Tanaman Gantung; Ciri, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Gantung Adalah

Rumah akan tampak lebih indah jika dihiasi oleh aneka tanaman, tidak hanya ditanam pada halaman rumah akan tetapi juga bisa didalam rumah atupun diteras rumah. Dengan memilih aneka jenis tanaman yang tepat serta media tanam untuk menanam yang menarik maka seseorang akan dapat membuat hunian rumah menjadi lebih menarik.

Bagi sebagian orang yang memiliki lahan agak sempit sehingga tidak mamput menanam langsung tumbuhan dipekarangan rumah, maka jangan khawatir karena saat ini telah tersedia berbagai inovasi pengembangan teknologi sehingga seseorang masih tetap bisa mempercantik rumah dengan aneka tanaman hias. Seseorang juga bisa menggunakan media pot gantung yang digantung pada sebagian pot diteras rumah.

Tanaman Gantung

Tanaman gantung merupakan tumbuhan hias yang ditanam pada pot kecil dan penempatannya secara digantung. Bagi para pecinta tumbuhan tentu tanaman gantung sudah tidak asing lagi. Selain rimbun tanaman gantung juga cukup enak dilihat dan mudah proses perawatannya.

Biasanya orang menyukai tumbuhan gantung karena simpel atau tidak ribet. Bentuknya yang kecil juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta tanaman. Bila memutuskan untuk menaruh tumbuhan gantung di luar ruangan maka dianjurkan untuk memberikan penutup pada bagian atap rumah.

Hal ini perlu dilakukan agar daun pada tanaman gantung dapat tumbuh dengan baik dan lebih terlihat bersih serta cantik. Tempat yang paling cocok untuk tumbuhan gantung yakni pada bagian teras rumah.

Ciri Tanaman Gantung

Ciri-ciri dari tanaman gantung adalah sebagai berikut;

  1. tanaman gantung tumbuh secara merambat namun tidak terlalu lebat.
  2. Ketika digantung bagian daun tanaman ini akan terkesan jatuh dan menutupi bagian pot bunga.
  3. Biasanya tanaman gantung pertumbuhannya secara lambatm jadi tidak perlu sering-sering memotong bagian daun tanaman ini.
  4. Kebayakan tumbuhan gantung tidak tahan jika terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang diperlukan untuk tumbuhan gantung hanya sekitar 65 persen.
  5. Tanaman ini memiliki daun yang cukup kecil dan tidak terlalu besar.

Manfaat Tanaman Gantung

Pada dasarnya tumbuhan gantung sama saja dengan tanaman hias yang lainnya, selain bentuknya yang cukup cantik dan menawan, tanaman ini sering digunakan untuk memberikan hawa sejuk pada bagian depan rumah. Tanaman gantung juga dimanfaatkan untuk menahan debu yang akan masuk ke dalam rumah.

Tumbuhan gantung adalah solusi tepat dan praktis untuk seseorang yang tidak memiliki lahan luas dipekarangan rumah karena tanaman gantung ini tidak membutuhkan lahan yang luas untuk menanam dan juga tumbuhan yang digantung dengan pot tidak terlihat sumpek atau menumpuk.

Menyegarkan Ruangan

Ruangan yang segar dan sejuk juga akan menimbulkan dan menciptakan suasana harmonis akibat adanya tanaman hias. Hal ini dikarenakan saat tumbuhan hias melakukan proses fotosintesis tanaman ini akan mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

Ruangan yang memiliki banyak oksigen akan terasa lebih sejuk dan segar dibandingkan dengan ruangan yang penuh dengan karbondioksida karena ruangan yang segar akan membuat tubuh lebih sehat serta melancarkan proses pernafasan.

Mengatasi Stress

Tumbuhan hias juga dapat dijadikan sebagi penghilang stress. Hal ini disebabkan karena tanaman hias yang memiliki corak serta bentuk yang beraneka warna dan sangat indah sehingga membuat mata menjadi lebih segar dan fresh.

Tidak hanya itu saja proses produksi oksigen yang banyak juga dapat menyegarkan badan serta pikiran, sehingga mata, badan dan pikiran dapat menjadi segar kembali dan stresspun akan teratasi.

Mengatasi Migrain

Banyak orang yang terserang migrain atau sering disebut dengan sakit kepala sebelah. Banyak faktor yang dapat menyebabkan migrain, salah satunya yaitu tingginya kadar karbondioksida dalam lingkungan sekitar. Karbondioksida dapat dinetralisir dengan tanaman hias yang ada di dalam ruangan.

Jika karbondioksida jumlahnya dapat menurun atau bahkan sampai hilang, maka penyakit migrain yang diderita pun akan berangsur membaik.

Mengobati Batuk

Batuk dapat disembuhkan dengan tanaman hias jenis tertentu. Tanaman hias yang berfungsi untuk menghilangkan batuk yaitu jenis eucalyptus. Pengertian tanaman hias tersebut dapat digunakan untuk melegakan sistem pernafasan dengan cara membuang dahak di dalam tenggorokan.

Meredakan Hidung Mampet

Hidung mampet adalah salah satu jenis tanda akan terjadinya penyakit influensa. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan tanaman eucalyptus, setelah menghirup aroma dari tanaman eucalyptus tersebut maka hidung yang mampet akan lebih lega dan berangsur membaik.

Membunuh Bakteri

Tanaman dengan jenis eucalyptus juga bermanfaat untuk membunuh bakteri karena memiliki sifat sebagai antiseptik alami. Saat seseorang merasa pusing karena flue dan batuk maka hiruplah aroma dari bunga eucalyptus ini, sehingga jika mengalami sakit kepala yang diakibatkan oleh flu akan mereda sedikit demi sedikit.

Sebagai Aroma Terapi

Jenis tanaman hias dengan jenis tertentu ada yang bermanfaat sebagai aroma terapi dikarenakan harumnya yang cukup menawan.

Dengan aroma terapi yang dikeluarkan dapat menimbulkan efek tenang dan menimbulkan rasa segar dibadan. Orang juga dapat melakukan relaksasi menggunakan tanaman hias tersebut. Tanaman hias yang dapat bermanfaat sebagai aroma terapi adalah jenis lavender.

Menumbuhkan Nafsu Makan

Fungsi tanaman hias lainnya yakni menumbuhkan nafsu makan. Tanaman kunyit dipercaya dapat digunakan sebagai bahan untuk menambah nafsu makan bagi sebagian anak-anak. Ada juga tanaman hias yang bermanfaat sebagai penyedap masakan yakni daun pandan.

Menyehatkan Mata

Tanaman hias dengan jenis mawar merah bermfungsi untuk menyehatkan mata. Mata panda yang disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur dapat dikurangi dengan air rendaman dari bunga mawar. Radang mata juga dapat diatasi dengan menggunakan air mawar.

Caranya yaitu dengan meneteskan air rendaman bunga mawar sebanyak 2 sampai 3 tetes lalu tutup mata selama dua menit.

Jenis Tanaman Gantung dan Contohnya

Adapun untuk beragam macam contoh tanaman gantung yang mudah detemukan dalam bidang pertanian, antara lain adalah sebagai berikut;

Sirih Gading Kuning

Tumbuhan ini bisa menyerap racun dan mengurangi polusi udara akibat kendaraan. Ciri-cari tanaman sirih gading kuning yakni memiliki daun berwarna hijau dengan campuran warna kuning. Bentuk daun mirip dengan bentuk hati dan memiliki tangkai.

Tumbuhnya secara merambat, bagian daun tumbuh secara berselang seling dari bagian batangnya. Batang sirih gading kuning ini berbentuk bulat agak langsing dan hampir seluruh bagian tanaman ini dipenuh oleh daun, dan tanaman sirih gading kuning ini dapat diperbanyak dengan cara stek.

Sirih Perak

Perawatan tanaman ini cukup mudah dan mampu betahan lebih yakni mulai dari satu tahun atau lebih tergantung dari perawatan yang dilakukan.

Nuansa warna perak pada sirih perak ini akan nampak berkilau dari jauh. Ciri-ciri dari tanaman sirih perak yakni memiliki daun berwarna perak agak kehijauan, dan memiliki bau khas tanaman sirih serta bagian daun terlihat licin apabila terkena air. Pada bagian daun memiliki ukuran yang panjang, lebar, dan berbentuk seperti hati.

Sirih Keraton

Salah satu jenis tanaman sirih-sirihan yang berharga dan cukup mahal apabila dibandingkan dengan jenis sirih yang lain yaitu jenis sirih keraton.

Ciri-ciri dari tanaman sirih keraton adalah pada bagian daunnya berwarna merah bata akan tetapi pada bagian bawah berwarna hijau dan memiliki corak warna putih pada bagian atas, pada bagian daun berbentuk seperti hati dengan tekstur yang cukup kasar.

Lipstik

Pada siang hari warna merah bunga dari tanaman lipstick ini terlihat menyala dari kejauhan. Ciri-ciri dari tanaman lipstik ini yaitu tanaman lipstik termasuk dalam tanaman semak merambat. Daunnya menjuntai ke bawah dan berwarna merah seperti lipstik dengan panjang kurang lebih 5 cm.

Bentuk daun tanaman lipstik ini cukup ramping dan memiliki warna hijau gelap serta ungu di bagian pinggir yang tersusun secara berpasangan dan berhadapan.

Tanduk Rusa

Taumbuhan tanduk rusa ini akan membuat suasana  rumah menjadi lebih alami, penempatan tumbuhan ini bisa digantung atau ditempelkan pada bagian batang pohon besar. Ciri-ciri dari tanaman tanduk rusa ini adalah memiliki daun berwarna hijau dengan panjang kurang lebih 30 cm sampai dengan 80 cm, bentuk daunnya mirip dengan tanduk rusa dan sebagian daun tumbuh dalam satu lubang.

Keladi Tengkorak

Ciri-ciri dari tanaman keladi tengkorak ini adalah pada bagian daun berbentuk oval dan berwarna hijau, terdapat corak dengan garis mirip dengan laba-laba, dalam satu daun ditopang dengan satu batang yang memiliki tinggi kurang lebih 20 sampai 30 cm.

Nah, itulah tadi materi yang bisa disampaikan tentang pengertian tanaman gantung, ciri, manfaat, jenis dan contohnya yang mudah ditemukan. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan refrensi kepada segenap pembaca. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *