbulu halus.

Daun teh merupakan jenis daun tunggal dengan tangkai yang pendek dan letaknya berselang- seling. Pada tiap helaian daun yang kaku seperti kulit tipis, memiliki bentuk elips memanjang, dan pangkal runcing. Perkembangan bunga mengikuti proses fase pertumbuhan daun. Biasanya bunga teh mempunyai warna bunga putih yang cerah dengan adanya kepala sari yang berwarna kuning dan baunnya harum.

Pengertian Tanaman Teh

Tanaman teh berdaun tunggal yang tersebar dengan helaian daun yang berbentuk eliptis memanjang dan pangkal daun yang runcing dan tepi daun yang berbentuk gerigi. Daun tanaman teh merupakan hasil tanaman yang diutamakan dari proses budidaya tanaman teh.

Habitat Tumbuh Tanaman Teh

Teh merupakan tanaman yang membutuhkan habitatnya sendiri untuk tumbuh dan berkembang. Berikut syarat tumbuh tanaman teh, antara lain

  1. Iklim

Teh tumbuh pada wilayah dingin dengan curah hujan yang berkisar antara 2.000 hingga 2.500 mm per tahun. Di musim kemarau, curah hujan yang diperlukan oleh teh untuk bisa tumbuh setidaknya dapat mencapai minimal 100 mm per tahun. Cahaya matahari ketika penanaman teh maka sangat berpengaruh pada pertumbuhan teh.

Selama cahaya matahari bersinar semakin besar ketika curah hujan sehingga pertumbuhan tanaman teh akan semakin cepat. Sementara itu, angin juga mempengaruhi proses pertumbuhan teh. Angin sangat berpengaruh pada kondisi kelembaban tanah dan kelembaban udara.

  1. Suhu dan kelembaban

Teh adalah salah satu tanaman yang tumbuh di daerah yang dingin sehingga untuk memperoleh hasil yang optimal maka teh perlu suhu berkisar 13 hingga 15 derajat celcius untuk dapat tumbuh dan berkembangbiak. Suhu udara yang sangat tinggi akan mengakibakan pertumbuhan teh terganggu. Kelembaban udara yang diperlukan teh untuk dapat tumbuh minimal mencapai 70%.

  1. Media tanam

Teh memerlukan kondisi tanah yang subur untuk bisa tumbuh seperti tanah humus. Kondisi tanah subur yang tepat untuk tanaman bisa dilihat dari kandungan bahan organik yang cukup tinggi, tanah yang digunakan tidak bercadas, dan Ph tanah sekitar 4,5 hingga 6. Tanah juga harus mempunyai sifat gebur dan teksturnya yang lempung ringan dan mampu menahan air. Tanah jenis ini umumnya bisa dijumpai di daerah lereng pegunungan berapi.

  1. Ketinggian tempat

Teh cocok dibudidayakan di daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 400 mdpl. Di Indonesia, umumna teh dibudidayakan di daerah yang mempunyai ketinggian berkisar 400 hingga 1.200 mdpl. Jika dibudidayakan di daerah yang mempunyai ketinggian lebih dari 1.500 mdpl sehingga teh dapat mengalami kerusakan sebab embun beku dapat muncul ketika musim kemarau.

Teh dibudidayakan dan diproduksi di wilayah tinggi yang umumnya mempunyai aroma yang lebih segar dan baik dibandingkan teh yang dibudidayakan dan diproduksi pada wilayah dataran rendah.

Demikianlah artikel yang dapat dibagikan kepada seluruh segenap pembaca terkait materi syarat tumbuh tanaman teh. Semoga saja dapat memberikan manfaat dan menjadi referensi bagi kalian semua yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.