Jenis Tanaman Berduri dan Penjelasannya

Diposting pada

Tanaman Berduri

Untuk rumah tetap aman dan terjaga, umumnya seseorang meletakkan petugas satpam ataupun memelihara anjing pengawas yang biasanya galak. Namun, disisi lainnya dapat memanfaatkan berbagai jenis tanaman pagar yang sifatnya berduri.

Meski demikian definisi tumbuhan yang berduri biasanya agak menyusahkan dalam hal pemeliharaan, namun saat mengenai masalah keamanan, tanaman berduri dapat diandalkan.

Tanaman Berduri

Tanaman berduri adalah tanaman yang mempunyai duri- duri di bagian tubuh tanaman tertentu. Biasanya bentuk tanaman berduri ini mempunyai keunikan salah satunya sebagia besar tanaman duri dapat menyamarkan dirinya dengan bagian bunga yang cantik dan menawan dengan buah yang berwarna warni dan segar.

Tanaman tersebut kuat dan tangguh di banyak daerah tumbuh dan tanaman dengan bentuk seperti semak bisa dipangkas menjadi sebuha pagar yang tidak dapat ditembus oleh penjahat atau maling. Tanaman duri akan menjadikan rumah kamu tidak terlihat kaku ataupun sangat penuh dengan pengamanan.

Namun apabila kamu memiliki anak kecil ataupun hewan peliharaan maka tanaman ini kurang disarankan untuk kamu. Namun sebagian orang menyakini bahwa dengan tanaman duri sangat solutif dan berelegan dibandingkan pagar kawat yang berduri tajam namun tak sedap untuk dipandang oleh mata.

Jenis Tanaman Berduri

Berikut berbagai contoh dari bentuk tanaman berduri antara lain;

  1. Akasia, Fabaceae

Tanaman Berduri Akasia
Akasia

Tanaman akasia biasanya dihubungan dengan Benua Australia. Hal tersebut masih dibilang masuk akal dikarenakan untuk dapat bertahan hidup di wilayah yang keras misalnya Australia diperlukan pohon yang kuat dan tangguh. Namun, tanaman akasia merupakan tanaman asli yang berasal dari benua Afrika.

Rumor yang beredar mengatakan bahwa di negara Mesir daun tanaman akasia akan ditumbuk dan dimanfaatkan sebagai obat untuk penyakit wasir.

Bagian tungkai akasia yang penuh dengan duri merupakan yang paling menyeramkan. Cabang-cabang barbar tersebut dipenuhi dengan adanya lekukan besar dan tajam. Apabila yang tersangkut di daerah tersebut akan susah untuk dilepaskan. Tetapi, terdapat spesies akasia lain yang tidak terlalu banyak duri.

  1. Blackberry, Rosaceae

Tanaman Berduri Blackberry
Blackberry

Tanaman blackbery berbeda dengan tanaman mawar yang cantik. Tanaman blackberry tidak mempunyai bagian bunga yang begitu mencolok dan namun memiliki duri yang tajam. Tanaman ini sangat cepat pertumbuhannya dan bisa dengan cepat menjadi bio masa bengkok yang tingginya mencapai 1,5 meter dan durinya yang memberikan sakit apabila semakin lebar.

Sebab kecenderungan tersebut untuk tumbuh dengan cepat, kamu harus rajin memotong dan mendapatkan buahnya.

  1. Bougainvillea, Nyctaginaceae

Tanaman Berduri Bougainvillea
Bougainvillea

Pohon bougainvillea dapat tumbuh sangat cepat hingga mencapai ketinggian 12 meter. Pohon bougainvillea memanfaatkan bagian batang yang berduri untuk menyokong tubuhnya secara sendiri pada tanaman ataupun struktur yang berada di dekatnya.

Kenampakan yang penuh dengan warna cantik dan daun-daun yang mengelilingi arti bunga kecil nampak indah namun kamu tidak usah menyentuhnya sebab tanaman ini bergetah.

  1. Crown of thorns, Euphorbia

tumbuhan Berduri Crown of thorns
Crown of thorns

Walaupun nama ini terdengar seperti album death metal, semak panjat ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 1 sampai 1,5 meter dan mengarahkan bagian cabangnya bersejata lengkap ke semua arah.

Umumnya tanaman ini membutuhkan penopang dan akan mencari tanama lain ataupun pagar agar dapat menahannya. Bunga tanaman ini cantik namun penuh dengan matriks daun yang berbahaya di bawahnya serta tanaman ini cukup jata sebab getahnya dapat mengiritasi kulit dan dapat menjadikan racun apabila dicerna.

  1. Firethorn, Pyracantha

Tanaman Berduri Pyracantha
Pyracantha

Tanaman pyracantha dapat bertarung dengan apa saja yang bisa kamu lepaskan misalnya gunting pemotong. Tanaman ini terdapat senjata berupa duri yang tajam di tiap bebebrapa inci sepanjang bagian batang dan rantingnya serta senjata terakhirnya yaitu pucuk tubuh sepanjang 4 inci yang hipodermik. Penamaan firethon tersebut dikarenakan duri api yang seharusnya bukan lelucon.

Pyracantha bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 3 meter dan hampir sama dengan lebarnya. Ini merupakan tanaman keras yang tahan terhadap berbagai keadaan dan bisa menyebar dengan cepat. Kamu harus siap berperang apabila kamu ingin menjaga halaman kamu dari tanaman berduri jenis ini.

  1. Honey locust, Gleditsia

Tanaman Berduri Honey locust
Honey locust

Tak ada seorang yang ingin memanjat tanaman ini yang bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 18 sampai 27 meter dan terdapat kulit yang kasar dan sering tertutup dengan duri misalnya belati yang berukuran 6 inci.

Para ahli botani menyebutkan duri tersebut telah berevolusi untuk dapat menjaga pohon dari sloth raksasa dan beruang yang berwajah pendek dan berkeliaran di daerah Amerika Utara ribuan tahun lalu. Walaupun para fauna pra sejara telah punah atau sudah tidak ada namun pertahanan maut flora ini yang mematikan tetap ada.

  1. Anggur Oregon, Mahonia

Tanaman Berduri Anggur Oregon
Anggur Oregon

Tanaman mahonia mungkin mempunyai daun evergreen yang begitu cerah namun jangan membiarkan bagian daun yang ceria itu menjadikan kamu tak sadar bahwasanya tanaman ini sangat berbahaya.

Tiap daun lilin tersebut dibingkai dengan adanya duri Liliputian yang dapat mudah menembus pakaian kamu termasuk bagian kulit kamu. Semak tanaman ini memproduksi daun yang lebat sehingga membentuk pagar tanaman namun setidaknya tanaman tersebut dapat memproduksi buah blackberry.

  1. Tomat Porcupine atau Tomat Landak, Solanum

Tanaman Berduri Tomat Porcupine
Tanaman Berduri Tomat Porcupine

Susah untuk mendapatkan tanaman dengan perpaduan daun dan batang yang lebih agresif dibandingkan dengan Solanum atau biasa dikenal dengan duri Iblis. Tanaman semak kuat ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian sampai 1,5 meter.

Berbagai spesies terdapat kanduangan alkaloid yang beracun yang apabila dicerna bisa mengakibatkan penyakit serius dan bahkan kematian.

  1. Mawar, rosa

Tanaman Berduri Mawar
Tanaman Berduri Mawar

Terdapat jenis mawar antara lain mawar taman, mawar panjat bahkan mawar penutup tanah. Kamu bisa memanfaatkan tanaman namun tidak boleh diperlakukan dengan sembarangan.

Tanaman ini mempunyai tusukan duri yang dapat menjadikan kamu meneteskan darah namun kamu tetap dapat memajangnya di sudut rumah. Tanaman ini dapat ditata dengan baik apabila kamu ingin menjadikan sebagai tanaman pengaman rumah.

  1. Tanaman Boksus atau Boxwood atau Buxus

tumbuhan Berduri Boksus
Boksus

Tanaman boksus adalah salah satu tanaman pagar yang begitu terkenal. Tanaman ini memiliki kelebatan dan subur dapat berdiri dengan tegak dan menyerupai dengan tanaman anak nakal. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 6 meter sehingga kamu bisa membentuk tanaman sesuai dengan selera kamu. Jenis tanaman pagar ini sangat cocok untuk tanam yang dibentuk seperti labirin.

  1. Hortensia atau Hydrangea

Tanaman Berduri Hortensia
Hortensia

Marga atau genis ini mempunyai spesies berkisar 70 hingga 75 yang berasal dari kawasan Asia Selatan, Asia Timur, Amerika Selatan bahkan Amerika Utara. Tetapi kebanyakan tanaman hydrangea ini berasalkan dari negara Tiongkok dan Jepang.

Tanaman ini dapat berkembang di bawah sinar matahari ataupun di daerah yang teduh. Macam hortensi ini memiliki variasi bentuk, ukuran, warna bahkan waktu mekar bunga.

  1. Spirea

Tanaman Berduri Spirea
Spirea

Tanaman tangguh ini mempunyai daun yang halus dan berguguran. Bunga tanaman ini berwarna pink ataupun putih.

Tanaman ini mudah untuk tumbuh di daerah yang tanahnya lembab, subur dengan drainase yang bagus. Pertumbuhan tanaman ini dapat mencapai ketinggian 0,3 hingga 2,5 meter. Tanaman ini cocok untuk dijadikan sebagai tanaman pagar.

  1. Cemara kipas atau Arborvitae (Thuja)

Tanaman Berduri Cemara kipas
Cemara kipas

Tanaman ini biasanya dijuluki sebagai tanaman pagar hidup andalan. Apalagi memiliki bentuk yang telah tegak dan siap untuk menjaga privasi kamu. Tanaman cemara memiiki ketinggian hingga mencapai 3 sampai 4,5 meter sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tanaman pelindung rumah kamu.

  1. Kamboja Jepang atau Japanese Pittosporum

Tanaman Berduri Kamboja Jepang
Kamboja Jepang

Tanaman ini biasanya termasuk jenis tanaman semak yang telah ternama. Gundukan yang tebal dan padat serta tingginya yang mencapai 3,6 meter. Tanaman ini memproduksi bunga berwarna putih dengan aroma yang khas seperti buah jeruk.

  1. Oleander atau Bunga Mentega

Tanaman Berduri Bunga Mentega
Bunga Mentega

Tanaman satu ini dikenal sebagai tanaman bunga jepun yang dapat tahan terhadap berbagai kondisi seperti angin, panas, ataupun keadaan kering. Bunga yang telah mekar dengan warna seperti merah, merah muda, putih ataupun persik.

Sementara bagian daunnya terlihat kasar dan gelap. Ketinggian tanaman ini bisa mencapai 3,6 hingga 4,5 meter. Tanaman dikenal dengan keelokannya namun tanaman ini mempunyai sebutan sebagai tanaman beracun.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa tumbuhan berduri merupakan jenis tanaman dengan bagian duri di sekeliling tubuhnya sebagai wujud pertahanan diri dari berbagai ancaman dari luar. Umumnya tanaman berduri digunakan untuk menjaga rumah dan menghiasi perkarangan atau halaman karena mempunyai bentuk yang menarik dengan bagian bunga yang cantik.

Tanaman berduri sebagai pengamanan rumah juga menjadikan lingkungan rumah menjadi terlihat lebih indah sehingga tanaman berduri sebagai tanaman pagar yang terpelihara dapat dikatakan sebagai penghias natural. Kamu pun dapat menjaga privasi dan mendesain lingkungan yang lebih asri lagi.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada kalian tentang adanya macam-macam tanaman berduri dan bentuk gambarnya. Semoga memberikan wawasan serta sisi pengetahuan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *