Tanaman Jagung, Klasifikasi, Jenis, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Tumbuhan Jagung

Jagung adalah salah satu dari sekian banyak tanaman pangan biji-bijian yang berpotensi baik dalam pasar. Tanaman jagung dalam kehidupan sehari-hari sering dicari untuk bahan pembuatan makanan dan dijadikan sebagai bahan utama dalam penjualan jagung bakar.

Jagung selain dibutuhkan manusia juga digunakan untuk makanan hewan. Hal ini bukan berarti pohon jagung merupakan tumbuhan yang sedikit gizi, justru kandungan yang ada pada jagung sangat banyak dan beragam. Sehingga jagung sangat bermanfaat untuk manuia ataupun hewan.

Tanaman Jagung

Jagung merupakan tanaman monokotil dan sering tumbuh pada musim iklim panas. Biasanya tanaman jagung dapat hidup dalam waktu sekitar 80 sampai dengan 150 hari. Tanaman jagung disebut-sebut berasal dari Amerika Tengah atau tepatnya Negara Meksiko.

Tumbuhan jagung juga memiliki nama ilmiah yaitu zea mays spp. Jagu juga dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena didalamnya mengandung contoh karbohidrat yang tinggi.

Klasifikasi Jagung

Adapaun sistem klasifikasi pada tanaman jagung antara lain sebagai berikut;

Kingdom Plantae
Divisi Magnoliophyta
Sub divisi Angiospermae
Sub Kingdom Tracheobionta
Sub Kelas Commelinidae
Ordo Graminae
Famili Graminaceae
Genius Zae
Spesies Zea Mays L

Jenis Jagung

Jagung memiliki beberapa jenis, dimana masing-masing jenisnya mempunyai ciri dan kekhususan tersendiri. Macam tanaman jagung diantaranya yaitu :

  1. Jagung tepung

Jagung tepung merupakan salah satu jenis jagung yang dijadikan bahan baku pembuatan tepung maizena. Tepung meizena sendiri termasuk tepung yang banyak dicari orang, karena berguna untuk mengolah berbagai bahan makanan.

Selain tepung maizena, ternyata biji dari jenis jagung tepung juga dapat menjadi pengganti dari tepung tapioka dan tepung terigu. Biji jagung tepung mempunyai endosperma yang mampu menghasilkan pati lunak.

  1. Jagung manis

Jagung manis bukan hal lasing lagi bagi kebanyakan orang. Jenis jagung ini seringkali digunakan untuk bahan utama dalam pembuatan jagung bakar. Selain dijadikan sebagai jagung bakar, jagung manis juga dapat dikonsumsi dengan cara dikukus.

Jagung manis memiliki rasa yang manis seperti namanya. Bentuk biji jagung manis sendiri yaitu mempunyai tekstur yang sedikit keriput. Jagung ini juga sering dipanen pada saat usia jagung masih muda.

  1. Jagung mutiara

Apabila dilihat dari namanya, jenis jagung ini terlihat begitu menawan karena ada embel- embel mutiara. Namun, ternyata jenis jagung yang satu ini memang begitu menawan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Khasiat kesehatan yang diperoleh dari jagung mutiara ini dikarena jagung mempunyai kandungan zat besi, serat, vitamin, dan karbohidrat. Salah satu manfaat kesehatan yang dapat diperoleh ketika mengkonsumsi jenis jagung ini yaitu mencegah adanya penyakit kolestrol pada tubuh.

  1. Jagung berondong

Berondong atau popcorn merupakan makanan ringan yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Makanan ini kerap ditemui di bioskop sebagai camilan untuk menemani menonton film.

Jenis jagung berondong merupakan jagung yang memiliki tekstur biji berbeda sendiri dari jagung yang lain. Bagian biji jagung ketika digoreng atau diolah untuk dijadikan popcorn akan meletup- letup karena dipanaskan. Apabila diolah menjadi berondong maka jagung akan mengembang lebih besar dari ukuran awalnya.

  1. Jagung ketan

Jagung ketan memiliki nama lain yaitu waxy corn. Jenis jagung ini cukup berbeda dari jagung kebanyakan, karena jagung ketan lebih sering digunakan sebagai bahan perekat dibandingkan sebagai bahan makanan. Jagung ketan juga memiliki kandungan amilopektin. Biasanya kandungan amilopektin pada jagung berisi sekitar 70% dan 30% nya merupakan kandungan amilose.

Ciri Morfologi Jagung

Morfologi pada tanaman jagung dapat dibedakan menjadi 4 bagian yaitu akar, batang, daun dan bunga. Berikut dibawah ini penjelasan dari ketiga bagian tanaman jagung :

  1. Akar

Jagung termasuk yang berkeping satu, artinya jagung merupakan tanaman yang memiliki arti akar serabut. Jenis akar serabut biasanya berada pada kedalaman tanah sekitar 20 cm sampai dengan 80 cm.

Akar pada tumbuhan jagung juga dapat muncul dipermukaan tanah yang nantinya dijadikan untuk menguatkan tanaman jagung. Jenis akar yang muncul dipermukaan tanah ini sering disebut akar adventif dan biasanya muncul ketika tanaman sudah berumur dewasa.

  1. Batang

Pengertian batang tanaman jagung memiliki bentuk yang bulat namun tidak sempurna dan beruas- ruas. Batang jagung juga kokoh dan sangat kuat, tetapi tidak banyak mengandung zat kayu atau lignin. Struktur batang jagung memiliki dua bagian, yang pertama pada bagian luar bertekstur keras. Sedangkan pada bagian dalam batang jagung bertekstur seperti gabus.

  1. Daun

Daun pada pohon jagung berbentuk memanjang dan dikatakan sebagai daun sempurna. Artinya jenis daun ini merupakan daun yang mempunyai tangkai, pelepah, dan helai daun.

Bagian antara pelepah dan tangkai daun biasanya terdapat lidah- lidah atau ligula. Daun pada jagung juga memiliki tulang daun yang sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang memiliki tekstur berambut ada pula yang licin.

  1. Bunga

Pengertian bunga pada tumbuhan ini merupakan salah satu bagian terpenting dari jagung. Selain sebagai mahkota, pada bunga ini akan dilakukan penyerbukan dan menghasilkan buah jagung atau tongkol. Susunan bunga jagung yaitu diklin artinya bunga jantan dan betina terpisah dalam satu tanaman. Bunga jantan tersusun pada bagian tanaman yang paling atas. Sedangkan bunga betina tersusun dalam tongkol.

Manfaat Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman atau sayuran yang mudah dijumpai dalam pasar. Tumbuhan yang satu ini sering dicari banyak orang untuk diolah dan dijadikan sebagai makanan. Akan tetapi ternyata jagung memiliki segundang manfaat diantaranya yaitu :

  1. Menjaga kesehatan penglihatan

Mengkonsumsi jagung manis dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan mata. Hal ini disebabkan jagung manis memiliki kandungan antioksidan dan pigmen zeaxanthin yang akan melindungi mata agar terhindar dari penyakit seperti degenerasi makula.

  1. Meningkatkan daya ingat

Siapa yang tidak jengkel dengan sifat pelupa pada seseorang? Sifat ini dapat mengganggu kegiatan sehari- hari, seperti misalnya lupa menaruh dompet, remot televisi, dan lain sebagainya.

Ternyata, untuk mengatasi masalah diatas, maka dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi jagung manis. Kandungan vitamin B1 dan Thiamine yang terdapat pada jagung manis berfungsi untuk membantu meningkatkan daya ingat, sehingga sifat lupa setidaknya bisa diatasi.

  1. Mencegah masalah jantung

Jagung dikenal kaya akan vitamin B9 dan folat. Vitamin ini berfungsi untuk menurunkan asam amino yang ada pada pembuluh darah tubuh. Apabila asam amino dalam tubuh tinggi, maka hal ini bisa menyebabkan masalah jantung. Sehingga konsumsi jagung disarankan agar dapat menurunkan dan mencegah resiko terkena masalah jantung

  1. Meningkatkan kekuatan tulang

Jagung memiliki kandungan yang beragam diantaranya yaitu zat seng, tembaga, dan mangan. Kandungan tersebut dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan otot pada tubuh. Selain itu magnesium yang ada pada jagung juga dapat mencegah rasa mati pada otot dan tubuh.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Protein dan vitamin C yang terdapat pada jagung dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan yang ada pada jagung tersebut juga berfungsi untuk mencegah terjadinya flu dan demam serta mampu memberikan asupan energi pada tubuh.

Cara Budidaya Jagung

Berikut dibawah ini adalah cara budidaya pohon jagung, antara lain;

  1. Mempersiapkan benih

Kualitas benis yang paling baik dapat dipilih dan nantinya dapat dijadikan untuk memperbanyak tanaman jagung. Namun, sebelum melakukan pemilihan benih alangkah baiknya untuk mempersiapkan jenis jagung yang ingin ditanam. Hal ini agar hasinya sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Mempersiapkan media tanam

Tanah yang diperlukan untuk menanam jagung yaitu tanah gembur. Selian itu, pilihlah lahan yang berada di ketinggian yang tepat, karena jagung akan lebih tumbuh subur apabila berada di iklim tropis atau sub ttopis dengan curah hujan yang ideal.

  1. Menanam jagung

Penanaman jagung dapat dilakukan pada saat curah hujan tidak terlalu tinggi, hal ini berkisar antara bulan Mei hingga Juli. Tahap pertama yang dilakukan untuk menanam jagung ialah menaburi lahan dengan pupuk kompos 10 sampai dengan 20 ton per hektar.

Selanjutnya tanah yang sudah diberi pupuk kompos dapat disiram dengan pupuk semprot 5 kg per hektar. Kemudian tanah dilubangi untuk dimasukan benih, setelah itu tutup dengan pupuk kompos lagi.

  1. Merawat jagung

Tanaman jagung perlu dirawat agar bisa tumbuh dengan baik. Caranya yaitu mengganti tanaman yang sudah mati dengan bibit baru. Selain itu perlu dilakukan pembersihan lahan agar terhindar dari berbagai gangguan gulma dan hama.

Demikianlah saja artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tanaman jagung, klasifikasi ilmiah, jenis, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *