Tanaman Herbal Berbunga

Diposting pada

Jenis Herbal Berbunga

Herbal ialah serangkaian tanaman atau tumbuhan yang memiliki kegunaan atau nilai lebih dalam sisi pengobatan diri manusia. Atau bisanya dikatakan bahwa semua jenis tanaman yang memiliki kandungan bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan dapat digolongkan sebagai herbal.

Herbal seringkali juga disebut sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif. Masih banyak pengobatan herbal yang membutuhkan penelitian lebih lanjut, sebab kebanyakan dari penelitian herbal secara medis belum banyak yang melibatkan percobaan terhadap tubuh manusia.

Tanaman Herbal Bungga

Beragam jenis-jenis termasuk dalam pengertian tanaman hebal bunga yang ada di sekitar kita beserta manfaatnya  tergolong mudah ditemukan di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Hal ini tidak terlepas daripada kondisi tanah serta sistem ketahanan kesehatan masyarakat dahulu cenderung baik dalam sisi pengobatan tradisional.

Bahkan untuk di Indonesia sendiripun pernah dibutkan semacam program pada zaman orde baru untuk melakukan budidaya tanaman obat keluarga (TOGA), seperti di pekarangan rumah dibudidayakan tanaman jahe, tanaman kencur, tanaman kunyit, dan lain sebagainya.

Jenis Tanaman Herbal Berbunga

Tanaman dalam makna berbunga yang dapat dijadikan sebagai tanaman herbal beserta dengan manfaatnya, antara lain adalah sebagai berikut;

Kumis Kucing

Gambar Herbal Berbunga

Kumis kucing biasanya tumbuh di pekarangan rumah. Kumis kucing memiliki bunga berwarna putih dengan bentuk memanjang layaknya kumis dari hewan kucing. Kumis kucing yang tumbuh di Indonesia mempunyai kekhasan kandungan zat aktif seperti orthosiphon, sinensetin, lipophilic, flavonoid, orthosiphol, dan rosmarinic acid.

Kandungan tersebut hanya dimiliki oleh tanaman kumis kucing yang tumbuh di wilayah  tropis dan subtropis. Manfaat kumis kucing untuk kesehatan diantaranya yaitu untuk mengobati penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ ginjal, dan menyembuhkan diabetes, hipertensi, dan asam urat.

Kemuning

Tumbuhan Obat Bunga Kemuning

Kemuning bukan hanya bermanfaat sebagai tanaman hias, tapi ternyata tanaman bunga yang satu ini mengandung senyawa minyak atsiri. Selain itu, kemuning juga mengandung kumarin, flavonoid, alkaloid indol dan tannin, saponin, dan glikosida jantung.

Manfaat ekstrak kemuning untuk kesehatan diantaranya yaitu untuk untuk menurunkan jumlah glukosa di dalam darah.

Bunga Kenop

Bunga Herbal Kenop

Bunga kenop memiliki warna yang cerah dan bentuk yang unik, sehingga biasanya dijadikan sebagai hiasan di halaman rumah. Bunga kenop disebut juga bunga kancing atau kembang puter. Tanaman bunga yang satu ini berasal dari Amerika yang juga tumbuh di Asia ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk, demam, sakit kepala, radang mata, disentri, penambah nafsu makan, hingga asma.

Bunga Matahari

Bungga matahari untuk Obat

Bunga matahari banyak ditanam sebagai tanaman hias. Tapi ternyata bunga matahari mengandung banyak manfaat lain baik dari biji hingga minyak yang dihasilkannya. Biji dan minyak bunga matahari mengadung banyak vitamin, magnesium, kalsium, hingga kalium.

Biji bunga matahari bermanfaat untuk membantu mencegah keram otot, menjaga kesehatan kulit, mencegah osteoporosis, mengurangi sakit pada kepala, mencegah diabetes. Sedangkan minyak bunga matahari bermanfaat sebagai nutrisi bagi yang sedang diet karena mengadung omega-6, dan juga bisa menjadi obat anti inflamasi.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam jenis-jenis tanaman herbal bunga yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan serta menambh pengetahuan mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *