Tanaman Bougenville, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Tanaman Bougenville

Tanaman bougenville pada dasarnya berasal dari wilayah Amerika Selatan yang umumnya arti tumbuhan ini ditemukan pada kawasan perumahan atau taman-taman. Adapun disisi lain, bougenville dikenal juga dengan nama lokal bunga kertas di Indonesia. Sebab bentuk bunganya sangat tipis seperti kertas.

Bunga bougenville ini juga memiliki ciri khusus yaitu pada beberapa waktunya memiliki kebiasaan merontokkan daunnya. Pohon ini adalah pohon kecil yang susah tumbuh dengan tegak. Perawatan dan pemeliharaan tanaman ini tidaklah sulit. Bahkan perbanyakannya dapat dilakukan dengan stek, cangkok,  okulasi, atau menggunakan biji.

Tanaman Bougenville

Tumbuhan bugenville yang juga dikenal dengan bungga kertas memanglah menjadi salah satu jenis tanaman hias yang amat sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran struktur pohon kecil dan keindahannya kadangkala banyak masyarakat melakukan proses penyambungan agar berwarna-warni.

Klasifikasi Tanaman Bougenville

Untuk klasifikasi tumbuhan bugenville ini, antara lain sebagai berikut;

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Viridiplantae
Infra Kingdom Streptophyta
Super Divisi Embryophyta
Kelas Magnoliopsida
Sub Divisi Spermatophyta
Super Ordo Caryophyllanae
Ordo Caryophyllales
Familia Nyctaginaceae
Genus Bougainvillea Comm
Spesies Bougainvillea glabra Choisy

Ciri Morfologi Tanaman Bougenville

Sedangkan ciri morfologi tumbuhan ini, antara lain;

  1. Akar

Arti akar yang ada dalam bunga kertas berjenis akar tunggang, akar ini tumbuh secara vertikal. Namun pada bagian akarnya juga ditemukan cabang yang tumbuh melebar hingga kedalaman mencapai 80 cm.

  1. Batang

Bunga kertas merupakan tanaman perdu tegak yang tingginya dapat mencapai 2 sampai dengan 4 meter. Jenis batang tanaman ini adalah kayu yang berbentuk bulat serta dikelilingi duri-duri kecil yang jarang. Batang tanaman bunga kertas memiliki percabangan monopodial dengan warna batang yaitu cokelat.

  1. Daun

Bentuk dari daun tanaman bunga kertas bentuknya melebar dan juga bulat hingga memanjang. Bentuk tepi daunnya merata, pertulangan daun menyirip atau bisa juga bertulang tiga hingga lima. Terdapat daun pelindung yang duduk berbentuk bulat oval ddengan panjang sekitar 1,5 sampai dengan 4 cm.

  1. Bunga

Bunga kertas adalah kelompok bunga yang tidak lengkap, sebab bagiannya hanya terdiri dari tenda bunga, mahkota, tangkai, kepala putik, tangkai putik, benang sari, dan juga tangkai benang sari. Bunga kertas tumbuh pada bagian ketiak daun, susunan bunganya adalah majemuk dan berbentuk seperti payung.

Arti bunga tanaman ini tersusun pada anakan payung bertangkai yang bisa berjumlah 1 hingga sampai 7 anak payung. Masing-masingnya terdiri dari 3 bunga. Bentuk tenda bunga bentuknnya menyerupai segi lima, memiliki rambut, dan berwarna hijau. Panjang tenda bunga kira-kira yaitu 1,5 sampai dengan 2,4 cm.

Dalam satu bunga sudah terdapat putik dan benang sari yang lengkap dengan tangkainya. Tangkai putik berukuran lebih pendek daripada tangkai benang sari. Bagian bunga menjadi bakal buah dari tanaman bougenville. Buahnya yaitu buah buni, ketika sudah matang warnanya hitam dan mengkilap. Ukuran buah sangat kecil, yaitu 1 cm dan di dalamnya terdapat 1 atau 2 biji yang tidak berlekuk.

Jenis Tanaman Bougenville

Saat ini ditemukan banyak variasi pada bunga kertas. Sebab tanaman pagar ini mudah diperbanyak dan juga dapat dikawin silang untuk memperoleh variasi baru. Beberapa jenis dari tanaman bougenville atau bunga kertas yaitu sebagai berikut:

  1. Bunga Kertas California Gold
  2. Bunga Kertas Gold Rush
  3. Bunga Kertas After Glow
  4. Bunga Kertas Bambino Baby Allison
  5. Bunga Kertas Bambino Baby Victoria
  6. Bunga Kertas Bambino Baby Lauren
  7. Bunga Kertas Cherry Blossom
  8. Bunga Kertas Coconut Ice
  9. Bunga Kertas Alexandra
  10. Bunga Kertas Barbara Karst
  11. Bunga Kertas Bambino Ningili
  12. Bunga Kertas Bambino Pedro
  13. Bunga Kertas Bambino Majik

Manfaat Tanaman Bougenville

Tanaman bougenville memiliki kandungan diantaranya pada bagian bunga ada rasa pahit, kelat dan juga hangat. Beberapa senyawa kimia yang ada di dalamnya yaitu betanidin, polifenol, saponin, isobetanidin, d-o-rhamnosysophoroside, dan 6-o-P-saphoroside.

Sebagai bahan alami, penggunaan salah satu jenis tanaman pagar ini juga sebagai bahan obat-obatan tentu diperlukan riset labih lanjut. Sebab diwaktu yang sama saat senyawa yang terkandung pada tanaman berguna, namun juga bisa berbahaya bagi bagian tubuh lainnya. Begitu pula dengan tanaman bougenville yang dapat memberikan efek samping berupa :

  1. Membahayakan fungsi ginjal dan hati
  2. Menurunkan hemoglobin
  3. Mengganggu kesuburan

Namun, berdasarkan kandungan senyawa yang ada pada bunga kertas ini, lebih banyak manfaat yang diberikan untuk kesehatan. Beberapa kandungan senyawa pada bagian bunga, daun, dan batangnya memiliki efek farmakologis yang berperan dalam tubuh yaitu sebagai berikut :

  1. Mengobati Resistensi Insulin

Gangguan ini akan mengakibatkan penyakit diabetes apda tubuh. Tubuh kita tidak mampu membuat cadangan insulin, akibatnya kadar gula darah akan menumpuk. Jika sudah berlebihan akan menyebabkan diabetes.

Kandungan yang ada pada bunga yaitu senyawa pinitol dapat mengatasi masalah resistensi insulin. Caranya yairu dengan mengonsumsi bunga bougenville yang sudah dikeringkan, dan diminum menjadi teh secara rutin.

  1. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Terdapat dua jenis kolesterol pada tubuh, yaitu HDL dan LDL. Jumlah keduanya sangat diperngaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi. Apabila terlalu banyak kolesterol jahat yang masuk, maka dampaknya tubuh akan terkena penyakit kolesterol. Penyakit ini akan menyebabkan risiko darah tinggi, diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Bunga kertas diketahui dapat menjaga keseimbangan kolesterol. Bunga dijadikan teh  dan sejak dulu sudah dikonsumsi oleh warga Meksiko. Ekstrak daunnya inilah yang berfungsi menjaga keeimbangan kolesterol dan keseimbangan tekanan darah.

  1. Mengobati Batuk

Batuk merupakan reaksi khusus pada saluran pernapasan. Batuk bisa disertai atau diakibatkan dari kelelahan dan juga gejala flu. Tanaman bougenville dapat dijadikan obat untuk batuk dengan memanfaatkan bagian kulit batangnya.

Pertama-tama pilih kulit batang dari pohon yang sudah kering. Lalu kulit batang dihaluskan hingga menjadi bubuk dan dicampurkan dengan segelas air matang. Penggunaannya yaitu dengan cara campuran tersebut dipakai untuk berkumur-kumur selama batuk masih menyerang.

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bukan hanya sekedar sakit perut saja, namun banyak yang lainnya seperti asam lambung, diare, dan perut kembung. Ketiganya dapat diatasi dengan rebusan daun bougenville. Didalam daun terdapat senyawa anti inflamasi yang berperan memberikan efek menenangkan pada usus.

Cara mengobati masalah pencernaan menggunakana daun bougenville yaitu dengan memilih beberapa helai daun bougenville. Kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengah gelas. Lalu ramuan tersebut dapat diminum dengan campuran madu untuk mengatasi gangguan perncernaan.

  1. Membunuh Bakteri

Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh dengan berbagai macam cara. Misalnya makanan atau air yang tekontaminasi akan menjadi sumber penyakit bagi tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, ekstrak daun bougenville dapat digunakan untuk menghentikan pertumbuhan banyak jenis bakteri.

  1. Sumber Antioksidan Alami

Bunga kertas dapat diubah menjadi ekstrak dan mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi. Hal tersebut sudah diuji dan hasilnya dapat membunuh semua jenis perusak selatau radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Tentu dengan meminumnya sangat bermanfaat bagi organ khususnya pencernaan dan juga organ-organ lain pada tubuh.

  1. Mengatur Tekanan Darah

Di wilayah Meksiko ekstrak bunga kertas biasa digunakan menjadi bahan minuman alami yang berguna mengatasi tekanan darah tinggi serta mengatur tekanan darah rendah. Senyawa yang dihasilkan oleh ekstrak bunga dapat menghambat penumpukkan plak yang ada pada pembuluh darah. Dengan demikian tekanan darah menjadi stabil jika konsumsi ekstrak bunga kertas dilakukan secara rutin.

  1. Pengganti Antibiotik

Antibiotik seringkali digunakan sebagai obat untuk mengatasi penyebaran bakteri dan penyakit yang menyerang tubuh. Pada sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa ekstrak bunga kertas menghasilkan metanol khusus yang berguna sebagai anibiotik alami.

  1. Membersihkan Kualitas Udara

Selain berperan bagi tubuh, tanaman bougenville juga berperan dalam lingkungan sebagai perbaikan kualitas udara  dan air.

Tanaman ini mampu menekan polusi yang disebabkan oleh berbagai hal, misalnya udara yang kotor, perubahan iklim, efek timbal, dan asap bahan bakar kendaraan. Oleh karena itu bougenville banyak ditanam pada jalan-jalan perumahan, bukan hanya sebagai hiasan namun juga berguna membersihkan kualitas udara.

  1. Mencegah Peradangan Lambung

Peradangan yang terjadi pada lambung dapat mengakibatkan beberapa gangguan, salah satunya yaitu tahap peradangan yang lebih parah. Untuk mencegah peradangan lebih parah daun bougenville dapat digunakan menjadi obat peradangan.

Senyawa yang ada pada tanaman juga mampu memberikan efek perlindungan dan menenangkan pada organ usus. Sehingga kesehatan pada organ lambung dan usus akan selalu terjaga.

Itulah tadi artikel yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan tanaman bougenville, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, macam, dan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *