Tanaman Herbal dari Rempah-Rempah

Diposting pada

Tanaman herbal ialah tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia mempunyai senyawa yang bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, hingga mencegah serangan serangga dan jamur.

Diketahui bahwa setidaknya ada sekitar 12 ribu senyawa yang telah diisolasi dari berbagai tanamann obat di dunia. Akan tetapi, jumlah ini hanya 10% dari jumlah total senyawa yang bisa diekstraksi dari seluruh tumbuhan obat khususnya yang berhasil dari temukan dalam rempah-rempah (Tapsell, 2006). Oleh karena itulah sebagai penjelasan lengkap artikel ini menuliskan tentang macam-macam tanaman obat dari rempah-rempah.

Tanaman Herbal Rempah-Rempah

Tanaman rempah merupakan tumbuhan yang dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat obat tradisional ala Indonesia atau yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari dengan istilah jamu. Tanaman rempah yang banyak digunakan untuk jamu ini beranekaragam. Akan tetapi dari kesemuanya sangatlah mudah ditemykan di Indonesia, misalnya di pekarangan.

Bahkan dalam masa orde baru masyarakat segaja untuk dididik oleh pemerintah untuk membudidayakan jenis tanaman obat, dengan sebutan Toga (Tanaman Obat Keluarga) hal inilah setidaknya selain untuk melestariakan sistem pengetahuan juga sebagai upaya menciptakan tingkat kesehatan yang baik bagi seluruh komponen masyarakat.

Jenis Tanaman Herbal dari Rempah-Rempah

Sebagai penjelasan lebih lengkapnya, berikut inilah daftar nama-nama tumbuhan rempah-rempah yang bisa dijadikan sebagai obat. Antara lain;

Kunyit

Rempah-Rempah Kunyit

Kunyit merupakan tanaman rempah yang mana tumbuhan kunyit memiliki kandungan curcumin, yaitu bahan aktif dalam kunyit, yang memiliki sifat biologis yang kuat. Kerana waranya yang kuning atau orange, kunyit biasanya digunakan sebagai pewarna kuning alami pada makanan, misalnya nasi tumpeng atau nasi kuning.

Berdasarkan pada ciri morfologi kunyit inilah ditemukan banyak manfaat yang cukup beragam untuk kesehatan, antara lain menghilangkan bau badan, membunuh virus; menurunkan tekanan darah yang tinggi, menyembuhkan radang gusi; membantu mengembalikan siklus menstruasil, mengurangi rasa gatal; dan meredakan demam.

Kencur

Tanaman Obat Rempah-Rempah

Ciri utama kencur sebagai tanaman rempah ialah memiliki rimpang atau rizomanya mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dapat dimanfaatkan sebagai stimulan.

Manfaat kencur untuk kesehatan antara lain untuk mengobati sakit kepala, masuk angina, batuk dan flu, sakit perut karena mulas dan diare, keseleo dengan mengompreskan kencur tumbuk. Selain itu bisa membersihkan darah kotor dan mencegah batu ginjal.

Kayu Manis

Tanaman Herbal Kayu Manis

Kayu manis merupakan sejenis pohon penghasil rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis biasanya digunakan untuk campuran minuman seperti wedang dan juga teh manis. Kayu manis mengandung zat-zat anti inflamasi, anti infeksi, anti mikroba, antioksidan, polifenol, zat besi, kalsium, dan juga mangan.

Bergamnya kandungan zat tersebut membuat tanaman remaph yang satu ini juga mempunyai manfaat kesehatan yang beragam, diantaranya yaitu mencegah sakit jantung, mencegah kanker, mengurangi peradangan (sendi dan lainnya), meringankan perut kembung, mengurangi rasa nyeri akibat rematik.

Jintan Hitam

Jenis Tanaman Herbal

Habbatusauda atau di Indonesia dikenal sebagai jintan hitam merupakan tanmana rempah yang telah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk pengobatan di zaman dulu.

Manfaat jinten hitam untuk kesehatan antara lain untuk meredakan nyeri (analgesik), anti bakteri, radang, maag, hipertensi, bakteri, virus, dan jamur. Selain itu bisa untuk menagkal gangguan imun, mengobati diabetes, kanker usus besar, anomali pada saluran pencernaan, alergi, dan juga asma.

Kapulaga

Tanaman Herbal Kapulaga

Kapulaga ialah sejenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genera Elettaria dan Amomum dalam famili Zingiberaceae (keluarga jahe-jahean). Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak untuk makanan timur tengah.

Buah, batang, hingga akar kapulaga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal untuk membuat obat herbal keluarga yang alami. Kapulaga mempunyai manfaat diuretik, yaitu untuk melancarkan keluarnya air seni sehingga baik untuk kesehatan ginjal.

Sedangkan biji kapulaga bermanfaat untuk mengatasi hipertensi karena bisa melancarkan sirkulasi darah, mengatasi susah buang air besar dan diare, dan mengatasi gangguan pencernaan.

Jahe

Tanaman Herbal Jahe

Ciri tanaman jahe yang utama ialah memiliki tanaman rimpang yang populer dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe memiliki rasa pedas yang disebabkan senyawa keton bernama zingeron.

Manfaat secara umum untuk beragam jenis jahe dalam kesehatan diantaranya yaitu meringankan nyeri perut saat menstruasi, mengatasi sakit perut, diare, muntah, dan mual saat hamil, meredakan nyari dada, sakit punggung bawah, dan nyeri otot, mengobati masalah infeksi pada saluran pernafasan bagian atas.

Temulawak

Tanaman Herbal Tamulawak

Temulawak merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, yang bentuknya seperti kunyit namun dengan ukuran yang lebih besar. Temulawak biasanya digunakan sebagai bahan obat penambah nafsu makan untuk anak-anak.

Manfaat temulawak untuk kesehatan diantaranya yaitu untuk mengatasi mengatasi pegal badan, mengobati masalah perut seperit maag, kembung, dan diare. Selain itu bisa membantu mencegah penggumpalan darah, anti radang, dan mengobati sakit kuning.

Nah, itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan beragam jenis-jenis tanaman herbal dari rempah-rempah yang dimafaatkan sebagai pengobatan. Semoga melalui materi ini bisa memberikan bahasan mendalam. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *