Tanaman Herbal Berdaun untuk Obat Keluarga

Diposting pada

Tanaman herbal pada hakehatnya sama dengan arti tanaman obat. Dimana menjadi keyakinan bahwasanya tumbuhan atas tanaman ini memiliki banyak manfaat dalam melakukan pencegahan serta mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit yang dialami oleh makhluk hidup.

Sejatinya pula alam telah menyedikan beragam jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Mulai dari tanaman herbal bungga, rempah-rempah, dedaunan, sampai buah. Oleh karena itulah setidaknya hal ini perlu untuk terus dilakukan kajian agar menemukan sejumlah penelitian yang akhirnya bisa diujikan secara medis.

Tanaman Herbal Daun

Tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal dengan jenis dedaunan ini sangat lazim dijumpai dalam pekarangan ataupun dalam jenis perkebunan yang ada di masyarakat Indonesia. Bahkan untuk beberapa wilayah dijadikan sebagai bagian daripada arti tanaman Toga.

Macam Herbal Berdaun

Daun-daun tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat atau termasuk dalam kategori tanaman herbal yang ada di masyarakat, antara lain:

Lidah Buaya

Tumbuhan Daun Obat Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Banyak yang mengatakan bahwa ekstrak dari ciri lidah buaya yang diusapkan pada wajah dapat menjaga kelembapan dan menghambat penuaan. Selain itu, beragam jenis lidah buaya biasanya digunakan sebagai pelembap serta penebal rambut.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan diantaranya yaitu;

  1. Lidah buaya dapat membantu penyembuhan luka pada kulit dengan lebih cepat
  2. Jiakalu diminum sangat baik untuk sistem pencernaan, asalkan dikelola dengan baik dan benar.

Daun Seledri

Tanaman Daun Obat Daun Seledri

Tanaman herbal yang satu ini umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan berkuah atau oseng-oseng. Daun seledri memiliki rasa yang gurih dan menambah citarasa tersendiri pada makanan. Orang-orang Sunda biasanya memanfaatkannya sebagai sebagai lalapan.

Manfaat daun seledri untuk kesehatan, diantaranya yaitu;

  1. Menyembuhkan penyakit rematik
  2. Mengobati masalah sendi
  3. Menurunkan tekanan darah
  4. Mengobati diabetes
  5. Mengobati asma
  6. Menyembuhkan mata kering

Kangkung

Daun Obat Lidah Buaya

Kangkung merupakan salah satu sayuran yang sudah sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman sayur yang satu ini ternyata bukan hanya kaya serat, tapi juga memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.

Manfaat kesehatan kangkung, diantaranya yaitu;

  1. untuk mengobati cacar air
  2. Mengurangi migrain dan sakit kepala
  3. Membantu menyebuhkan lemah syaraf
  4. Membantu mengobati sakit gigi dan sariawan
  5. Sasit dan sembelit
  6. Mengobati insomnia atau susah tidur

Pasak Bumi

Tanaman Obat Daun Pasak Bumi

Pasak bumi sebenarnya bukan merujuk pada ramuan khusus, tapi merupakan nama lain dari sebuah tanaman herbal yaitu tongkat ali. Manfaat pasak bumi untuk kesehatan, diantaranya yaitu;

  1. Mnurunkan stress
  2. Meningkatkan energy
  3. Menyuburkan pria yang mengalami disfungsi seksual
  4. Membesarkan otot
  5. Mencegah penuaan dini

Nah, itulah tadi penjelasan yang bisa kami sebutkan terkait dengan beragam macam tanaman herbal berdaun di Indonesia yang bisa bermanfaat untuk obat keluarga. Semoga melalui materi yang ditulis ini memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *