Tanaman Indoor, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Tanaman Indoor Adalah

Semakin berkembangnya desain interior di Indonesia memberikan pengaruh positif terhadap lahirnya inovasi baru yang kekinian dan ramah lingkungan. Salah satu inovasi menarik pada desain interior yaitu digunakanannya elemen alam seperti tumbuhan sebagai salah satu komponen dalam konsep desainnya.

Tanaman yang digunakan dalam desain interior dapat memberikan sentuhan alam yang menyejukan mata dan menyegarkan pikiran. Tanaman ini biasanya akan diletakan di posisi khusus dalam ruangan seperti di meja maupun di sebelah cermin. Hal tersebut dapat memberikan nilai keindahan tersendiri bagi yang melihatnya.

Tanaman Indoor

Tanaman yang digunakan dalam desain interior dapat disebut juga tanaman indoor yang berarti tanaman dalam ruangan. Tanaman Indoor adalah tanaman yang dapat hidup didalam ruangan dengan sedikit cahaya matahari dan ada beberapa juga yang hanya membutuhkan sedikit air.

Pemilihan tanaman indoor yang cocok perlu diperhatikan dalam berinovasi sehingga penggabungan antara elemen desain dan elemen alam dari tanaman dapat menciptakan sinergi dengan konsep yang selaras. Hal ini akan berpengaruh terhadap suasana ruangan yang tercipta dan unsur seni dalam desain yang digunakan. Untuk itu perlu adanya pemilihan jenis tanaman indoor yang sesuai dengan konsep desain yang akan dibangun.

Jenis Tanaman Indoor

Adapun untuk beragam macam tanaman indoor yang mudah ditemukan dalam bidang pertanian, antara lain sebagai berikut;

Tanaman Hias

Pengertian tanaman hias telah banyak digunakan untuk mempercantik lingkungan tak terkecuali lingkungan dalam ruangan atau indoor. Ada dua kelompok tanaman hias yang dapat digunakan dalam ruangan yaitu jenis tanaman hias berbunga dan tidak berbunga.

Warna bunga yang dimiliki tanaman hias berbunga dapat menarik perhatian dan memikat hati orang yang melihatnya. Warna bunga yang beragam mulai dari warna cerah seperti merah muda, kungi, maupun merah cerah dapat menciptakan suasana ceria dalam ruangan dan penggunaan warna bunga yang kalem seperti ungu dapat menciptakan suasana yang menenangkan.

Kemudian untuk kelompok tanaman hias tidak berbunga juga tidak kalah menarik dalam urusan menciptakan suasana tenang dan menyejukan sekaligus memberikan kesan seni yang dalam. Tanaman ini biasanya mempunyai keunikan dan nilai estetika yang dapat membuat desain ruangan menjadi lebih hidup.

Tanaman Paku-pakuan

Jenis tanaman yang dapat digunakan untuk menghiasi bagian dalam ruangan adalah tanaman dari jenis paku-pakuan atau Pteridophyta yang pada umumnya banyak tumbuh di hutan dan di tempat yang lembab. Jenis tanaman paku-pakuan mempunyai keunikan penampakan baian tanamannya sepeti daun yang beragam dan berbeda dengan daun tanaman lainnya.

Hal tersebut yang membuat tanaman ini menampakan kesan yang unik jika digunakan sebagai penghias ruangan. Selain unik, indah dan khas Indonesia tanaman dari jenis paku-pakuan juga tak jarang meninggalkan kesan elegan pada ruangan.

Tanaman Palem dalam Pot

Tanaman palem dalam pot menjadi pilihan menarik dalam kategori pemilihan jenis tanaman yang diletakan dalam ruangan. Seperti diketahui bahwa tanaman palem pada umumnya ditanam di pekarangan rumah atau di tepi jalan sebagai ruang hijau.

Namun inovasi yang dilakukan telah menciptakan jenis tanaman palem yang dapat diletakan dalam ruangan. Inovasi ini juga menimbulkan penampilan palem lebih berbeda dari biasanya yaitu ukurannya lebih minimalis dengan ukuran daun yang lebih ramping.

Hal tersebut tidak mengurangi keindahan dari tanaman jenis ini untuk mempercantik ruangan. Tanaman palem yang diletakan dalam ruangan dapat menciptakan kesan yang elegan dan membawa suasana ruangan menjadi lebih tenang dan menyejukan.

Untuk menambah nilai seni pada tanaman dan desain ruangan, jenis palem dalam ruangan dapat ditanam dalam pot unik dan cantik sehingga palem lebih menarik ketika dipandang. Baca jugaPengertian Tabulampot, Jenis, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Manfaat Tanaman Indoor

Tanaman dalam ruangan atau indoor selain menjadi salah satu komponen dalam desain interior yang dapat mempercantik ruangan ternyata mempunyai segudang manfaat bagi lingkungan dalam ruangan maupun manusia. Tanaman indoor bahkan diyakini dapat bermanfaat bagi lingkungan, kesehatan hingga kecantikan.

Berikut beberapa manfaat dari tanaman yang diletakan dalam ruangan:

Mengurangi Stres

Stres dapat dipicu karena kejenuhan tingkat tinggi yang menimpa seseorang akibat akivitas kesehariannya maupun kondisi tubuh yang kurang mendukung. Tanaman yang diletakan dalam ruangan dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi tingkat stres yang sedang dialami.

Hal ini dikarenakan tanaman indoor mempunyai nilai seni yang baik dari segi bentuk, warna, model mapun coraknya sehingga dapat membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

Selain itu, tanaman dalam ruangan juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh agar metabolisme dapat berjalan dengan lancar dan otak akan menjadi lebih rileks yang secara langsung dapat mengurangi kadar stres dalam tubuh.

Menyegarkan Ruangan

Tanaman dalam ruangan mempunyai kehidupan yang sama degan tanaman yang lainnya termasuk tetap melakukan proses metabolisme dalam tubuhnya. Salah satu proses metabolisme yang wajib dilakukan oleh tanaman adalah proses fotosintesis yang menghasilkan zat makanan dan berguna bagi keberlangsungan hidup tanaman tersebut.

Pada proses fotosintesis, tanaman memerlukan karbondioksida dan akan menghasilkan oksigen. Karbondioksida yang biasanya dikeluarkan oleh manusia sebagai zat buangan dari aktivias bernafas dapat ditangkap tanaman yang diletakan dalam ruangan sebagai bahan fotosintesis.

Hasil dari proses ini yaitu oksigen dilepaskan tanaman dan digunakan manusia untuk bernafas. Dengan kata lain, ruangan yang terdapat tanaman didalamnya kaya akan oksigen yang dihasilkan oleh tanaman. Lingkungan dengan oksigen yang berlimpah akan lebih segar dan sejuk sehingga lebih menguntungkan bagi kehidupan makhluk hidup.

Menyehatkan dan Menyegarkan Mata

Tampilan yang cantik dan menawan dari tanaman dalam ruangan tentunya memberikan banyak pengaruh bukan hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi manusia yang melihatnya. Mata adalah salah satu bagian penting pada tubuh sebagai indra penglihatan.

Penyakit mata yang sering disebabkan oleh kelelahan dapat diatasi salah satunya dengan melihat sesuatu yang menyejukan dan menyegarkan. Tanaman yang pada dasarnya memiliki tampilan yang segar dan sejuk dapat menjadi solusi terbaik pada saat kelelahan menyerang mata.

Maka dari itu, meletakan tanaman di dalam ruangan dapat menjadi cara terbaik untuk menyegarkan dan menyehatkan penglihatan.

Contoh Tanaman Indoor

Ada beberapa contoh tanaman yang dapat digunakan untuk menghias dalam ruangan antara lain sebagai berikut;

Anggrek

Anggrek dapat menjadi pilihan tepat untuk ditempatkan dalam interior rumah. Tanaman anggrek dikenal memiliki bentuk bunga yang unik dengan warna yang siap memikat hati. Selain itu tanaman anggrek mudah ditemukan karena telah banyak yang merawat dan menbudidayakannya.

Anthurium

Anthurium yang berasal dari keluarga Araceae memiliki daun cantik dan unik yang menjadi daya tarik utama dari tanaman ini. Tanaman ini mempunyai keindahan tersendiri dengan nilai ekonomi cukup tinggi. Tanaman ini mempunyai nama lain tanaman para raja karena sering digunakan untuk menghias taman dan istana pada masa kerajaan.

Garber Daisy

Gerber Daisy termasuk dalam keluarga Asteraceae dan di Indonesia memiliki sebutan herbras. Tanaman ini mempunyai warna mahkota bunga yang indah dan bervariasi mulai dari warna merah muda, orange, ungu, putih dan kuning. Warna bunga Gerber daisy menjadi daya tarik utama yang membuat ruangan menjadi lebih indah dan ceria.

Lidah Mertua

Lidah mertua dikenal mempunyai daun yang tebal dengan bentuk yang ramping dan panjang seperti pedang. Tanaman ini merupakan tanaman hias indoor tidak berbunga yang mampu menyerap banyak polutan dalam ruangan.

Selain keunikan daunnya, sanseviera banyak digunakan sebgai tanaman indoor karena perawatannya yang mudah dan tidak membutuhkan banyak air dalam bertahan hidup.

Lili Paris

Lili paris adalah contoh tanaman semak yang cantik untuk diletakan dalam ruangan. Tanaman hias ini akan lebih indah jika digantung dalam ruangan. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan banyak digemari karena dapat ditumbuhkan dengan mudah.

Palem Kuning

Palem kuning adalah salah satu contoh palem yang menawan ketika diletakan dalam ruangan. Palem kuning yang memiliki tampilan ramping dan tinggi memberikan kesan minimalis dalam ruangan. Tanaman ini juga sangat harmonis ketika dipadukan dengan konsep ruangan bermotif etnik dengan dominasi warna coklat cerah yang indah dan terkesan lembut.

Pakis Boston

Pakis boston merupakan contoh tanaman dari jenis paku-pakuan yang dapat memberikan kesan lembab dan sejuk dalam ruangan. Pakis ini lebih sesuai jika digantungkan dengan jendela sehingga kesan alami lebih terpancar dalam ruangan tersebut. Pakis ini mudah ditemukan dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit untuk meletakannya dalam ruangan.

Itulah tadi materi yang membahas tentang pengertian tanaman indoor, macam, manfaat, dan contohnya yang mudah ditemukan dalam keseharian. Semoga melalui artikel ini dapat memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *