Contoh Tanaman di Ladang, Kebun, dan Sawah

Diposting pada

Gambar Tanaman di Ladang, Kebun, dan Sawah

Tanaman pada dasarnya dibudidayakan pada berbagai jenis lahan pertanian. Lahan pertanian sendiri memiliki berbagai macam jenis yang dapat dibedakan antara lain sawah, kebun, maupun ladang. Hal ini juga memberikan pengaruh besar pada sistem pengelolaan lahan masing-masing yang berbeda.

Lahan diolah berdasarkan kondisi iklim, ketinggian, kondisi tanah, dan juga sistem irigasi pada suatu lahan. Agar petani dalam hal memperoleh hasil yang maksimal.

Tanaman di Lahan Ladang, Kebun, dan Sawah

Secara garis besar untuk berbagai tumbuhan berupa tanaman yang hidup di lahan pertanian terbagi dalam 3 jenis. Yakni di ladang, kebun, dan persawaan. Tumbuhan inipula memiliki perawatan yang berbeda antara satu dan lainnya.

Contoh Tanaman di Lahan Pertanian

Berdasarkan pada jenisnya, untuk tanaman yang ada dalam lahan pertanian serta contohnya. Antara lain sebagai berikut;

Tanaman di Ladang

Gambar Tanaman di Ladang
Tanaman di Ladang

Ladang adalah salah satu jenis lahan pertanian yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang lebih rendah daripada lahan sawah maupun kebun. Ladang dalam pengolahannya tidak terlalu intens atau hanya menggunakan output rendah.

Adapun contoh tanaman yang tumbuh di ladang, antara lain;

  1. Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman tergolong serealia yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman jagung banyak dibudidayakan dalam kondisi lahan yang kering atau biasa disebut dengan ladang. Tanaman jagung memiliki kelebihan dalam ketahanan terhadap panas sehingga tanaman ini cocok diaplikasikan pada ladang. Jagung sendiri banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak maupun bahan pembuat tepung maizena.

  1. Gandum

Tanaman gandum adalah salah satu tumbuhan yang memiliki manfaat sebagai bahan baku produksi pembuatan tepung. Keadaan tersebut menjadi tuntutan sebagai upaya pembudidayaan tanaman gandum.

Tanaman ini banyak dibudidayakan pada ladang kering karena tanaman ini termasuk tanaman yang tahan akan kekekurangan air. Bukan berarti tanaman ini cocok dibudidayakan pada lahan yang kurang subur, namun kondisi lahan yang kering menjadi keuntungan tersendiri apabila ditanami dengan gandum karena input pengolahan dan perawatan dapat diminimalkan.

  1. Ubi

Ubi merupakan salah satu jenis tanaman palawija atau pala pendem yang dalam bahasa jawa hasil di dalam tanah yang diambil. Tanaman ini termasuk tanaman yang memiliki ketahanan stres lingkungan yang cuckup tinggi seperti stres air atau tahan kering, stres hara yang cukup kuat pada lahan marjinal dengan miskin hara dan lain sebagaimya.

Tanaman umbi-umbian yang memiliki ketahan yang tinggi banyak dikembangkan pada lahan kering atau ladang karena dianggap mudah dalam perawatannya. Tanaman ini sendiri biasanya digunkan dalam sistem tumpang sari untuk tanaman penutup lahan atau cover crops.

  1. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan tanaman leguminosa yang menghasilkan polong berupa biji-bijan berkulit keras. Kacang tanah merupakan tanaman yang cocok tumbuh di lahan kurang subur karena tanaman ini bermutualisme dengan bakteri pengikat nitrogen sehingga mampu memenuhi kebutuhan unsur harnya sendiri.

Kacang tanahjuga mampu ditumbuhkan pada ladang yang kering karena kebutuhan air pada tanaman ini tidak terlalu tinggi. Apabila tanaman ini terlalu diberi banyak air maka ada kemungkinan polong yang berada dalam tanah akan mengalami kebusukan.

  1. Labu

Labu merupakan salah satu tanaman rambat yang banyak dibudidayakan di daerah persawahan. Budidaya tanaman labu di lakukan dengan pembuatan bedeng kemudian mulai air dialirkan pada salursn-saluran di antara bedeng-bedeng pertanaman.

Tanaman ini memiliki karakter khas apablia tanaman sudah matang maka warna buah akan berwarna jingga. Ukuran tanaman ini cukup bervariasi dari sedang hingga berukuran relatif besar.

Tanaman di Kebun

Gambar Tanaman di Kebun
Tanaman di Kebun

Tanaman dalam arti perkebunan dapat digolongkan sebagai tanaman yang dibudidayakan dengan mengusahakan tanaman tertentu pada lahan yang sesuai, mengolah, dan memasarkan hasil, dan manajemen yang kompleks untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pelaku usaha perkebunan dan masyarakat.

Tanaman ini biasanya berupa tanaman berumur panjang atau tanaman tahunan sekaligus tanaman dengan skala produksi besar. Hasil olahan tanaman ini biasanya tidak berupa hasil segar, namun sudah berupa hasil olahan atau barang jadi.

Contoh tanaman yang tumbuh di kebun, antara lain sebagai berikut;

  1. Kopi

Kopi merupakan tanaman tahunan yang dibudidayakan pada ketinggian sekitar 300-700 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan dimanfaatkan bijinya untuk produk industri.

Tanaman kopi digolongkan tanaman kebun karena dalam proses perawatannya memerlukan perawatan yang intensif. Hasil tanaman kopi memerlukan pemupukan, pengendalian hama dan juga pemangkasan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman. Tanaman kopi sendiri

  1. Teh

Tanaman teh yang banyak dibudidayakan adalah berjenis camelia sinesis yang merupakan tanaman perkebunan sebagai bahan baku pembuat minuman seduhan. Tanaman ini memiliki kandungan kafein sehingga banyak digemari di Indonesia.

Tanaman ini dikategorikan sebagai tanaman perkebunan karena pengolahan hasil sekaligus produksinya berada pada skala industri atau skala besar. Hasil yang dipanen dari tanaman ini adalah bagian pucuk daun yang kemudian akan dijadikan beberapa hasil olahan teh sepertiteh hijau, teh oolong, teh hitam dan teh putih.

  1. Kelapa

Tanaman kelapa merupakan tumbuhan dari famili palmae atau golongan keluarga palem. Tanaman ini merupakan pohon berbatang tunggal dan menghasilkan buah dengan cangkang keras. Hasil dari pohon ini yaitu buah kelapa menghasilkan banyak manfaat dan banyak digunakan sebagai makanan hingga kosmestik. Beberapa nuah bahkan ada yang dipanen awal hanya untuk dimanfaatkan air kelapanya.

  1. Tebu

Tebu merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam famili fabaceae atau rumput-rumputan yang menghasilkan gula. Kandungan gula dalam tebu diolah untuk dijadikan berupa bahan industri berupa gula pasir, molase (tetes), dan juga bagase sebagai media bahan bakar.

Tanaman tebu digolongkan sebagai tanaman perkebunan karena pada sistem budidayanya sudah dikategorikan lebih komplek dan intens  pada pengelolaan lahannya.

  1. Karet

Karet merupakan tanaman perkebunan dengan memanfaatkan getah dari pohon tersebut sebagai bahan baku industri. Tanaman ini banyak dibudidayakan pada lahan dengan ketinggian tertentu. Tanaman ini merupakan tanaman tahunan yang dapat dilakukan pemanenan sadap berulang kali.

Proses penyadapan sendiri dilakukan dipagi hari untuk menghindari lateks menjadi keras apabila terkena sinar matahari.

Tanaman di Sawah

Gambar Tanaman di Sawah
Tanaman di Sawah

Tanaman sawah adalah tumbuhan yang pada umumnya merupakan tanaman hidrofit atau memiliki kecenderungan terhadap air. Kondisi air yang jenuh merupakan tempat tumbuh favorit untuk beberapa tanaman tersebut. Tanaman persawahan biasanya merupakan tanaman sekali panen atau tanaman semusim.

Sehingga dalam tanaman persawahan lebih cenderung membutuhkan sistem irigasi yang lebih intens daripada tanaman lainnya.

Contoh tanaman yang ditanam dalam sawah, antara lain;

  1. Padi

Tumbuhan padi adalah salah satu komoditas yang populer di Indoensia. Padi dibudidayakan sebagai tanaman penghasil produk pangan pokok yaitu beras. Tanaman ini merupakan tanaman yang diolah pada lahan basah atau lahan yang membutuhkan air banyak yaitu lahan sawah.

Padi sendiri pada fase vegetatif lebih cenderung memerlukan air lebih banyak daripada ketika memasuki masa generatif. Oleh sebab itu ketika, ketika awal penanam tanah pada lahan sawan dibuat menjadi lahan genangan.

  1. Kangkung

Kangkung adalah tanaman sayur berjenis daun yang banyak dijual di pasaran sebagai bahan untuk membuat sayur. Tanaman kangkung merupakan tanaman yang mampu tumbuh dengan kondisi tanah tergenang. Tanaman kangkung di pedesaan banyak dibudidayakan di pinggir sawah dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman ini apabila kondisi air tercukupi maka akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun yang besar.

  1. Talas

Talas merupkaan tanaman yang memiliki umbi dan bersifat hidrofit atau tanaman yang memiliki kecenderungan tumbuh baik pada tempat-tempat dengan kandungan air tinggi seperti pada daerah rawa, pinggir perairan ataupun daerah persawahan.

Umbi talas merupakan bagian dari tanaman talas yang dimanfaatkan. Tanaman talas beberapa ada yang dibudiayakan, namun beberapa juga ada yang dibiarkan tunbuh dengan liar kemudian diambil ketika umbi sudah siap diolah.

  1. Bayam

Tanaman bayam adalah tanaman persawahan dengan karakter daun lebar. Bayam merupakan tanaman sayur berjenis daun yang dimanfaatkan untuk diolah menjadi beberapa masakan.

Tanaman ini dikenal dengan kandungannya yang kaya akan zat besi. Tanaman ini termasuk tanaman terna yang batangnya kurang berkayu, namun agak keras. Bayam sendiri tergolong tanaman C4 yang tahan terhadap pencahayaan matahari secara langsung.

  1. Sawi

Sawi merupakan tanaman sayuran daun yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran pendamping makanan. Tanaman ini dibudidayakan pada lahan sawah karena cukup memerlukan air pada budidayanya.

Sawi merupakan tanaman yang membentuk roset yaitu bentuk daunnya melingkar dan saling berhimpitan. Tanaman ini biasanya dibudidaya pada daerah dengan suhu yang agak dingin atau memiliki kelembaban udara yang tinggi.

Itulah ulasan lengkap yang bisa kami hadirkan pada pembaca berkaitan dengan berbagai contoh-contoh tanaman yang tumbuh di ladang, kebun, dan juga persawahan. Semoga memberikan wawasan bagi semua orang yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *