Jenis Tanaman Yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Diposting pada

Contoh Tanaman di Lahan Sempit

Ketersediaan lahan pertanian diakui atau tidak kini bisa dikatakan mulai menipis, akan tetapi kondisi itu sentusaja bukan lagi menjadi halangan lagi untuk kita yang mempunyai lahan yang sempit tetapi ingin melakukan aktivitas budidaya.

Hal tersebut lantaran berbagai teknik untuk budidaya tanaman yang menguntungan bisa kamu manfaatkan. Misalnya teknik hidroponik yang merupakan salah satu teknik terkenal yang digunakan oleh sebagian masyarakat untuk bercocok tanam di lahan sempit.

Tanaman di Lahan Sempit

Tanaman yang dibudidayakan di lahan sempit pada umumnya merupakan pemanfaatan tanaman yang ditanam di halaman atau perkarangan rumah. Salah satunya dengan menggunakan teknik hidroponik, vertikultur, dan lain sebagainya. Misalnya penggunanan tenik hidroponik adalah teknik yang lebih mengkhususkan untuk terpenuhinya keperluan nutrisi tanaman.

Teknik ini bisa menggunakan air yang berisikan makanan sebagai pengganti tanah. Tanaman tersebut akan dapat tumbuh baik dan sehat. Namun, tak semua tanaman bisa dibudidayakan dengan hidroponik, namun bisa ditanam dengan teknik lain misalnya vertikultur.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai ladang usaha dalam skala rumahan. Bahkan, kegiatan pertanian tersebut bukan hanya dilakukan di area perkotaan dengan menggunakan perkarangan rumah.

Tanaman Yang Menguntungkan di Lahan Sempit

Berikut terdapat berbagai jenis tanaman yang dapat dibudidayakan di lahan sempit antara lain;

  1. Selada

Tanaman Lahan Sempit Selada
Selada

Tanaman selada cukup sering untuk dibudidayakan untuk di lahan sempit bisa ditanam dengan teknik hidroponik ataupun vertikultur. Dengan menggunakan teknik seperti itu tanaman selada bisa tumbuh dengan cepat dan sehat. Untuk membudidayakan tanaman selada tidak membutuhkan pemeliharaan yang susah.

Permintaan pasar terhadap tanaman selada sangat tinggi karena pemanfaatannya sebagai bahan masakan mulai banyak. Banyak makanan cepat saji misalnya burger ataupun roti yang memanfaatkan daun selada sebagai tambahannya.

Pemeliharaan dari tanaman ini memerlukan perhatian lebih dikarenakan mudah sensitif terhadap kondisi sekitar. Kamu juga bisa membudidayakan dengan teknik hidroponik sehingga dapat mengontrol perkembangannya.

  1. Kale/Kailan

Tanaman Lahan Sempit Kailan
Kailan

Jenis tanaman brassicaceae ini mempunyai daun yang tebal, dan berwarna hijau dengan batang yang tebal dan kepala bunga yang kecil menyerupai bunga brokoli. Tanaman kale terdapat kandungan yang beragam seperti vitamin K dan vitamin A. Warna hijau pada tanaman ini yang terdapat kandungan isotiosianat yang bermanfaat untuk mengatasi ataupun mencegah penyakit kanker.

  1. Stroberi

Tanaman Lahan Sempit Stroberi
Stroberi

Jenis tanaman stroberi mempunyai buah yang bercita rasa asam dan manis yang sangat cocok untuk dibudidayakan di lahan sempit dengan teknik hidriponik ataupun vertikultur bahkan ditanam biasa di polybag. Pemeliharaan yang baik pun bisa menjadikan tanaman stroberi tumbuh lama. Tanaman stroberi yang dipelihara dengan baik bisa dipanen selama satu tahun penuh.

  1. Kangkung

Tanaman Lahan Sempit Kangkung
Kangkung

Jenis tanaman ini bisa tumbuh dengan cepat yang biasanya dalam kurun waktu 4 minggu sampai 6 mingu sesudah benih tumbuh, kangkung sudah bisa dipanen. Pertumbuhan tanaman kangkung yang cepat akan mengakibatkan harga pada tanaman kangkung yang terjangkau murah di lingkungan masyarakat. Keguaan membudidayakan tanaman kangkung salah satunya bisa dijadikan potensi usaha.

Kangkung adalah jenis tanaman sayuran yang mempunyai penggemarnya tersendiri sebagai bahan pangan. Jenis tanaman ini mempunyai potensi usaha yang menjadikan dan menguntungkan terlebih apabila kamu mempunyai lahan pekarangan yang sempit dan tidak dikelola dengan baik, kamu bisa membudidayakan tanaman ini. Kamu bisa membudidayakan tanaman ini dengan hidroponik ataupun vertikultur.

Proses budidaya tanaman kangkung cukup mudah yakni dengan mempersiapkan benih kangkung yang berkualitas baik, plastik seperti saringan, baskom dengan ukuran yang sama dengan plastik, pupuk dan ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh.

  1. Bayam

Tanaman Lahan Sempit Bayam
Bayam

Tanaman bayam sangat tepat untuk dibudiayakan di lahan sempit dengan menggunakan teknik hidroponik atau vertikultur. Tanaman ini tidak memerlukan banyak cahaya. Kamu bisa memanen tanaman bayam dalam jangka waktu hingga 12 minggu. Tanaman sayur bayam mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh kamu salah satunya dengan meningkatkan zat besi dalam tubuh.

Tanaman bayam sendiri termasuk usaha pertanian yang bermodalkan kecil sebab sarana yang dibutuhkan hanya dengan media tanam seperti polybag sehingga untuk kamu dapat menanam tanaman bayam di pekarangan. Adapun bahan tambahan yang dibutuhkan dalam membudidayakan tanaman bayam yakni pupuk kompos, benih bayam, pestisida alami dan lain sebagainya.

  1. Sawi Hijau

Tanaman Lahan Sempit Sawi Hijau
Sawi Hijau

Tanaman sawi hijau atau biasa dikenal dengan sosin merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup terkenal dan sangat menguntungkan. Terlebih, jenis tanaman ini sangatlah cepat untuk dipanen yang berkisar satu bulan ke bawah.

Tanaman sawi hijau mempunyai ciri- ciri antara lain bunganya berwarna putih dan daunnya berwarna hijau dan memiliki bagian batang yang lebih panjang daripada tanaman sawi putih. Bahkan berdasarkan berbagai sumber, para petani bisa mendapatkan keuntungan sampai puluhan juta per bulan dari hasil sekali panen. Untuk membudidayakan tanaman sawi hijau, kamu bisa menggunakan lahan sempit atau kosong maupun pekarangan rumah.

  1. Tomat

Tanaman Lahan Sempit Tomat
Tomat

Tanaman tomat adalah tanaman yang dapat dibuat sebagai potensi usaha pertanian yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Budidaya tomat pun cukup mudah yang paling penting adalah media tanamnya adalah media tanah yang basah atau lembab. Kunci utama dalam membudidayakan tanaman tomat yakni teknik setek atau stek.

Untuk dapat menumbuhkan bagian akar pada tunasnya. Kamu dapat memberikan air dengan wadah yang dimanfaatkan. Sesudah itu disimpan dengan suhu yang hangat dan membiarkan selama satu hingga dua minggu ataupun sampai tunas tersebut tumbuh. Apabila tunas telah bertumbuh bagian akar panjang, kamu dapat memindahkan tanaman ini ke media tanah yang lembab.

Permintaan pasar pada tanaman tomat tak pernah surut. Hal ini disebabkan kegunanannya yang penting pada suatu masakan. Oleh karena itu, menanam merupakan solusi yang tepat. Jika dibudidayakan dengan baik periode panennya berjalan dengan baik dan cepat serta memproduksi buah yang banyak.

Tanaman sayur tomat tidaklah tanaman yang susah dipelihara. Kamu hanya membutuhkan ketersediaan air yang cukup dan menjaganya dari gangguan hama yang berbahaya. Jika perlu diberikan semprotan anti hama supaya tanaman tomat bisa tumbuh lebih optimal dan sayurnya akan lebih berkualitas.

  1. Jahe

Tanaman Lahan Sempit Jahe
Jahe

Tanaman jahe adalah salah satu jenis tanaman obat yang laku untuk diperjualbelikan di pasaran sebab mempunyai kegunaan yang sangat banyak. Terdapat peran dari mengonsumsi tanaman jahe yakni meredakan sakit gigi, penyakit hipertensi, migrain masuk angin dan melancarkan peredaran darah sehingga akan memperoleh keuntungan finansial kamu dapat memelihara tubuh supaya lebih cepat.

Nilai jual tanaman jahe cukup tinggi dan dibagikan menjadi tiga kelompok antara lain tanaman jahe gajah yang dijual dengan harga Rp 12.000 hingga 15.000 per .kg. Jahe berkisar Rp 18.000 hingga 20.000 per kg.

  1. Cabai

Tanaman Lahan Sempit Cabai
Cabai

Sudah tidak rahasia lagi bahwa tanaman cabai termasuk salah satu tanaman yang menjanjikan dan menguntungkan. Karena kegunaanya sebagai penambah cita rasa pedas paling penting di tiap aneka masakan. Apalagi harga tanaman cabai tak pernah stabil sebab dapat mengalami kelonjakan atau inflasi harga sewaktu-waktu.

Harga tanaman cabai memang populer dikenal dengan sering mengalami kenaikan. Bahkan level kenaikannya dapat sangat naik atau tinggi. Dengan kamu membudidayakan di lahan yang sempit akan memperoleh keuntungan ketika masa panen kelak. Investasi modal benih dan pemeliharaan akan terbayar lunas dengan melihat penjualannya.

  1. Pare

Tanaman Lahan Sempit Pare
Pare

Kebanyakan dari kamu mungkin akan bingung bahwa tanaman pare termasuk salah satu tanaman yang menguntungkan untuk ditanam di lahan sempit. Hal itu tidak terhindarkan karena apabila dibudidayakan dengan benar, pertumbuhannya akan dapat sangat cepat dan pemeliharannya pun bukanlah sulit sebab tanaman sayur pare gampang tumbuh.

Jika tumbuh dengan baik, sekali panen bisa memproduksi banyak sekali tanaman pare. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Tanaman sayur pare memiliki cita rasa yang pahit juga tidak menurunkan permintaan pasar yang tinggi pada tanaman sayur pare.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa tanaman di lahan sempit adalah penggunaan lahan sempit untuk aktivitas budidaya tanaman biasanya tanaman sayur mayur dan tanaman toga. Tanaman tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari- hari atau hanya untuk hobby bahkan bisnis dalam skala rumahan.

Usaha pertanian memiliki peluang yang bagus sebab bisa memenuhi keperluan dasar manusia untuk menghasilkan bahan pangan. Hal itulah yang menjadikan usaha pertanian sangat menguntungkan dan menjanjikan pada periode yang akan datang.

Membuka usaha di kegiatan dalam arti budidaya tanaman masih diyakini menguntungkan. Hal tersebut tak bisa dipungkiri bahwa permintaan pasar akan semakin tinggi dalam memenuhi keperluan bahan pangan.

Apalagi terdapat macam- macam varian tanaman yang menjanjikan bisa kamu pilih dan pemeliharannya yang terbilang mudah. Bagi kamu yang tertarik pada bisnis budidaya tanaman.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam tanaman yang menguntungkan di lahan sempit yang tersedia. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan bagi kalian yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *