Tanaman Binahong, Jenis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tumbuhan Binahong

Binahong mungkin sedikit asing ditelinga sebagain kalangan masyarakat. Namun tumbuhan ini juga sudah dikenal banyak orang karena memiliki banyak khasiat yang luar biasa. Tanaman yang memiliki daun berwarna hijau dengan bentuk lovenya yang unik membuat tanaman ini selain dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit juga bisa dipakai untuk jenis tanaman hias yang ada sekitar pekarangan rumah.

Tanaman Binahong

Tanaman binahong merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki nama latin yaitu anredera cardifolia. Selain itu binahong secara bahasa aslinya mempunyai nama yang disebut dheng san chi.

Tanaman yang berasal dari negeri Tiongkok ini merupakan tanaman obat yang bisa menyembuhkan banyak penyakit. Binahong juga memiliki sifat yang mujarab sebagai obat terlebih lagi hampir seluruh bagian dari tanaman mulai dari akar, struktur batang, hingga daunnya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis Binahong

Tanaman binahong yang sangat terkenal memiliki banyak khasiat ternyata memiliki beberapa jenis yang dibedakan menjadi beberapa macam yaitu;

  1. Tanaman binahong merah

Jenis binahong ini memiliki nama ilmiah yaitu bassela rubra linn. Binahong merah bisa ditaman dengan menyiapkan bibit yang berasal dari metode stek. Tanaman binahong merah bisa ditanam pada dataran rendah maupun dataran tinggi.

  1. Tanaman binahong hijau

Binahong hijau memiliki banyak kandungan diantaranya yaitu sumber zat besi, vitamin C, vitamin A, kalsium, protein yang tinggi, dan fosfor.

  1. Tanaman binahong ungu

Binahong ungu juga memiliki nama lain yaitu gondola. Jenis tanaman ini bisa membantu seseorang untuk mengobati sakit influenza.

Klasifikasi Binahong

Adapun untuk untuk klasifikasi ilmiah yang ada dalam tumbuhan binahong, antara lain sebagai berikut;

Kingdom Plantae
Sub kingdom Tracheobionta
Superdivisi Spermatophyta
Subkelas Hamamelidae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Caryophyllales
Famili Basellaceae
Genus Anredera
Spesies Anredera cordifolia (Ten.) Steenis

Ciri Morfologi Binahong

Binahong merupakan tumbuhan yang memiliki bagian-bagian pada tumbuhan atau sering disebut juga dengan istilah morfologi. Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi binahong adalah;

  1. Batang

Morfologi pertama dari tanaman binahong yang bisa kita pelajari yaitu bagian batangnya. Binahong memiliki definisi batang yang bersifat lunak dan bentuknya silindris serta saling membelit satu sama lain. Batang binahong berwarna merah dan permukaannya halus.

Terkadang tanaman binahong juga bisa berbentuk seperti umbi-umbian yang menempel di ketiak daun dengan bentuk yang tidak beraturan.

  1. Daun

Morfologi kedua dari tanaman binahong yang selanjutnya yaitu daunnya. Daun pada tanaman binahong memiliki sifat daun tunggal dan tangkainya berukuran pendek. Daun tersusun secara selang seling dan memiliki warna hijau. Bentuk daun yaitu seperti jantung dengan panjang sekitar 5 sampai 10 cm dan lebarnya 3 sampai 7 cm.

Permukaan daun sedikit licin dan ujungnya runcing. Selain itu daun juga mempunyai bentuk pangkal yang berlekuk dan daun cukup tipis.

  1. Bunga

Bunga merupakan salah satu bagian dari tanaman yang memiliki daya pikat tersendiri hal ini dikarenakan arti bunga pada umumnya memiliki bentuk yang unik, bagus, dan berwarna-warni. Bunga pada tanaman binahong termasuk bunga majemuk dimana susunannya terihat rapid an menyesuaikan tandan dengan tangkai yang panjang. Bunga binahong muncul di bagian ketiak daun.

Mahkota pada bunga binahong berwarna krem keputih-putihan. Jumlah kelopak bunga bisa mencapai sekitar 5 helai.  

Manfaat Binahong

Pada dasarnya Binahong memiliki manfaat yang begitu beragam dan mungkin tidak disangka-sangka bagi sebagian orang. Berikut dibawah ini adalah manfaat dari tanaman binahong diantaranya ialah:

  1. Menyembuhkan penyakit kencing manis

Manfaat pertama yang bisa diperoleh dari tanaman binahong adalah bagian daunnya. Sebetulnya bagian daun dari tanaman binahong merupakan bagian yang  paling sering digunakan untuk pengobatan dan bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

Daun binahong ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit kencing manis. Cara pengkonsumsiannya yaitu dengan cara merebus daun binahong dengan matang dan diminum setiap pagi serta sore hari secara rutin.

  1. Menyembuhkan penyakit sesak

Kandungan alkaloid, antioksidan dan saponin yang ada pada tanaman binahong berfungsi untuk membantu menyembuhkan penyakit sesak yang dialami tubuh. Penyakit sesak memang akan sangat berbahaya apabila seseorang tidak bisa mengontrol dirinya dengan baik. Terlebih jika seseorang mengalami sakit semacam ini maka akan sedikit mengganggu aktifitasnya.

Binahong bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah ini yaitu dnegan menggunakan 7 lembar daun binahong sebagai bahan utamanya kemudian daun dirbus. Air rebusan daun binahong bisa diminum dan sehari cukup satu kali saja. Lakukan ini secara rutin agar tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Kesehatan sangat mahal harganya merupakan suatu istilah yang benar. Oleh karena itu banyak sekali cara-cara yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan diantaranya yaitu dengan cara alamiah.

Bagi penderita yang mengalami tekanan darah tidak stabil maka binahong bisa dikonsumsi untuk menstabilkan tekanan darah yang ada pada tubuh. caranya yaitu sama persis dengan cara diatas merebus daun binahong hanya saja disini untuk membantu menstabilkan darah maka menggunakan daun binahong sebanyak 10 lembar.

  1. Mencegah terjadinya penyakit kanker

Zat antioksidan yang ada pada tanaman binahong bisa digunakan untuk penangkal radikal bebas yang akan masuk dalam tubuh. Kandungan ini juga bisa mendorong zat karisnogen yang ada pada tubuh untuk menghancurkna sel kanker.

Oleh karena itu dengan mengkonsumsi binahong maka seseorang bisa menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Selain itu tubuh juga akan lebih sehat.   

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Tumbuhan binahong selain memiliki zat antioksidan juga terdapat zat saponin didalamnya. Zat ini bisa berfungsi untuk penurun kadar kolestrol pada tubuh. Apabila kolestrol dalam tubuh rendah maka jantung akan lebih sehat dan terjaga dengan baik.

Cara Budidaya Binahong

Tanaman yang kaya akan manfaat ini sangat perlu dibudidayakan mengingat tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tanaman obat yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga dengan penanaman tumbuhan binahong akan memudahkan seseorang untuk terus menggunakan tanaman ini. Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah budidaya tanaman binahong yaitu :

  1. Persiapan lahan tanam daun binahong

Lahan tanam perlu dipersiapkan sebelum melakukan penanaman. Tahap pertama yang harus dilakukan ialah membuat lubang tanam dengan ukuran kira-kira 30 x 3 cm dengan kedalam sekitar 20 sampai 30 cm. Buat jarak antar lubang sekitar 40 cm.

Apabila lubang tanam sudah dibuat maka selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang atau kompos dan pupuk NPK dengan perbandingan 30: 1. Pupuk yang sudah dicampur kemudian dimasukan ke dalam lubang dan timbun dengan tanah.

  1. Persiapan bibit binahong

Bibit binahong bisa diperoleh melalui bagian biji dan stek batang. Apabila bibit menggunakan biji maka bisa dibeli dari toko pertanian atau mengambil biji dari tanaman binahong secara langsung.

Sedangkan untuk metode stek maka pastikan bahwa stek berasal dari induk yang sehat dan tidak terdapat penyakit. Hal ini dilakukan agar tanaman binahong bisa tumbuh dengan sehat. Apabila bibit sudah disiapkan maka bisa dipindah ke media semai seperti pot atau polybag.

  1. Menanam daun binahong

Penanaman diawali dengan menggali lubang yang sebelumnya sudah diberi pupuk tadi. Kemudian masukan bibit binahong yang berasal dari polybag ke lubang tanam yang sudah disiapkan lalu timbun kembali dengan tanah. Tanaman binahong perlu diberi ajir.

Pada dasarnya jenis tumbuhan ini adalah merambat maka diperlukan tempat untuk membuat tanaman merambatkan sulurnya. Ajir bisa berupa tali atau kayu yang sudah disusun.

  1. Perawatan tanaman daun binahong

Perawatan tanaman binahong bisa melalui beberapa cara yaitu dengan memberinya pupuk, melakukan penyiraman maupun penyulaman.  Penyiraman pada tanaman ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali atau pada saat media tanam terlihat sudah mengering.

Sedangkan penyulaman bisa dilakukan pada saat tanaman berusia 7 hari dan terdapat bibit yang mengalami hambatan saat proses pertumbuhan. Pemupukan sendiri bisa dilakukan dengan cara menyusul karena pemberian pupuk berfungsi untuk menjaga tanaman agar tetap subur.

  1. Panen daun binahong

Tanaman binahong bisa dipanen pada saat berusia sekitar 6 bulan dan daun pada tanaman sudah lebat. Panen biasanya akan diambil daun-daunnya karena jenis daun binahong bisa dimanfaatkan untuk obat kesehatan.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami berikan dan ulaskan pada semua pembaca berkenaan dengan deskripsi tanaman binahong, macam, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *