Pengertian Tanaman Benalu, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Benalu Adalah

Banyak yang sudah mengenal istilah benalu. Benalu seringkali identik dengan tumbuhan yang merugikan tumbuhan inangnya. Benalu adalah tumbuhan parasit yang hidup dengan menyerap nutrisi pada inang atau menumpang hidup pada inangnya sehingga benalu dapat dikatakan sebagai tumbuhan pengganggu. Benalu dapat hidup di segala jenis lahan pertanian.

Benalu umunya terletak di bagian atas dengan tumbuh lebat yang dapat menutupi inangnya. Tumbuha inang yang tidak terpapar cahaya matahari akan mengalami kesulitan dalam pengolahan arti makanan. Hal ni berdampak pada kematian bagi tumbuhan inang. Benalu di perkebunan dianggap sebagai hama yang menganggu. Pada tanaman berbuah akan mengalami kesulitan produksi buah karena benalu.

Tanaman Benalu/Parasit

Pada dasarnya beberapa benalu berasal dari genus Dendrophthoe, Macrosolen, dan Scrrula yang termasuk parasit tanaman perdu dan pohon-pohon. Penyebaran benalu antar pohon disebabkan adanya bantuan burung yang memakan biji benalu melalui kotorannya.

Benalu menyerap nutrisi dari tanaman inang sehingga merugikan inang dan apabila benalu bertambah banyak akan menyebabkan inang mati secara perlahan. Oleh karena itulah benalu menyerap makanan dari pohon inangnya sehingga merugikan inangnya.

Pengertian Benalu

Benalu yaitu tumbuhan yang menumpang pada tanaman lain dan menyerap nutrisi dari tanaman inang. Benalu biasa hidup di area struktur batang atau dahan pohon tumbuhan karena termasuk parasit obligat. Benalu dapat dijumpai di pohon besar daerah tropis. Bagian biji benalu memproduksi getah seperti lem yang berbentuk jeli lengket.

Benalu pada beberapa tempat dikenal dengan sebutan pasilan atau kepasilan. Benalu sebagai tanaman parasit mempunyai nama latin yakni Loranthus dan benalu benalu berasal dari famili Loranthaceae yang terdiri dari tumbuhan semak bercabang tinggi.

Pengertian Tanaman Benalu Menurut Para Ahli

Adapaun definisi yang ada dalam tanaman parasit/benalu menurut para ahli, antara lain sebagai berikut;

  1. Samiran (2007)

Benalu di daerah Jawa dikenal sebagai bahan obat penyakit cacar air, cacar api, cacing tambang, tumor, diare, dan kanker. Banyak penelitian membuktikan bahwa benalu teh kering yang direbus kemudian airnya diminum dapat menyembuhkan penyakit kanker rahim dan jenis kanker lainnya. Fakta di lapangan juga banyak membuktikan bahwa air rebusan benalu dan tapak dara apabila diminum dapat menyembuhkan kanker.

  1. Fatma (2014)

Benalu adalah jenis tumbuhan parasit yang menyerang berbagai jenis tumnbuhan lain. Walaupun benalu termasuk dalam jenis hemiparasit atau parasit fakultatif tetapi benalu sangat bergantung pada tanaman inang atau tanaman yang diparasitinya.

Jenis tumbuhan parasit mempunyai siklus hidup dari proses perkecambahan biji hingga mendekati fase generatif berkaitan dengan tumbuhan inang atau tumbuhan yang ditumpanginya. Benalu sebagai parasit pada berbagai jenis tumbuhan perdu atau semak dan biasanya pada jenis pohon yang besar. Jenis tumbuhan inang oleh benalu sangat beragam mulai dari tanaman dalam arti hortikultura hingga tanaman non budidaya yang berada di hutan-hutan.

  1. Djoko (1997)

Benalu di Indonesia dikenal sebagai salah satu tumbuhan obat alam. Banyak yang belum mengenali khasiat dari penggunaan benalu oleh masyarakat. Biasanya bagian benalu yang sering digunakan sebagai salah satu jenis tanaman obat alam oleh masyarakat adalah bagian daun benalu.

  1. Hutapea (1999)

Benalu sebagai tumbuhan parasit mengandung senyawa aktif yang berguna bagi tubuh manusia antara lain alkaloid, saponin, fenolat seperti flavonoid dan tanin yang berperan penting dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Ciri Benalu

Benalu memiliki ciri umum dan khusus antara lain;

Ciri umum yaitu;
  1. mempunyai akar isap sebagai penyerapan nutrisi oleh tanaman inang
  2. Bunga benalu berkelamin tunggal dan menghasilkan biji dengan getah yang lengket
  3. Biji benalu berukuran kecil dan lengket memudahkan untuk penyebaran oleh burung supaya dapat menempel pada inang.
Ciri khusus antara lain;
  1. Benalu tidak memerlukan media tanah
  2. Akar benalu tidak sempurna sehingga akarnya tidak dapat menyerap air dan nutrisi dari tanah
  3. Akar benalu biasanya akan menancap pada jaringan pembuluh inang sehingga akan mempermudah menyerap nutrisi dari inang
  4. Tanaman inang yang akan ditumpanginya lama kelamaan akan kecil dan kurus

Manfaat Benalu

Adapun beberapa manfaat yang dimiliki dari benalu ini antara lain sebagai berikut;

  1. Meredakan pusing

Benalu berguna dalam meredakan pusing kepala. Benalu diyakini oleh masyarakat sebagai obat alternatif dan apabila diminum secara teratur maka pusing akan reda.

  1. Mengobati radang sendi

Benalu yang mengandung senyawa aktif seperti flavonoid berguna bagi tubuh terkhusus untuk menyembuhkan radang sendi. Ada penelitian yang membuktikan bahwa benalu berguna dalam pengobatan radang sendi. Apabila rutin mengomsumsi benalu secara teratur maka dapat menyembuhkan radang sendi.

  1. Mengobati penyakit epilepsi

Benalu diyakini dapat menyembuhkan penyakit epilepsi. Kandungan yang terdapat benali berguna sebagai obat alami dalam pengobatan penyakit epilepsi dan sudah diterapkan oleh bangsa Eropa pada abad ke 16. Benalu yang dikonsumi secara teratur dapat membantu penderita epilepsi untuk mengontrol tubuhnya sendiri.

  1. Mengobati kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Benalu berguna sebagai obat alami karena mengandung flavonoid yang bisa membantu untuk penyembuhan penyakit kanker. Penelitian benalu di Eropa membuktikan bahwa kandungan pada benalu berguna dalam pengobatan kanker.

  1. Membunuh sel tumor

Benalu juga berguna dalam membunuh sel tumor yang berada di dalam tubuh. Kandungan di dalam benalu dapat mencegah terjadinya pembesaran sel tumor dan memungkinkan membunuh sel tumor yang dapat memicu kanker ganas.

  1. Mengatasi Tidur Mendengkur

Bagi beberapa orang mendengkur saat tidur akan menganggu pasangannya. Beberapa penelitian lanjut meneliti mengenai kandungan benalu dalam pengobatan tidur mendengkur. Tidur mendengkur juga dapat menjadi tanda bahwa penyakit serius di dalam tubuh. Dalam mengatasi penyaki ini cukup meminum air rebusan benalu secara rutin agar hasilnya lebih optimal.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Benalu juga dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi karena tekanan darah dapat menjadi sumber berbagai penyakit serius seperti jantung atau stroke yang berasal dari tekanan darah yang tinggi. Untuk itu mengomsumi daun benalu sebagai obat alami.

  1. Mengatasi Detak Jantung Tidak Normal

Detak jantung yang tidak normal dapat menjadi salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami penyakit yang cukup serius.

Beberapa penelitian telah menguji lanjut mengenai kandungan pada benalu sehingga menyarankan bahwa mengomsumsi daun benalu sebagai obat herbal alami menjadi solusi alternatif. Daerah China sejak jaman dahulu sudah memanfaatkan benalu sebagai obat alami.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang terganggu atau tersumbat dapat menyebabkan berkurangnya oksigen dan memungkinak hal yang tidak diinginkan. Karena peredaran darah menyalurkan nutrisi dan gizi keseluruh tubuh. Benalu mempunyai kandungan beberapa zat yang dapat digunakan sebagai pelancar peredaran darah ke seluruh tubuh kita.

Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh sehat secara keseluruhan. Ini karena di dalam darah akan terdapat nutrisi-nutrisi dan gizi dari makanan yang kita makan untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

  1. Mengobati Penyakit Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus. Apabila penyakit hepatitis dibiarkan saja maka akan memunculkan penyakit kanker hati sebab virus hepatiti memang menyerang dan merusak pada bagian hati. Dengan pemanfaatan ekstrak atau teh benalu dapat mengatasi penyakit hepatitis jenis apapun.

  1. Mencegah Keguguran dan Pendarahan Kehamilan

Masyarakat jaman dahulu memanfaatkan benalu sebagai pencegahan keguguran. Namun belum ada penelitian lebih lanjut mengenai kebenarannya. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila menghendaki konsumsi daun benalu untuk mencegah pendarahan dan keguguran.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kandungan pada daun benalu sangatlah beragam sehingga banyak khasiat yang didapatkan salah satunya kandungan mineral. Kandungan mineral mampu membantu dan memperkuat tulang dan gigi.

  1. Mengembalikan Fungsi Hati dan Ginjal

Benalu dengan kandungannya dapat memebrsihkan racun yag terdapat pada hati ataupun ginjal. Racun tersebut apabila tidak dibersihkan akan memicu berbagai penyakit sehingga pembersihan dengan konsumsi daun benalu dapat mengembalikan fungsi hati atau ginjal dengan normal.

Conton Tanaman Benalu

Berikut contoh tanaman benalu dengan tanaman inang, antara lain;

  1. Jenis benalu Dendrophtoe acacoides dengan tanaman inang Jambu Bol
  2. Jenis benalu Dendropthoe curvata dengan tanaman inang Jambu Agung
  3. Jenis benalu Helixanthera sessiliflora dengan tanaman inang Karet
  4. Jenis benalu Loranthaceae (1) dengan tanaman inang Langsat dan beringin
  5. Jenis benalu Loranthaceae (2) dengan tanaman inang Jeruk nipis
  6. Jenis benalu Loranthaceae (3) dengan tanaman inang tanaman mangga, hampalam dan belimbing
  7. Jenis benalu Loranthaceae (4) dengan tanaman inang tanaman cengkeh
  8. Jenis benalu Loranthaceae (5) dengan tanaman inang Nangka dan cempedak
  9. Jenis benalu Loranthaceae (6) dengan tanaman inang Bambu
  10. Jenis benalu Loranthaceae (7) dengan tanaman inang Tarap
  11. Jenis benalu Macrosollen capitellatus dengan tanaman inang Maritam dan rambutan
  12. Jenis benalu Scurulla ferruginea dengan tanaman inang Jeruk nipis
  13. Jenis benalu Scurulla parasitica dengan tanaman inang Randu
  14. Jenis benalu Scurulla philippensis dengan tanaman inang Jambu Agung
  15. Jenis benalu Viscum articulatum dengan tanaman inang Cengkeh

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian tanaman benalu menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contohnya. Semoga bisa memberikan edukasi serta refrerensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *