Contoh Tanaman Dataran Rendah dalam Pertanian

Diposting pada

Jenis Tanaman Dataran Rendah

Tanaman dataran rendah secara sederhana adalah berbagai tanaman atau arti tumbuhan yang bisa ditanam di dataran rendah. Dengan memperhatikan jenis ini, berbagai contoh tanaman yang ditanam sesuai kondisi lingkungan aslinya akan tumbuh dengan baik sehingga perkembangannya pun menjadi maksimal.

Yang pasti, perlu disepakati bahwa tanaman dalam lahan pertanian dataran rendah yaitu suatu daerah atau area dengan ketinggian apabila diukur dari permukaan laut tidak lebih berkisar dari 200 meter. Dataran rendah biasanya berdekatan dengan hilir sungai ataupun daerah pantai.

Tanaman Dataran Rendah

Dataran rendah bersuhu dengan rentang 23 derajat celcius sampai 28 derajat celcius untuk kondisi cuacanya termasuk curah hujan cukup tinggi. Umumnya daerah ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat permukiman masyarakat.

Bagi orang yang hidup di lokasi dataran rendah dan berkeinginan untuk budidaya pastinya akan bingung dalam memilih tanaman apa yang tepat supaya bisa tumbuh dengan 23 derajat celcius sampai 28 derajat celcius. Tanaman dataran rendah secara sederhan dapat didefiniskan yaitu tanaman yang dapat dibudidayakan di dataran rendah. Perlu diperhatikan bahwa kelompok ini perlu dibudidayakn berdasarkan keadaan lingkungan yang aslinya dapat tumbuh berkembang dengan baik maka perkembangannya dapat optimal.

Berbagai jenis komoditi dataran rendah dapat menjadi tanaman daerah tersebut dengan mengetahui secara baik bahwa komoditi apa saja yang dapat dibudidayakan di  dataran rendah sehingga penduduknya dapat menggunakan dengan optimal untuk berbagai kebutuhan. Kebutuhan tersebut bisa kepuasaan hobi, bisnis ataupun untuk keperluan sehari-hari.

Contoh Tanaman Dataran Rendah

Banyak tanaman dataran rendah yang perlu kamu ketahui supaya bisa memilih tanaman yang cocok untuk dibudidayakn di dataran rendah.

Berikut jenis tanaman yang berada di dataran rendah antara lain:

  1. Tanaman Anggrek

Tanaman Dataran Rendah Anggrek
Tanaman Anggrek

Anggrek yakni jenis tanaman bunga yang dapat hidup hampir di seluruh dataran. Beberapa tanaman anggrek dapat hidup di dataran rendah dengan ketentuan yaitu tidak sering terpapar panas matahari langsung. Anggrek mempunyai bunga yang sangat menawan maka tidak heran apabila banyak orang yang ingin mengoleksinya di pekarangan rumah.

Anggrek bukan hanya dikenal karena penampilan dan baunya yang harum saja namun berharga cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan pemeliharannya yang memerlukan usaha yang lebih. Maka selain untuk kepuasaan hobi saja, juga dapat memperoleh keuntungan dengan menanam tanaman anggrek.

Anggrek dapat hidup dengan suhu 15 sampai 35 derajat celcius serta kelembaban berentangkan 65 sampai 70%. Terdapat jenis anggrek di dataran rendah antara lain Bulbophylum vaginatum, Cleisostoma discolor, Coelogyne rochussenii, Cymbidium aloifolium, Dendrobium stuartii, Dendrobium crumenatum, Eria javanica, Kingidium deliciosum, Liparis viridifolia, Vanda tricolor, Thecostele alata, Spathoglotis plicata.

Arti bunga anggrek bisa tumbuh di area yang bersuhu sampai 30 derajat celcius, tetapi idealnya tanaman ini tumbuh berkembang dengan suhu 21 derajat celcius. Tanaman ini memiliki spesies kurang lebih dari 36 spesies anggrek yang bisa tumbuh di lokasi panas. Spesies bunga anggrek disebut mempunyai bunga yang sangat cantik, berbatang kuat dengan bunga yang bisa mekar lama dengan daun.

  1. Rain Lily

Tanaman Dataran Rendah Rain Lily
Tanaman Rain Lily

Bunga Rain Lily adalah tanaman bunga dataran rendah yang biasa dikenal sebagai Bunga Hujan. Tanaman ini berasal dari negara tropis. Bentuk dari bunga ini sangatlah unik yaitu berbentuk seperti terompet. Jumlah daun pada bunga ini biasanya yaitu enam lembar yang berbentuk seperti bunga krokus yang sangat unik dan cantik.

Tanaman ini biasanya akan tumbuh dengan baik saat berada di daerah yang memperoleh sinar matahari yang banyak. Aneka tanaman sesungguhnya dapat hidup dengan kebutuhan pupuk apabila dia berada di daerah yang agak kering.

Bunga ini mempunyai enam daun dengan mahkota yang tumbuh merunding pada bagian pangkal yang berwarna macam-macam misalnya kuning, putih, dan kuning.

  1. Buah Leci

Tanaman Dataran Rendah Buah Leci
Tanaman Buah Leci

Buah leci umumnya dapat dijumpai di minuman yang lezat. Buah leci berasal dari China yaitu leci kom. Jenis leci ini sangat tepat apabila dibudidayakan di dataran rendah yang panas. Bibit buah ini bisa diimpor ke negara Indonesia dan dilakukan penanaman Leci. Varietas Leci di dataran rendah mempunyai pemeliharaan fisik yang pendek. Selain itu, tanaman ini bertajuk kompak yang bisa hidup sampai 20 tahun lebih.

Penanaman buah leci bisa sederhana ditanam pada pekarangan rumah yang sempit ataupun lahan yang lebar. Buah ini harganya cukp murah biasanya bisa berkisar antara 10.000-an. Di toko bibit atau buah. Buah ini bercita rasa manis dan segar yang cocok untuk digunakan sebagai sirup, makanan kaleng, permen, roti, dan mencegah penyakit anemia.

  1. Tanaman Mangga

Tanaman Dataran Rendah Mangga
Tanaman Mangga

Buah mangga yaitu buah populer yang banyak orang memakannya utamanya di Indonesia. Buah ini bercita rasa segar, manis, dan sedikit asam yang membuatnya khas dengan daging yang cukup tebal dan berbiji besar terdapat di dalamnya.

Pohon mangga memerlukan tempat yang bisa terkena paparan mataharai yang banyak. Secara khusus, daerah cocok untuk penanaman pohon mangga yaitu daerah dataran rendah dengan musim panas yang tinggi/ kuat. Temperatur optimal yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan yaitu 24 sampai 27 derajat celcius.

Untuk pH yang tepat untuk pohon mangga berentang 5,5 sampai 7. Buah mangga mempunyai berbagai jenis antara lain buah mangga golek, buah mangga manalagi, buah mangga arumanis, buah mangga lalijiwo, buah mangga endog, buah mangga kemang, dan buah mangga madu.

  1. Tanaman Jambu

Tanaman Dataran Rendah Jambu
Tanaman Jambu

Tanaman dataran rendah selanjutnya yaitu buah bercita rasa lezat adalah jambu. Jambu adalah tanaman yang memang baik apabila ditanam di dataran rendah. Buah jambu kaya akan vitamin yang dapat dibudidayakan di pekarangan rumah apabila tidak mempunyai cukup lahan untuk menanamnya.

Buah jambu bercit rasa lezat untuk diolah menjadi beberapa macam makanan dan minuman. Yang bermulai dari rujak manis, jus jambu bahkan sampai kue yang memanfaatkan perisa jambu.

  1. Tanaman Nanas

Tanaman Dataran Rendah Nanas
Tanaman Nanas

Tanaman nanas dapat tumbuh berkembang di dataran rendah yang mempunyai cita rasa lumayan masam dan manis.

Kanduangan buah nanas sangat bergizi dan biasa digunakan sebagai selai sehingga tidak heran apabila banyak orang yang telah membudidayakan. Banyak orang beropini bahwa membudidayakan tanaman ini yaitu pekerjaan yang susah. Namun faktanya membudidayakan nanas cukup mudah.

  1. Tanaman Kelapa

Tanaman Dataran Rendah Kelapa
Tanaman Kelapa

Tanaman selanjutnya yang dapat tumbuh baik di dataran rendah yaitu kelapa. Penamaan latin dari kelapa yaitu Cocos nucifera yang dimana merupakan satu- satunya anggota dalam famili Arecaeceaea. Tanaman ini berhubungan erat dengan letak pantai disebabkan banyak dijumpai di daerah pesisir. Kelapa memerlukan penyinaran yang cukup lama yaitu 120 jam per bulan sebagai sumber fotosintesis.

Kelapa bisa tumbuh berkembang dengan optimal apabila terdapat curah hujan sekitar antara 1300 hingga 2300 mm tiap tahunnya. Di dalam pertumbuhan dan perkembangan kelapa, angin mempunyai peran yang cukup penting yaitu untuk penyerbukan.

  1. Jeruk

Tanaman Dataran Rendah Jeruk
Tanaman Jeruk

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat dibudidayakan di daerah dataran rendah. Terdapat dua cara dalam membudidayakan tanaman jeruk di dataran rendah yaitu dengan melakukan cara generatif dan vegetatif.

Cara generatif dengan stek sementara cara vegetatif dengan biji unggul. Terdapat banyak jenis jeruk yang dapat dibudidayakan di dataran rendah salah satunya adalah jeruk purut, jeruk manis, jeruk nipis, jeruk bali, dan jeruk keprok.

  1. Tanaman Rambutan

Tanaman Dataran Rendah Rambutan
Tanaman Rambutan

Buah ini mempunyai rambu pada bagian kulit yang dapat ditanam di daerah rendah. Buah rambutan sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat.

Buah ini bercita rasa enak dengan harga yang murah. Telah banyak orang yang menggunakan buah rambutan sebagai manisan ataupun buah yang dimakan sehari- hari. Jenis rambutan antara lain sinyonya, binjai, garuda, narmada, dan kapulasan.

  1. Pisang

Tanaman Dataran Rendah Pisang
Tanaman Pisang

Buah pisang yaitu buah favorit untuk melakukan program diet dan cocok untuk ditanam di dataran rendah. Pohon pisang biasanya bisa tumbuh liar di daerah sekitar pekarangan rumah.

Pisang memiliki kandungan seperti vitamin C, mineral, kalori, kalium, protein, karbohidrat, dan protein. Jenis tanaman pisang antara lain pisang ambon, pisang susu, pisang raja, pisang cavendish. Atas penjelasan inilah dapat dikatakan bahwa ttanaman dataran rendah yang semua bagiannya berguna untuk manusia adalah pisang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan, bahwa tanaman dataran rendah yaitu tanaman yang dapat dibudidayakan pada suatu daerah yang berada di ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Umumnya, dataran rendah berada tak jauh dengan hilir sungai ataupun daerah pantai sebagai isyarat banyaknya air. Umumnya dataran rendah memperoleh paparan sinar matahari yang lebih banyak dibandingkan daerah dataran tinggi.

Tanaman dataran rendah bersuhu berkisar 23 sampai 28 derajat celcius. Banyak beragam tanaman yang bisa tumbuh berkembang di dataran rendah bermulai dari tanaman bunga, tanaman hia, sampai tanaman buah. Namun, dengan kondisi yang umumnya menjadikan orang bingung dalam memilih tanaman yang pantas untuk dibudidayakan.

Berbagai kriteria yang dipunyai oleh dataran rendah dapat membuat tanaman bercirikan sendiri dan memiliki adaptasi dengan habitat hidupnya. Misalnya buah mangga yang dapat tumbuh berkembang di lokasi dengan paparan sinar matahari yang banyak. Buah mangga tersebut akan berasakan semakin manis.

Berbeda dengan tanaman yang berada di dataran tinggi. Apabila diperhatikan dapat dikatakan bahwa tanaman yang hijau segar akan berdaun lebat yang dapat tumbuh baik di daerah dataran tinggi. Hal tersebut disebabkan tanah di daerah dataran tinggi biasanya lebih subur misalnya adalah tanaman teh.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan jenis tanaman yang ada di dataran rendah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan wawasan serta edukasi mendalam bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *