Tanaman Damar, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Pohon Damar

Pohon damar atau dikenal juga dengan nama agathis dammara (lamb) rich merupakan jenis tumbuhan runjung dan flora asli yang berasal dari negara Indonesia. Pohon damar tersebar luas di pulau-pulau Indonesia seperti di Sulawesi, Maluku, dan Jawa.

Tanaman yang sering dibudidayakan dan diambil getahnya ini memiliki banyak manfaat baik untuk usaha home industri maupun untuk kebutuhan sehari-hari. Salah satu hasil olahan getah damar yaitu sebagai bahan baku pembuatan warna dinding, penambal gigi dan lain sebagainya.

Tanaman Damar

Pohon damar biasanya tumbuh dilingkungan hutan hujan dengan dataran yang rendah. Ketinggian yang cocok untuk jenis tanaman ini bisa berada di sekitar 1.200 mdpl. Daerah Jawa biasanya jenis pohon damar biasa hidup di hutan pegunungan.

Tanaman damar bisa tumbuh dengan ketinggian yang mencapai 65 meter dengan batang yang memiliki diameter 1,5 meter. Bagian dari pohon damar yang lebih populer untuk dimanfaatkan dalam banyak hal yaitu getahnya atau disebut juga dengan nama resin.

Klasifikasi Damar

Klasifikasi ilmiah yang ada dalam tanaman damar diuraikan sebagai berikut ini:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Tracheobionta
Superdivisi Spermatophyta
Subkelas Dillendiidae
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Thales
Famili Dipterocarpaceae
Genus Shorea
Spesies Shorea hopea

Ciri Morfologi Damar

Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi dari tanaman damar yang dibedakan menjadi 6 macam yaitu :

  1. Akar

Tanaman damar memiliki jenis akar tunggang yang bersifat kuat dan warnanya yaitu kecokelatan. Definisi akar pada tanaman damar ini mempunyai khasiat sebagai obat luka yang ada pada tubuh. Selain itu pohon damar masuk dalam kategori tanaman tahunan.

  1. Batang

Pohon damar memiliki batang yang berwarna abu-abu dan biasanya tumbuh dengan lurus atau tegak. Jenis batang pada damar ialah batang berkayu dan bentuknya bulat serta memiliki lentisel. Batang mengandung getah yang didalamnya terdapat unsur kimia resin dan sering dimanfaatkan untuk banyak hal. Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari getah damar yaitu pembuatan palstik, korek api, dan lain-lain.

  1. Daun

Morfologi daun pada pohon damar dijelaskan bahwa tanaman ini termasuk dalam anggota yang berdaun tunggal dan letak daun saling berhadapan. Daun memiliki bentuk yang lonjong dan cukup tebal.

Tepi daun bertekstur rata dan pangkal daun sedikit runcing. Panjang daun pada pohon ini bisa sekitar 10 cm dengan lebar kurang lebih 5 cm. daun juga memiliki tulang yang menyirip dan panjang tangkai sekitar 2 cm. warna daun hijau dan sedikit mengkilap.

  1. Bunga

Bunga pada tanaman damar yaitu termasuk bunga majemuk dan berumah satu. Warna bunga pada tanaman damar ialah merah kecoklatan. Bunga jantan pada pohon damar bertumpuk dengan tunas yang masih muda. Bentuk bunganya sendiri yaitu silindris dengan ujung yang runcing.

  1. Buah dan Biji

Pengertian buah pada tanaman damar memiliki bentuk yang lonjong dan dilindungi oleh pipih yang bentuknya seperti sisik. Panjang bunga sekitar 6 mm dan warnanya putih kekuningan. Buah memiliki biji didalamnya yang berbentuk pipih dan berwarna putih.

Manfaat Damar

Tanaman damar terkenal memiliki manfaat yang begitu beragam untuk kebutuhan sehari – hari. Salah satu manfaat dari tanaman damar yaitu:

  1. Bahan pewarna alami

Getah pada tanaman damar bisa digunakan untuk zat pewarna dalam dunia industri. Getah yang dihasilkan biasanya memiliki warna putih dan kuning.

Kelebihan dari pewarna yang diperoleh melalui getah damar ini salah satunya yaitu merupakan bahan alami dna termasuk dalam bahan yang ramah lingkungan. Pewarna juga tidak menimbulkan efek negatif pada bangunan dan justru bisa lebih memperkuat suatu bangunan.

  1. Pembuatan cat

Cat merupaka pewarna dinding yang bisa membuat dinding lebih bersih dan menunjukkan kenyamanan. Tanaman damar yang memiliki getah pada pohonnya ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan cat dengan jumlah yang cukup banyak.

  1. Pembuatan tinta

Manfaat yang bisa diperoleh dari getah damar yaitu dijadikan bahan baku pembuatan tinta seprti tinda pena maupun tinta spidol. Pada dasarnya tinta yang berasal dari getah damar akan lebih banya digunakan dalam dunia industri karena sifatnya yang lebih awet dan memiliki kualitas yang bagus.

  1. Bahan baku kosmetik

Bagi perempuan kosmetik merupakan suatu hal yang tidak asing dan sebagian menganggap bahwa kosmetik adalah kewajiban yang harus dimiliki setiap wanita. Walaupun tidak semua wanita menggunakan kosmetik secara lengkap, namun kosmetik merupakan label yang sering ditujukan kepada wanita.

Kosmetik ternyata bisa dibuat dari bahan baku yang diperoleh dari tanaman damar. Bagian yang bisa dimanfaatkan yaitu sama seperti hal diatas getah dari damar itu sendiri. Tentu saja kosmetik dari tanaman damar ini merupakan jenis kosmetik alami.

  1. Bahan membuat korek api

Korek api sangat penting dibawa kemanapun bagi seorang perokok. Karena korek api berfungsi untuk menyalakan rokok. Perlu diketahui bahwa getah damar ternyata bisa digunakan sebagai bahan pembuatan korek api. Sehingga disini getah damar merupakan bagian yang memiliki banyak manfaat dan bisa dijadikan untuk berbagai hal.

  1. Bahan pembuatan plastik

Getah damar tidak berhenti memberi manfaat disitu saja, melainkan getah ini juga bisa dipakai untuk pembuatan plastik yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bahan pembuatan lilin

Siapa yang tidak tahu menahu tentang lilin? Benda yang sering digunakan untuk menerangi sesuatu yang gelap ini ternyata bisa dibuat dari tanaman damar. Biasanya lilin diperoleh dari getah damar yang sudah dikumpulkan dan dicampur dengan bahan lainnya agar menjadi lilin yang utuh dan siap untuk digunakan.

Cara Budidaya Damar

Berikut dibawah ini adalah cara-cara untuk melakukan budidaya tanaman damar yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Penanaman bibit tanaman damar

Bibit tanaman damar bisa diperoleh melalui bagian biji yang berasal dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan melalui biji lebih dianjurkan karena kualitas bibit dengan biji dianggap lebih baik.

Biji yang dipakai untuk dijadikan bibit harus yang sudah tua dan tanpa cacat sedikitpun. Biji kemudian disemai dalam polybag yang sebelumya sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk. Selanjutnya tunggu pembibitan ini berhasil dan bisa dilakukan penanaman apabila bibit tanaman damar sudah siap untuk ditanam.

  1. Persiapan lahan

Tumbuhan damar bisa dalam melakukan budidayanya menggunakan teknik tumpang sari dengan tanaman sela yang bersifat holtikultura. Sebelum penanaman dilakukan maka lahan pertanian perlu dipersiapkan agar bisa ditanami pohon damar dengan baik.

Lahan perlu dibersihkan, digembur, dan diberi tanda kira-kira bagian mana saja yang akan dibuat lubang untuk penanaman pohon damar. Apabila persiapan lahan sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya maka bisa melanjutkan proses berikutnya yaitu penanaman damar.  

  1. Penanaman tanaman damar

Penanaman pohon damar akan lebih baik pertumbuhannya apabila di tanam pada saat musim penghujan. Penanaman dilakukan dengan cara mengambil bibit yang sudah disiapkan sebelumnya. Benih yang awalnya terdapat di polybag bisa dipindahkan ke lahan tanam dengan cara hati-hati agar tidak merusaknya.

  1. Pemeliharaan tanaman damar

Pemeliharaan tanaman damar yang paling mendasar yaitu bisa dilakukan dengan cara penyulaman. Penyulaman sendiri maksudnya ialah membersihkan tanaman-tanaman yang mati dan tidak sehat yang ada disekitar pohon damar. Tujuannya agar tumbuhan damar bisa berkembang dengan baik.

Selanjutnya pemupukan bisa dilakukan apabila tanaman memerlukan pupuk untuk membuat tanah menjadi lebih subur. Melalui pupuk biasanya akan menambah ketersediaan nutrisi yang ada pada pohon damar.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan deskripsi tanaman damar, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi kalian semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *