Contoh Tanaman Dataran Kering

Diposting pada

Jenis Tanaman Dataran Kering

Musim kemarau di negara Indonesia dimulai ketika bulan April dan puncak kemarau akan terlaksana pada bulan Agustus. Saat puncak kemarau terjadi, suhu udara ketika siang hari akan sangat panas tetapi saat malam hari akan sangat dingin. Angin yang berhembus dari daerah Samudera Hindia dan Australia, memasuki kawasan Indonesia membawa udara kering yang miskin akan adanya uap air.

Saat musim kemarau, hujan tidak akan turun sehingga lahan pertanian akan tergantung oleh sungai ataupun bendungan. Walaupun cukup menantang, kegiatan pertanian di musim kemarau memang cukup menjanjikan apabila kamu menentukan jenis tanaman yang tepat. Ada beberapa tanaman yang memang tepat untuk dibudidayakan pada area lahan kering.

Pertanian Dataran Kering

Pertanian lahan kering bisa dikatakan sebagai kegiatan pertanian atau budidaya dalam arti tumbuhan seperti tanaman pangan, tanaman perkebunan, ataupun perikanan, peternakan dan kehutanan yang dilaksanakan di area lahan kering.

Contoh Tanaman Dataran Kering

Beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh di daerah dataran kering ataupun tidak memerlukan ketersediaan air dalam jumlah yang besar antara lain:

  1. Mentimun

tanaman lahan kering Mentimun
Mentimun

Walaupun buah mentimun mempunyai kandungan kadar air dengan jumlah yang banyak namn sesungguhnya tanaman ini tidak memerlukan air yang banyak.

Justru tanaman mentimum ini memerlukan keadaan lingkungan yang hangat dan cenderung panas yang berintensitas matahari yang banyak untuk bisa tumbuh dengan subur dan mempunyai buah yang banyak. Mentimun rata-rata memerlukan periode 75 hari dari awal masa tanam sampai hingga awal masa panen.

  1. Tanaman Terong

tanaman lahan kering Terong
Terong

Tanaman terong ini persis dengan tanaman mentimun, tanaman terong tidak memerlukan kandungan air yang sangat banyak dan bisa tumbuh dengan baik di keadaan yang panas. Tanaman terong bisa dipanen ketika sudah berumur 70 sampai dengan 80 HST.

  1. Labu

tanaman lahan kering Labu
Labu

Tanaman labu mirip dengan tanaman mentimun dan terong, tanaman labu akan lebih cepat tumbuh dan berkembang apabila ditanam pada daerah yang panas dibandingkan daerah yang dingin. Rasa buah labu pun juga lebih manis apabila dibandingkan dengan tanaman labu yang dibudidayakan pada area dingin. Rata-rata buah labu bisa dipanen ketika berumur 50 sampai dengan 60 HST.

  1. Kacang panjang

Tanaman Lahan Kering Kacang panjang
Kacang panjang

Perawatan yang relatif lebih mudah dari tanaman kacang panjang sehingga para petani lebih tertarik membudidayakan jenis tanaman ini.

Selain itu, tanaman kacang panjang juga mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Saat ladang sedang mengalami kekeringan, umumnya para petani hendak berganti dan menanam tanaman kacang panjang sebab dapat tahan terhadap keadaan kering yang cukup tinggi.

  1. Tanaman Jagung

Tanaman Lahan Kering Jagung
Jagung

Penanaman tanaman jagung di musim kemarau yaitu keputusan yang cukup bijak dikarenakan tanaman jagung bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di keadaan tanah yang tidak mempunyai kandungan banyak air.

Nilai jual pada tanaman jagung cukup tinggi yang dapat menjadi pertimmbangan jika ingin berganti menanam jenis tanaman ini hanya dengan satu kali masa tanam. Jagung bisa dipanen ketika sudah berumur 60 sampai dengan 100 HST ditentukan oleh pemeliharaan yang dilakukan.

Sementara padi, tanaman jagung merupakan tanaman yang dapat hidup di daerah dataran rendah. Bahkan umumnya, tanaman jagung dapat dibudidayakan dengan berdampingan pada tanamanpadi ataupun menjadi tanaman penghanti padi saat musim sedang tidak pantas untuk membudidayaka tanaman padi.

Jagung merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang sering digunakan sebagai makanan pokok bagi beberapa orang di Indonesia. Tanaman jagung adalah bahan yang cocok untuk pakan berbagai jenis hewan ternak.

Hal ini disebabkan tanaman jagung mempunyai kandungan yang baik untuk mendukung tumbuh dan berkembang serta kesehatan pakanan hewan ternah. Berbagai penggunaan tanaman jagung antara lain bahan baku tepung maizena, bahan baku minyak jagung, bahan industri, dan komestik.

  1. Umbi-umbian

Tanaman Lahan Kering Umbi Umbian
Umbi Umbian

Baik tanaman singkong ataupun ubi jalar membutuhkan intensitas air yang sedikit untuk dapat tumbuh dengan subur.

Tanaman singkong ataupun ubi jalar populer tidak manja akan adanya ketersediaan air dan bisa dibudidayakan dimanapun dan kapanpun. Terlebih apabila dipelihara dengan baik, hasil panen pada jenis tanaman ini dapat melimpah.

  1. Tanaman Kedelai

Tanaman Lahan Kering Kedelai
Kedelai

Jenis tanaman ini sangat menarik dan dapat dibudidayakan ketika musim kemarau dan daerah dataran kering. Kedelai bisa dipanen saat berumur 75 sampai dengan 90 HST. Dengan perawatan yang baik, jenis tanaman ini akan memperoleh produk yang tidak merugikan atau mengecewakan. Tetapi perlu diperhatikan juga komoditas apa saja yang tepat untuk wilayah masing- masing. Dari ketinggian lokasi di atas permukaan sampai kadar Ph.

Selain itu, varietas juga perlu diperhatikan yag akan dibudidayakan, pastikan berdasarkan dengan keadaan lahan yang kering. Jenis tanaman ini juga perlu pemeliharaan dan meskipun jenis tanaman ini dapat bertahap dengan kekeringan namun berarti tanaman yang tidak perlu disiram. Penyiraman juga tetap harus dilakukan sesuai kebutuhan.

  1. Tanaman Kelapa

Tanaman Lahan Kering Kelapa
Kering Kelapa

Tanaman berikut yang bisa tumbuh dan berkembang di dataran rendah yaitu kelapa. Kelapa mempunyai nama latin yaitu Cocos nucifera.

Tanaman ini biasanya dapat ditemukan di daerah pesisir pantai. Kelapa memerlukan penyirnaran yang lama yaitu berkisar 120 jam per bulannya. Adanya paparan cahaya maatahari sebagai sumber fotosintensis. Kelapabisa tumbuh secara optimal apabila jurah hujannya berkisar antara 1300 hingga 2300 mm.

  1. Tanaman Padi

Tanaman Lahan Kering Padi
Padi

Tanaman padi sangat penting disebabkan tanaman padi sebagai pemproduksi beras yang termasuk sumber makanan. Padi ini dapat hidup tumbuh dan berkembang dengan tanah yang kering atau minim ketersediaan air. Tanaman ini mempunyai nama latin yaitu Oryza sativa L.

Berbagai jenis tanaman padi berakarkan serabut dengan struktur batang yang sangat pendek dan mirip seperti batang yang terbuat dari susunan pelepah daun yang menopang satu dengan yang lainnya.

Tanaman padi sangatlah penting. Hal ini dikarenakan padi adalah penghasil beras yang mana merupakan sumber makanan pokok Kita bangsa Indonesia. Ya, tanaman ini merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di dataran rendah. Nama latin dari padi adalah Oryza Sativa L, yang mana mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1500 SM.

  1. Tanaman Nanas

Tanaman Lahan Kering Nanas
Nanas

Tanaman nanas dapat tumbuh di daerah kering apalagi saat musim kemarau atau musim hujan yang tak kunjung turun. Buah nanas dapat dijadikan olahan makanan dan minuman serta terdapat kandungan mineral dan vitamin yang banyak.

Jenis Lahan Dataran Kering

Lahan kering dalam berbagai jenis tanaman terbagi menjadi empat golongan yaitu;

  1. Hyper Arid

Hyper arid yakni indeks kekeringan atau rasio antara curah hujan dan evapotranspirasi potensial 0.03, tidak ada tanda- tanda vegetasi tanaman terkecuali hanya rumput di area yang lembab saja dan hujan yang tidak menentu terjadi bahkan tidak terjadi hujan sepanjang tahun. Daerah ini biasanya berada di daerah pegurunan Saudi Arabia.

  1. Arid

Daerah arid yaitu indeks kekeringan rentang 0.03 hingga 0.20 yang ditunjukkan dengan terdapatnya peternakan, kegiatan pertanian yang terjadi dengan irigasi tetes dan sprinkler, terdapat jenis tanaman musima dan tahunan yang terletak dipisah- pisah dengan curah hujan berkisar 100 sampai dengan 300 mm.

  1. Semi Arid

Ketiga adalah daerah semi arid yaitu indeks kekeringan rentang 0.2 sampai dengan  0.5 yang ditunjukkan dengan adanya kegiatan pertanian yang bergantung pada air hujan walaupun produktifitasnya tetap rendah, ada kegiatan peternakan komunal, dan curah hujan tahunan dengan rentang 300 hingga 800 mm. Umumnya berada di perbatasan kawasan tropis dan sub tropis.

  1. Sub Hamid

Daerah sub humid yaitu indeks kekeringan rentang 0.5 sampai dengan  0.75. Daerah ini dikelompokkan ke dalam daerah lahan kering walaupun sesungguhnya mempunyai sifat yang dekat dengan daerah lahan basah. Di Indonesia daerah timur mempunyai karakter sub humid yang terdapat beberapa masalah untuk kegiatan pertanian di daerah tersebut.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa tanaman dataran kering yaitu tanaman yang tumbuh dan berkembang di daerah dataran tinggi. Tanaman ini mampu bertahan dengan ketersediaan air yang rendah sehingga perlu mempelajari jenis tanaman apa saja yang cocok untuk dibudidayakan di daerah dataran tinggi.

Lahan kering biasanya terjadi dikarenakan dampak dari curah hujan yang sangat rendah sehingga ketersediaan air menjadi sangat terbatas, suhu udara tinggi dengan kelembaban yang sangat rendah. Lahan kering sering ditemui di daerah yang berkondisi antisiklon permanen misalnya daerah pada antisiklon tropisme.

Untuk mencegah kosongnya kegiatan bertani, para petani direkomendasikan untuk membudidyakan jenis tanaman yang dapat bertahan dengan ketersediaan air yang sedikit. Selain dapat berkegiatan kembali, juga dapat mendapatkan peluang untuk lahan ditanami tanaman yang berbeda untuk memutus rantai siklus hidup hama tertentu.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan, kepada segenap pembaca berkaita dengan berbagai contoh tanaman yang bisa hidup di dataran kering beserta dengan jenisnya. Semoga memberikan wawasan untuk kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *