Pengertian Tanaman Bonsai, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Bonsai, Adalah

Tanaman hias di Indonesia terus mengalami perkembangan seiring dengan kegemaran masyarakat dalam memelihara dan membudidayakannya. Alasannya karena berbagai bentuk tanaman hias dinilai memiliki keindahan dan estetika tersendiri yang membuat lingkungan menjadi lebih hijau dan sejuk.

Seiring dengan bertambahanya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan yang sehat dan hijau, pilihan tanaman yang dapat digunakan sebagai lahan pertanian hijau maupun dekorasi ruangan terus bertambah. Salah satu tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah tanaman bonsai.

Bonsai

Kata bonsai berasal dari bahasa jepang dengan asal kata bon dan sai. Bon memiliki arti wadah, mangkok tipis atau piring dan sai memiliki arti tumbuhan yang ditanam. Bonsai juga dapat diartikan sebagai pohon yang ditanam dalam wadah yang dangkal.

Pengertian Bonsai

Bonsai adalah bagian tanaman atau pohon yang sengaja dikerdilkan di dalam pot dangkal sehingga menampilkan bentuk fisik yang minimalis dan kerdil, dimana untuk tujuan dari pembuatan bonsai awalnya yaitu adanya keinginan untuk membuat versi miniatur dari pohon yang besar dan sudah tua di alam bebas.

Namun belakangan ini, telah banyak inovasi yang dilakukan sehingga tidak hanya terfokus kepada pohon saja melainkan  jenis tanaman lainnya juga.

Penampakan kerdil yang tercermin pada bonsai diakibatkan adanya pemotongan akar dan ranting serta pembentukan pohon menggunakan kawat sehingga tampilan kerdilnya lebih terlihat sekaligus dengan cara perawatannya yang khusus.

Pengertian Bonsai Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman bonsai menurut para ahli, antara lain;

  1. Teguh (2016), Bonsai adalah bagian daripada karya seni dari tanaman dimana untuk proses pembentukannya menjadi representasi dari keindahan panorama alam
  2. Tedy Boy (2018), Pengertian bonsai adalah tumbuhan yang senantisa dilakukan penanaman dalam pot. Meskipun secara eksplisit idak semua tanaman dalam pot disebut bonsai, tetapi asalkan terdapat kaidah estetika seni yang membuat tanaman itu disebut bonsai.

Jenis Tanaman Bonsai

Berikut beberapa jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai inovasi menarik untuk dijadikan tanaman bonsai:

  1. Tanaman Tahunan

Tanaman tahunan atau yang dikenal dengan pohon tahunan dapat dibentuk menjadi tanaman bonsai dengan perawatan dan perlakuan khusus. Terdapat beberapa pohon yang telah banyak dijadikan tanaman bonsai dan mempunyai tampilan yang menarik.

Pohon yang dijadikan tanaman bonsai akan menampakan kesan miniatur dari pohon aslinya yang berukuran besar dan kokoh. Inovasi ini sukses menarik perhatian masyarakat terutama kolektor tanaman dan seniman. Tak heran jika bonsai yang berasal dari jenis pohon mempunyai nilai jual yang tinggi karena banyak diminati.

  1. Tanaman Buah

Jenis bonsai lainnya dapat berasal dari kalangan tanaman buah. Jenis tanaman buah selain dijadikan sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot dapat juga dibuat menjadi tanaman bonsai. Tanaman bonsai yang fokus dengan tampilan miniaturnya dapat dikombinasikan dengan tambahan buah yang lebat dan menggiurkan.

Pilihan buah yang tepat dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi kolektor tanaman bonsai. Selain itu jenis tanaman bonsai buah juga tidak membutuhkan banyak ruang untuk tumbuh sehingga memudahkan manusia dalam bertanam buah di ruang yang terbatas.

  1. Tanaman Hias

Jenis tanaman bonsai selanjutnya datang dari kelompok tanaman hias. Tanaman hias telah banyak dijadikan sebagai tanaman bonsai baik dari kelompok tanaman hias berbunga maupun tanaman hias tidak berbunga. Manfaat tanaman hias yang mempunyai nilai estetika dan memberikan kesan alami sangat cocok dibentuk menjadi bonsai. Inovasi ini memberikan tambahan dari segi nilai seni yang unik dan menarik.

Manfaat Tanaman Bonsai

Tanaman bonsai mempunyai beberapa kegunaan di dalam kehidupan manusia, diantaranya;

  1. Penghias Ruangan

Tanaman bonsai memiliki keunikan dan keindahan yang memikat hati dapat digunakan untuk menghias ruangan dengan cara meletakannya didalam ruang kerja maupun pelengkap dekorasi di rumah. Tanaman bonsai yang mempunyai beragam jenis dan variasi yang menarik juga dapat menghidupkan suasana ruangan.

  1. Terapi Ketenangan Hati

Selain sebagai penghias ruangan atau taman, tanaman bonsai juga dapat digunakan untuk terapi ketenangan hati. Hal tersebut dikarenakan dalam merawat tanaman ini dapat melatih sifat, perilaku dan jiwa sang pemilik agar menjadi pribadi yang penyabar.

Tanaman bonsai dalam segi pembuatan dan perawatannya menbutuhkan waktu yang lama bahkan hingga bertahun-tahun untuk terbentuk tanaman bonsai yang indah seperti yang diinginkan. Hati dan jiwa yang sabar untuk senantiasa merawatnya secara tidak langsung akan menciptakan dampak yang posistif terhadap ketenangan jiwa pemilik tanaman tersebut.

  1. Menciptakan Lingkungan yang Sejuk

Pada umumnya tumbuhan yang ditanam akan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan terutama dalam hal menciptakan udara yang menyejukan.

Tak terkecuali dengan tanaman bonsai yang ditanam dan diletakan sebagai pengisi taman maupun sebagai pelengkap dekorasi ruangan akan menciptakan lingkungan yang sejuk dan menyegarkan sehingga tanaman ini memiliki manfaat dalam menyegarkan lingkungan sekitarnya.

Contoh Tanaman Bonsai

Berikut beberapa contoh tanaman bonsai yang mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri:

  1. Beringin

Tanaman beringin mempunyai ukuran asli yang besar dan kokoh. Tanaman dari genus Ficus ini memiliki ciri khas berdaun kecil namun rimbun dengan bentuk batang yang unik seperti karya seni ketika dijadikan tanaman bonsai. Bonsai beringin pada penampilannya lebih terlihat seperti karya seni dengan kultur Indonesia yang melekat padanya.

Bonsai beringin memiliki kesan tersendiri bagi masyarakat Indonesia mengingat beringin merupakan salah satu lambing yang digunakan pada Pancasila sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang membudidayakan bonsai beringin.

  1. Pinus

Bonsai pinus akan cocok ketika dijadikan pengisi taman karena mempunyai bentuk yang unik dan menarik. Pinus merupakan nama genus yang artinya terdapat beberapa jenis spesies pinus yang dapat menjadi pilihan untuk menghias lingkungan sekitar rumah.

Bonsai pinus yang biasa ditemui berasal dari spesies Pinus thunbergii yang memiliki tampilan unik dengan daun menyerupai hasil lukisan.

  1. Bonsai Cemara

Tanaman cemara dapat membuat ruangan rumah menjadi lebih berkarakter dan unik dengan tampilan pohon yang kokoh menjulang namun sejatinya tetap dalam ukuran yang minimalis dalam sentuhan alam yang menyejukan jiwa. Bahkan dari berbagai bentuk cemara juga biasanya untuk acara sakral dalam keagamaan, seperti halnya ketika natalan.

  1. Santingi

Bonsai santingi yang memiliki bentuk unik cocok diletakan sebagai hiasan didekat jendela ruang tamu maupun untuk mengisi taman dekat rumah. Bonsai santigi mempunyai bentuk batang dan tangkai yang bercabang menambah kesan klasik dan eksotik dalam latar belakang ruangan yang memiliki dominasi warna gelap.

  1. Maple

Bonsai maple berasal dari negara Jepang yang mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pohon maple trekenal karena warna daunnya yang cantik dan berwarna-warni.

Beberapa warna daun maple seperti biru, merah muda dan ungu dapat memberikan kesan pada lingkungan supaya lebih hidup dan berwarna. Bonsai maple cocok diletakan dalam ruangan berlatar belakang warna putih agar penampilannya semakin memikat dan mencolok. Selain itu bonsai maple juga sangat indah ketika diletakan di taman.

  1. Delima

Buah delima yang mempunyai warna cerah dan menarik dapat ditanam tanpa memerlukan lahan untuk menanamnya.

Buah dengan banyak biji didalamnya dan rasa daging buah yang manis ini bahkan dapat diletakan di teras maupun di taman dekat rumah dalam bentuk bonsai delima. Bonsai tanaman delima yang dirawat dengan baik akan menujukan penampakan dengan buah yang lebat dan hampir menutupi bagian pohonnya.

  1. Anggur

Anggur adalah salah satu tanaman merambat yang cukup cantik jika dijadikan tanaman bonsai. Meskipun dikerdilkan bonsai anggur tetap dapat berbuah. Buah pada bonsai anggur membuat lingkungan rumah tampak asri dan memudahkan dalam menikmati segarnya buah anggur yang dipetik dari taman di halaman rumah.

  1. Azalea

Azalea berasal dari spesies Rhododendron indicum dari wilayah jepang. Bonsai azalea mempunyai warna bunga yang cantik dengan warna yang cerah dan menawan. Bonsai azalea memiliki bunga merah muda yang dapat mempercantik dekorasi rumah dan memberikan kesan ceria.

  1. Bougenville

Tanaman bougenville atau bunga kertas merupakan jenis tanaman hias yang terkenal di Indonesia. Bougenville mudah ditemukan di Indonesia karena mudah ditumbuhkan dan cocok dengan iklim di Indonesia. Inovasi baru dari tanaman hias ini cukup menarik perhatian karena tanaman ini memiliki warna bunga yang beragam menimbulkan kesan atraktif ketika dijadikan bonsai bougenville.

  1. Adenium

Bonsai adenium mempunyai warna bunga ungu dengan corak putih di bagian tengahnya yang dapat digunakan untuk menghiasi rumah. Adenium berasal dari dataran afrika dan arab yang telah banyak di kembangkan di Indonesia.

Adenium dengan tampilannya yang cerah dapat memikat hati dan menimbulkan kesan hidup bagi lingkungan sekitarnya.

Kegemaran masyarakat dalam memelihara tanaman bonsai membuat tanaman ini terus mengalami perkembangan sehingga tercipta inovasi baru yang menambah pilihan jenis dari tanaman ini. Terdapat beragam jenis tanaman yang dapat dikerdilkan atau dijadikan bonsai.

Itulah tadi pembahasan yang dapat diberikan terkait dengan pengertian tanaman bonsai menurut para ahli, macam, manfaat, dan contohnya di dalam bidang pertanian. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.