Pengertian Tanaman Aquascape, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Aquascape Adalah

Jika berbicara mengenai aquascape maka akan berkaitan langsung dengan akuarium dan perlengkapannya. Akuarium merupakan salah satu benda yang dapat mempercantik desain rumah dengan sentuhan dunia air yang menarik perhatian.

Seiring berkembangnya teknologi dan peralatan canggih, konsep akuarium raksasa sebagai wahana pembelajaran kian berkembang. Tentunya dengan melibatkan konsep tanaman dalam aquascape yang menjadi tampilan lebih indah.

Aquascape

Aquascape merupakan kegiatan seni dalam mengatur tanaman air, koral, batu atau batu karang dan kayu apung secara alami dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti kehidupan alam di bawah air. Selain dapat diisi oleh tanaman dan hiasan lainnya, aquascape juga dapat diberi tambahan beragam jenis ikan hias yang membuat akuarium menjadi lebih hidup.

Tanaman Aquascape

Tanaman aquascape adalah jenis tumbuhan yang biasa diletakan dalam akuarium. Tanaman dengan konsep warna hijau ini akan membuat suasana bawah air menjadi lebih asri dan enak dipandang. Seperti tanaman pada umumnya, tanaman aquascape membutuhkan karbondioksida sebagai bahan fotosintesis sehingga perlengakapan seperti tabung karbondioksida wajib diletakan dalam akuarium untuk mendukung pertumbuhan dari tanaman aquascape.

Selain itu sirkulasi air dan udara juga harus diperhatikan agar keseimbanagn ekosistem bawah air antara hewan dan tanaman dapat seimbang dengan lingkungan yang mendukung.

Manfaat Tanaman Aquascape

Tanaman aquascape selain mempunyai bentuk fisik yang indah dipandang dan menyejukan ternyata mempunyai banyak manfaat lain yang dapat berpengaruh bukan hanya untuk ikan yang tinggal di akuarium melainkan juga untuk manusia.

Berikut beberapa manfaat dari tanaman aquascape yang wajib diketahui;

Media Terapi

Bagi sebagian pecinta keindahan baawah air memandang aquascape dapat menetralkan fikiran yang secara langsung dapat meringankan beban dalam fikiran seseorang. Selain itu tanaman aquascape yang memberikan unsur indah dan menenagkan juga efektif memberikan terapi bagi anak yang mengidap autis dan hiperaktif serta dapat menyehatkan jantung.

Elemen untuk Memperindah Interior Rumah

Tanaman dalam aquascape dapat menjadi elemen dalam memperindah interior rumah. Konsep alami yang tersaji karena penggunaan tanaman aquascape dapat menjadi daya tarik tersendiri sebagai hiasan dalam akuarium. Tanaman ini dapat menimbulkan suasana baru yang sejuk dan damai lengkap dengan nuansa air yang dapat menenangkan hati.

Melatih Kreatifitas dan Jiwa Seni

Efek ketenangan dan perasaan damai akan dirasakan pada saat merawat tumbuhan yang ada pada akuarium. Gerakan lembut dari tanaman aquascape dan nuansa yang tenang dalam air akan membuat perasaan semakin rileks dan damai.

Tanaman aquascape juga dapat dirancang sesuai keinginan sehingga lebih artistik dan melatih berkembangnya kreatifitas dan jiwa seni dalam diri.

Mengobati Stres

Akuarium dapat menjadi obat pada saat kejenuhan melanda akibat rutinitas yang monoton. Akuarium yang terdiri dari komponen menenangkan dapat mengurangi tekanan dalam pikiran. Salah satu komponen yang sangat berpengaruh dalam akuarium adalah tanaman air didalamnya.

Penggunaan tanaman air dapat menambah unsur ketenangan dan kedamaian dalam akuarium. Tanaman aquascape yang pada umumnya didominasi oleh warna hijau dengan bentuk yang unik dapat mengurangi stres pada pikiran. Selain itu gerakan tanaman air dalam akuarium juga dapat membangkitkan mood menjadi lebih baik dan bisa menghalau stress yang sedang dialami.

Membantu Kehidupan Ikan dalam Akuarium Berkembang

Manfaat lain dari tanaman dalam akuarium adalah dapat membantu kehidupan ikan di akuarium. Tanaman ini dapat membantu mengurangi stres pada ikan dan sebagai tempat tinggal ikan. Tanaman aquascape juga dapat menimbulkan perilaku alami pada ikan sehingga ikan akan lebih berkembang. Selain itu tanaman ini berfungsi sebagai tempat peletakan telur ikan hasil perkawinannya.

Contoh Tanaman Aquascape

Terdapat beberapa jenis tanaman akuascape yang dapat digunakan sebagai pelengkap keindahan akuarium. Kebanyakan tanaman tersebut dapat tumbuh dengan dukungan karbondioksida, suhu, pencahayaan dan pH tertentu untuk mendukung fotosintesis.

Berikut beberapa jenis tanaman aquascape dan contohnya yang dapat ditanam dalam akuarium, diantaranya sebagai berikut;

Bacopa sp Colorata

Tanaman aquascape bacopa sp colorata mempunyai nama umum bacopa pink. Tanaman ini dapat diletakan di area tengah akuarium dengan kebutuhan karbondioksida dan pencahayaan sedang. Bacopa mempunyai daun berwarna merah sehingga dapat memperkaya warna pada akuarium serta sebagai kombinasi dari tanaman hijau dalam akuarium.

Dwarf Baby Tears

Dwarf  baby tears mempunyai nama latin Hemianthus callitrichoides yang dapat digunakan sebagai penghias bagian depan akuarium. Tanaman yang berasal dari kuba ini mempunyai ukuran daun yang  kecil dan padat. Dwarf Baby Tears mempunyai tingkat pertumbuhan sedang dan membutuhkan banyak cahaya.

Dengan lingkungan yang mendukung seperti cahaya yang banyak, susbtrat yang kaya nutrisi serta kecukupan karbondioksida dapat memberikan hasil pertumbuhan tanaman yang baik.

Hygrophila Polysperma

aquascaper tentu sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini. Hal ini karena tanaman Hygrophila Polysperma sudah lama digunakan sebagai hiasan dalam akuarium.

Tanaman ini mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap pencahayaan yang kurang dan perawatan tanaman yang tergolong mudah. Selain itu tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak CO2 untuk bertahan hidup dalam akuarium. Konidisi seperti ini membuat tanaman Hygrophila Polysperma semakin banyak diminati.

Windelov

windelov mempunyai nama latin Microsorum pteropus mempunyai mempunyai bagian ujung tanaman yang bercabang dengan bentuk yang unik. Keunikan tersebut menjadikannya sebagai tanaman aquascape tercantik di dunia.

Tanaman windelov bisa tumbuh sampai dengan 20 cm dengan lebar yang sama. Tanaman ini cocok untuk pemula karena mudah dalam perawatannya. Tanaman hias dalam akuarium yang satu ini juga memiliki katahanan diri yang kuat meskipun diikatkan pada akar, kayu ranting atau ditempel pada batu dalam akuarium.

Monte Carlo

Contoh tanaman aquascape berikutanya adalah monte carlo. Monte carlo dapat dipakai sebagai tanaman karpet pada substrat akuarium. Tanaman ini memiliki laju pertumbuhan yang relatif cepat. Monte carlo termasuk tanaman aquascape yang unik karena apabila terkena sinar yang kuat maka kecepatan tumbuhnya akan semakin tinggi.

Crinum Calamistratum

Crinum Calamistratum mempunyai nama umum African Onion Plant atau Cameroon Crium yang berasal dari Afrika Barat dan telah tersebar ke Indonesia. Crinum Calamistratum adalah tanaman hias air yang indah dengan daun berwarna hijau tua yang memberikan kesan tenang dan damai.

Tanaman ini memerlukan pencahayaan tinggi dan kebutuhan CO2 yang banyak untuk kelangsungan hidupnya. Meski demikian tanaman ini dapat menghasilkan bunga yang cantik apabila pertumbuhannya sudah melewati permukaan air.

Hydrocotyle Leucocephala

Hydrocotyle Leucocephala menjadi tanaman hias air pertama kali yang ditemukan di wilayah Amerika Selatan. Selain menjadi aquascape, tanaman ini juga di kolam dan paludarium. Hydrocotyle Leucocephala juga bisa tumbuh pada habitat basah dan cukup baerawa karena mempunyai daya tahan yang kuat.

Pertumbuhan tanaman ini sangat cepat dalam menghasilkan daun hijau yang berbentuk bulat dan indah. Penambahan tanaman ini pada akuarium dapat mengisi ruang kosong sekaligus menambah nilai estetika dalam akuarium.

Didiplis Diandra

Tanaman hias air yang satu ini memiliki bentuk daun yang unik dan cukup menarik perhatian. Namun perawatannya yang tergolong sulit tidak direkomendasikan bagi aquascaper pemula. Didiplis Diandra termasuk kedalam tanaman yang hidup secara emersed.

Selain itu Didiplis Diandra akan menghasilkan bunga yang cantik setelah tingginya sudah melampaui permukaan air pada tempat hidupnya.

Echinodorus Vesuvius

Tanaman Echinodorus Vesuvius  dapat ditempatkan sebagai background maupun di area center pada akuarium. Tanaman ini memiliki daun yang unik dengan bentuk spiral dan sempit. Echinodorus Vesuvius   membuat tampilan akuarium lebih menarik karena penampilannya yang berbeda dengan tanaman lainnya. Tanaman ini juga cocok bagi pemula yang tertarik mendalami dunia aquascape karena mudah dalam perawatannya.

Caratopteris Cornuta

Contoh tanaman aquascape yang terakhir adalah Ceratopteris Cornuta yang diperkenalkan pertama kali di Afrika,  Amerika, Asia dan Australia. Tanaman ini mempunyai cara tumbuh yang unik dan berbeda dari tanaman aquascape pada umumnya.

Hal tersebut dikarenakan Ceratopteris Cornuta tumbuh secara terapung atau floating yang menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri sebagai tanaman hias air. Meskipun demikian, tanaman ini masih bisa ditancapkan pada substrat dalam akuarium.

Ceratopteris Cornuta membutuhkan intensitas cahaya yang kuat karena pertumbuhannya dapat melambat jika kebutuhan cahaya tidak terpenuhi.

Nah, itulah tadi materi yang membahas tentang pengertian tanaman aquascape, manfaat, dan contohnya dalam jenis tanaman yang bisa dibuat. Semoga melalui tulisan ini memberikan wawasan serta refrensi mendalam bagi pembaca, trimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *