Tanaman Andong, Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tumbuhan Andong

Tanaman andong merupakan salah satu tanaman yang mungkin sedikit asing didengar bagi sebagian kalangan. Tumbuhan andong ini seringkali dijadikan tanaman hias karena memiliki nilai estika yang baik.

Daun tanaman andong yang cantik dan berwarna menarik ini menjadi pemikat tersendiri untuk dijadikan tanaman hias. Tanaman yang memiliki nama lain hanjuang ini termasuk tumbuhan monokotil. Andong juga memiliki fungsi sebagai tanaman pelindung untuk sawah ataupun ladang.

Tanaman Andong

Tanaman andong memiliki banyak nama untuk masing-masing daerah. Nama- nama tersebut seperti di Aceh disebut bak juang, Medan disebut linjuang, Palembang dikenal tumjuang, hanjuang di Sunda, andong di Jawa Tengah dan lain sebaginya.

Selain dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang berada di pagar- pagar atau pekarangan rumah, ternyata tanaman andong juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Andong juga mudah untuk di tanam dan di rawat karena sifatnya yang tahan terhadap kekeringan.

Jenis Tanaman Andong

Andong memiliki beberapa jenis tanaman dimana masing- masing memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Berikut dibawah ini macam-macam tanaman andong yaitu;

  1. Cordyline fruticosa syn C. terminalis (hanjuang biasa)
  2. Cordyline obtecta syn C. kaspar C
  3. Cordyline australis
  4. Cordyline banksii
  5. Cordylin haageana
  6. Cordyline indivisa
  7. Cordyline pumilio
  8. Cordyline stricta

Klasifikasi Andong

Andong merupakan tanaman yang terbilang cukup unik karena keindahan yang ditonjolkan pada daun berwarna selang seling ini. Hal ini membuat pohon andong memiliki sistem klasifikasi dalam tumbuhan yang di sebutkan di bawah ini:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Viridiplantae
Infra kingdom Streptophyta
Super divisi Embryophyta
Divisi Tracheophyta
Sub divisi Spermatophytina
Kelas Magnoliopsida
Super ordo Llianae
Ordo Cordyline comm. ex R. Br
Genus Boesenbergia rotunda
Spesies Cordyline fruiticosa L A. Chev

Ciri Morfologi Andong

Tanaman andong yang sering digunakan sebagai tanaman hias maupun obat untuk menyembuhkan beberapa penakit ini memiliki ciri atau karakteristik morfologi yang di bedakan menjadi 5 macam yaitu :

  1. Akar

Karakteristik pertama yang bisa dipelajari dari tanaman andong ialah akarnya. Arti akar merupakan hal pertama yang sangat penting dan pastinya akan selalu ada pada setiap tumbuhan. Tanaman andong merupakan tumbuhan yang memiliki jenis akar serabut.

Akar yang dikenal memiliki ukuran yang relative kecil dan tumbuh di bagian pangkal batang pada tanamanan andong ini memiliki warna putih kekuningan.

  1. Batang

Jenis batang tanaman andong berkayu dan memiliki tekstur yang keras. Batang berkayu maksudnya ialah batang yang memiliki kambium.

Fungi kambium sendiri yaitu sebagai penebalan pada batang berkayu. Batang andong berwarna coklat muda dan pada permukaan batang beruas-ruas. Bentuk batang yaitu bulat dengan diameter sekitar 7,5 cm. Batang juga memiliki cabang dengan warna putih kotor.

  1. Daun

Daun tanaman andong termasuk golongan daun tunggal. Artinya pada satu tangkai hanya terdapat satu helai daun saja. Pola daun andong yaitu tersebar dan biasanya daun berselang-seling.

Posisi daun tunggal ialah menempel pada batang, ujung daun runcing. Daun juga memiliki panjang sekitar 20 hingga 60 cm dengan lebar 10 hingga 13 cm. Pertulangan daun menyirip dengan warna hijau mengkilap pada permukaan daun.

  1. Bunga

Bunga adalah salah satu yang indah pada tanaman andong, dan menjadi pemikat juga baik bagi serangga maupun manusia yang melihatya. Tanaman andong mempunyai bunga majemuk yang berbentuk malai. Bunga keluar dari ketiak daun dengan ukuran kurang lebih 30 cm.

Warna bunga tanaman andong ialah ungu. Jenis bunga ini terdiri dari 6 daun mahkota, benang sari, tangkai putik, putih, dan kepala putik.

  1. Buah

Buah tanaman andong dikenal dengan nama buni. Bentuk buah yaitu bulat dan warnanya merah mengkilap. Buah andong juga memiliki biji yang berwarna hitam.   

Manfaat Tanaman Andong

Berdasarkan deskripsi tanaman andong yang sudah dijelaskan diatas, bahwa andong bukan saja sebagai tanaman hias, melainkan juga berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut dibawah ini yang termasuk manfaat dari tanaman andong adalah;

  1. Mengatasi batuk darah, urin berdarah, dan haid terlalu banyak

Kebanyaka orang yang mengalami sakit batu berdarah akan merasa panik dan bingung untuk menghadapinya. Tentunya hal ini bisa diatasi dengan adanya daun dan akar dari tanaman andong. Karena tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati batuk berdarah, urine berdarah, dan haid yang terlalu banyak.

Cara yang dilakukan untuk mengkonsumsinya yaitu dengan merebus daun andong yang masih segar sekitar 90 gram atau akar andong yang sudah kering sekitar 50 ram dengan 3 gelas air sampai mendidih. Sisakan 1 gelas saja daria air rebusan tadi. Kemudian saring air dan minum di waktu pagi dan sore hari sebanyak setengah gelas.

  1. Mengobati diare atau disentri

Selain berkhasiat untuk mengobati batuk berdarah, daun dan akar andong juga bermanfaat untuk mengatasi diare atau disentri. Caranya yaitu sama persis yang dilakukan untuk mengobati batuk darah yaitu dengan merebus daun atau akar andong kemudian minum air rebusan pada waktu pagi, siang, dan sore hari.

  1. Mengatasi wasir

Tanaman andong juga dipercaya bisa mengatasi wasir. Caranya yaitu siapkan 3 helai daun andong dan daun wungu sebanyak 7 helai, kemudian rebus daun tersebut dan di minum pada waktu pagi, siang dan sore hari.

  1. Mengobati luka akibat sengatan binatang berbisa

Daun andong bisa digunakan untuk mengobati luka pada tubuh. Ambil beberapa daun andong dan cuci hingga bersih, kemudian haluskan daun tersebut dan dipanaskan diatas api. Kondisi hangat yang ada pada daun dapat di usapkan ke bagian tubuh yang terluka karena sengatan binatang berbisa. Daun tersbeut juga bisa dibalut dengan kain pada bagian yang terluka dan diganti 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Mengobati radang gusi

Radang pada gusi bisa membuat seseorang merasa kesulitan pada saat akan makan. Untuk mengatasi hal ini maka andong hadir sebagai tanaman yang bisa digunakan untuk membantu mengobatasi radang gusi.

Ambil kulit andong dan di kikis secukupnya, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata. Bahan yang sudah dikombinasi tersebut kemudian di oleskan pada bagian gusi yang meradang dan tentunya ramuan ini bisa untuk mengobati peradangan pada gusi.

  1. Mengobati sakit ulu hati dan lambung

Ramuan yang bisa diolah yaitu ambil 3 bagian dari andong berupa daun, akar, dan bunga. Pastikan ketiga bahan tersebut dalam keadaan yang masih segar. Pertama-tama yang dilakukan ialah cuci bersih ketiga bahan kemudian merebusnya dengan air bersih. Sisakan sekitar 1 gelas air rebusan yang anntinya bisa diminum untuk mengobati sakit lambung dan ulu hati.  

Cara Budidaya Andong

Setelah mengetahui berbagai jenis, klasifikasi, dan manfaat dari tanaman andong, proses selanjutnya yang bisa kita pelajari yaitu cara budidaya tanaman andong. Berikut dibawah ini langkah- langkah atau cara budidaya andong dengan menggunakan metode stek:

  1. Menyiapkan batang untuk di stek

Metode stek bisa di pakai untuk melakukanbudidaya tanaman andong. Metode ini dilakukan dengan cara mengambil batang dari andong dengan memotongnya sepanjang kurang lebih 30 hingga 40 cm.

  1. Menyiapkan media tanam stek

Media tanam yang digunakan bisa berupa pot atau lahan di sekitar pekarangan rumah. Hal yang perlu diperhatikan ialah tanah dalam keadaan subur dan tidak kering.

  1. Penanaman stek batang andong

Penanaman stek batang dilakukan dengan cara menancapkan batang ke dalam tanah. Perhatikan pada saat melakukan penancapan jangan sampai posisi stek batang terbalik. Sebelum penanaman dilakukan akan lebih baik apabila stek batang direndam terlebih dahulu ke dalam ZPT. Hal ini agar stek batang mempunyai kualitas yang lebih bagus.

  1. Perawatan tanaman andong

Perawatan andong dilakukan dengan menyiram tanaman andong secara rutin, minimal dua kali sehari. Hal ini dilakukan agar tanaman bisa merangsang perakaran dan tumbuh dengan subur.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan kepada semua pembaca. Berkenaan dengan penjelasan tanaman andong, jenis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *