Tanaman Kayu Manis, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Pohon Kayu Manis

Tanaman kayu manis adalah jenis tumbuhan obat yang asli berasal dari negara Indonesia. Kayu manis ini memiliki rasa seperti namanya yaitu manis.

Jenis tanaman ini biasanya kerapkali dijadikan bumbu dalam masakan, baik untuk sayuran bahkan sampai digunakan untuk bahan pembuatan kolak agar lebih manis. Tanaman ini kemudian tersebar luas keseluruh nusantara.

Kayu Manis

Tanaman kayu manis selain tersebar luas ke berbagai daerah di Indonesia juga sering dibudidayakan di negara Filipina. Kayu manis merupakan tanaman yang masuk dalam jenis tanaman herbal rempah-rempah. Pohon kayu manis bisa mencapai ketinggian sekitar 500 sampai dengan 1500 meter. Selain itu tanaman ini juga mempunyai kandungan yang cukup banyak seperti minyak atsiri, karbohidrat dan alcohol.

Klasifikasi Kayu Manis

Berikut ini merupakan klasifikasi tanaman kayu manis yaitu:

Kingdom Plantae
Sub kingdom Tracheobionta
Super divisi Spermatophyta
Divisi Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Sub kelas Magnolidae
Ordo Laurales
Famili Lauraceae
Genus Cinnamomum
Spesies Cinnamomum burmannii

Ciri Morfologi Kayu Manis

Berikut dibawah ini merupakan ciri morfologi yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Batang

Morfologi pertama yang bisa kita pelajari dari tanaman kayi manis adalah bagian batangnya. Pohon kayu manis memiliki ketinggian 5 sampai dengan 15 meter dengan warna kulitnya yaiti abu-abu. Jenis batang kayu manis berdiri dengan tegak lurus dan mempunyai cabang-cabang. Selain itu batang bertekstur sangat padat, berat, dan strukturnya sangat halus.

Bagian dari tanaman ini yang sering digunakan merupakan kulit kayu manis. Selain itu cabang dan ranting pada kayu manis memiliki kandungan minyak atsiri.

  1. Daun

Daun tanaman kayu manis termasuk jenis daun tunggal dan bersifat kaku seperti dilapisi kulit. Letak daun berselang seling dengan panjang tangkai sekitar 0,5 sampai dengan 1,5 cm. Tanaman manis memiliki tulang daun yang jumlahnya 3 dan posisinya sedikit melengkung. Sedangkan daun kayu manis sendiri bentuknya elips dengan panjang sekitar 4 cm dan lebarnya 1,5 hingga 6 cm.

Ujung daun tanaman kayu manis meruncing dan tepinya datar atau rata. Bagian permukaan atas pada daun bertekstur sedikit licin dan berwarna hijau. Sedangkan bagian bawahnya berwarna keabu-abuan. Namun daun yang masih muda warnanya juga berbeda yaitu merah pucat.

  1. Bunga

Tumbuhan kayu manis memiliki bunga yang berukuran cukup kecil dan warnanya ialah kuning serta tumbuh di bagian malai. Definisi bunga pada tanaman ini disebut sebagai bunga sempurna karena mempunyai 2 kelamin yaitu jantan (benang sari) dan betina (putik).

Bunga kayu manis mempunyai kelopak yang jumlahnya 6 helai dan berada pada dua kelompok. Sedangkan benang sari pada tanaman kayu manis berjumlah 12 helai.

Bunga kayu manis berfungsi untuk melakukan penyerbukan. Biasanya penyerbukan dibantu oleh serangga dan angin.

  1. Biji

Struktur biji tanaman kayu manis memiliki bentuk bulat seperti telur dan ukurannya kecil-kecil. Bagian biji yang umurnya masih muda berwarna hijau sedangkan yang sudah tya warnanya akan berubah menjadi hitam.

Manfaat Kayu Manis

Tanaman kayu manis selain bisa digunakan untuk bumbu masakan juga memiliki banyak manfaat yang mungkin kurang dipahami banyak orang. Salah satu manfaat dari tanaman kayu manis adalah:

  1. Meringankan berbagai gejala menstruasi

Kayu manis yang direbus bisa bermanfaat untuk meringankan gejala menstruasi yang dialami para perempuan. Biasanya gejala menstruasi setiap wanita berbeda-beda tergantung kebiasaannya masing-masing. Ada beberapa wanita yang tidak mengalami gejala ketika akan menstruasi. Namun ada pula yang bergejala seperti nyeri dipinggang, badan linu-linu, sakit bagian perut dan lain-lain.

Berbagai gejala yang dirasakan tersebut bisa diatasi dengn cara yang alamiah dan murah. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi kayu manis yang sudah direbus.

  1. Melawan bakteri dan jamur

Manfaat lain dari tanaman kayu manis ialah bisa melawan bakteri dan jamur yang akan masuk dalam tubuh. Kandungan antibakteri dan antijamur yang ada pada kayu manis membantu pencegahan masuknya berbagai infeksi yang akan masuk dalam tubuh,yang mana infeksi tersebut diantaranya yaitu e coli dan salmonella.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Siapa yang tidak senang jika jantung pada tubuh sehat? Pasti jawabannya adalah semua orang menyukai hal tersebut. Jantung yang sehat bisa membuat seseorang melakukan aktivas lebih mudah, lebih cekatan, dan pastinya kesehatan lebih terjamin.

Menjaga kesehatan jantung bisa kita lakukan dengan berbagai cara seperti olahraga secukupnya, makan makanan yang bergizi dan menyehatkan serta mengkonsumsi tanaman kayu manis. Kayu manis ini memang dipercaya bisa menjaga kesehatan jantung pada tubuh.

Cara untuk mengkonsumsi kayu manis ini yaitu merebus tanaman kayu manis dan meminumnya secara perlahan, lakukan hal ini secara teratur agar manfaat segera bisa dirasakan.

  1. Menjaga kesehatan otak

Luar biasa, kayu manis adalah tumbuhan yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan otak. Rebusan kayu manis bisa membantu memberikan perlindungan pada neuron, meningkatkan nestransmitter dan fungsi motoril yang ada pada otak.

  1. Menurunkan gula darah

Bagi penderita diabetes, menurunkan kadar gula darah pada tubuh adalah sesuatu yang perlu dilakukan, agar kondisi tubuh lebih sehat. Selain itu untuk menurunkan kadar gula darah , tanaman kayu manis juga bisa di manfaatkan, karena tumbuhan ini akan memberikan efek pada tubuh yang bertugas seperti insulin yaitu mengeluarkan gula dari aliran darah.

  1. Mampu menurunkan berat badan

Berat badan merupakan sesuatu yang penting bagi kebanyakan orang. Terlebih lagi jika seseorang yang sedang mengalami berat badan terlalu banyak dan menyebabkan kegemukan maka akan berusaha untuk menurunkan berat badannya agar terlihat lebih ideal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan selain olahraga dan menjaga pola makan ialah dengan mengkonsumsi rebusan kayu manis. Rebusa kayu manis ini sangat berkhasiat dan bisa menjadi alternatif untuk penurunan berat badan.

Teknik Budidaya Kayu Manis

Langkah – langkah untuk melakukan budidaya tanaman kayu manis adalah:

  1. Pemilihan lahan

Lahan pertanian yang diperlukan untuk penanaman kayu manis yaitu tanah yang harus mengandung humus, berpasir, dan mudah menyerap air. Sebelum melakukan penanaman pastikan bahwa lahan harus bersih dari gulma, dan rumput liar yang bisa mengganggu tanaman.

Kemudian buatlah lubang pada lahan untuk digunakan penanaman. Lubang berukuran sekitar 40 x 40 x 40 cm dan biarkan lubang terbuka lebih dahulu selama jangka waktu 1 sampai 2 bulan.

  1. Teknik pembenihan

Benih kayu manis bisa dipilih dari tanaman yang sehat dan umurnya lebih dari 7 tahun. Benih bisa diambil dari tanaman kayu manis yang jatuh ke tanah. Setelah itu biji kayu manis ditanam di polybag dan tunggu sampai benih itu tumbuh.

  1. Penanaman tanaman kayu manis

Apabila benih sudah tumbuh cabang atau tunasnya maka penanaman bisa dilaukan dengan cara menaruh benih ke dalam lubang tanam yang sbelumnya sudah dipersiapkan. Penanaman kayu manis ini biasanya dapat dilakukan dengan cara 2 sistem yaitu monokultur dan tumpang sari.

Teknik monokultur yaitu satu lahan hanya ditanami 1 jenis tanaman dengan jarak 1,5 x 1,5 meter. Sedangkan sistem tumpang sari artinya satu lahan bisa ditanami beberapa jenis tanaman.

  1. Pemeliharaan tanaman kayu manis

Tanaman kayu manis akan memberikan hasil yang maksimal apabila selama proses penanaman dilakukan perawatan maupun pemeliharaan pada tanaman. Salah satu cara untuk melakukan pemeliharaan pada tanaman kayu manis ialah membuat drainase disekitar lahan agar air dimusim hujan bisa mengalir dengan baik dan tidak merusak tanaman.

Nah, itulah saja artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan deskripsi tanaman kayu manis, klasifikasi ilmiah, ciri morfologi, manfaat, dan teknik pembudidayaan yang bisa dilakukan. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *