Tanaman Lemon, Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya

Diposting pada

Buah Lemon

Tanaman yang satu ini tentunya sudah sering didengar banyak orang. Banyak sekali orang-orang yang mencari tanaman ini untuk merawat kulit, sebagai salah satu jenis tanaman obat, membuat salad, dan juga untuk bumbu masakan.

Lemon sejatinya merupakan tanaman sejenis jeruk yang memiliki vitamin C didalamnya. Buah tumbuhan lemon ini tidak susah untuk didapatkan dan harganya terbilang murah dan pas dikantong.

Tanaman Lemon

Lemon merupakan tumbuhan yang dapat ditanam pada lahan pertanian di dataran tinggi maupun dataran rendah, yang terpenting adalah tanah yang digunakan subur dan memiliki kandungan organik. Buah ini juga dapat ditanam di sekitar pekarangan rumah.

Lemon memiliki nama lain yaitu Citrus medica atau jeruk sitrun. Tanaman ini sangat khas dengan bau yang segar dan bagian yang sering digunakan adalah air perasan dari buah ini.

Klasifikasi Tanaman Lemon

Buah lemon dalam sistematika klasifikasi secara ilmiah dapat diuraikan sebagai berikut;

Kingdom Plantae
Sub Kingdom Spermatophyta
Super Divisi Spermatophyta
Divisi Magnolophyta
Kelas Magnoliopsida
Sub Kelas Rosidae
Famili Rutaceae
Genus Citrus
Spesies Citrus Limon

Ciri Morfologi Tanaman Lemon

Tanaman lemon memiliki morfologi yang akan membahas mengenai struktur dari tanaman yaitu sebagai berikut :

  1. Akar

Buah lemon memiliki arti akar tunggang akar serabut dengan dan termasuk kedalam tanaman dikotil. Akar pada lemon ini berfungsi untuk menyangga seluruh tanaman, menyerap, sekaligus menyimpan berbagai bentuk makanan untuk tanaman.

  1. Batang

Struktur batang tumbuhan lemon merupakan batang berkayu yang didalamya terdapat banyak kambium. Kambium sendiri berfungsi untuk menebalkan batang berkayu. Tanaman lemon memiliki duri pada batang dan rantingnya cukup panjang. Batang lemon berbentuk tegak, bulat, dan berwarna hijau.

  1. Daun

Daun tanaman lemon memiliki bentuk bertepi rata dan pangkalnya sedikit meruncing. Selain itu bentukya juga berseling, loncong, dan masuk dalam kategori daun tunggal. Buah lemon ini memiliki panjang daun sekitar 8 cm dengan ukuran lebar hingga 5 cm. Tangkai daunnya berminyak dan licin serta berbentuk silindris.

  1. Bunga

Definisi bunga tanaman lemon tumbuh disekitar ketiak daun dan termasuk dalam kategori bunga majemuk. Panjang bunga pada lemon ini berkisar 1,5 cm dengan warna hijau.

Mahkota bunganya memiliki bentuk seperti bintang dan berwarna hijau pula. Buah lemon juga memiliki benang sari dengan ukuran 1,5 cm dan kepala sari berwarna kuning. Tangkai dari putik yang dimiliki bunga berukuran 1 cm dan berbentuk silindris.

  1. Buah

Buah lemon umumnya memiliki warna kuning cerah dengan permukaan kulit yang mengkilap dan daging yang tebal.

Kulit buah lemon sendiri memiliki tekstur kasar, bulat, dan mengandung atsiri. Panjang buah biasanya sekitar 8cm dengan ketebalan kulit sekutar 0,7cm. Daging buah lemon memiliki kandungan sari buah berupa asam sitrat, dan didalamnya terdapat biji berwarna putih.

Manfaat Tanaman Lemon

Tanaman lemon memiliki manfaat yang begitu beragam mulai dari kecantikan sampai kesehatan tubuh. Sehingga tidak jarang tanaman ini selalu dicari untuk dikonsumsi banyak orang. Manfaat buah lemon ini diantaranya yaitu:

  1. Menghilangkan kulit belang

Kulit belang pada wajah dapat diatasi dengan cara mencampurkan 1 sendok makan jus lemon, jus mentimun, dan air mawar. Bahan yang sudah tercampur kemudian dapat dicelup dengan menggunakan kain atau kapas dan ditempel pada kulit yang belang.

  1. Menghilangkan keriput secara alami

Lemon dapat dimanfaatkan untuk mengurangi keriput dan menambah kualitas kulit wajah agar lebih baik. Kandungan Minyak lemon dapat mengurangi kerusakan aksidatif yang terdapat pada permukaan kulit. Cara yang data dilakukan yaitu iris buah lemon dengan tipis-tipis kemudian gunakan untuk meminjat bagian kulit yang keriput. Lakukan cara ini selama beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Memutihkan gigi

Gigi yang putih akan membuat banyak orang lebih percaya diri ketika tersenyum. Bagi sebagian kalangan yang ingin memutihkan gigi, tidak harus selalu dengan biaya mahal. Buah lemon dapat membantu untuk membuat gigi lebih putih.

Cara yang dapat dilakukan yaitu mencampurkan jus lemon dengan baking soda dan menempelkan pada gigi selama 1 menit kemudian bilas dengan air bersih.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Bau mulut pada seseorang sangat mengganggu diri sendiri dan juga orang lain. maka dari itu kesehatan mulut sangat perlu untuk dijaga. Air perasan lemon dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan mulut. Caranya yaitu buah lemon diperas dan ambil air perasannya sedikit saja, kemudian campurkan dengan sedikit air dan kumur-kumur pada mulut.

  1. Menguatkan dan membuat kuku lebih putih

Air perasan lemon juga berfungsi untuk membuat kuku lebih kuat dan putih. Cara yang bisa dilakukan yaitu mencampurkan perasan air lemon dan minyak zaitun. Bahan yang sudah tercampur tersebut dapat digunakan untuk meredam kuku selama beberapa menit. Kemudian kuku dapat dibilas dengan air bersih.

  1. Mengatasi masalah kulit

Masalah kulit sangat menggangu kepercayaan diri seseorang. Melalui tanaman lemon ini, masalah kulit seperti flek hitam, pori-pori besar, dan keriput pada kulit dapat teratasi. Caranya yaitu dengan mengoleskan jus lemon menggunakan kapas ke wajah, kemudian bilas dengan air dan gunakan pelembab pada wajah. Hasil yang maksimal akan diperoleh ketika cara ini dilakukan setiap pagi.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lemon memiliki vitamin dan mineral yang banyak dan dapat digunakan untuk meningkatkan energi. Kandungan vitamin C dalam lemon terdapat antibodi tambahan yang memiiki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi pengkonsumsinya.

  1. Menyehatkan jantung

Kandungan vitamin C dalam lemon berfungsi untuk mencegah beberapa penyakit. Vitamin C dari buah ini ternyata dapat digunakan untuk menyehatkan jantung.

Pada dasarnya kekurangan vitamin C dalam darah dapat menyebabkan penyakit- penyakit yang cukup serius seperti jantung dan stroke. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah lemon ini, agar dapat menjaga kesehatan jantung.

  1. Meredakan stress

Lemon juga bermanfaat untuk kesehatan mental yaitu meredakan stress yang berlebih. Kandungan lemon yang memiliki minyak esensial dapat untuk meningkatkan mood, sehingga keadaan stress akan berkurang dan kembali baik jika mengkonsumsi buah ini.

  1. Mencegah sakit tenggorokan

Vitamin C yang terdapat pada lemon dapat membantu untuk mencegah virus penyebab batuk dan pilek yang akan masuk kedalam tubuh. Sehingga lemon dapat dikonsumsi agar dapat menyegarkan kembali kebugaran tubuh. Buah lemon juga dapat mengobati sakit tenggorokan. Caranya yaitu mencampurkan air lemon, madu, dan air hangat lalu diminum secara perlahan.

  1. Mencegah batu ginjal

Meminum setengah cangkir jus lemon setiap hari dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Karena dalam lemon terdapat kandungan asam sitrat yang dapat mencegah batu ginjal itu sendiri.

Cara Budidaya Tanaman Lemon

Cara budidaya tanaman lemon dapat dilakukan sebagai berikut;

  1. Pembibitan

Pembibitan buah lemon dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu mencangkok, biji, dan okulasi. Ketiga cara tersebut yang paling disarankan yaitu cangkok dan okulasi.

Proses pencangkokan dapat diawali dengan pemilihan batang panjang yang berdiameter minimal 6cm dan bentuknya harus lurus. Hasil pencangkokan akan keluar akar kemudian potong batang dan semaikan di polybag selama kurang lebih 1 bulan hingga akar benar-benar dapat tumbuh dengan baik.

  1. Penanaman

Bibit yang sudah siap dapat ditanam di lahan dengan jarak antara 70 hingga 100 cm antar tanaman. Pada proses ini usahakan agar tanaman memperoleh sinar matahari secara langsung.

  1. Pemeliharaan

Pemeliharaan dapat dilakukan dengan memberikan pupuk 4 kali dalam satu tahun dengan perbandingan 1:1:1:1 antara pupuk TSP, ZA, kompos, dan pupuk kandang. Tanaman juga perlu disiram air setiap pagi dan sore hari selama 2 minggu berturut- turut.

Pastikan disekitar tanaman tidak terdapat tumbuhan liar yang dapat mengganggu pertumbuhan buah lemon. Oleh karena itu jauhkan lahan lemon dari hama dan penyakit.

  1. Panen

Buah lemon dapat dipanen pada usia 28 sampai 36 minggu, karena pada waktu tersbut lemon berada pada kondisi yang sudah masak secara optimal. Buah dapat diambil dengan menggunakan gunting pangkas.

Demikianlah artikel yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan tanaman lemon, klasifikasi, ciri morfologi, manfaat, dan cara pembudidayaannya. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *