Jenis Tanaman Yang Bisa di Stek

Diposting pada

Tanaman Bisa di Stek

Setek merupakan cara memperkembangbiakan tanaman dengan memanfaatkan potongan bagian tanaman. Berbagai jenis macam stek misalnya dengan setek batang, setek daun, dan setek akar. Prinsip pada macam-macam setek yaitu mempunyai cara yang sama dalam prosesnya yakni memotong pada bagian arti tumbuhan tertentu untuk selanjutnya dikembangbiakkan menjadi individu baru.

Jenis tanaman yang dapat distek dengan menggunakan bagian batang yakni tebu, singkong, dan mawar. Sementara tanaman yang bisa distek dengan menggunakan bagian akar contohnya tanaman kentang. Sedangkan tanaman yang bisa distek dengan menggunakan bagian daun contohnya tanaman cocor bebek.

Tanaman Setek

Setek merupakan teknik memperkembangbiakan tanaman yang tergolong ke dalam golongan vegetatif yang dilaksanakan oleh manusia. Tanaman yang dapat distek dapat diperbanyak tanpa adanya proses perkawinan yang dilaksanakan oleh tanaman itu sendiri. Terdapat cara untuk memperkembangbiakan dengan setek pada tanaman yakni setek dalam arti batang ataupun setek daun.

Berdasarkan namanya, kedua jenis pada setek ini dilaksanakan dengan menggunakan bagian-bagian tanaman berupa bagian batang dan daun. Untuk melakukan teknik setek batang hanya dengan mematahkan bagian batang yang diambil dari tanaman yang masih aktif dan sehat. Setek batang merupakan cara yang dilaksanakan untuk memperkembangbiakan tanaman sebab cara tersebut sederhana.

Setek batang dibedakan ke dalam dua kelompok yakni setek batang tanaman berkayu setengah keras dan setek batang tanaman berkayu lunak. Misalnya tanaman yang dapat diperbanyak dengan cara setek batang misalnya tanaman singkong, mangga, kamboja, jambu, dan batang ubi.

Untuk setek daun yang dilaksanakan dengan cara mengambil bagian daun yang berasal dari tanaman tertentu. Tetapi bukan hanya pada helaian daun saja yang digunakan namun pada bagian tangkai juga yang berasal dari bagian daun yang hendak disetek. Tangkai daun tersebut yang akan tumbuh berkembang menjadi akar baru. Misal tanaman yang dapat diperbanyak dari setek daun yaitu begonia, cocor bebek, ataupun tanaman sri rejeki.

Tanaman Yang Bisa Di Setek

Berikut tanaman yang bisa di stek antara lain:

  1. Tanaman Singkong

Tumbuhan Setek Singkong
Singkong

Tanaman pertama yang termasuk ke dalam tanaman yang dapat di setek yaitu tanaman singkong. Singkong adalah jenis tanaman yang mempunyai segudang manfaat. Bagian umbi dan daun singkong dapat dikonsumsi. Keadaan iklim yang berada di Indonesia yang tropis menunjang perkembangan tanaman singkong. Perawatan tanaman singkong juga dapat dikatakan mudah.

Tanaman ini dapat ditanam di pekarangan ataupun ladang maka tak heran apabila banyak tanamna singkong yang diperkemabangbiakan salah satu metodenya dengan menggunakan teknik setek.

Cara pertama yakni memotong bagian batang di area tengah induk tanaman singkong berkisar 20 cm dengan sedikit miring kemudian memilih indukan yang besar, sehat dan telah berusia tua berkisar 10 hingga 12 bulan. Selanjutnya dilakukan proses penanaman di dalam tanah dengan kedalaman berkisar 5 hingga 10 cm. Pada bagian mata tunas ditanam dengan benar dan biasanya tidak terbalik.

Selanjutnya ditumbun lubang yang telah digali dengan tanah kemudian dipadatkan. Untuk pemeliharaan atau perawatan, hanya dengan menyiram secara teratur yakni setiap pagi dan sore hari.

  1. Tebu

Tanaman Setek Tebu
Tebu

Tebu adalah salah satu jenis tanaman yang dapat disetek. Serupa dengan tanaman singkong, teknik setek di tanaman tebu juga menggunakan bagian batang tanaman. Untuk melakukan teknik setek tanaman tebu, kamu harus memotong bagian batang tebu yang berkisar 15 cm. Pada bagian batang yang dipotong lebih baik dipotong dari permukaan tanah area tebu tumbuh.

Selanjutnya, memotong ruas buku tebu sekitar 4 hingga 5 buah yang telah keluar mata tunasnya. Kemudian dibuat lubang tanam, lalu diberikan pupuk kandang dan memasukkan ruas tebu kemudian di dalamnya memposisikan bagian batang tanaman tebu supaya tunasnya dapat mengarah ke arah samping. Hal ini berguna agar dapat mempercepat pertumbuhan tunas dan akar.

  1. Mawar

Tanaman Setek Mawar
Mawar

Mawar adalah salah satu jenis tanaman hias yang dapat disetek dengan metode setek batang. Bagian batang yang akan disetek harus berusia telah tua. Batang mawar yang telah tua biasanya mempunyai duri dan berwarna hitam.

Kamu hanya perlu mengambil potongan batang mawar yang telah tua tersebut berkisar satu jengkal. Selanjutnya menanamkannya pada media tanam berupa polybag ataupun pot kecil yang telah diisi campuran gabah dan pupuk kandang.

Supaya pertumbuhannya dapat optimal, maka lebih baik media tanam diisi dengan satu mawar. Untuk perawatannya dengan menyiram mawar yang telah distek minimal sebanyak satu kali dalam sehari. Berkisar 1 hingga 2 minggu sesudahnya bunga mawar akan mulai tumbuh.

  1. Lavender

Tanaman Setek Lavender
Lavender

Tanaman keempat yang tergolong ke dalam jenis tanaman yang dapat distek yaitu lavender. Tanaman satu ini terkenal sebab mempunyai beraroma wangi yang khas dan berguna sebagai pengusir nyamuk alami. Untuk memperkembangbiakan tanaman lavender, teknik stek yang digunakan yaitu jenis stek batang.

Cara pertama yaitu mempersiapakan media tanam berupa polybag yang sudah diisi campuran tanah lembab dan kompos. Kemudian disikan dengan bahan tanam berupa tanah dan kompos hingga berkisar kira- kira tingginya 10 cm selanjutnya tanah dibasahi. Kemudian bagian batang lavender dipotong dari pucuknya berkisar 10 hingga 15 cm. Selanjutnya membuang bagian daun dan bunga pada sebagian bawah batang tadi kemudian ditanam di polybag.

Lavender ditempatkan di daerah yang terkena sinar matahari tetapi tetap terlindungi dari hujan. Untuk pemeliharannya dengan menyiram sebanyak dua hari sekali dengan kebutuhan air yang sedikit berkisar tiga sendok makan saja. Sesudah bagian akar tumbuh, tanaman lavender dipindahkan ke dalam pot dan diletakkan di dalam rumah.

  1. Cocor bebek

Tanaman Setek Cocor bebek
Cocor Bebek

Tanaman kelima yang termasuk ke dalam tanaman yang dapat disetek yaitu cocor bebek. Cocor bebek mempunyai segudang manfaat khususnya untuk kesehatan tubuh salah satunya menyembuhkan sakit kepala, menurunkan flu dan demam serta sebagai obat luka.

Untuk memperkembangbiakan tanaman cocok bebek dengan teknik stek yang dimanfaatkan yaitu stek daun. Caranya sangatlah mudah dengan memotong bagian daun tanaman selanjutnya disimpan di permukaan atas tanah. Beberapa hari setelahnya, tunas baru hendak tumbuh. Selanjutnya tunas akan jatuh ke permukaan tanah dan tumbuh membentuk tanaman cocor bebek yang baru.

  1. Stroberi

Tanaman Setek stroberi
Stroberi

Tanaman stroberi memiliki warna merah dengan bercita rasa manis asam dan tergolong ke dalam tanaman yang dapat disetek. Stroberi dapat dikonsumsi secara langsung dan dapat dijadikan sebagai berbagai olahan masakan. Oleh sebab itu, tanaman stroberi banyak diperbanyak menggunakan teknik stek. Teknik stek untuk memperkembangbiakan stroberi yaitu teknik stek akar.

Cara pertama yaitu mempersiapkan media tanam yang telah diisi campuran kompos, sekam, dan tanah. Selanjutnya diambil sulur yang telah tampak calon akarnya. Sesudah itu, menempelkan bagian sulur ke permukaan media tanam dan membiarkan saja sulur agar dapat tumbuh berkembang dengan sendirinya. Jika sulur yang sudah dapat tumbuh berkembang sendiri, kemudian dipotong sulur dan memindahkan ke dalam pot baru.

  1. Tanaman Mangga

Tanaman Setek Mangga
Mangga

Buah mangga yang biasanya diperkembangbiakan dengan biji namun memiliki kelemahan yaitu membutuhkan waktu cukup lama sampai buah dapat dipetik. Teknik lain memperoleh benih buah mangga agar bisa berbuah dengan cepat yaitu melakukan dengan teknik setek ataupun cangkok pada tanaman mangga yang sudah berbuah atau dewasa.

  1. Kumis Kucing

Tanaman Setek Kumis Kucing
Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing mempunyai bunga dengan warna putih yang cantik. Untuk mempunyai bibit tanaman ini tidaklah sulit. Tanaman kumis kucing dapat diperbanyak dengan teknik stek batang seperti bunga melati ataupun bunga mawar. Selain itu, pemeliharaan tanaman ini juga cukup mudah.

  1. Tanaman melati

Tanaman Setek Bunga melati
Bunga melati

Benih bunga melati dapat diperbanyak dengan menggunakan teknik setek batang. Setek batang di bunga melati terbilang mudah. Dengan memilih bagian dahan bunga melati yang telah dewasa, kemudian memotongnya secara miring dan direndam pada ujung dahan yang telah dipotong di dalam air selama semalaman sebelum ditanamkan ke dalam tanah yang humus.

  1. Tanaman Rosemary

Tanaman Setek Rosemary
Tanaman Setek Rosemary

Tanaman yang dapat disetek berikutnya yaitu tanaman rosemary. Terkadang rosemary dikenal juga dengan tanaman rosmarin. Tanaman rempah- rempah ini biasanya dijadikan sebagai bumbu masakan dapur ataupun sebagai hiasan di dalam masakan.

Rosemary bercirikan yaitu wangi harum dengan rasa yang lezat. Terdapat dua cara memperbanyak rosemary yaitu dengan biji dan setek batang. Namun, tentu rosemary akan lebih mudah untuk dapat tumbuh berkembang dengan teknik setek dibandingkan dengan bagian bijinya.

  1. Thyme

Tanaman Setek Thyme
Thyme

Tanaman berikutnya yaitu thyme. Tanaman thyme biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan namun dapat digunakan menjadi teh ataupun obat luka. Biasanya dapat diperbanyak dengan menggunakan teknik setek batang. Tidak susah untuk menanam thyme sebab tanaman ini bisa tumbuh di semua media mulai dari media semi kering sampai drainase dengan baik.

Kemudian thyme dapat tumbuh di suhu udara yang hangat sehingga cocok untuk ditanam thyme di negara Indonesia. Kamu bisa menyimpan thyme di pot kecil yang berdekatan dengan jendela supaya thyme agar memperoleh cahaya matahari selama delapan jam tiap harinya.

  1. Bunga Aster

Tanaman Setek Bunga Aster
Bunga Aster

Bunga aster merupakan bunga yang berasal dari negara Tiongkok. Bunga ini mempunyai penampakan yang cantik dan biasa digunakan sebagai hiasan di daerah taman ataupun halaman yang berada di depan rumah. Bunga aster tidak terlalu memiliki bau namun bentuk dan warnanya sangat indah sehingga banyak yang menyukainya dan mengoleksi tanaman ini.

  1. Bunga terompet

Bunga terompet
Bunga terompet

Bunga terompet adalah tanaman yang dapat di setek. Bunga terompet mempunyai bentuk panjang dengan kelopak bunga yang membuka lebar.

Kemudian bunga terompet menghadap ke bawah seakan ingin jatuh. Bunga ini berwarna beragam sehingga akan menjadikan orang suka pada tanaman ini. Apabila kamu ingin menanam dan memperbanyak di pekarangan atau halaman depan rumah kamu dengan menggunakan teknik setek.

  1. Tanaman Wijaya Kusuma

Tanaman Setek Wijayakusuma
Wijayakusuma

Tanaman wijayakusuma merupakan tanaman bunga yang mekar ketika malam hari dan berasal dari wilayah tropis Amerika ini bisa tumbuh di wilayah beriklim sedang sampai tropis sehingga kamu bisa menemukan tanaman ini dimana- mana di negara Indonesia. Tanaman bung a ini mempunyai sejuta mitos yang mudah sekali untuk diperbanyak.

  1. Tanaman Kunyit

Tanaman Setek Kunyit
Kunyit

Tanaman yang dapat disetek yaitu kunyit. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai bumbu masak yang biasanya di dalam kuliner nusantara. Tanaman kunyit akan memberikan warna kuning pada masakan supaya cantik dengan rasa yang sedap. Kunyit bisa tumbuh berkembang dengan baik pada media tanah yang sedikit lembab dan cenderung kering.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa teknik setek atau biasa dikenal dengan stek merupakan cara perkembangbiakan tanaman yang dilakukan secara vegetatif memanfaatkan bagian potongan tubuh tanaman sendiri meliputi bagian batang, daun dan akar. Cara ini memungkinkan tanaman agar dapat tumbuh tunas baru tanpa melewati proses generatif atau perkawinan. Dapat dikatakan bahwa tidak membutuhkan proses penanaman dari benih ataupun biji.

Pada prinsip dasar tiap bagian tubuh tanaman mempunyai sifat totipotensi yang berarti tiap sel bisa memperkembangbiakan diri kemudian tumbuh berkembang membentuk tanaman sepenuhnya sesuai dengan sifat genetik.

Meskipun teknik stek dilakukan pada bagian daun, nanti bagian tersebut akan membentuk bagian akar dan batang secara alami. Hal sama berlangsung pada proses teknik stek batang dan akar. Teknik stek dibandingkan dengan cara perbanyakan vegetatif lain, stek adalah teknik yang paling mudah.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami ulaskan pada semua pembaca berkaitan dengan macam-macam tanaman yang bisa di stek sebagai bagian perkembangbiakan tumbuhan dengan cara vegetatif. Semoga memberikan wawasan serta edukasi bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *