Tanaman Heliconia, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Tumbuhan Heliconia
Tanaman heliconia merupakan jenis tanaman hias yang mempunyai spesies sebanyak 250 bentuk. Tumbuhan ini kemungkinan sedikit asing didengar karena namanya yang sedikit kebarat-baratan. Akan tetapi bunga heliconia ini pasti sudah sering dijumpai banyak orang, terutama ditaman-taman pasti terdapat tumbuhan semacam ini.

Bunganya yang cantik membuat tanaman ini bisa dijadikan sebagai tanaman hias yang memberikan kesan keindahan tersendiri bagi setiap tempat yang ditanami bunga ini.

Tanaman Heliconia

Jenis heliconia ini merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis. Selain itu tanaman ini juga memiliki sebutan lain yaitu pisang-pisangan karena memang bentuk tumbuhannya mirip sekali dengan buah pisang.

Walaupun bunga heliconia tidak sepopuler tanaman anggrek, namun tanaman hias ini juga tidak kalah bagus dengan bunga-bunga yang lainnya. Sementara itu bunga ini bukan hanya bisa dijadikan tanaman hias saja, melainkan juga berfungsi untuk menyerap polusi udara yang ada disekitarnya.

Klasifikasi Heliconia

Berikut ini bawah ini merupakan klasifikasi tanaman heliconia yang diuraikan sebagai berikut:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Tracheophytes
Divisi Magnoliophyta
Sub divisi Spermatophyta
Super divisi Angiospermae
Kelas Liliopsida
Sub Kelas Zingiberidae
Ordo Rosanae
Famili Zingiberales
Genus Heliconia
Spesies H. psittacorum

Ciri Morfologi Heliconia

Berikut dibawah ini yang merupakan ciri morfologi tanaman heliconia adalah:

  1. Akar

Akar merupakan bagian utama dari sebuah tanaman. Akar memiliki tugas  yang penting yaitu untuk mamperkuat tanaman agar bisa berdiri dengan tegak. Sistem perakaran pada dasarnya terbagi menjadi dua yaitu akar tunggang dan akar serabut.

Sistem akar tunggang terjadi apabila hanya mempunyai satu akar utama dan beberapa akar termasuk akar cabang. Biasanya jenis akar ini dimiliki tumbuhan dikotil.

Sedangkan sistem akar serabut  terjadi apabila akar lembaga dalam perkembangan selanjutnya mati yang kemudian disusul oleh sejumlah akar yang ukurannya relatif sama dan cabang membentuk sistem yang homogen. Biasanya jenis akar ini terdapat pada tumbuhan monokotil. Akar pada heliconia sendiri merupakan jenis akar serabut yang bentuknya bulat.

  1. Batang

Pertama ciri morfologi yang bisa kita pelajari dari tanaman pisang-pisangan ini adalah bagian batangnya. Tanaman yang memiliki ketinggian sekitar 1 sampai 2 meter ini memiliki jenis batang yang semu.  

Batang mempunyai pola percabangan monopodial karena kuncup terminal batang merupakan bagian vegetatif dan hanya akan mati jika terjadi kerusakan. Bentuk penampang batang yaitu bulat dan batang tanaman ini memiliki bagian lain yang terdiri dari pelepah daun serta berwarna hijau.

  1. Daun

Morfologi kedua tanaman heliconia adalah bagian daun. Tanaman ini memiliki jenis daun tunggal yang mana pelepah daunnya berbentuk batang. Tangkai daun beralur dan memiliki panjang sekitar 50 sampai dengan 75 cm.

Daun memiliki tekstur yang licin dan warnanya hijau kekuningan. Selain itu helain daun berbentuk lonjong, bagian tepi daun rata, ujugnya meruncing dan pangkalnya bulat. Sementara itu daun memiliki pertulangan yang sifatnya menyirip dan permukaannya tertutup lilin dengan tekstur licin serta berwarna hijau.

  1. Bunga

Bagian bunga dari heliconia ini merupakan bagian yang sangat penting. Melalui bunga ini maka tanaman heliconia bisa melakukan penyerbukan dan bisa menghasilkan tanaman baru. Selain itu bunga heliconia ini yang membrikan nilai tambah pada tumbuhan yang satu ini karena memiliki keindahan dan menyejukkan ketika di pandang.

Bunga heliconia termasuk jenis bunga majemuk yang bentuknya seperti tandan. Letak bunga biasanya di bagian ketiak daun dengan tangkai yang panjangnya sekitar 25 hingga 40 cm. Posisi bunga duduk yaitu berada dalam tenda bunga dan ujung tenda lancip.

Bunga pada tanaman ini juga memiliki 2 jenis kelamin yaitu putih dan benang sari. Kedua jenis kelamin tersebut memanjang keluar dari tabung mahkota. Sedangkan bagian dasar dari mahkota bunga berbntuk tabung dengan panjang kira-kira 3 sampai dengan 4 cm berwarna kuning dan tenda bunganya merah.

  1. Buah

Morfologi selanjutnya dari pohon heliconia yaitu bagian buahnya. Tanaman heliconia ini mempunyai jenis buah buni. Bentuk buah heliconia yaitu lonjong dengan panjang sekitar 4 sampai dengan 6 cm dan berdiameter kira-kira 1 sampai dengan 2 Cm. Buah pada tanaman heliconia ini juga memiliki warna yang mencolok atau cerah yaitu merah.

  1. Biji

Bagian terakhir morfologi dari tanaman heliconia adalah bijinya. Struktur biji tanaman ini berukuran kecil. Bentuk biji yaitu bundar, beralur seperti jalan dan warnanya hitam.  

Jenis Heliconia

Tanaman yang memiliki banyak nama seperti false bird-of-paradise, Japanese canna, parakeet heliconia, golden torch, parrot’s flower, parrot’s beak, dan parrot plant ini juga memiliki banyak jenis, seperti yang sudah dikatakan diatas tadi bahwa tanaman ini memiliki sekitar 250 spesies. Jenis tanaman heliconia diantaranya yaitu :

  1. Heliconia caribae
  2. Heliconia bihai
  3. Heliconia collisiana
  4. Heliconia rostrata
  5. Heliconia wagneriana

Manfaat Heliconia

Lebih jelasnya mari kita lihat bersama-sama manfaat dari tanamanan ini yaitu :

  1. Sebagai tanaman hias

Manfaat pertama tanaman heliconia yaitu sebagai tanaman hias. Pasti bagi orang yang mengetahui jenis tanaman ini tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menanam jenis bunga ini. Hal ini disebabakan bunga heliconia memiliki keindahan dan bisa dijadikan hiasan disekitar pekarangan rumah, ruangan-ruangan , bahkan di letakan ditaman.

Bunga yang memiliki fungsi hampir sama dengan anggrek ini memang belum terlalu dikenal banyak orang. Namun keberadaannya bisa sangat membantu untuk menampilkan keunikan tersendiri di setiap tempat yang ditanami jenis tumbuhan ini.

  1. Menyerap polutan

Kondisi kehidupan saat ini pastinya sangat berbeda dengan berpuluh-puluh tahun sebelumnya. Jika masa dulu tidak ada motor, mobil maka sekarang perkembangan teknologi menciptakan berbagai alat yang bisa membantu pekerjaan manusia.

Salah satu alat transportasi yang ada saat ini juga begitu beragam mulai dari kendaraan beroda dua, kendaraan roda empat seperti mobil, truk, bis, angkot, dan lain sebagainya ini pasti akan menimbulkan dampak pada udara yang semakin tercemar. Namun kondisi ini bisa terbantu dengan adanya tanaman-tanaman yang masih tumbuh diwilayah ini.

Salah satu jenis tanaman yang bisa mengurangi pencemaran udara yaitu tumbuhan heliconia. Tanaman ini selain berfungsi sebagai tanaman hias, juga mempunyai manfaat lainnya yaitu bisa menyejukkan udara yang ada disekitar. Dengan demikian, jenis tumbuhan ini sangat membantu untuk melakukan penyerapan polusi udara yang ada di sekitar tempat penanaman.

  1. Obat sakit perut

Bagi kebanyakan orang pasti pernah yang namanya mengalami sakit perut seperti mencret. Kondisi seperti ini pastinya sangat mengganggu pekerjaan, kenyamanan, bahkan sedikit membuat lelah karena harus bolak balik ke kamar mandi.

Cara untuk mensiasati hal ini yaitu bisa menggunakan tanaman pisang-pisangan atau heliconia untuk mengobati sakit perut ini. Tanaman yang bisa dijadikan obat tradisional ini selain alami cara membuatnya juga mudah.

Ambil tangkai daun tanaman heliconia kira-kira 15 gram kemudian cuci hingga bersih dan dipotong kecil-kecil. Setelah itu rebus potongan tangkai daun tadi dengan 3 gelas air sampai mendidih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian disaring untuk diambil sarinya dan air rebusan tersebut bisa diminum dua kali sehari pagi dan sore.

Itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada kalian tentang adanya deskripsi tanaman heliconia, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, jenis, dan manfaatnya. Semoga bisa memberika edukasi bagi kalian yang pada saat ini sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *