Contoh Tanaman Industri Yang Ada di Masyarakat

Diposting pada

Contoh Tanaman Industri

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis yang membuat habitat dari macam-macam komoditi tanaman industri. Yang tergolong ke dalam tanaman atau arti tumbuhan industri yakni tanaman yang digunakan sebagian atau semua bagian tanaman tersebut untuk keperluan industri. Biasanya digunakan sebagai industri pakaian, arti makanan, kesehatan, ataupun hal lainnya.

Yang pasti, contoh tanaman tersebut biasanya jenis yang paling terkenal dan paling banyak dimanfatkan oleh berbagai industri di Indonesia.

Tanaman Industri

Tanaman industri adalah tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar industri. Seiring perkembangan zaman modern ini tidak diragukan lagi supaya tidak mengalami ketertinggalan terhadap kebutuhan bahan dasar industri karena kebanyakan dalam hal tersebut sering membutuhkan yang namanya tanaman dalam pembuatannya barang-barang.

Di dalam kehidupan sehari-hari sering kita menjumpai berbagai keperluan pokok dan hasil dari keperluan tersebut yang merupakan dari tanaman sebagai bahan dasar industri dan tentunya terdapat banyak kegunaan yang bisa kamu dapatkan dari hasil yang telah jadi tersebut.

Telah kita ketahui bahwa sebelumnya terdapat macam-macam komoditi tanaman yang dapat digunakan sebagai pengolahan bahan dasar industri, pastinya berasal dari hasil alam yang diperoleh lebih bermanfaat apabila diolah dengan baik, tetapi alangkah lebih baik tidak dilakukan hal yang berlebihan atau biasa dikenal dengan istilah eksploitasi supaya tetap menjaga keasrian alam dan tidak dirusak oleh tangan manusia.

Contoh Tanaman Industri

Berikut contoh tanaman industri yang ada di masyarakat antara lain

  1. Tanaman Kelapa Sawit

Tanaman Industri Kelapa Sawit
Tanaman Kelapa Sawit

Tidak diragukan lagi jika keperluan minyak goreng merupakan salah satu keperluan yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat luas karena jika ingin memasak tentunya memerlukan minyak goreng sementara minyak berasal dari tanaman kelapa sawit untuk membuat produk minyak kelapa sawit sehingga tanaman ini telah dikelompokkan sebagai tanaman industri yang menghasilkan banyak sekali kegunaan bagi kalangan masyarakat luas.

Di daerah Sumatera ataupun Kalimantan terdapat perkebunan kelapa sawit dibudidayakan. Kelapa sawit yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar dari minyak sawit. Masyarakat Indonesia sebagian besar memanfaatkan minyak sawit sebagai kebutuhan memasak.Bukan hanya untuk keperluan rumah tangga, minyak sawit juga sangat dibutuhkan dalam hal industri, bahan bakar dan masih banyak kegunaan lainnya.

Budidaya tanaman kelapa sawit tidak berasal dari negara Indonesia asli namun berasal dari negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tetapi, kelapa sawit yang berada di Indonesia bukan dari Benua Amerika  secara langsung. Ketika masa penjajahan, terdapat orang Belanda yang mengirim kelapa sawit yang berasal dari Afrika kemudian dibudidayakan di Bogor lebih tepatnya pada area Kebun Raya Bogor.

Kelapa sawit terbagi dari banyak jenis varietas. Tetapi, kelapa sawit yang dibudidayakan di negara Indonesia biasanya berasal dari jenis Elaeis Guineesis Jacqu. Varietas tersebut mulai memproduksi buah ketika berumur tiga tahun. Hasil buah tersebut bisa terus berkembang ketika periode produktif rata- rata pohon sawit bisa mencapai umur 25 tahun.

Kelapa sawit tidak termasuk tanaman yang mengenal adanya musim. Buah dari pohon kelapa sawit biasanya bisa dipanen sepanjang tahun tanpa mempedulikan musim. Bagian dari kelapa sawit yang digunakan sebagai bahan dasar industri yaitu bagian buah. Buah kelapa sawit terdapat kandungan minyak sekitar 50% dari semua kandungan yang berada di dalamnya.

  1. Tanaman Jarak

Tanaman Industri Jarak
Tanaman Industri Jarak

Tanaman industri yang kedua yaitu tanaman jarak. Tanaman jarak umumnya dijumpai di daerah hutan, tepi pantai, pekarangan rumah ataupun yang lain. Tanaman jarak yang berperan sebagai tumbuhan liar, memiliki kegunaan untuk keperluan industri. Oleh karena itu, banyak orang yang sengaja memperbanyak dan membudidayakan tanaman jarak di halaman pekarangan rumah. Sebutan untuk tanaman jarak berbeda- beda di tiap daerah.

Orang  Madura umumnya memanggil tanaman jarak dengan sebutan nama Kaleke sementara di daerah Sumatera sebutan tanaman jarak yaitu Gloah dan Dulang. Sedangkan di masyarakat Sunda menyebut tanaman jarak yaitu Kaliki. Tanaman jarak di Indonesia terbagi menjadi empat jenis atau varietas yakni tanaman jarak pagar, jarak kepyar, jarak wulung dan jarak bali.

Tanaman jarak biasanya digunakan sebagai bahan bakar biodesel, dan minyak jarang bisa digunakan sebagai produk turunan lainnya diantaranya yaitu pelumas mesin atau lubricants, pupuk organik bagi tanaman, dan obat-obatan apabila zat racun di dalam minyak jarak sudah dibuang terlebih dahulu.

  1. Tanaman Kayu Putih

Tanaman Industri Kayu Putih
Tanaman Kayu Putih

Minyak kayu putih digunakan untuk keperluan sehari- hari bangsa Indonesia karena mempunyai sensasi hangat saat dioleskan ke permukaan kulit. Kegunaan minyak kayu putih untuk mengurangi berbagai macam penyakit ringan misalnya mengurangi pusing, masuk angin, mual ataupun lainnya.

Minyak kayu putih diambil dari tanaman kayu putih atau biasa dikenal dengan istilah lain yakni Gelam. Kayu putih adalah jenis tanaman yang bisa hidup di daerah yang panas dan kering. Indonesia Timur dan Australia merupakan daerah habitat yang bagus untuk program pengembangbiakan jenis tanaman obat ini.  Tanaman kayu putih terkhusus bagian daun terdapat kandungan minyak atsisi hingga aromanya sangat ciri khas.

Keperluan kayu putih di dunia industri mewajibkan tanaman ini untuk dibudidayakan dalam skala besar. Hutan kayu putih dapat menjadi sumber produksu kayu putih yang dapat memenuhi keperluan industri dalam skala besar.

Keperluan industri terhadap daun kayu putih semakin naik tiap harinya. Tetapi, bagian daun kayu putih yang diproduksi oleh perkebuna dan hutan tidaklah sebesar keperluan. Oleh karena itu, mempunyai kebun kayu putih dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

  1. Bunga Melati

Tanaman Industri Melati
Tanaman Melati

Melati adalah tanaman bunga yang tergolong ke dalam jenis tanaman semak perdu. Batang tanaman melati tegak dengan daun yang membulat dan berwarna hijau. Tanaman ini bisa hidup selama bertahun- tahun. Salah satu tanaman asli yang berasal dari daerah dengan iklim tropis yang menjadikan lebih tahan terhadap berbagai kondisi misalnya lahan yang kering dan sebagainya.

Melati memiliki spesies lebih dari 200 spesies yang terkenal di Indonesia antara lain melati sore, melati gambir, melati kuning, Jasminum polyanthum, Jasminum glandiflorum, dan Jasminum multiflorum.

Melati biasanya digunakan sebagai bahan campuran teh. Aroma pada melati sangatlah harum dan khas sehingga banyak yang mencampur melati dengan teh. Pemakaian bunga melati di industri bukan hanya sebagai campuran teh saja. Namun ada kegunaan lainnya antara lain minyak, komestik,dan sabun.

  1. Tanaman Rotan

Tanaman Industri Rotan
Tanaman Rotan

Rotan adalah tanaman asli yang berasal dari Indonesia yang dimanfaatkan sebagai bahan baku industri. Umumnya rotan digunakan sebagai pembuatan berbagai macam furniture. Indonesia merupakan produsen sebesar 70% rotan dunia. Keperluan rotan di dunia sebesar 30% dipasok dari berbagai negara lain misalnya Filipina, Sri lanka, ataupun Malaysia.

Rotan tergolong tanaman unik karena berbatang menjalar ke atas pohon- pohon yang berada di hutan. Walaupun tumbuhnya ke arah atas dan memanjat namun tanaman ini tidak mempunyai sulur sehingga untuk menanjat ataupun bergerak ke atas rotan menggunakan duri tajam yang berada di sepanjang batangnya untuk bergantung di batang pohon lain.

Jenis rotan yang paling sering dimanfaatkan sebaga bahan baku industri antara lain rotan jernang besar, rotan dahana, rotan semambu, rotan jemarsin, dan rotan dandan.

  1. Tanaman Karet

Tanaman Industri Karet
Tanaman Karet

Tanaman karet adalah tanaman yang memiliki kegunaan yang sangat banyak di semua dunia industri dan biasanya dijumpai dalam kehidupan sehari- hari contohnya ban.

Getah yang keluar dari pohon karena adanya irisan yang diberikan di kulit pohon akan menetes dan dikumpulkan ke dalam bak mandi kemudian akan dikirimkan dan diolah oleh pabrik untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industri.

Untuk harga getah karet ada yang bilang sangat murah sekali namun saat dijual dalam bahan- bahan akan mempunyai harga penawaran yang sangat mahal.

  1. Tanaman kapas

Tanaman Industri kapas
Tanaman Kapas

Tanaman kapas umumny digunakan di dunia industri sehingga jangan terkejut apabila tanaman industri saat ini telah menjadi salah satu keperluan bahan baku di dunia industri tekstil. Bahkan banyak yang telah mengembangbiakan tanaman kapas karena kebutuhannya yang kian meningkat.

  1. Lidah Buaya

Tanaman Industri Lidah Buaya
Tanaman Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya digunakan sebagai tanaman industri karena dapat menjadi industri makanan misalnya nata de coco dan untuk kesehatan maupun kecantikan. Contoh penggunaan dalam berbagai jenis tanaman lidah buaya dalam dunia industri makanan misalnya nata de coco. Sementara penggunaan tanaman lidah buaya contohnya digunakan untuk industri pembuatan shampo.

  1. Tanaman Alang-Alang

Tanaman Industri Alang-alang
Tanaman Alang-alang

Tanaman alang-alang digunakan untuk dunia industri obat herbal misalnya larutan penyegar ataupun obat panas dalam yang biasanya berbentuk minuman.

  1. Tanaman jeruk nipis, tomat dan timun

Tanaman Industri Buah
Jeruk nipis, tomat, dan timun

Tanaman seperti tanaman jeruk nipis, tanaman tomat, bahkan tanaman timun biasanya digunakan untuk industri komestika atau komestik dalam pembuatan aneka jenis komestik kecantikan yang digunakan dalam perawatan wajah ataupun tubuh.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa tnaman industri adalah jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar industri untuk sebagian besar yang sering memerlukan bahwa tanaman industri dalam proses pembuatannnya. Keperluan dasar dan hasil keperluan tersebut biasanya berasal dari sebagai bahan dasar untuk industri, terdapat kegunaan yang bisa kamu peroleh tiap harinya.  Tanaman industri digunakan untuk kebutuhan industri, kesehatan ataupu sanitasi.

Jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai industri pengolahan bahan dasar atau baku, itu pasti saja hasil alami akan didapatkan lebih bermanfaat apabila diperlakukan dengan benar, tetapi tak melaksanakan itu namanya eksplotitasi yang mengambil profit sebanyak- banyaknya tanpa memandang keindahan alam sehingga akan membutuhkan aktivitas reboisasi.

Demikinlah artikel yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan berbagai jenis tanaman industri dan pemanfaatannya yang ada di masyarakat. Semoga memberikan wawasan serta edukasi bagi semuanya yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *